Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Agustus 2018

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur – Salah satu tempat wisata di Indonesia yang juga dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO adalah Candi Borobudur. Siapa yang tidak tahu tentang tempat wisata yang spektakuler dan menajubkan ini. Candu Borobudur terkenal dengan berbagai stupa yang menghiasinya. Didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana tepatnya pada abad ke-8 masehi saat masa pemerintahan wangsa Syailendra. Yang membuatnya menjadi menakjubkan adalah terdapatnya 2672 panel relief, 504 arca Buddha dan 72 stupa. Memiliki koleksi relief Buddha terbanyak dan terlengkap didunia sekaligus menjadi candi atau kuil Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur memiliki bangunan yang mencerminkan alam semeseta dalam kepercayaan Buddha karena memang mengusung konsep bangunan yang menggunakan gaya Mandala. Struktur bangunan Candi Borobudur memiliki empat pintu masuk karena bangunan ini memang berbentuk kotak dengan titik pusatnya yang berbentuk lingkaran. Tempat wisata Candi Borobudur ini terbagi menjadi 2 bagian jika anda memperhatikannya dari luar hingga ke dalam yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar dan alam Nirwana di bagian pusatnya. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan masa liburan dengan keluarga, sahabat, dan teman-teman anda.

Tempat Wisata Candi Borobudur
Tempat Wisata Candi Borobudur

Berikut ini merupakan penjelasan dari bagian alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona:

  1. Kamadhatu
    Zona pertama yang terdapat di Candi Borobudur di beri nama Kamadhatu karena memang memiliki filosofi yang mencerminkan alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang. Pada zona Kamadhatu ini terdapat 160 relief yang menjelaskan hukum sebab akibat atau Karmawibhangga Sutra. Pada 160 relief ini begitu jelas digambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia yang terjadi saat ini seperti merampok, membunuh, memperkosa, fitnah dan penyiksaan. Tudung stupa pada bagian dasar yang terdapat di zona Kamadhatu ini sengaja dibuka secara permanen agar pengunjung dapat melihat keindahan relief yang tersembunyi di bagian bawah.
  2. Rupadhatu
    Zona alam dunia kedua yang terdapat di Candi Borobudur bernama Rupadhatu. Nama ini dipilih karena memang memiliki arti sebagai alam peralihan, dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia. Terdapat 328 patung Buddha yang begitu indah yang juga memiliki hiasan relief pada ukirannya. Sebuah penelitian menurut manuskrip Sansekerta pada bagian ini terdiri dari 1300 relief yang berupa Gandhawyuha, Lalitawistara, Jataka dan Awadana yang membentang sejauh 2,5 kilometer dengan total hingga 1212 panel.
  3. Arupadhatu
    Pada zona yang ke tiga ini merupakan zona yang memang sangat sakral sehingga dinamakan Arupadhatu yang memiliki arti alam tertinggi, rumah Tuhan. Terdapat tiga serambi yang memiliki bentuk lingkaran mengarah ke kubah yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Tidak terdapat ornamen, relief maupun hiasan yang menggambarkan kemurnian tertinggi. Serambi yang terdapat pada Arupadhatu terdiri dari stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, dan berisikan patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. Ada total 72 stupa yang terdapat di Arupadhatu ini.
Stupa Terbuka Candi Borobudur
Stupa Terbuka Candi Borobudur

Harga tiket masuk Candi Borobudur reguler untuk dewasa (usia 10 tahun keatas) di bandrol dengan harga Rp 40.000 sedangkan untuk anak-anak (usia 3 hingga 10 tahun) Rp 20.000 dan sudah termasuk premi asuransi pengunjung sebesar Rp 500 per orang. Terdapat juga tarif khusus bagi wisatawan rombongan pelajar serta mahasiswa yang tentu saja membawa surat pengantar dari sekolah atau universitas, tarif tiket masuk Candi Borobudur lebih dari 20 orang di bandrol dengan harga Rp 20.000 per orang dan Paket wisata Borobudur, Mendut, dan pawon dengan harga Rp 30.000 sudah termasuk asuransi.

Baca Juga : Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Demikian artikel mengenai harga tiket masuk Candi Borobudur yang telah usai anda baca. Semoga dapat membantu anda dalam menemukan informasi yang anda perlukan dan menambah pengetahuan anda mengenai berbagai tempat wisata yang terdapat di Indonesia. Sekian dan Terimakasih !

Pencarian Harga Terbaru

  • Tiket masuk c
  • htm borobudur april 2018
  • harga tiket masuk candi borobudur
  • harga tiket masuk candi borobudur hari ini
  • harga tiket masuk candi borobudur terbaru
  • tiket masuk candi borobudur terbaru juli 2018
  • htm candi Borobudur tanggal 20 juni 2018
  • tabur di bawah bangunan Borobudur
  • Tiket borobudur 20 juni
  • Tiket masuk boro

Tags: