Harga Rumput Sintetis

Semakin berkembangnya teknologi terutama untuk membuat rumput buatan yang serbaguna baik untuk kegiatan olahraga maupun keindahan taman.

Penggunaan rumput sintetis disaat sekarang ini sangat berguna dari segi efisien anggaran dan lain sebagainya.

harga rumput sintetis per meter
evopavers.com

Selain anggaran yang dikeluarkan untuk merawat rumput sintetis lebih irit, rumput sintetis juga memiliki daya tahan yang cukup baik.

Sebelum membeli dan menggunakan rumput sintetis alangkah baiknya kamu mengenal beberapa jenis rumput sintetis.

 

Jenis Rumput Sintetis

harga rumput sintetis ace hardware
bianucci-materiaux.com

Ada beberapa jenis rumput buatan atau sintetis yang digunakan untuk berbagai macam keperluan olahraga maupun hiasan taman. Jenis rumput sintetis tersebut antara lain:

1. Rumput Sintetis Swiss

Rumput sintetis swiss biasanya dipakai untuk luar ruangan maupun dalam ruangan dan jenis rumput sintetis ini juga digunakan untuk lapangan futsal atau sepak bola. Rumput sintetis Swiss terbuat dari bahan material serat sintetis.

Kelebihan rumput sintetis swiss yakni lebih tahan injakan dan jauh lebih lembut, hal ini yang menjadi pertimbangan untuk diaplikasikan pada lapangan olahraga sepak bola dan futsal.

2. Rumput Sintetis Jepang

Terbuat dari bahan monofillament yang membuat rumput sintetis Jepang lebih tahan lama dari pada rumput sintetis golf, yaitu 11 sampai 12 tahun untuk indoor serta 10 sampai 11 tahun untuk outdoor.

Umumnya jenis rumput sintetis ini digunakan sebagai rumput sintetis golf, perkantoran, taman rumah, dan untuk dekorasi. Tekstur dan bentukan rumput ini sangat mirip dengan rumput jepang yang asli.

Hal tersebut karena rumput sintetis dibentuk sama persis menyerupai aslinya, sehingga ada warna rumput mati dibagian sisi rumput hijau. Rumput sintetis Jepang memiliki tinggi 20 mm.

3. Rumput Sintetis Golf

Rumput sintetis Golf adalah salah satu jenis rumput sintetis yang terbuat dari bahan material serat sintetis terbaik. Sesuai dengan namanya, rumput sintetis ini dipakai untuk lapangan golf yang umumnya terdapat di dalam ruangan atau di atas beton, dan lapangan mini golf.

Keunggulan rumput sintetis golf dari jenis rumput golf alami yaitu pada permukaan rumput sintetis golf lebih halus serta lembut.

Untuk kekurangan dari rumput jenis ini adalah daya tahannya, yaitu antara 9 sampai 11 tahun apabila dipakai didalam ruangan dan 7 sampai 8 tahun jika dipakai luar ruangan.

Selain diaplikasikan untuk lapangan golf, rumput sintetis ini juga banayk dipakai untuk lanscape atau taman rumah serta perkantoran.

Bahan Pembuatan Rumput Sintetis

harga rumput sintetis lapangan futsal
sispitches.com

Bahan dari masing-masing jenis rumput sintetis mempengaruhi karakteristik rumput buatan itu sendiri seperti, tekstur, daya tahan, sampai tampilan luarnya.

Berikut ini bahan material untuk membuat rumput sintetis.

1. Polypropylene

Salah satu bahan dasar pembuat rumput sintetis pertama ialah polypropylene. Jenis bahan ini sangat cocok untuk kamu yang akan menggunakan rumput sintetis dirumah.

Dengan hanya mengeluarkan budget yang minimalis rumah akan tampil lebih segar dan fresh katika memakai rumput sintetis berbahan dasar polypropylene.

Harga rumput sintetis berbahan dasar polypropylene yang murah pasti ada kekurangan. Kekurangan tersebut seperti tingkat dayatahan yang dibawah rumput sintetis berbahan dasar lain yang lebih mahal.

Hal tersebut karena jenis rumput sintetis yang berbahan dasar polypropylene mudah rusak dan tidak tahan injak jika telalu keras.

Selain digunakan untuk kepentingan dekor dan karpet, jenis rumput sintetis berbahan dasar polypropylene juga sering dipakai untuk lapangan golf mini. Hal ini karena sifat yang ringan serta lentur.

2. Polyethylene

Jenis rumput sintetis yang memaka bahan dasar polyethylene akan mempunyai struktur yang hampir mirip layaknya rumput alami. Bahkan rumput sintetis ini sulit dibedakan apabila dilihat dari jauh.

Hal tersebut yang menjadikan rumput berbahan polyethylene banyak menjadi pilihan orang karena lebih memberikan nuansa alam semirip aslinya.

Selain bentukannya yang mirip rumput asli, rumput sintetis ini memiliki struktur yang lembut serta warna nampak begitu alami.

Rumput sintetis berbahan polyethylene biasanya digunakan untuk lapangan sepak bola, baseball, futsal, ataupun atletik.

Tak sering juga rumput sintetis berbahan polyethlene dikombinasikan dengan rumput yang berbahan dasar nilon. Dengan tujuan agar lapangan yang digunakan memiliki daya tahan yang kuat.

3. Nilon

Terakhir bahan pembuat rumput sintetis yaitu nilon. Jenis rumput sintetis yang terbuat dari nilon biasanya mempunyai karateristik utama berupa ketahanan yang cukup kuat serta tidak mudah rusak.

Pada permukaan rumput sintetis berbahan nilon tidak akan mudah hancur meskipun di injak sampai ribua kali. Jenis rumput buatan ini juga tahan terhadap panas matahari dan suhu ekstrim.

Tetapi kekurangan jenis rumput sintetis berbahan nilon memiliki harga yang reatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis rumput sintetis berbahan dasar  polyethylene dan polypropylene.

Kelebihan Memakai Rumput Sintetis

harga rumput sintetis outdoor
piczasso.com

Ada banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan pada saat menggunakan jenis rumput sintetis ini. Kelebihan tersebut antara lain:

1. Aman Terhadap Lingkungan

Perbedaan mendasar antara rumput asli dan sintetis ada pada proses fotosintetis yang menghasilkan oksigen tidak bisa dilakukan oleh rumput sintetis.

Tetapi pemakaian rumput sintetis membuat lingkungan disekitar tempat tinggal atau area lebih terjaga kebersihannya.

Hewan cacing, serangga, kumbang, dan lainnya yang biasa hidup di sekitar rumput asli tidak akan hidup atau dijumpai dilokasi yang dipasang rumput buatan ini.

Dengan tidak adanya cacing dn serangga lain, maka keberadaan burung yang memakan serangga tidak akan singgah dan membuang kotorannya dirumput.

2. Tahan Lama Atau Tidak Mudah Rusak

Kelebihan selanjutnya dari rumput buatan adalah berkaitan dengan daya tahan yang cukup kuat. Jika dibandingkan dengan rumput asli, maka rumput sintetis jauh lebih kuat dan tahan lama.

Pada lapangan khusus olahraga, rumput sintetis lebih kuat dari segi ketahanan saat pemain menginjak dan menendang bola.

3. Hemat Biaya Perawatan

Berbicara mengenai biaya untuk melakukan perawatan pada rumput sintetis, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra.

Hal tersebut karena rumput sintetis tidak akan bertambah tinggi dan tidak akan bertambah banyak sehingga tida perlu melakukan pemotongan.

Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya seperti untuk pembelian pestisida, pupuk, dan lainnya

4. Perawatan Yang Sangat Mudah

Rumput sintetis sangat berbeda dengan rumput asli. Apalagi dari segi perawatannya yang jauh lebih mudah. Kamu ridak perlu menyewa tenaga untuk menirami dan merawat rumput ini.

Maka pemakaan rumput sintetis sangat cocok untuk kamu yang malas mengurusi kebun rumah atau halaman rumah karena berbagai kesibukan.

Ada beberapa jenis rumput sintetis yang selain perawatannya mudah juga penampilan warna rumput ini sulit untuk pudar.

Sehingga halaman rumah atau kantor yang dipasangi rumput ini akan selalu terlihat hijau serta menyegarkan.

5. Penempatan Yang Mudah

Jenis rumput sintetis juga mudah untuk masalah penempatan. Kamu bisa secara leluasa memakai diarea manapun didalam maupun luar ruangan.

Hal tersbut karena rumput sintetis jauh berbeda dengan rumput asli yang sangat memerlukan cahaya matahari untuk fotosintesis.

6. Hemat Air

Seperti yang dibawah sebelumnya bahwa rumput sintesis tidak memerlukan perawatan seperti menyiram air.

Hal ini dapat menghemat pengeluaran air dirumah atau kantor kau. Sebut saja sebuah lapangan sepak bola setiap mingg bisa menghabiskan air sebanyak 50 ribu galon.

Dengan demikian jika kamu menggunaka rumput sintetis akan lebih menghemat air.

Daftar Harga Rumput Sintetis

JenisUkuranHarga
Rumput Sintetis 8MM1 m2Rp 115.000
Rumput Sintetis 10MM1 m2Rp 155.000
Rumput Sintetis 13MM1 m2Rp 165.000
Rumput Sintetis 20MM1 m2Rp 185.000
Rumput Sintetis 25MM1 m2Rp 205.000
Rumput Sintetis 50MM1 m2Rp 225.000
Rumput Sintetis GOLF 12MM1 m2Rp 185.000
Rumput Sintetis GOLF Biasa1 m2Rp 80.000
Rumput Sintetis GOLF Premium1 m2Rp 200.000
Rumput Sintetis HOCKEY 10MM1 m2Rp 155.000
Rumput Sintetis HOCKEY 14MM1 m2Rp 185.000
Rumput Sintetis HOCKEY 18MM1 m2Rp 225.000
Rumput Sintetis Jepang1 m2Rp 160.000
Rumput Sintetis Futsal 4-5 Cm1 m2Rp 150.000
Rumput Sintetis Swiss 3 Cm1 m2Rp 160.000
Rumput Sintetis Swiss 2.5 Cm1 m2Rp 150.000

Daftar harga rumput sintetis diatas cukup beragam dan dapat berubah setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Baca Juga: Harga GRC Board

Kemudian pastikan juga sebelum membeli rumput sintetis sesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Itulah beberapa ulasan mengenai harga rumput sintetis yang ada dipasaran saat ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Harga Lem Fox
SELENGKAPNYA

Harga Lem Fox

Dalam suatu keadaan, tentu Anda pernah menggunakan lem untuk berbagai keperluan bukan? seperti untuk menempelkan kayu, kertas, atau…
Harga Keramik
SELENGKAPNYA

Harga Keramik

Unsur bagian dalam sebuah bangunan yang perlu diperhatikan agar unsur estetika timbul salah satunya yaitu Keramik. Sebuah keramik…