Harga Tiket Masuk Monas Januari 2018

Harga Tiket Masuk Monas – Salah satu ikon dari kota metropolitan Jakarta adalah Monumen Nasional atau biasa kita menyebutnya dengan Monas. Monas merupakan sebuah monumen yang memiliki tinggi kurang lebih 132 meter atau setara dengan 433 kaki guna mengenang jasa perlawanan dan perjuangan seluruh rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda pada saat itu. Warga sekitar Jakarta pastinya tidak asing dengan Monas yang memang di dirikan tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat dan resmi didirikan pada tanggal 12 Juli 1975. Monumen ini sangatlah terkenal karena memiliki keistimewaan yaitu terdapat mahkota yang berbentuk lidah api yang dilapisi lembaran emas pada puncaknya dan memiliki arti sebagai semangat perjuangan yang menyala-nyala.

Tempat Wisata Bersejarah Monas
Tempat Wisata Bersejarah Monas

Kemajuan zaman dan tuntutan masyarakat akan tempat rekreasi yang murah membuat Kota Jakarta terus berbenah. Terbukti saat ini Monas terus dipercantik dan tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata sejarah saja. Berbagai fasilitas tambahan seperti empat lapangan futsal, satu lapangan basket dan satu lapangan voli yang dilengkapi dengan 24 perangkat lampu yang menyala terang sudah tersedia di Monas. Terdapat juga fasilitas terbaru yaitu toilet bersih untuk para penyandang disabilitas yang terdiri dari dua toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan lengkap dengan wastafel dan juga Monas Djakarta’s Fountain atau lebih dikenal dengan Air Mancur Menari yang merupakan fasilitas terbengkalai yang kini sudah mulai bisa anda nikmati kembali keindahannya. Hingga saat ini terdapat sekitar 400 buah lampu LED yang terpasang dan menerangi setiap sudut Monumen Nasional di malam hari.

Monas berdiri di lahan seluas 80 hektare yang saat ini menjadi salah satu area terbuka publik terbesar di Ibu Kota Jakarta. Memiliki nilai sejaah yang begitu tinggi membuat Kota Jakarta terus mempercantik Monumen Nasional agar bisa diterima oleh seluruh generasi dan golongan masyarakat. Bagi anda yang ingin mengunjungi Monas sebaiknya datang pada waktu pagi, sore ataupun malam hari karena Monas akan menunjukan sisi terbaiknya pada waktu tersebut. Tersedianya ruang publik ini diyakini dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya kebahagiaan serta kualitas hidup manusia khususnya Masyarakat Jakarta. Diharapkan bagi masyarakat yang sering berkunjung ke Monas, dapat menerapkan gaya hidup yang lebih positif, sehat serta bisa menjalin tali silaturahmi kepada warga lain.

Air Mancur Monas
Air Mancur Monas

Dibagian dalam Monas terdapat bendera pusaka Indonesia yang tersimpan rapi dan juga ekstra aman di Museum Sejarah Nasional Indonesia yang tepat 3 meter berada di bawah tugu Monas. Tempat penyimpanan bendera pusaka tersebut dilindungi oleh kaca anti peluru. Para pengunjung yang datang bisa bebas melihat bendera tersebut dan juga melihat pemandangan kota metropolitan Jakarta dari atas monas menggunakan teropong yang telah tersedia. Lokasi dari tempat wisata bersejarah tinggi ini berada di Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dengan jam operasional mulai dari jam 7 pagi hingga 12 malam.

Besar ruang Museum Sejarah Nasional Indonesia ini kurang lebih mencapai 64 meter persegi dan dapat menampung pengunjung hingga maksimal 500 orang. Ruangan Museum Sejarah Nasional Indonesia ini berlapis marmer dan terdapat 48 diorama pada keempat sisinya ditambah lagi 3 diorama di tengah, sehingga total menjadi 51 diorama. Berbagai macam Diorama tersebut menampilkan sejarah Indonesia dari masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Diorama ini dapat anda lihat dimulai dari sudut timur laut bergerak memutar searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia, mulai masa pra sejarah, masa kerajaan kuno seperti Sriwijaya dan Majapahit, lalu disusul dengan masa penjajahan bangsa Eropa yang berlanjut kepada perlawanan para pahlawan nasional saat pra kemerdekaan melawan pemerintah Hindia dan VOC Belanda. Berbagai diorama tersebut terus berlangsung hingga masa pergerakan nasional Indonesia awal abad ke-20 yang saat itu sedang masa pendudukan Jepang, perang kemerdekaan dan masa revolusi, hingga masa Orde Baru pada masa pemerintahan Suharto.

Enam Lapangan Monas
Enam Lapangan Monas

Harga tiket masuk Monas saat ini untuk Dewasa Rp 20.000 sedangkan untuk anak-anak mulai dengan harga Rp 10.000. Sedangkan untuk masuk ke dalam Cawan Monas untuk Dewasa dibandrol dengan harga Rp 7.500 sedangkan untuk anak-anak dibandrol dengan harga Rp 3.500. Harga tiket masuk tersebut sangatlah cocok untuk tempat wisata bersejarah ini karena untuk enam lapangan yang terdapat di Monas tidak dipungut biaya alias Gratis.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Demikian artikel mengenai harga tiket masuk Monas yang telah selesai anda baca diatas. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda mengenai tempat wisata bersejarah yang ada di Indonesia dan membantu anda dalam menemukan informasi yang anda ingin ketahui. Sekian dan terimakasih !

Tags: