Daftar Harga SSD di Pasaran Desember 2017

Mungkin sebagian dari Anda belum paham betul dengan apa yang dimaksud dengan SSD. SSD ini merupakan singkatan dari Solid State Drive yang mana merupakan sebuah penyimpanan utama selain hardisk. Sebagian besar orang akan mengira jika penyimpanan yang ada di sebuah computer hanyalah menggunakan hardisk saja.

SSD Terbaik
SSD Terbaik

Namun, siapa sangka jika SSD atau Solid State Drive rupanya juga memiliki peranan yang sangat penting untuk menyimpan berbagai macam data yang ada di computer. Selain itu, SSD dan juga hardisk merupakan komponen yang sangat penting bagi computer untuk melakukan.

Walaupun ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui apa itu SSD, namun juga ada masyarakat yang hanya mengetahui jika SSD itu memiliki kecepatan yang cukup kencang tanpa tahu seberapa cepat kecepatan SSD dalam mengolah.

Nah, untuk memberikan pengetahuan bagi Anda, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai SSD dan juga harga SSD di pasaran.

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai harga SSD yang ada di pasaran, berikut ini ada beberapa hal mengenai SSD atau Solid State Drive yang wajib untuk Anda ketahui.

  1. Menggunakan TRIM

Pada saat Anda akan membeli sebuah SSD, sangat disarankan untuk membeli SSD dengan menggunakan TRIM. Nah, apa sih yang dimaksud dengan TRIM itu? Berikut penjelasannya.

 Kegiatan overwriting atau keadaan dimana data yang ditulis pada sector (tempat) yang sama kemudian data baru juga akan ditimpa secara langsung di tempat data (sector) yang lama. kegiatan overwriting ini merupakan hal yang wajar yang terjadi di hard disk.

Namun, hal tersebut justru akan menimbulkan sampah data “Garbage”
pada SSD. Dengan munculnya Garbage, hal tersebut dapat menyebabkan SSD menjadi melambat karena harus memilah antara data lama dengan yang baru.

Nah, disinilah fungsi ari TRIM itu sendiri akan bekerja. TRIM akan bekerja dengan memastikan sistem operasi dapat menulis di sektor yang sama, kemudian data yang lama akan terhapus secara total tanpa harus menyisakan sampah.

Tak hanya itu, fungsi dari TRIM ini juga akan membuat semua sector dihapus serta diformat secara keseluruhan sehingga akan menjadikan performa dari SSD dapat kembali seperti semula.

  1. Isi SSD

Apakah Anda berpikiran bahwa isi dari SSD ini memiliki mekanik yang rumit sama seperti dengan hardisk? Rupanya pemikiran yang seperti itu salah besar. Ternyata, isi dari SSD itu sendiri hampir sama seperti sebuah RAM. Isi dari SSD merupakan sekumpulan memori yang dipasang pada sebuah board. Cukup simple bukan isi dari SSD tersebut?

  1. SLC serta MLC

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui mengenai SSD yang satu ini. salah satunya yaitu SLC dan juga MLC. Nah, apa yang dimaksud dengan SLC dan MLC itu sendiri?

Rupanya SLC dan MLC merupakan tipe memori yang digunakan oleh SSD, dimana SLC itu sendiri merupakan singkatan dari Single Level Cell. SLC ini merupakan sebuah memori yang akan menyimpan sebuah bit data pada sebuah cell memori.

Sedangkan MLC itu sendiri yaitu singkatan dari Multi Level Cell, dimana akan digunakan untuk menyimpan dua bit data sekaligus dalam sebuah cell memori.  Rupanya, SLC dan MLC memiliki perbedaan masing-masing, dimana SLC lebih cepat dan memiliki siklus hidup yang lebih lama jika dibandingkan dengan MLC.

Namun, harga dari SLC itu sendiri rupanya lebih mahal dan membuatnya sulit ditemukan di consumer SSD.

  1. Kecepatan yang dimiliki

Mungkin sebagian dari Anda sudah mendengar bahwa SSD memiliki kecepatan yang lumayan cepat untuk mengolah data. Hal ini karena SSD tidak mempunyai mekanik yang diharuskan untuk bergerak terlebih dahulu saat menulis dan membaca data. Ditambah lagi, SSD juga tidak pernah melakukan putaran spindle seperti yang dilakukan oleh sebuah hardisk. Hal tersebutlah yang membuat SSD lebih cepat jika dibandingkan dengan sebuah hardisk.

Di atas merupakan 4 hal yang wajib untuk Anda ketahui tentang SSD yang satu ini. nah, setelah membahas mengenai beberapa fakta dari SSD, tak lengkap rasanya jika disini juga tidak membahsa tentang harga SSD yang ada di pasaran.

SSD Murah Terbaik
SSD Murah Terbaik

Kira-kira, berapa harga yang dibandrol untuk tipe penyimpanan yang satu ini di pasaran? Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan disajikan beberapa data mengenai harga SSD yang wajib untuk Anda ketahui beserta spesifikasi dari masing-masing produk SSD yang dijual di pasaran.

  1. SAMSUNG Solid State Drive 840 PRO 256GB SSD

SSD yang satu ini memiliki spesifikasi seperti Solide State, SATA III, 256 GB dan 2,5”. Dengan berbagai macam spesifikasi tersebut, SSD ini dibandrol dengan harga sebesar Rp 1.900.000.

  1. KINGSTON SSDNow V300 Series 240 GB with Notebook Upgrade Kit [SV300S3N7A/240G]

harga SSD yang satu ini sebesar Rp 2.000.000, dengan harga yang dimiliki tersebut rupanya SSD yang satu ini dilengkapi dengan SSD Notebook Upgrade Kit, Solid State, 240 GB, SATA III dan 2,5”.

  1. SSD SATA 2.5 inch PLEXToR M5S 256 GB

Dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan beberapa harga SSD di atas yaitu sekitar Rp 2.250.000, ternyata SSD yang satu ini dilengkapi dengan menggunakan Solid State, 256 GB, SATA III, 2.5”

  1. SSD SATA 2.5 inch OCZ Vertex 460 240GB

Memiliki spesifikasi seperti Solid State, 240 GB, SATA III dan 2.5” ternyata membuat SSD yang satu dijual seharga Rp 2.000.000

  1. SSD SATA 2.5 inch CORSAIR Force Series LS [CSSD-F240GBLS]

harga SSD yang satu ini yaitu sekitar Rp 1.500.000, dengan harga tersebut ternyata membuat SSD yang satu ini dilengkapi dengan 240 GB, SATA III, 2.5”, Solid State dan 560/535 MB/s.

  1. SSD SATA 2.5 inch INTEL Solid State 530 Series 180 GB [SSDSC2BW180A4K5]

Dijual dengan kisaran harga Rp 1.650.000, membuat SSD yang satu ini memiliki spesifikasi seperti Solid State, 180 GB, SATA III, 2.5”

  1. SSD SATA 2.5 inch ADATA Solid State Drive Premier Pro 256 GB [SP900]

Memiliki spesifikasi seperti Solid State, 256 GB, SATA III, dan 2.5”.  dengan beberapa spesifikasi tersebut ternyata membuat SSDyang satu ini dijual dengan harga sekitar Rp 1.300.000 saja.

  1. SSD SATA 2.5 inch SANDISK Extreme [SDSSDX-120GB-G25]

SSD yang satu ini dijual dengan harga sekitar Rp 1.320.000 dan memiliki spesifikasi seperti Solid State, 120 GB, SATA III, 2.5”

  1. SSD SATA 2.5 inch INTEL Solid State 530 Series 120 GB [SSDSC2BW120A4K5]

harga SSD yang satu ini yaitu Rp 1.500.000, dengan harga tersebut SSD yang satu ini memiliki spesifikasi seperti berikut, Solid State, SATA III, 2.5” an 120 GB

  1. SSD SATA 2.5 inch ADATA Solid State Drive Premier Pro 32 GB [SP600]

SSD yang satu ini memiliki spesifikasi seperti 32 GB, SATA III, 2.5”, Solid State. Dengan beberapa spesifikasi tersebut ternyata membuat SSD yang satu ini hanya dijual sekitar Rp 619.000.

Pastinya, masih ada banyak lagi jenis SSD yang bisa Anda temukan di pasaran lengkap dengan harga SSD tersebut. Semoga bisa membantu Anda untuk dijadikan sebagai referensi sebelum membeli SSD.

Tags: