Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Desember 2018

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan  Tempat wisata yang begitu menarik pengunjung dari berbagai kalangan ekonomi maupun kalangan usia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Candi Roro Jonggrang atau kita lebih kenal dengan nama Candi Prambanan. Peninggalan ini termasuk kedalam Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai peninggalan candi Hindu terbesar di Indonesia. Dibangun pada abad ke-9 masehi yang dipersembahkan kepada Trimurti atau tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishni sebagai dewa pemelihara dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Pintu Selatan Candi Prambanan
Pintu Selatan Candi Prambanan

Candi Prambanan ini memiliki nama lain dalam bahasa Sansekerta yaitu Siwagrha yang memiliki makna sebagai “Rumah Siwa”. Pada ruang utama yang terdapat di Candi Prambanan ini terdapat arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang bersemayam sehingga menunjukan bahwa di kompleks candi ini dewa Siwa lebih diutamakan. Kawasan Candi Prambanan memiliki bentuk persegi panjang yang terdiri dari halaman luar dan terdapat tiga pelataran yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam). Berikut dibawah ini penjelasan dari masing-masing tiga pelataran tersebut :

Pemandangan Candi Prambanan pada malam hari
Pemandangan Candi Prambanan pada malam hari
  1. Jaba (pelataran luar)
    Jaba (pelataran luar) merupakan kawasan dengan luas mencapai 390 meter persegi yang mendaji areal terbuka yang dikelilingi dengan halaman luar. Pada zaman dahulu terdapat pagar batu yang mengelilingi Candi Prambanan sehingga terlihat lebih menawan, namun sayangnya pagar batu tersebut sudah menjadi reruntuhan dan menjadi pelataran kosong. Pada pelataran tersebut masih belum diketahui apakah terdapat bangunan atau pernak pernik lainnya yang menjadi pengisi lahan kosong tersebut.
  2. Tengahan (pelataran tengah)
    Pelataran kedua ini merupakan kawasan yang tadinya dikelilingi pagar batu dan sudah hancur juga. Kawasan ini memiliki bentuk seperti persegi panjang den memiliki luas hingga 222 meter persegi. Terdapat empat teras berundak yang masing-masing tingkatnya memiliki jumlah candi yang berbeda-beda. Pada tingkat yang terbawah terdapat 68 candi kecil yang berderat berkeliling dan terbagi menjadi empat baris oleh jalam penghubung antar pintu. Tingkat yang kedua terdapat 60 candi, tingkat ketiga terdapat 52 dan pada tingkat ke empat terdapat 44 candi. Seluruh candi yang ada pada Tengahan (pelataran tengah) ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama, sayangnya hampir semua dari candi tersebut saat ini dalam keadaan hancur.
  3. Njeron (pelataran dalam)
    Pada pelataran dalam ini merupakan pelataran yang paling tinggi letaknya dibandingkean dengan Jaba (pelataran luar) dan Tengahan (pelataran tengah). Pada kawasan Njeron (pelataran dalam) ini memiliki bentuk yang sama yaitu mirip dengan persegi panjang dan memiliki luas hingga 110 meter persegi dengan tingginya mencapai 1,5 meter dari permukaan pelataran Njeron (pelataran dalam) yang paling atas. Pada kawasan ini dikelilingi turap dan pagar batu serta terdapat gapura di masing-masing pintu masuk utamanya yang memiliki bentuk gapura paduraksa. Namun, saat ini hanya terdapat satu gapura saja yang masih utuh yaitu gapura pada sisi selatan saja.
Peta Candi Prambanan
Peta Candi Prambanan

Dari penjelasan di atas Candi Prambanan memang merupakan tempat yang sesuai untuk menjadi tujuan liburan anda dengan keluarga, teman teman ataupun sahabat anda. Selain perlu mengetahui berbagai fasilitas dan apa saja yang terdapat di Candi Prambanan kita juga perlu mengetahui harga tiket masuk Candi Prambanan yang perlu kita bayar untuk memasuki kawasan wisata tersebut. Harga tiket masuk Candi Prambanan reguler untuk usia 10 tahun keatas dibandrol dengan harga Rp 40.000 sedangkan untuk usia 3 sampai dengan 10 tahun dibandrol dengan harga Rp 20.000. Selain tiket regular tersebut terdapat juga tiket paket wisata yaitu Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan yang dibandrol mulai dari harga Rp 30.000 hingga Rp 60.000 perorangnya. Jam operasional tempat wisata Candi Prambanan setiap harinya mulai dari jam 6 pagi hingga 5 sore.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Ciater

Demikian artikel tentang harga tiket masuk Candi Prambanan yang sudah anda selesai baca diatas. Semoga artikel ini membantu anda dalam menemukan hal yang anda cari dan menambah pengetahuan anda mengenai tempat wisata yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekian dan terimakasih !

Pencarian Harga Terbaru

  • htm prambanan
  • tiket masuk candi prambanan
  • tiket masuk pra
  • htm candi prambanan juli 2018
  • tiket masuk candi prambanan september 2018
  • tiket masuk prambanan juli 2018
  • tiket masuk prambanan
  • tiket masuk candi prambanan 2018
  • harga masukprambanan
  • Tiket masuk pram

Tags: