Harga Saxophone

Siapa nih disini seorang musisi apa lagi yang beraliran jazz? jika itu anda, pasti tahu apa itu saxophone?

Nah bagi yang belum tahu Saxophone adalah salah satu alat musik yang masih tergolong dalam Aerophone, single-reed woodwind instrument. 

Saxophone sendiri biasanya terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara di tiup atau single-reed seperti klarinet.

Alat musik ini pada umumnya digunakan pada musik bergenre popular music (POP), big band music, dan jazz.

Tetapi sebelum Saxophone dikenal sebagai iringan berbagai genre musik diatas, pada mulanya Saxophone sendiri digunakan untuk instrumen orkestra dan band militer pada saat terjadinya perang untuk menyemangati para prajurit.

Asal Usul Saxophone

mldspot.com

Saxophone berasal dari Belgia, dibuat oleh seorang pembuat alat musik sekaligus seorang pemain klarinet yang bernama Adolphe Sax nah dari situlah alat musik ini mulai terkenal atau diberinama Saxophone pada awal tahun 1840.

Namun para peneliti mempunyai pendapat lain mengenai alat musik in, dimana Saxophone sendiri lahir pada tahun 1841.

Adolphe Sax mematenkan karyanya tersebut pada tahun 1846. Hak paten Sax mencakupi 2 keluarga yaitu keluarga band (in Bb dan in Eb) dan keluarga orkestra (in C dan in F).

Perkembangan teknis dari Saxophone dibagi menjadi 2 fase yaitu saat hak paten dari Sax masih berlaku dan pada saat sudah habis masa berlakunya.

gear4music.com

Fase pertama memang tergolong lambat dan cenderung seperti klarinet, nah pada saat memasuki fase kedua yaitu pada saat hak paten Sax sudah tidak berlaku, muncul banyak para pembuat Saxophone.

Hal tersebut membuat Saxophone menjadi lebih bervariasi hingga terciptalah Saxophone seperti yang anda ketahui saat ini.

Nah di Indonesia, banyak loh para pemain Saxophone yang terkenal hingga ke manca negara, yaitu : Embong Rahardjo (alm), Didiek S. S. S, Paulus Cucuripet, Kenny Joe, Nicky Manuputty.

Dan para pemain Saxophone dunia antara lain adalah : Coleman Hawkins, Stanley Turrentine, Zoot Sims, Charlie Parker, Joe Henderson, Kenny G, Dave Koz, Eric Marienthal, Richard Elliot, Sadao Watanabe, Kirk Whalum.

Hal Hal Tentang Saxophone

Buat anda yang awam mengenai alat musik yang satu ini, pasti akan bingung dalam memilih jenis jenis dari Saxophone yang sesuai dengan kepribadian atau menyesuaikan dengan kebutuhan di dalam sebuah band.

Hal ini dikarenakan setiap jenis dari Saxophone menghasilkan suara yang berbeda beda. berikut Hal hal mengenai Saxophone yang perlu kamu ketahui.

1. Alto Saxophone

scmusic.com.au

Alto Saxophone memiliki range  nada yang lebih Universal, nada rendahnya bisa sampai Bes, sedangkan nada tinggi normalnya bisa sampai F#. Alto dapat memproduksi nada octaf ke 4 bahkan sampai ke 5 dengan teknik Atissimo Fingering.

2. Soprano Saxophone

scmusic.com.au

Anda tau musisi Saxophone yang sedang terkenal, Kenny G ?

Beliau menggunakan Saxophone jenis ini, Kenny G terkenal dengan kesempurnaanya dalam meniup Tenor maupun Alto. Fingeringnya sama dengan Tenor akan tetapi nadanya beberapa oktaf normal dari tenor.

Nah untuk Soprano terdiri dari 2 macam yaitu Soprano normal yang panjang bentuknya dan Soprano curved yang dikenal sebagai Baby Saxophone di Indonesia.

3. Tenor Sax

princemusiccompany.com

Tenor Sax memiliki nada “Bes sama dengan do” atau biasa disebut in Bes, Namun ada juga yang bernada “C sama dengan do”.

Hal unik lainnya dari Tenor Sax terdapat pada tombolnya, baik tenor, alto, sopran, pada pads yang sama sebutannya juga sama meskipun nada yang dihasilkan berbeda.

Tombol C tenor dan sopran menghasilkan frekuensi nada Bes pada piano, sedangkan tombol C alto menghasilkan frekuensi nada Es pada piano

Nada nada yang dapat dihasilkan dari Tenor Sax normalnya akan mulai dari (G nada piano) rendah sampai dengan F oktaf ke 3.

4. Saxophone Fingering

pinterest.com

Jenis ini digunakan untuk ekstra tone / altissimo yang dapat menghasilkan range yang lebih tinggi seperti nada nada di oktaf 5 bahkan sampai ke oktaf 6.

Untuk memainkannya memerlukan pengendalian yang lebih presisi dari berbagai faktor antara lain : kesesuaian reeds, mouth piece dan pengendalian tekanan tiup dan bibir, tentunya hanya orang orang terlatih yang bisa melakukannya.

Lagu Universal seperti Mars, Lagu Koor, Buku Lagu HKBP, Kidung Rohani, NKB dimana range partitur bisa sampai dengan nada F# bahkan sampai ke G pada oktaf ke 2.

Sangat tidak disarankan menggunakan Tenor. meski nada nada tersebut dapat diproduksi dengan baik oleh Tenor namun karena range tersebut paling mudah dicapai dengan alto salah satu Palm Key.

Alasan lain jika anda tetap menggunakan Tenor dalam range lagu lagu tersebut maka kekhasan suara Tenornya jadi berubah seakan akan mirip Alto.

Tips Membeli Saxophone

worldwidesax.com

Membeli Saxophone memang sedikit berbeda dengan alat musik seperti piano dan drum yang semua jenis nya hampir sama.

1. Pahami Betul Tipe / Jenis Saxophone

Seperti yang sudah terlampir diatas tentang hal hal mengenai Saxophone, anda harus bisa memahami betul betul apa yang menjadi kebutuhan dan apa yang cocok dengan anda.

Dan buat kamu yang pemula Saxophone jenis Alto dan Tenor adalah pilihan yang pas buat anda. Karena pada Alto dan Tenor membutuhkan lebih sedikit udara ketika ditiup.

Letak not-notnya juga saling berdekatan sehingga bagi anda pemula akan lebih cepat membiasakan diri mencapai Saxophone tersebut.

Jika anda memang sudah terlatih, anda lebih baik memilih jenis Saxophone jenis sopran yang memiliki nada lebih tinggi dibandingkan Alto.

Saxophone jenis ini membutuhkan sedikit udara ketika ditiup, namun pada pemula mungkin akan kesulitan mendapatkan intonasi yang baik, khususnya pada saat ingin menjangkau register yang lebih tinggi.

Hal serupa akan anda alami pada saat memainkan Saxophone jenis bariton. Nada nada tingginya memang sulit untuk didapatkan, sementara nada nada rendahnya membutuhkan lebih banyak udara.

2. Sesuaikan Dengan Jenis Musik

emporia.edu

Nah anda juga harus menentukan jenis musik apa yang akan dibutuhkan.

Jika ingin memainkan musik bergenre rock ‘n roll disarankan memilih Saxophone jenis Tenor, dan pilihan Alto jadi pilihan terbaik pada musik bergenre klasik, sementara jika ingin memainkan musik jazz anda disarankan untuk menggunakan keduanya.

3. Perhatikan Betul Aspek Ergonomik

republika.co.id

Maksud dari Aspek Ergonomik adalah kemudahan saat memainkan Saxophone. Bagi pemula sebaiknya tidak memilih Saxophone yang besar, pilih yang sesuai dan nyaman buat belajar.

4. Pilih Reed Yang Sesuai Dengan Anda

Untuk para pemula disarankan untuk memilih reed #1 atau #2.

Reed #3 atau reed #4 menjadi pilihan saat anda mulai menggunakan mouthpiece yang lebih terbuka dan tiupan semakin bertenaga. Reed tersebut adalah setengah dari reed #1 atau #2.

Meskipun demikian buat kamu yang kreatif, tak ada salahnya kamu untuk berekperimen dengan mengkombinasikan reed dan mouthpiece untuk mendapatkan jenis reed yang lebih sesuai dengan anda.

5. Buat Pemula Pilihlah Horn Yang Murah

bassic-sax.info

Horn jika lebih tua maka harga nya akan semakin mahal dan kualitasnya pun akan semakin baik. Namun bagi pemula tidak perlu membeli Horn tersebut.

Alasannya barangkali tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama dan semahal apapun Horn tersebut bagi pemula akan tetap saja terasa susah.

6. Pilihlah Saxophone Yang Sesuai Budget

Bagi pemula yang memiliki budget terbatas, lebih baik memilih Saxophone bekas, selain harganya yang terbilang lebih murah Horn bekas pun bisa saja memiliki kualitas yang lebih baik daripada Horn baru hal tersebut jika Saxophone dirawat dengan baik.

Namun jika anda memilih untuk membeli bekas, lebih baik untuk ditemani ahlinya pada saat pengecekan barang. Hal ini bertujuan untuk mengecek kondisi Saxophone, karena tidak semua orang bisa mengeceknya.

Membeli Saxophone juga disarankan di  toko Saxophone profesional, jika anda membeli Saxophone di pabrik yang memproduksinya dengan skala besar, kemungkinan kualitas persatuannya bisa saja turun.

Daftar Harga Saxophone Terbaru

Nah untuk harganya silahkan anda check yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

Merek & Tipe SaxophoneHarga
Ostrava Alto SaxophoneRp 4.500.000
Alto Saxophone Al-500Rp 7.490.000
Alto Saxophone Al-750Rp 8.990.000
Alto Saxophone Al-800BRp 11.490.000
Yamaha YAS-280 Alto SaxophoneRp 13.500.000
Yamaha YAS-280S Alto SaxophoneRp 15.200.000
Yamaha YAS-480 Alto SaxophoneRp 17.200.000
Yamaha YAS-480S Alto SaxophoneRp 18.800.000
Yamaha YTS-280 Tenor SaxophoneRp 20.400.000
Yamaha YTS-280S Tenor SaxophoneRp 23.200.000
Yamaha YTS-480 Tenor SaxophoneRp 27.200.000
Yamaha YTS-480S Tenor SaxophoneRp 30.000.000
Yamaha YSS-475II Intermediate Soprano SaxophoneRp 39.200.000
Yamaha YAS-62 Alto SaxophoneRp 42.400.000
Yamaha YTS-62 Tenor SaxophoneRp 54.400.000
Yamaha YAS-82Z Alto SaxophoneRp 67.200.000
Yamaha YSS-82Z Series Professional Soprano SaxophoneRp 68.000.000
Yamaha YTS-82Z Tenor SaxophoneRp 82.400.000
Yamaha YSS-875EX Custom EX Soprano SaxophoneRp 85.600.000
Yamaha YBS32 Baritone SaxophoneRp 115.200.000
Yamaha YBS62 Baritone SaxophoneRp 127.200.000
Conn Selmer AS651DIR Alto Saxophone OutfitRp 9.400.000
Conn CAS180 Alto SaxophoneRp 9.705.000
Conn SS650 Soprano SaxophoneRp 10.850.000
Conn-Selmer TS710 Prelude Tenor SaxophoneRp 11.300.000
Conn CTS180 Tenor SaxophoneRp 13.135.000
Conn CSS-280R Bb-Soprano SaxophoneRp 24.800.000
Conn 1FR Vintage One Series Bb FlugelhornRp 28.240.000
Conn 1FRSP Vintage One Series Bb FlugelhornRp 29.665.000
Conn 88H Symphony Series F Attachment Trombone Lacquer Rose Brass BellRp 36.050.000
Conn CBS-280R Eb-Baritone Saxophone „La Voix II” Step UpRp 54.280.000

Memang harga saxophone sangatlah beragam bahkan bisa sampai puluhan juta, buat kamu yang baru mau belajar, lebih baik pilih sesuai ketentuan yang sudah di jelaskan diatas dan tentunya pilih yang harganya sesuai budget atau bisa memilih Saxophone Second.

Baca Juga : Harga TV LED Samsung 24 Inch

Sekian artikel mengenai harga Saxophone, semoga bermanfaat, terimakasih..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *