Harga Telur Ayam

Telur merupakan hasil perkembangbiakan pada unggas, didalam telur tersebut terdapat bibit itik yang dapat menetas jika ayam mengerami telur tersebut.

Itik yang sudah menetas dapat tumbuh menjadi indukan ayam lagi, akan tetapi sebelum itik menetas telur ayam juga dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Gambar Telur Ayam
s0.bukalapak.com

Harga jual telur ayam yang juga menguntungkan sehingga banyak peternak ayam memanfaatkan telurnya saja untuk dijual.

Telur ayam dibedakan menjadi dua jenis yaitu telur ayam kampung dan telur ayam ras. Biasanya telur ayam kampung digunakan untuk obat tradisional sedangkan telur ayam ras untuk dikonsumsi sehari-hari.

Dilihat dari tampulan fisiknya telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil sekitar 30-60 gram saja, sedangkan telur ayam negeri/ras memiliki ukuran yang lebih besar.

Gambar Kandang Ayam Petelur
cdn.bigdutchman.id

Warna cangkang telur ayam kampung pun lebih putih dibanding dengan telur ayam negeri yang memiliki warna cangkang kecoklatan.

Isi di dalam telur ayam kampung lebih bening dan kuning telur kecil, berbeda dengan telur ayam negeri yang isinya bening dan kuning telurnya besar.

Secara kandungan gizi di dalam telur ayam kampung dan ayam negeri sedikit berebeda. Terutama pada kandungan vitamin E dan lemak yang ada di telur ayam kampung tetapi tidak dimiliki oleh telur ayam negeri.

Gambar Telur Ayam Jantan
4.bp.blogspot.com

Jenis makananlah yang mempengaruhi hal tersebut, jika ayam kampung lebih sering memakan yang ada di alam seperti (cacing, hijau-hijaun, serangga, dll) sedangkan jenis makanan ayam negeri cenderung diatur dan tidak bervariasi.

Kandungan vitamin E dalam telur ayam kampung dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, fungsi penglihatan, dan ikut andil dalam menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, dilansir dari MSN sekarang juga terdapat jenis telur yang mengandung omega-3. Omega-3 tersebut didapatkan dari jenis makanan yang diberikan pada ayam.

Gambar Telur Ayam Menetas
pahalamanalu88.files.wordpress.com

Untuk memilih telur ayam yang layak konsumsi, Anda harus memperhatikan asal usul telur ayam tersebut, usahakan telur ayam yang akan dikonsumsi berasal dari ayam yang dipelihara secara organik.

Perhatikan juga bentuk fisik dari telur ayam yang akan dibeli, telur yang bagus memiliki cangkang utuh, tidak ada retakan, dan isi telur tidak ada yang keluar.

Penyimpanan telur ayam sebaiknya pada suhu rendah atau disimpan di kulkas agar lebih awet dan tidak mudah busuk. Biasanya telur yang sudah terlalu lama disimpan akan memunculkan bau tidak sedap yang menyengat.

Gambar Telur Ayam Ras
cdn.pixabay.com

Telur ayam sebagai sumber protein harian dapat diolah dengan cara digoreng atau direbus. Batasan konsumsi telur setiap orang sekitar 4 butir telur per minggunya.

Meski tergolong sumber protein yang terjangkau, akan tetapi telur ayam kerap kali naik dan kadang kala harga telur ayam tidak stabil.

Gambar Telur Ayam Lucu
cdn.idntimes.com

Harga telur ayam biasanya dipengaruhi oleh harga pakan ayam, jika pakan ayam naik maka harga jual telur ayam pun akan ikut naik.

Tidak hanya itu, harga telur ayam dan kebutuhan pokok lain umumnya akan ikut naik ketika memasuki bulan Ramadhan.

Daftar Harga Telur Ayam

Telur AyamHarga
Telur Ayam Negeri/RasRp 24.000/Kg
Teur Ayam Negeri Omega CurahRp 26.000/10 butir
Telur Ayam Negeri Omega 3Rp 47.000/10 butir
Telur Ayam KampungRp 30.000/10 butir
Telur Ayam Kampung MerahRp 36.000/10 butir

Baca Juga: Harga Daging Ayam

Kenaikan harga telur ayam tidak hanya disebabkan oleh pakannya saja, tetapi juga disebabkan oleh stok dan banyaknya permintaan dari konsumen. Harga telur di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan tidak di semua daerah dijual dengan harga yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *