Harga Tiket Masuk Ragunan Januari 2018

Harga Tiket Masuk Ragunan – Bonbin atau Kebon Binatang merupakan sebuah tempat penagkaran dan perkembangbiakan berbagai macam jenis satwa dalam lingkungan buatan tertentu yang dirancang sedemikian mungkin sehingga mirip dengan habitat aslinya dan dipertunjukan kepada para pengunjung yang datang. Kebun binatang seringkali dijadikan tempat rekreasi yang murah dan mudah untuk dikunjungi. Selain memiliki fungsi sebagai tempat rekreasi, kebun binatang juga seringkali di manfaatkan berbagai macam tingkatan sekolah sebagai tempat untuk menuntut ilmu guna pendidikan, riset dan tempat konservasi bagi beberapa satwa yang memang dilindungi karena jumlah populasinya kian menurun sehingga terancam punah. Salah satu jenis kebun binatang yang terdapat di Indonesia antara lain adalah kebun binatang yang memungkinkan pengunjung untuk mengelilingi kawasan kebun binatang dengan menggunakan mobil pribadi maupun bus yang telah disediakan pengelola kebun binatang disebut taman safari. Ada juga kebun binatang yang khusus diperuntukan guna merangsang gerak dan pola pikir anak-anak karena anak-anak bisa secara langsung berinteraksi dengan satwa tersebut, biasanya kebun binatang ini menyajikan binatang-binatang seperti kelinci, hamster, kambing, kucing dan lain sebagaiya.

Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan
Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan

Jika kita berbicara kebun binatang, maka salah satu kebun binatang ternama di Indonesia yang namanya hampir kita dengar di berbagai siaran televisi adalah kebun binatang Ragunan. Berdiri di tanah seluas 140 hektare dengan koleksi satwa hingga menyentuh angka 295 spesies dan 4040 spesimen menjadikan kebun binatang Ragunan sebagai tempat favorite untuk menghabiskan masa-masa liburan masyarakat baik dalam maupun luar kota. Kebun binatang Ragunan terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan telah resmi didirikan sejak tahun 1864. Selain menarik pengunnjung dari segi koleksi satwanya, kebun binatang Ragunan juga memiliki kawasan hutan hujan tropis mini yang ditumbuhi oleh pepohonan dengan jumlahnya yang begitu fantastis yaitu hingga 50.000 pepohonan. Kawasan hutan tropis Ragunan menjadi tempat yang kian ramai dikunjungi oleh banyak pengujung karena letak kawasan ini yang dekat dengan pemukiman padat masyarakat dan menjadi paru-paru di kota yang begitu padat dengan lalu lalang kendaraan.

Bagi anda yang belum mengetahui, kebun binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia dengan nama kecilnya yaitu Planten En Dierentuin yang memiliki arti “Taman dan Kebun Binatang” yang diberikan oleh seorang pelukis Indonesia yang beretnis Arab-Jawa yang mempionirkan seni modern Indonesia adalah Raden Saleh Sjarif Boestaman. Wisata kebun binatang ragunan ini sempat ditutup sekitar 3 minggu mulai tanggal 19 September 2005 hingga dibuka kembali pada tanggal 11 Oktober 2005 karena beberapa satwa yang ada pada kebun binatang Ragunan terinfeksi oleh penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menyerang burung dan mamalia atau biasa kita sebut dengan Flu burung.

Fasilitas Kereta Keliling Kebun Binatang Ragunan
Fasilitas Kereta Keliling Kebun Binatang Ragunan

Bagi anda yang ingin menikmati masa liburan yang berbeda dengan biasanya, kebun binatang Ragunan akan memebrikan pengalam berbeda dari berbagai kebun binatang lainnya. Terdapat berbagai jenis wahana yang dapat anda coba bersama keluarga, teman-teman ataupun sahabat anda seperti Onta tunggang, Kuda tunggang, Taman satwa anak, Kereta keliling, Perahu angsa, Kuda bendi, Sepeda tunggal dan Sepeda Ganda. Beberapa wahana tersebut tentu saja dikenakan biaya tambahan setiap kali anda mencoba berbagai wahana tesebut. Untuk satu kali putaran tiket masuk berbagai wahana yang seru dan asik untuk dicoba tersebut berkisar mulai dari harga Rp 2.500 hingga Rp 18.000 per putarannya.

Peta Kebun Binatang Ragunan
Peta Kebun Binatang Ragunan

Harga tiket masuk Ragunan dari tahun ke tahun terkenal dengan biayanya yang begitu ramah dikantong pengujung dari semua kalangan. Untuk dewasa dengan rentang usia lebih dari 17 tahun dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4.000 sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja. Harga tiket ini merupakan harga tiket yang sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan tempat wisata lain yang berada di sekitar wilayah Jakarta Selatan. Bagi anda pengguna kendaraan pribadi, ada biaya khusus yang perlu anda bayarkan. Untuk jenis kendaraan besar seperti Bus, Truk besar dan Mobil box besar akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000, untuk jenis minibus, mobil sedan dan sejenisnya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 6.000 sedangkan untuk kendaraan roda dua dan roda tiga dikenakan biaya parkir yang sama yaitu Rp 3.000 saja.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Ocean Park

Demikian artikel mengenahi harga tiket masuk Ragunan yang sudah selesai anda baca. Semoga informasi tentang harga tiket yang ada didalamnya bisa membantu anda dan menambah pengetahuan anda mengenai berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia. Maaf bila ada kesalahan dalam penulisan kata di artikel ini. Sekian dan terimakasih !

Tags: