Harga Van Belt Beat

Kalian pengguna motor Honda BeAT ? taukah anda bahwa roda belakang di motor BeAT anda digerakan bukan dengan rantai seperti pada motor bebek atau pada sepeda melainkan menggunakan van belt.

nah apa itu van belt ? ayo kita cari tahu.

Mengenal Van Belt Motor Beat

moladin.com

Van belt adalah sebuah alat media transmisi pada suatu mesin motor Matic yang bentuknya menyerupai sebuah sabuk yang tersusun dari material karet.

Van belt memiliki penampang persegi atau trapesium sesuai dengan tipe, kegunaan dan jenisnya.

Benda ini digerakan oleh gaya gesek penggerak, kemampuannya dalam memindahkan tenaga tergantung pada kecepatan van belt, gesekan antara van belt dan pulley, tegangan belt terhadao pulley, sudut kontak antara belt dan pulley.

Fungsi Dari Van Belt

Youtube.com

Fungsi utamanya adalah sebagai transmisi daya dari suatu poros ke poros yang lainnya melalui sebuah pulley yang berputar karena adanya sumber daya tertentu. Seperti halnya sproket rantai dan roda gigi.

Dengan kecepatan putar yang sama ataupun berbeda tergantung pada rasio perbandingan kedua buah pulley.

Keuntungan Menggunakan Van Belt

Van belt sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penggunaan rantai dan sproket. Berikut keunggulan dari van belt :

  1. Penggunaan van belt dalam hal mentransmisi daya jaraknya akan lebih jauh dibanding dengan penggunaan rantai atau sproket.
  2. Lebih tahan digunakan untuk putaran tinggi.
  3. Lebih kecilnya faktor selip.
  4. Harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan rantai atau sproket.
  5. Yang pasti tidak berisik jika dibandingkan dengan rantai.

Bahan Penyusun Van Belt

bukalapak.com

Van belt memiliki 2 tipe berbeda yaitu tipe konvensional dan tipe cog, walaupun berbeda tetapi kedua jenis dari van belt terbuat dari bahan yang sama cuma berbeda di alurnya saja.

Bahan dari van belt itu sendiri terdiri dari :

  • Kanvas (kampas/kain mota/terpal) berfungsi sebagai pengikat struktur karet.
  • Rubber (Karet) berfungsi menjaga agar van belt tidak slip dan sebagai elastisitas dari van belt.
  • Cord (kawat pengikat) berfungsi sebagai penguat agar van belt tidak gampang putus.
  • Sampul penutup merupakan komponen yang terbuat dari material berupa serat tenun yang berguna untuk melindungi bagian-bagian yang mampu direnggangkan.

Jenis Jenis Van Belt

arysetiadi28.blogspot.com

Sedikit informasi, Van belt memiliki beragam jenis dan fungsinya masing masing, berikut beberapa jenis dan fungsi dari van belt.

1. Raw Edge Van Belt

monotaro.id

Raw edge van belt adalah karet van belt yang digunakan untuk truk, bus, mobil, peralatan konstruksi dan alat penggerak lainnya.

Van belt jenis ini memiliki ketahanan panas, abrasi, dan deformasi yang sangat baik, karena bisa digunakan dibawah fluktuasi beban yang relatif tinggi dan tahan akan suhu yang tinggi didalam ruang mesin.

A. Raw Edge Plain Van Belt

Raw edge plain van belt adalah konstruksi karet yang terbuka dan khusus atau langsung terkena katrol.

Karena hal itulah van belt jenis ini memiliki daya cengkeram yang tinggi dan tidak mudah selip atau tergelincir guna menciptakan kemampuan transmisi daya yang tinggi.

B. Raw Edge Wide Angle Van Belt

Dibandingkan dengan van belt yang diatas, van belt jenis ini memiliki sudut yang lebih besar yaitu 52 derajat. Daya tahan dan Fleksibilitas dari van belt ini dtingkatkan dengan adanya bentuk cogged.

C. Raw Edge Multiply Van Belt.

Jenis ini memiliki struktur identik raw edge plain van belt namun permukaan dasarnya (permukaan bagian dalam) terbuat dari beberapa lembar kain bias yang dilaminasi hal ini bertujuan untuk mengendalikan kebisingan dan pengulangan katrol yang berlebih.

D. Raw Edge Cogged Van Belt

Van belt jenis ini basisnya adalah sabuk pengaman yang memungkinkan van belt kehilangan energi rendah dengan cara membengkokan dan menyesuaikan dengan katrol yang berdiameter kecil.

Kelebihan lain dari jenis ini adalah bisa menjaga stabilitas pada saat rotasi kecepatan tinggi.

2. Variable Speed Belt

westcoastsbelts.com

Van belt adalah sebuah tepi mentah cogged van belt yang biasa digunakan pada skuter seperti pada motor beat dan mobil salju.

A. Tipe RCVS

Adalah van belt yang memiliki kelenturan yang sangat baik dan daya dukung sisi samping yang bisa mendorong digunakan untuk beban yang ringan dan transmisi yang berkelanjutan.

B. Tipe DCVS

Jenis ini merupakan jenis van belt yang sangat baik untuk meningkatkan ketahanan terhadap deformasi karena gaya dorong ke samping.

Dengan memberikan roda berbentuk gigi di bagian belakang, van belt ini digunakan untuk beban yang berat. Fleksibilitas dari van belt jenis ini juga sangat baik.

3. Timing Belt

amazone.ca

Timming belt adalah sabuk transmisi yang disinkronkan dengan transmisi daya pada saat katrol dan sabuk berkolaborasi membentuk meshing gigi.

Tingkat kebisingan dari Timming Belt cenderung lebih rendah dibandingkan dengan roda gigi dan rantai.

Kelebihan pada van belt jenis ini adalah tidak perlu lagi me-minyakinya, maka dari itu van belt jenis ini bisa mencapai transmisi tenaga yang bersih.

A. OHC Timming Belt

Ini adalah sabuk dengan torsi tinggi yang sangggup mengefisiensi transmisi yang digunakan pada poros roda.

Tipe ini memiliki kelebihan yaitu daya tahan yang sangat baik dibandingkan dengan tipe lain, bahkan dilingkungan bersuhu tinggi yang ada di ruang mesin van belt jenis ini masih bisa mempertahankan peformanya.

B. Timming Belt In Oild

Pada jenis ini ketahanannya terhadap minyak dan panas telah ditingkatkan, sabuk yang penggunaannya hampir mirip dengan sistem penggerak rantai, yang dimana batang minyak berada di dalam blok mesin.

Menggunakan van belt jenis ini juga bisa menghemat bahan bakar dan mehilangnya tingkat gesekan torsi mesin.

4. Van Belt Ribbed Belt

ikh.fi

Van Belt Ribbed Belt atau biasa disebut V-Ribbed Belt adalah sebuah sabuk yang menggabungkan karakteristik dari transmisi tingg, compact system, dan Flat Belts.

Tata letak sumbu multi dan diameter puli pada van belt jenis ini memiliki diameter puli yang lebih kecil.

A. Ribstar Belt

Fleksibilitas pada sabuk jenis ini mampu menggunakan puli yang lebih kecil dengan kecepatan putaran yang tinggi.

Dengan beberapa rusuk berbentuk V ia mampu memberikan kemampuan transmisi daya yang lebih besar.

B. Low Friction Loss Belt

Dengan meminimalkan panas dengan cara mengurangi gesekan yang disebabka oleh pembengkokan menjadi kelebihan dari van belt ini.

Jenis ini biasa digunakan oleh mobil generasi terbaru, dengan tujuan untuk lebih menghemat bahan bakar.

C. Low Modulus Belt

Jenis ini sudah tidak lagi memerlukan tensioner seperti katrol ketegangan dan braket, yang biasa digunakan oleh sistem penggerak konvensional, maka dari itu penggunaan van belt jenis ini dapat menghemat ruang mesin.

Cara Mengetahui Van Belt Yang Harus Diganti

bukalapak.com

Nah buat anda yang kebingungan tentang bagaimana cara mengetahui van belt motor beat kita sudah saatnya untuk diganti, mari simak penjelasan berikut ini.

Cara yang paling mudah mengetahuinya tanpa harus membuka blok mesin, yaitu dengan mengikuti arahan yang direkomendasikan oleh pihak motor beat yang tertera di buku petunjuk.

Nah berdasarkan ketentuan yang tertera, para pemilik motor beat harus mengganti van belt apabila motor beat sudah menempuh jarak maksimal 24.000 Km.

Namun hal tersebut terkadang masih kurang akurat, mengingat awet tidaknya van belt tergantung dari pemakaian motor matic itu sendiri.

Youtube.com

Tidak sedikit para pengguna motor beat lebih memilih untuk melihatnya langsung, apakah masih layak jalan atau sudah saatnya diganti dengan membuka blok mesinnya terlebih dahulu.

Tanda van belt harus diganti adalah dengan melihat lekukan bagian dalam van belt yang membentuk huruf V, jika ditemukan keretakan atau sudah aus, bisa dipastikan bahwa van belt memang sudah saatnya untuk diganti.

Selain itu yang perlu anda perhatikan adalah dengan melihat pada bagian cekungan dibagian sampingnya, jika sudah terlihat tajam, maka van belt tersebut sudah aus dan harus segera diganti.

Cara Menghitung Van Belt Motor Beat

slideplayer.info

Dalam penggantian van belt sering kali kita menjumpai van belt yang sudah rusak parah (name plate / dimensinya sudah tidak bisa dibaca). Untuk itu dibawah kami sajikan rumus untuk mencari ukuran van belt.

Penghitungan untuk mencari pitch diameter pulley dan kecepatan angular :

 

w1/w2 = D2/D1

 

Keterangan :

w1 : kecepatan pulley 1

w2 : kecepatan pulley 2

D1 : Diameter Pulley 1

D2 : Diameter Pulley 2

Dan untuk menghitung panjang belting (L) yang akan di pasang :

 

L = 2C + 1,57 (D1 + D2) + (D2 – D1)^2 / 4 x C

 

Keterangan :

D1 : pitch diameter pulley 1

D2 : pitch diameter pulley 2

L :    panjang V-belt (m)

C :    jarak antar poros (m)

Nah silahkan anda pelajari sesuai dengan kebutuhan motor beat anda, jangan salah hitung ya…

Daftar Harga Van Belt Honda BeAT

Tipe Van BeltHarga
Van Belt BeAT eSP, BeAT POP eSP, Vario 110 eSPRp 97.000
Van Belt BeAT FI, Spacy FI dan Vario 110 FIRp 97.000
Van Belt BeAT Karbu, Revo 110 NewRp 99.000
Van Belt BeAT eSP New, Scoopy eSP (K93 New)Rp 125.000
Van Belt Honda Matic 110 CC KarburatorRp 125.000
Van Belt Honda Matic 110 CCRp 138.000

Harga yang tertera diatas belum termasuk ongkos pemasangan, biasanya ongkos pemasangan dipatok dengan harga Rp 30.000 namun harga tersebut belum tentu karena setiap bengkel mematok harga yang berbeda-beda.

Baca Juga : Harga Ban Fdr Matic

Mungkin cukup sekian informasi mengenai harga van belt motor Honda BeAT terbaru. Jangan sampai lupa untuk mengganti komponen van belt dan komponen lainnya, agar kenyamanan dalam berkendara selalu menyertai anda. Terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
SELENGKAPNYA

Harga Dexlite

Manusia memang tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya bahan bakar minyak, hampir semua aktivitas memerlukan yang namanya bahan…
SELENGKAPNYA

Harga Tiket MRT

Kemacetan adalah hal yang sangat ditakuti oleh semua warga ibukota. Semakin hari semakin banyak yang  menggunakan kendaraan bermotor,…