Harga Speaker Aktif

Semakin hari komponen atau peralatan elektronik semakin berkembang, ada yang difungsikan untuk menunjang aktivitas seperti lampu, mesin cuci, kipas angin, dan masih banyak lagi.

Ada juga peralatan elektronik yang diciptakan bertujuan untuk sarana hiburan belaka, seperti televisi, radio, pengeras suara atau biasa kita kenal dengan speaker.

Kali ini kita akan membahas sebuah peralatan elektronik yang biasa digunakan sebagai pengeras suara, dengan kata lain biasa kita sebut dengan speaker.

Apa Itu Speaker ?

indonesian.alibaba.com

Bagi yang belum tahu, Pengeras suara adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara.

Sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara yang lebih keras dari suara biasanya.

Dalam setiap sistem yang menghasilkan suara (loud speaker), pengeras suara juga merupakan penentu kualitas suara di samping itu juga peralatan pengolah suara  yang sebelumnya masih berbentuk listrik dalam rangkaian penguat amplifier.

Sebenarnya speaker digolongkan menjadi dua, yaitu speaker aktif dan speaker pasif, Dimana biasanya speaker aktif juga terdapat pada speaker pasif yang mana akan dihubungkan ke dalam power amplifier yang ada di dalam box.

Namun untuk mengaktifkannya kembali anda tidak perlu menambahkan power amplifier lagi. Ada speaker pasif yang menggunakan magnet atau yang menggunakan kumparan saja.

Untuk lebih lanjutnya anda bisa mengenal beberapa macam atau jenis Speaker dibawah ini.

Bagian Dalam Speaker

pripuncarane.blogspot.com

Perlu anda ketahui, speaker juga memiliki part bagian dalam, semuanya terkoneksi satu sama lain, yang membuat speaker bisa menghasilkan sebuah suara.

A. Membran

Membran berfungsi menerima proses induksi yang dihasilkan oleh magnet yang kemudian akan menjadi cikal bakal bunyi yang diakibatkan oleh getarannya (Induksi).

B. Magnet

Magnet memiliki fungsi sederhana namun sangat penting, yaitu melakukan induksi terhadap membran dan juga untuk menghasilkan medan magnet.

C. Sekat Rongga (Conus)

Berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan oleh gerakan udara di sekitarnya dari pergerakan kumparan. Gelombang tekanan tersebutlah yang sehari-hari kita dengarkan sebagai suara yang dihasilkan speaker.

D. Kumparan

Kumparan berfungsi mengalirkan energi gerak menuju ke conus atau sekat rongga.

Dalam hal ini perubahan yang terjadi dalam medan magnet speaker menyebabkan geraknya kumparan yang diakibatkan oleh interaksi antara kumparan dengan medan konstan magnet.

E. Casing Atau Kotak Speaker

Berfungsi untuk melindungi seluruh bagian dalam speaker. Model casing sendiri cukup beraneka ragam, seperti misalnya berbahan kertas, plastik, logam, ataupun bahan campuran yang disebut composite.

Pada speaker tertentu casing dibuat sedemikian rupa desain yang sangat menarik, sehingga memiliki suatu unsur keindahan yang apabila ditaruh di sudut ruangan.

Macam – Macam Speaker Aktif

spiderbeat.com

Untuk macam dan jenis dari speaker aktif memang beragam tergantung fungsi dan target pasar.

1. Sub Woofer

Frekuensi yang dihasilkan jenis speaker ini bisa mencapai frekuensi suara dati 20-200 Hz. Dimana memungkinkan kita mendengarkan suara atau nada yang rendah atau full bass dengan jelas.

Speaker aktiv jenis ini biasanya disambungkan pada speaker aktif yang biasa digunakan komputer, ruangan untuk mendengar musik, sampai speaker yang biasanya terinstall di dalam mobil.

Untuk cara pemasangan speaker sub woofer ini memerlukan box yang terpisah dari speaker yang lainnya. Hal ini dikarenakan, sub woofer mampu menghasukjan getaran yang cukup keras.

2. Speaker 3 Way

Pada speaker jenis ini mampu menghasilkan frekuensi hingga 20Hz – 20KHz. Sudah cukup keras untuk di dengarkan oleh telinga kita.

Speaker 3 way adalah jenis tipe speaker yang memiliki 3 jenis frekuensi yaitu rendah, menengah dan frekuensi tinggi. Sehingga kemampuan audionya lebih lengkap.

Speaker ini dibagi lagi menjadi empat macam :

A. Midrange

Suara yang dihasilkan oleh speaker ini sangat terdengar jelas seperti anda mendengar suara anda sendiri.

Midrange adalah jenis tipe speaker 3 way yang memiliki kemampuan frekuensi audio menengah yakni sekitar 500-5000 Hz.

B. Full range

Full range jenis tipe speaker 3 way full range ini adalah speaker yang memiliki kemampuan frekuensi audio yang 3 way yakni mampu menghasilkan nada rendah, menengah, ataupun tinggi.

Maka dari itulah jenis speaker full range ini sering digunakan pada speaker sound system (speaker luar ruangan). Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan bisa didengarkan meski dari kejauhan.

C. Tweeter

Tweeter adalah jenis tipe speaker 3 way yang memiliki kemampuan frekuensi audio yang tinggi yakni sekitar 5000-20.000 Hz. Sehingga tak heram jika suara yang dihasilkan sedikit melengking atau terdengar keras dan juga nge bass.

Dalam penggunaannya jenis speaker tweeter ini tidak perlu menggunakan box karena speaker ini sudah dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan suara yang jelas.

D. Speaker 2 way

Speaker 2 way adalah jenis tipe speaker yang memiliki 2 system frekuensi yang rendah dan tinggi. Untuk itu dalam penggunaannya kita dapat menyambungkannya dengan jenis speaker woofer dan tweeter.

3. Woofer

Woofer adalah jenis tipe speaker yang memiliki kemampuan menghasilkan frekuensi yang cukup rendah yakni berkisar 40-1000 Hz. Sehingga suara yang dihasilkan adalah ngebass.

Jenis speaker seperti inu sangat banyak dan mudah sekali kita temukan. Speaker woofer adalah jenis speaker aktif ruangan.

Ada banyak macam varian dan ukuran pada speaker woofer ini yaitu 4 inchi, 6, 8, 10, 12 inchi dan masih banyak lagi jenis nya.

Speaker woofer ini harus dipasangkan pada box atau biasanya juga akan digabungkan dengan tweeter dan midrange nantinya akan menghasilkan suara yang lebih bagus dan juga jernih.

4. Speaker Dual Cone

Desaing yang efisen dan harganya yang lebih murah jika kita bandingkan dengan speaker speaker yang lain membuat speaker ini lebih sering digunakan pada mobil baru, dan juga untuk rumahan standar.

Dentuman suara yang dihasilkan rata-rata nyaris sama, walaupun dari berbagai merk yang berbeda. Speaker jenis ini terdiri dari 2 buah cone (konus).

Cara Kerja Speaker Aktif

youtube.com

Cara kerjanya hampir mirip dengan sebuah alat yang bernama mikrofon, yaitu dengan memanfaatkan getaran yang dihasilkan dari suara. yang kemudian direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, Dll.

Namun pada Speaker tradisional proses ini dilakukan dengan memakai satu driver atau lebih. Dengan kata lain Speaker merupakan suatu mesin penerjemah akhir, kebalikan dari mikrofon.

Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara.

Speaker juga memiliki sebuah driver khusus yang bernama  Audio Engineering.

Audio Engineering adalah sebuah individual elektrodinamik driver yang menyediakan kualitas dan performa yang lebih dari 3 Oktav.

Multiple Driver (subwoofer, woofer, mid-range driver, tweeter) yang biasa digunakan pada loudspeaker sistem yang lengkap, untuk digunakan di 3 oktaf bahkan lebih.

Tips Cara Memilih Speaker Yang Bagus

priceza.co.id

Dalam memilih suatu barang elektronik, biasanya ada berbagai macam tips khusus nih, supaya apa yang anda beli sesuai dengan apa yang ada inginkan dan barang nya memiliki kualitas terbaik diharga yang sesuai.

Berikut beberapa tips yang wajib anda ketahui sebelum anda membeli speaker aktif.

1. Konektivitas

Konektivitas saat ini sangat penting dipehatikan, lain halnya pada zaman dahulu yang hanya menggunakan DVD player portable saja, oleh sebab itu agar suport dengan perangkat lain speaker aktif membutuhkan konektivitas yang lengkap.

Bukan hanya berupa line input standar (RCA) namun dilengkapi juga dengan USB Player input, Line input 3, 5 mm untuk Gadget atau yang lebih canggih lagi support koneksi Bluetooth.

Jika Anda ingin menggabungkan dengan perangkat lain misalnya Subwoofer Aktif anda bisa memilih speaker aktif yang memiliki line out.

2. Brand

Brand dalam memilih sebuah speaker sangat menentukan suatu kualitas dari speaker itu sendiri, hal tersebut dikarenakan Speaker Aktif termasuk peralatan elektronika yang bisa saja mengalami masalah

Oleh sebab itu alangkah baiknya memilih speaker aktif dengan Brand ternama minimal Bertaraf nasional dan dengan layanan purna jual yang baik berupa Garansi produk dan tersedianya service center.

Kualitas juga lebih terjamin apabila speaker aktif diproduksi oleh produsen yang berpengalaman dalam menggarap sebuah produk speaker.

3. Daya RMS

RMS adalah sebuah kekuatan dari amplifier yang diukur dengan satuan Watt, semakin besar Nilai Watt semakin kuat pula suara yang dihasilkannya.

Ada satuan daya yang lain yaitu Watt PMPO namun daya jenis ini tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur besarnya daya dari speaker aktif Karena setiap produsen mengklaim memiliki daya PMPO yang besar.

Nah dilihat dari RMS tersebut Speaker Aktif merupakan rangkaian amplifier yang terintegrasi dengan speaker sehingga pengoperasiannya menjadi lebih praktis.

Sedangkan fungsi utama dari amplifier sendiri memperkuat sinyal audio dari sumbernya sehingga suaranya menjadi lebih kuat.

Jadi kekuatan RMS dari Speaker Aktif sendiri sangat berpengaruh terhadap suara dari speaker itu sendiri.

4. Besar Kecil Woofer

Salah satu komponen utama dari suatu speaker adalah Woofer, sepeaker aktif sangat bergantung dari daya dan ukuran woofer semakin besar daya dan ukuran woofer semakin mantap pula suara bass yang dihasilkan.

Dan bagi anda yang menyukai dentuman dari bass yang lebih kuat, tentu anda disarankan utnuk memilih speaker aktif dengan double woofer.

5. Sistem Speaker

Pada sebagian besar speaker aktif, di lengkapi dengan system speaker 2 Way dan 3 Way.

Dilihat dari segi cakupan frekuensinya system speaker 3 way lebih luas karena menggunakan 3 jenis speaker yaitu Woofer, Midrange dan tweeter.

Namun jangan salah speaker aktif yang menggunakan 3 buah speaker belum tentu 3 Way bisa saja systemnya 2 way menggunakan 3 speaker misalnya Dobel woofer satu Tweeter.

Cara yang paling mudah untuk mengetahuinya yaitu dengan melihat spesifikasi yang tertera pada setiap speaker aktif.

6. Ukuran Kotak Speaker

Ukuran kotak biasanya disepelekan oleh orang yang akan membeli speaker aktif, padahal ukuran kotak sendiri memiliki suatu peranan penting yang sangat menentukan kualitas suara yang dihasilkan.

Semakin besar ukuran speaker semakin besar pula kotak speakernya. Misalnya ukuran kotak speaker untuk woofer 8 inch tentu berbeda dengan ukuran untuk woofer yang 10 inch.

Besarnya Kotak speaker bisa menjadi indikasi besarnya Daya walaupun tidak mutlak ada juga speaker aktif yang ukurannya besar namun Dayanya kecil.

Perhatikan juga dimana speaker aktif akan diletakkan misalnya didekat rak TV tentu tidak cocok kalau dipadukan dengan speaker aktif yang ukurannya kecil.

7. Daya Listrik

Anda tentu tidak mau dong gara gara satu buah speaker biaya tagihan listrik anda menunggak, selain itu bisa saja daya listrik di rumah anda tidak cukup untuk menampung daya dari speaker itu sendiri.

Semakin besar daya RMS semakin besar pula konsumsi daya listriknya. Jika ingin hemat listrik pilihlah speaker aktif dengan daya kecil.

Perhatikan juga kebutuhannya kalau memang ketentuan dari rumah anda memadai dan anda menginginkan suatu suara yang lebih kencang silahkan memilih speaker aktif dengan daya besar.

8. Penggunaan

Salah satu pertimbangan sebelum memilih speaker aktif yaitu akan digunakan untuk apa dan dimana diletakkannya.

Jika mau dipakai untuk sarana hiburan keluarga(DVD Player, Karaoke, Televisi) dan diletakkan diruang keluarga yang luas tentu lebih cocok menggunakan speaker aktif berdaya besar dan berukuran besar.

Sebaliknya jika akan dipakai dikamar yang ukurannya kecil lebih cocok menggunakan speaker aktif dengan daya dan ukuran yang kecil.

Perhatikan juga letak dari bagian kontrolnya untuk kontrol yang letaknya diatas lebih cocok diletakkan dilantai sedangkan untuk kontrol yang terletak dibawah lebih cocok diletakkan diatas buffet atau meja.

9. Fitur Yang Ditawarkan Lengkap

Semakin lengkap fitur yang dimiliki sebuah speaker aktif semakin mudah, nyaman dan menyenangkan. Bisa jadi fitur speaker aktif merk yang satu dengan yang lainnya berbeda.

Fitur yang biasanya ada di speaker aktif antara lain Tone Control (Bass, Trebel, Volume), Mic Input, Mic/Echo Volume, Penambah bass,Magnetically Shielded (Mengurangi efek medan Magnet), Radio FM, Led Display, Direct Button, AVC (Automatic Vocal Changer), Pitch Control, Remote Control.

10. Design Speaker Aktif

Desain memang bagi sebagian orang tidaklah terlalu penting, namun bagi sebgaian orang juga, desain sangatlah penting untuk diperhatikan.

Apalagi kalau speaker anda akan anda letakkan di suatu ruangan di rumah anda, nantinya akan menambah unsur estetika di rumah anda.

Selain itu speaker dengan desain yang menarik, bisa membuat anda betah memandangi dan bisa membuat mood anda mendengarkan speaker naik.

Daftar Harga Speaker Aktiv Terbaru

Ada beragam merek yang memproduksi speaker aktif, setiap merek tentu memiliki karakter suara yang berbeda beda.

1. Speaker Aktif Bose

review.bukalapak.com
Speaker Aktif Merek BoseHarga
Bose 131 Environmental Marine White Premium Speaker System Bose 131 Environmental Marine White 018370Rp 1.820.000
Bose FS-01 Floor Stands Premium Speaker System Bose FS-01 Floor Stands 031089Rp 1.880.000
Bose 161 Black Premium Speaker System Bose 161 BlackRp 3.630.000
Bose Acoustimass 3 Series IV White Premium Speaker System Bose Acoustimass 3 Series IV AMPRA000 5 WhiteRp 4.100.000
Bose 301 Series V Light Cherry Premium Speaker System Bose 301 Series V Light Cherry 029310Rp 4.550.000
Bose 151 SE Environmental Black Premium Speaker System Bose 151 SE Environmental BlackRp 4.489.000
Bose 201 series V Black Premium Speaker System Bose 201 series V Black 029297Rp 4.990.000
Bose 301 Series V Black Premium Speaker System Bose 301 Series V BlackRp 5.999.000
Bose 251 Environmental White Premium Speaker System Bose 251 Environmental White 024644Rp 6.899.000
Bose 251 Environmental Black Premium Speaker System Bose 251 Environmental 024643 BlackRp 7.100.000
Bose Free Space 51 Environmental Premium Speaker System Bose Free Space 51 Environmental 031763Rp 7.499.000
Bose SoundTouch 300 Soundbar Premium Speaker System Bose SoundTouch 300 Soundbar SPPRA0010Rp 15.998.000
Bose Acoustic Wave Music System AWMS II Silver Premium Speaker System II AWPAA0070 SilverRp 16.510.000
Bose Acoustic Wave Music System AWMS II White Premium Speaker System AWMS II AWPAA0035 WhiteRp 16.520.000
Bose 901 Series VI Speakers Classic Premium Speaker System Bose 901 Series VI Speakers Classic 319963-0200Rp 24.999.000
Bose SoundTouch 300 Soundbar + Acoustimass 300 Wireless Home Theater SystemRp 36.248.000

2. Speaker Aktif Sharp Dan Samsung

hargaspeaker.com
Speaker Aktif Merek Sharp Dan SamsungHarga
Sharp Premium Speaker System Premium Speaker System Sharp CBOX-RB1280UBLRp 2.498.000
Sharp Active Speaker Premium Speaker System CBOX-G600UBLRp 1.210.000
Sharp Speaker Brown Black Premium Speaker System Sharp 805 Brown BlackRp 1.349.000
Samsung 4.1 Channel Curved Soundbar Premium Speaker System Samsung 4.1 Channel Curved Soundbar HW-J7501RRp 7.630.000
Samsung 5.1 Channel Curved Soundbar Premium Speaker System Samsung 5.1 Channel Curved Soundbar HW-J8501RRp 9.545.000
Samsung Soundbar Premium Speaker System Samsung Soundbar HW-K950Rp 13.925.000

3. Speaker Aktif Indoctron

tokopedia.com
Speaker Aktif Merek IndoctronHarga
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-702Rp 450.000
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-722Rp 470.000
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-712Rp 380.000
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-717Rp 520.000
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-719Rp 580.000
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-729Rp 640.000
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-718Rp 750.000
Indoctron Speaker Premium Speaker System Indoctron Speaker IT-780Rp 880.000

4. Speaker Aktif Merek BMB

bukalapak.com
Speaker Aktif Merek BMBHarga
BMB Speaker Premium Speaker System BMB Speaker CS 252 MK IIRp 1.720.000
BMB Speaker Premium Speaker System BMB Speaker CS 252 VRp 1.670.000
BMB Speaker Premium Speaker System BMB Speaker CS-455 VRp 2.670.000
BMB Speaker Premium Speaker System BMB SpeakerRp 3.670.000
BMB Speaker Premium Speaker System BMB Speaker CS 550 RRp 4.406.000
BMB Speaker Premium Speaker System BMB Speaker CS 550 MK II PR0Rp 4.190.000
BMB Speaker Premium Speaker System BMB Speaker CS 1000Rp 4.490.000

5. Speaker Aktif Merek Polytron

profile.sarangsemut.my.id
Speaker Aktif Merek PolytronHarga
Polytron Speaker Aktif Pass 21B Black Premium Speaker System Polytron Speaker Aktif Pass 21B BlackRp 855.000
Polytron Speaker Aktif Pass 28 Black Premium Speaker System Polytron Speaker Aktif Pass 28 BlackRp 1.498.000
Polytron Speaker Aktif Premium Speaker System Polytron Speaker Aktif PAS 27Rp 1.550.000

6. Speaker Aktif Merek GMC

Speaderbeat.com
Speaker Aktif Merek GMCHarga
GMC Speaker Premium Speaker System GMC Speaker 888 D2Rp 322.000
GMC Speaker Aktif Premium Speaker System GMC Speaker Aktif 888 KRp 362.000
GMC Speaker Premium Speaker System GMC Speaker 889 DRp 709.000
GMC Multimedia Premium Speaker System GMC Multimedia 886MRp 709.000
GMC Speaker Premium Speaker System GMC Speaker 887 DRp 953.000

Nah itulah daftar harga speaker aktif, pilihlah speaker sesuai budget atau sesuai yang sudah kita bahas diatas. Untuk harga sewaktu waktu mungkin akan berubah, anda bisa memesan atau membeli speaker aktif ini di toko alat musik atau toko elektronik.

Baca Juga : Harga Gitar Listrik

Sekian daftar harga mengenai Speaker Aktif terbaru, semoga bisa menjadi referensi saat anda ingin membeli speaker aktif, terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Speaker Polytron dengan harganya
SELENGKAPNYA

Harga Speaker Polytron

Salah satu cara mendengarkan musik dengan nikmat dan menghayati adalah dengan memakai speaker yang berkualitas. Jika berbicara mengenai…
gambar speaker JBL dengan harganya
SELENGKAPNYA

Harga Speaker JBL

JBL merupakan salah satu produsen perangkat audio berkualitas terbaik dengan harga yang relatif terjangkau. Perusahaan JBL ini telah…