Harga Sarang Walet

Khusus kamu yang sedang mencari informasi sepitar sarang walet yang dipercaya kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jenis sarang walet juga beragam yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan yang sedang kamu cari. Untuk harga sarang walet sendiri berfariasi tergantung jenis ukuran dan kelangkahannya.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak ulasan lengkap seputar sarang walet dibawah ini.

 

Apa Itu Sarang Walet?

Gambar Harga Sarang Walet
herbvietnam.com

Mungkin kamu yang masih asing dengan sarang walet akan bertanya-tanya, apa si sarang walet itu? Sama dengan namanya sarang walet dihasilkan oleh burung walet yang banyak ditemukan di Asia Tenggara.

Sarang walet terbentuk dari air liur yang secara bertahap akan mengeras dengan sendirinya dan digunakan untuk tempat tinggal serta menaruh telur sampai menjadi anak burung walet.

Karakteristik tempat yang disukai burung walet untuk membuat sarang bisanya seperti didalam gua, rumah atau hunian dengan atap yang tinggi.

Fungsi liur yang semakin lama mengeras adalah untuk merekatkan sarang pada dinding dan langit-langit gua atau tembok hunian.

Dan menariknya lagi ternyata liur burung walet kaya akan protein, tinggi kandungan kalsium, zat besi, kalsium, dan magnesium yang sangat manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Sarang Walet

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa sarang burung walet mempunyai banyak manfaat penting untuk kesehatan tubuh manusia sehingga banyak diburu untuk dikonsumsi. Berikut beberapa manfaat yang ada di sarang burung walet:

1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Penduduk Tiongkok sejak lama menganggap sarang walet sebagai makanan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal tersebut selaras dengan sebuah penelitian yang dimuat jurnal Drug Designm Development and Therapy pada tahun 2016 menemukan bahwa sarang walet secara spesifik membantu daya tahan tubuh selama kemoterapi.

Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa konsumsi sarang burung walet rutin selama 30 hari lamanya bisa meningkatkan imun dalam usus yang melemah akibat kemoterapi.

2. Sumber mineral yang baik

Kandungan mineral pada sarang walet diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Zat mineral ini seperti tembaga, seng, mangan, dan kalsium.

Seseorang yang rutin mengkonsumsi sarang walet akan cepat mudah proses penyembuhan luka, mineral mangan juga bisa membantu pertumbuhan tulang, melancarkan proses metabolisme karbohidrat kolestrol dan asam amino.

Kemudian tembaga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

3. Meredakan peradangan

Sarang walet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salahs atunya bisa mencegah peradangan ditubuh manusia didasari oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal International Food Research Journal pada tahun 2011.

Penyakit gangguan autoimun seperti diabetes, rematik serta penyakit radang usus telah dikaitkan dengan peningkatan kadar Tumor Necrosis Factor alpha.

Tumor Necrosis Factor alpha tersebut adalah protein yang bisa memicu terjadinya peradangan sistem dalam tubuh.

4. Mencegah gejala menopause

Sarang burung walet mempunyai kadnuangn hormon estradiol. Hormon tersebut merupakan jenis estrogen yang membuat banyak orang percaya bahwa sarang burung walet bisa mengatasi gejala menopause.

Gejala menopause sendiri sering dialami setiap wanita dan dengan menurunnya hormin reproduksi yang tentu akan menimbulkan berbagai reaksi dari tubuh.

Selain mengalami gelisah hot fleshes, susah tidur, gairah seksual menurun, wanita yang mengalami menopause juga rentan terhadap beragam penyakit lainnya.

5. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat sarang walet selanjutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan otak. Sarang walet memiliki kandungan protein dan mineral yang bisa meningkatkan kinerja otak dan juga saraf.

Selain meningkatkan kinerja otak sarang walet dipercaya bisa memperbaiki mood atau suasana hari seseorang, dengan begitu bisa juga mengatasi stres serta melawan depresi.

6. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular

Sarang walet bisa untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Drug Designm Development and Therapy tahun 2015 melaporkan bawah sarang burung walet bisa berpotensi menurunkan resiko pengentalan darah (hiperkoagulasi) akibat kolesterol tinggi.

Salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular adalah adanya pembekuan darah. Penelitian tersebut juga memperlihatkan bahwa sarang burung walet mempunyai efek yang mirip. dengan simvastatin atau obat penurun kolesterol.

Akan tetapi sarang burung walet tidak menunjukkan kecenderungan memperburuk kinerja metabolisme tubuh.

7. Kaya asam amino penting

Asam amino yang terkadnung didalam sarang walet seperti asam aspartat dan porlin yang berguna untuk meregenerasi sel dalam tubuh. Sistem dan fenilalanin berguna untuk meningkarkan kinerja memori, kinerja impuls saraf, serta kinerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari.

Kandungan tirosin pada sarang walet memiliki fungsi untuk mempercepat pemulihan setelah sakit. Glukosamin sarang walet juga bisa membantu proses pemulihan tulang rawan.

8. Menjaga kecantikan kulit

Semua orang terutama wanita pastinya ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat alami. Sarang walet dengan berbagai kandungan nutrisi didalamnya bisa membantu proses perkembangan atau pembelahan sel.

Sehingga sarang walet sangat baik untuk membantu proses regenerasi kulit. Khasiat sarang walet juga dipercaya sebagai salah satu anti-aging yang bisa mempertahankan kecantikan kulit serta bisa mencegah datangnya gejala penuaan.

Kemudian sarang walet juga bisa membantu dalam proses pembentukan kolagen sehingga kulit bisa tetap kencang, sehat, dan cerah alami.

Jenis Sarang Walet

1. Mangkok 4A (Originalnest)

Gambar Sarang Walet Mangkok 4A (Originalnest)

Jenis sarang walet Mangkok 4A ini atau biasa disebut Originalnest dengan tingkat original asli bentuk sarang menyerupai mangkok. Tidak heran jika untuk sarang walet jenis ini sangat mahal karena terjaga bentuknya.

Ukuran pada sarang walet biasanya juga mempengaruhi kelas atau grade dari sarang walet itu sendiri. Terdapat bentuk mangkok dengan ukuran 2 jari, 3 jari sampai lebih dari 3 jari.

Tetapi sarang walet yang paling diunggulkan dari beragam jenis yaitu mangkok yang tidak melalui proses modifikasi sama sekali.

Proses pengolahan jenis sarang walet ini hanya mencabut bulu ringan pada sarang walet bahan melalui proses dry processing serta untuk menghilangkan kuman dengan cara steam atau penguapan.

Harus berhari-hati dalam mencabut bulu ringan pada jenis sarang walet mangkok 4A ini agar tidak pecah.

2. Merah (Rednet)

Gambar Sarang Walet Merah (Rednet)

Sarang walet jenis ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol yaitu berwana merah. Banyak yang bertanya-tanya kenapa warna sarang walet ini berwarna merah, hal ini karena sarang tersebut bercampur antara air liur dan darah.

Namun darah tersebut bukan berasal dari penyakit burung atau perkelahian tapi dari fase dimana burung walet sedang mengeluarkan atau membuang telurnya.

Sarang walet merah memiliki harga yang lumayan mahal diakrenakan jarang sekali ditemukan atau langka. Karena langka maka banyak oknum nakal yang menyiasati dengan mewarnai sarang walet menggunakan amoniak atau fases dari kotoran walet.

Jika sudah dicampuri pewarna atau kotoran walet maka akan menjadi berbahaya dan tidak menyehatkan lagi bagi tubuh.

3. Sudutan Segitiga (Triangle)

Gambar Sarang Walet Sudutan Segitiga (Triangle)

Ciri khas dari jenis sarang walet ini adalah bentuknya yang segitiga (Triangle) dengan sudut-sudut yang meruncing. Letak sarang yang biasanya terletak di lokasi sudut-sudut rumah yang menyebabkan bentuknya menyerupai segitiga.

Tetapi untuk masalah tekstur, jenis sarang walet segitiga cenderung lebih keras jika dibandingkan dengan jenis mangkok. Ukuran sarang walet segitiga juga lebih kecil dari ukuran sarang walet mangkok.

4. Sarang Walet Strip

Gambar Sarang Walet Strip

Bentuk sarang walet jenis ini tidak beraturan atau terlihat seperti sobek-sobek namun masih tampak seperti mangkok. Maka dari itu harga sarang walet strip lebih murah dari jenis sarang walet mangkok atau segitiga.

Sarang walet strip diolah dari jenis sarang walet mangkok atau sudut yang tidak dicetak dalam proses pembersihan.

Sarang walet ini sengaja tidak dibentuk seperti mangkok karena digunakan untuk campuran makanan seperti sup walet.

5. Patahan (Broken)

Gambar Sarang Walet Patahan (Broken)

Jenis sarang walet ini bentuknya tidak karuan atau rusak karena kesalahan dalam memakai alat ketika panen, diolah dari sisa-sisa pengolahan sarang walet mangkok, atau kerusakan ketika pengiriman.

Kualitas yang kurang baik dalam segi bentuk membuat sarang walet patahan (broken) dihargai paling murah dipatahan. Namun untuk khasiat dan manfaat sarang walet ini sama seperti jenis sebelumnya hanya saja beda bentuk.

Daftar Harga Sarang Walet Terbaru

Jenis Sarang WaletHarga
Mangkok 6ARp 31.000.000
Mangkok 5ARp 25.000.000
Mangkok 4ARp 24.000.000
Mangkok 3ARp 23.000.000
OvalRp 21.000.000
Oval PecahRp 24.000.000
Patahan OvalRp 23.000.000
SudutRp 20.000.000
Patahan SudutRp 19.000.000
Patahan SuperRp 25.000.000
Patahan BesarRp 19.500.000
Patahan Besar2Rp 18.000.000
Patahan MangkokRp 21.000.000
Patahan SedangRp 18.000.000
Patahan KecilRp 18.000.000
Patahan Kecil KecilRp 17.000.000
KakianRp 18.000.000
Yan binRp 8.000.000
TerianRp 11.000.000
Rampas SuperRp 24.000.000

Dalam memilih sarang walet dengan kualitas yang berbeda sebaiknya kamu jeli dan baca informasi terkait sarang walet supaya tidak kena tipu oleh oknum pengepul atau penjual sarang walet.

Hal tersebut perlu kamu perhatikan karena harga sarang walet dipasaran cukup mahal sehingga jangan sampai kamu kena tipu oknum penjual.

Baca Juga: Harga Sabun Black Walet

Demikian ulasan lengkap mengenai harga sarang walet, semoga bisa menjadi referensi kamu sebelum membeli dipasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Gurita Beku
SELENGKAPNYA

Harga Gurita

Gurita merupakan hewan laut yang mempunyai ciri fisik atau bentuk yang khas. Di sebagian negara, hewan laut ini…
Gambar bibit ikan lele
SELENGKAPNYA

Harga Bibit Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang populer dan tidak asing di masyarakat Indonesia. Ikan lele merupakan…
Gambar Burung Nuri Tanau
SELENGKAPNYA

Harga Burung Nuri

Kebanyakan orang yang hobi memelihara burung biasanya juga memelihara burung unik dan menarik seperti jenis Nuri. Nuri adalah…