Harga Trenggiling

Trenggiling merupakan salah satu hewan yang bisa dibilang cukup unik. Ciri khas hewan ini adalah terletak pada tubuh yang bersisik dan bisa menggulungkan badan seperti bola. Tampilannya yang seperti ini menjadikan hewan ini terlihat lucu dan unik.

Hewan ini jarang ditemukan karena hewan ini memang tergolong binatang langka. Makanan utama dari trenggiling adalah serangga biasanya semut. Karena itu hewan ini disebut dengan hewan pemakan semut bersisik.

Hewan ini juga biasa dimanfaatkan untuk obat bagi rakyat China dan Afrika. Obat yang dimanfaatkan dari trenggiling ini diambil dari sisik dan dagingnya. Obat yang biasa digunakan adalah untuk obat kuat dan bisa dijadikan makanan sehari-hari di Kalimantan Timur.

Apakah Trenggiling Termasuk Hewan Langka?

idntimes.com

Dilansir dari Appendix II CITES (IUCN, 2008) Trenggiling (Manis Javanica) adalah jenis mamalia yang masuk dalam daftar jenis hewan yang dilindungi di Indonesia. Menurut rakyat China sendiri, trenggiling ini bisa menjadi bahan penwar untuk suatu penyakit.

Dilansir dari Ami Brautigam, dalam penelitiannya yang berjudul “Recent Information on the Status and Utilization of African Pangolins”, Traffic Bull 15 : 15-22 (1994), saat ini populasi trenggiling di habitatnya dalam kondisi ancaman yang sangat tinggi.

Karena sisik dan dagingnya sangat mahal di pasaran, perdagangannya dalam pasaran termasuk tinggi, padahal hewan ini adalah hewan yang dilindungi. Ancaman serius terhadap hewan ini juga adanya kegiatan manusia yang mengeksploitasi habitat mereka.

Sekilas tentang hewan yang terancam punah ini. Untuk kamu yang ingin memelihara hewan langka ini, kamu tidak bisa langsung untuk memeliharanya, dibutuhkan beberapa syarat. Dengan memberi sertifikat bagi satwa dilindungi kategori F2 bagi pemiliknya, mugkin hewan satu ini bisa kalian pelihara.

Syarat yang diberikan tersebut dilakukan agar kamu yang memelihara hewan langka ini tidak melanggar sejumlah ketentuan, diantaranya UU 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, serta PP 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Fakta Unik Pemakan Semut Bersisik

https://suaranusantara.com/

Hewan ini mempunya keunikan yang membuatnya berbeda dari hewan lain. Fisiknya bisa mencapai panjang 3,20 kaki dan bisa mempunya berat hampir 40 pon. Jika kamu melihat hewan ini di dalam film memiliki bentuk yang kecil, tetapi sebenarnya hewan ini bisa memiliki bentuk yang besar.

Untuk membedaka jenis jantan dan betina sangat mudah, karena jantan biasanya memiiki berat yang berbeda jauh dengan betina yaitu bisa 90 persen lebih berat dari betinanya.

Perlu kamu tahu, sisik hewan ini berwarna cokelat yang terbuat dari Keratin. Keratin sendiri adalah salah satu zat penyusun kuku dan rambut manusia. Anggota tubuh yang tidak tertutupi sisik hanya perut, dahi, serta salah satu sisi dikakinya.

Nah, sisik trenggiling tergolong sisik yang lumayan keras, bahkan sisiknya sendiri bisa mencapai berat 20 persen dari berat tubuhnya. Hewan ini juga memiliki ekor yang fungsinya seperti hewan pada umumnya yaitu sebagai keseimbangan.

Hewan ini juga bisa menggantug di cabang pohon, oleh karena itu hewan ini memiliki 5 jari pada setiap kaki-kakinya. Untuk kaki depannya jari pertama dan trakhir sedikit dikurangi, lalu tiga jari tengah akan dipelihara hewan ini dengan baik.

Hewan peakan semut ini mmeiliki cakar yang cukup tajam, fungsiya bukan untuk menyayat mangsanya, namun untuk menggali sarang tempat serangga makanannya berada.

Karena biasanya semut bersarang didalam tanah, maka cakar ini dapat membuat lubang yang cukup besar agar semut mudah untuk dimangsanya.

idntimes.com

Lalu bagaimana cara hewan ini memakan semut tersebut? Trenggiling memiliki lidah pengecap yang panjang dengan bentuk seperti batang. Panjangnya bisa mencapai 16 inci lebih dengan ditambah pelengket tentunya hewan ini sangat mudah untuk mendapatkan makanannya walau terdapat dilubang dalam sekalipun.

Bagaimana jika terdapat pasir/bebatuan yang tertelan? Hewan pemakan semut bersisik ini juga mirip serangga dalam hal pencernannya, karena sudah memaflitiasi pencernaan agar bisa mengkonsumsi pasir dan bebatuan yang terbawa saat mencari mangsanya.

Predator utama hewan lucu ini adalah manusia, singa, macan tutul, dan harimau. Maka dari itu hewan ini terancam punah dihabitanya. Namun hewan ini juga bisa melindungi diri dengan cara meringkukan badannya seperti bola yang bagian luarnya dilindungi sisik keras.

Trenggiling bisa makan sampai 70 juta serangga setiap malamnya, merupakan angka yang besar bukan? Tidak heran walaupun makanan hewan ini kecil, namun berat Trenggiling bisa mencapai berat 40 pon.

Penglihatannya yang buruk menjadikan hewan ini kurang diuntungkan karena hewan ini beraktifitas di malam hari. Namun dengen penciumannya yang tajam, Trenggiling masih bisa mencari makanannya di alam.

Saat makan, trenggiling juga menutup lubang  hidung dan pendengarannya agar tidak dimasuki serangga pada saat makan, unik bukan?

Jantan menarik perhatian betina dengan air kencingnya, lalu betina akan mengikuti air kencing si jantan dan bertemu. Saat betina mengandung bayi, bisa mencapai 135 hari dan hanya menghasilkan satu bayi. Musim kawinnya berkisar di bulan Maret.

Bayi trenggiling yang sudah lumayan besar akan menggendong di ekor ibunya. Usia hewan ini bisa mencapai 20 th namun hal itu tergantung dari spesiesnya.

Jenis Jenis Trenggiling

Trenggiling adalah salah satu mamalia dari ordo Pholidota. Hewan ini umumnya hidup di daerah tropis diseluruh Asia dan Afrika. Tiap ekornya biasanya hidup sendiri.

Hewan ini memiliki satu keluarga yang masih ada yaitu Manidae, yang terdiri atas tiga generasi. Yang pertama Manis yang terdiri dari empat spesies yang hidup di Asia, lalu kedua ada Phataginus yang terdiri dari dua spesies yang hidup di Afrika, lalu ketiga Smutsia yang terdiri dari dua spesies yang hidup di Afrika.

Trenggiling terdiri dari 8 spesies, diantara itu terdapat satu spesies yang hidup di siang hari, yaitu trenggiling berekor panjang yang hidup di Benua Afrika Barat dan Tengah. Untuk spesies yang hidup di siang hari punya penglihatan yang lebih baik dibanding spesies yang hidup di malam hari.

Lalu sebenarnya ada berapa jenis dan spesies trenggiling di alam? Untuk jenis trenggiling ini sendiri dibedakan menjadi 8 spesies, yaitu :

Trenggiling Ekor Tebal

https://www.edgeofexistence.org/

Trenggiling ini memiliki nama keren Manis Crassicaudata (Thick-tailed Pangolin). Karena emiliki ekor yang tebal dan lebar hewan ini biasa disebut trenggiling berekor tebal. Trenggiling spesies ini juga memiliki sisik-sisik yang lumayan tebal.

Spesies ini ditemukan di anak benua India dan jarang untuk ditemukan di tempat lain. Untuk warna tubuhnya bisa bervariasi bergantung dari habitatnya. Trenggiling jenis ini juga terancam karena diburu untuk diperjualbelikan daging dan sisiknya untuk pengobatan tradisional.

Trenggiling Palawan

edgeofexistence.org

Trenggiling jenis ini ditemukan di Filipina. Habitatnya meliputi hutan primer dan skunder serta padang rumput disekitarnya. Dalam bahasa lokalnya trenggiling ini diberi nama trenggiling Palawan atau trenggiling balintong.

Spesies ini juga terancam punah karena di buru untuk dicari sisik dan dagingnya yang berharga. Trenggiling ini hidup nocturnal dan cenderung soliter. Sementara sebagian hidupnya digunakannya untuk mencari makan.

Mereka umumnya hidup di pohon, dan seperti trengiling lain, jika terancam akan menggulungkan badannya seperti bola. Trenggiling ini memiliki nama keren Manis Culionensis (Philippine Pangolin)

Trenggiling Sunda

pinterest.com

Trenggiling ini memiliki nama beken Manis Javanica dikenal sebagai Malayan atau Javan trengiling. Trenggiling ini ditemukan diselur Asia Tenggara, termasuk Brunei, Kamboja, Jawa, Sumatra, Kalimantan, Kepulauan Sunda Kecil, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, dan Vietnam.

Spesies kali ini lebih menyukai habitat hutan (hutan primer, skunder, dan hutan belukar) dan perkebunan (karet, minyak dan semak belukar).

Trenggiling ini melahirkan satu atau dua anak setiap tahun. Mereka berkembang biak di musim gugur dan melharikan pada saat musim dingin. Hewan ini biasanya ditemukan berpasangan, namun tak jarang juga yang soliter, nokturnal serta berperilaku malu-malu.

Trengiling Cina

wikimedia.org

Trenggiling Cina (Manis Pentadactyla) adalah trenggiling yang ditemukan di utara India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Myanmar, Taiwan, dan selat Cina.

Perlu kamu tahu, Hewan bersisik pemakan semut ini memiliki tubuh berukuran 40-58 cm dan memiliki ekor yang lumayan panjang 25-38 cm. Trenggiling Cina dewasa memiliki berat sampai 2 hingga 7 kilogram (4,4 sampai 15,4 lb).

Nah, uniknya hewan ini mmeiliki 18 baris sisik yang tumpang tindih disertai dengan rambut yang merupakan kombinasi langka pada mamalia. Hewan ini juga memiliki mulut yang kecil, dan kepala yang runcing, juga cakarnya akan tumbuh seiring bertambahnya usia.

Trenggiling Pohon

wikimedia.org

Trenggiling pohon (Phataginus Tricipus) juga dikenal sebagai trengiling putih dan ditemukan di benua Afrika. Sesuai namanya hewan ini juga berwarna putih, uniknya dari trenggiling kali ini adalah bentuknya yang kecil dengan panjang 33-43 cm, namun memiliki ekor yang panjang 49-62 cm.

Trenggiliing pohon dapat berjalan dengan keempat kakinya atau dengan kaki belakangnya dengan dibantu ekornya untuk menopang badan saat berada pada posisi 180 derajat. Ia dapat memanjat pohon yang tinggi dengan tanpa cabang. Hewan ini juga termasuk dalam hewan nokturnal.

Trenggiling Raksasa

wikimedia.org

Giant Pangolin (Smutsia Gigantea) merupakan tenggiling yang ditemukan di Afrika yang menyebar dari Afrika Barat sampai ke Uganda. Spesies ini merupakan trenggiling terbesar yang masuk dalam keluarga Manidae.

Hewan ini termasuk nokturnal dan tergolong trenggiling dengan penglihatan yang buruk. Hidupnya soliter, meskipun biasanya hidup berdampingan di lubang saat remaja.

Trenggiling Tanah

pinterest.com

Ground Trenggiling (Smutsia Temmincikii) juga dikenal sebagai trenggiling tanah adalah hewan yang tercancam punah di dunia. Ditemukan di Afrikaselatan dan Afrika Timur.

Trenggiling ini menghabiskan banyak hidupya di tanah, menandai tempatnya dengan air kencingnya. Perlu kamu tahu juga trenggiling ini dapat mengeluarkan asam berbahaya dari sekitar anusnya untuk menghindari predator.

Trenggiling Berekor Panjang

newsela.com

Trenggiling kali ini memiliki ciri khas yang sangat terlihat, yaitu terletak pada ekornya yang lebih panjang daripada spesies lain. Ekornya bisa mencapai panjang 60 – 70 cm (24-28 inci) sedangkan tubuhnya 30 – 40 cm (12-16 inci).

Walaupun ekor trenggiling ini merupakan yang terpanjang, namun trenggiling ini merupakan yang terkecil dari 8 spesies lainnya. Seperti trenggiling lain, spesies ini memiliki ekor panjang yand ditutupi sekitar 9 hingga 13 baris sisik yang saling tumpang tindih.

Harga Trenggiling

Meskipun sudah dicap sebagai hewan yang terancam punah dan harus dilestarikan, namun masih banyak tangan nakal yang ingin memburu dan menjual hewan ini dengan illegal. Untuk satu sisiknya saja harganya bisa berkisar sekitar satu dollar, dan untuk setiap satu kilogram sisiknya berhagarga sekitar Rp 10 juta.

Penjualannya juga berbeda-beda setiap daerah dan Negara, karena sisisknya yang bisa digunakan lebih dari 60 produk herbal China sebagai obat tidah heran  hewan ini menjadi mamalia yang plaing banyak diperjual belikan di dunia.

Di china harga sisik trenggiling bisa mencapai $11 atau Rp 155 ribu perkilogram pada tahun 1990 dan untuk sekarang harganya bisa mencapai $470 atau setara Rp 6,6 juta. Untuk harga dagingnya sendiri bisa berkisar antara Rp 1 juta perkilogram.

Nah mungkin sekian artikel kali ini, terus lestarikan dan ikut serta dalam pemberdayaan hewan langka ya, sekian dan terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Cacing Tiger
SELENGKAPNYA

Harga Cacing Tanah

Cacing Tanah merupakan hewan yang tidak hanya menjijikan tapi banyak orang merasa takut atau geli pada hewan satu…
Gambar Teripang Kering
SELENGKAPNYA

Harga Teripang

Indonesia sebagian besar terdiri dari laut. Sehingga hasil dari laut indonesia sangat melimpah, terutama dari sektor perikanan yang…
Gambar Gurita Beku
SELENGKAPNYA

Harga Gurita

Gurita merupakan hewan laut yang mempunyai ciri fisik atau bentuk yang khas. Di sebagian negara, hewan laut ini…