Harga Printer Epson L360

Printer memiliki fungsi sebagai mesin cetak di atas kertas dan erat kaitannya dengan kebutuhan sehari-hari.

Wajar jika di jaman yang kian modern ini kebutuhan akan printer terus meningkat pesat. Salah satu yang banyak diburu adalah keluaran Epson yakni versi L360. Bagaimana harganya?

Harga printer Epson L360 dipatok pada kisaran 2 hingga 2,3 juta, tergantung di market place mana Anda membelinya.

Spesifikasi Printer Epson L360

Spesifikasi Printer Epson L360
pricebook.co.id

Epson L360 merupakan inovasi printer multifungsi yang cocok digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga pelaku bisnis percetakan kecil-kecilan.

Printer inkjet keluaran tahun 2015 ini mengusung fitur All in One yang memudahkan Anda merampungkan tiga pekerjaan sekaligus. Printer ini handal untuk print, copy, hingga scan sesuai kebutuhan masa kini.

Printer ini memiliki penampilan yang mirip dengan series L keluaran Epson yang lain, yakni berbentuk persegi panjang.

L360 memiliki dimensi 482 x 300 x 145 mm, dengan total berat mencapai 4,4 kg. Tangki tinta pada printer ini terpisah letaknya dari badan utama printer. Lebih tepatnya menempel persis di sisi kiri.

Penggunaan printer seri L360 cocok untuk berbagai jenis kertas yang beragam. Mulai dari A4, A5, A6, B5, C4, DL, Letter, dan juga Legal dengan ukuran maksimum kertas pada titik 215,9 x 1117,6 mm.

Jumlah tempat kertas (paper tray) sebagai tempat masuk kertas dalam model ini ada satu buah, dengan jumlah maksimal kertas masuk 100 lembar (A4) dan 20 lembar (kertas foto).

Anda juga bisa mencetak dokumen maupun foto dengan berbagai tipe kertas yang ada di pasaran. Kertas tipe Plain Paper, Matte Brochure, Papers, Photo Papers Envelope, Glossy Brochure Papers, dan berbagai jenis kertas inkjet lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson L360

Di kalangan printer dalam rentang harga yang sama, Epson L360 digadang-gadang memiliki solusi untuk keperluan cetak dan dokumentasi yang paling efisien dibanding printer lain di kelasnya.

Namun, seperti halnya sebuah produk elektronik, L360 tentu memiliki kekurangan pula. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya.

Kelebihan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, printer Epson L360 mampu mengerjakan tiga macam pekerjaan yang berbeda, yakni print, copy dan scan. Selain hal tersebut berikut kelebihan L360 lainnya.

1. Harga printer Epson L360 sangatlah terjangkau dengan kualitas bagus dan terbaik di kelasnya hanya dengan banderol sekitar 2 jutaan saja.

2. Kecepatan cetak yang dimiliki printer ini sangatlah bagus, baik dalam proses cetak hitam putih atau berwarna. Kemampuan cetak hitam putih mencapai 33 lembar per menit. Sedangkan untuk cetak berwarna mencapai 15 lembar per menitnya.

3. Hasil cetakan L360 memiliki resolusi tinggi karena adanya desain Print Head Micro Piezo yang mampu mencetak secara maksimal hingga pada resolusi 5760 x 1440 dpi.

4. Penggunaan tinta di printer ini lebih hemat karena adanya tangki tinta yang terpisah dengan kapasitas mencapai 70 ml. Hal ini juga memudahkan Anda untuk melakukan pengisian ulang

Kekurangan

Sebaik-baiknya sebuah produk pasti memiliki kekurangan. Hal inilah yang berguna untuk inovasi baru secara berkelanjutan di masa depan. Beberapa kekurangan yang dimiliki L360 antara lain;

1. Printer ini masih mengusung konsep jadul karena belum menanamkan fitur wireless pinting pada serinya. Anda harus melakukan cetak manual dengan menggunakan kabel USB saja.

2. Scanning pada Epson L360 hanya bisa diaplikasikan maksimum pada kertas ukuran A4. Jika dokumen Anda menggunakan kertas F4 jangan harap bisa melakukan scan yang menyeluruh dengan printer ini.

3. Dalam beberapa kasus, penarik kertas pada L360 ini kadang macet ketika menggunakan tipe kertas glossy 200 gsm yang umum digunakan untuk cetak foto.

4. Walau beberapa fitur baru telah disematkan, namun dalam hal kecepatan cetak pinter ini dinilai kurang dibanding seri pendahulunya.

Tips Pemakaian dan Perawatan Printer Epson L360

Untuk menjaga keawetan printer Epson L360, kethuilah beberapa tips pemakaian dan perawatan printer ini.

Selain bisa untuk mengantisipasi kerusakan lebih dini, perawatan yang benar akan membuat printer Anda lebih tahan lama alias berumur panjang.

1. Rajin-rajinlah untuk mengecek tinta yang terdapat pada tangka. Perhatikan isinya. Jika sudah mencapai titik batas pengisian, segera lakukan pengisian ulang.

2. Sebelum mengganti jenis kertas yang dipakai untuk mencetak, perhatikan posisi pengatur kertas dengan seksama. Sesuaikan ke bentuk kertas yang hendak digunakan untuk menghindari paper jump.

3. Jika terlanjur terjadi paper jam, Anda bisa menempuh tiga cara. Pertama. Tarik kertas dari bagian atasnya. Kedua, tarik dari bagian bawah. Dan terakhir, tarik dengan gerakan sangat pelan agar roller dan sensor tidak mengalami kerusakan.

4. Istirahatkan printer dengan memberinya jeda berkisar 3 hingga 5 menit saat melakukan pencetakan lebih dari 100 lembar. Usahakan untuk print secara bertahap 10-20 lembar lalu jeda.

5. Meski tak terlalu sering digunakan, jangan biarkan printer Anda menganggur. Maksimal jeda menganggur adalah dalam kurun waktu maksimal dua hari. Lebih baik, tetaplah menggunakannya setiap hari, sekalipun hanya mencetak 2 baris tulisan. Hal ini untuk mencegah tinta mengering di bagian saluran print head yang rawan terjadi.

6. Sesuai dengan petunjuk penggunaan manual, resetlah printer setelah melakukan pencetakan sejumlah 1000 hingga 3000 lembar.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, harga printer Epson L360 yang cukup terjangkau membuatnya terus diburu di pasaran.

Anda pun bisa mempertimbangkan untuk membeli printer ini jika penggunaannya berkisar pada kertas biasa, bukan special untuk cetak foto, agar hasilnya maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait