Harga Printer Epson L310

Mencetak dokumen, paper atau lainnya kini tak perlu bersusah payah lagi. Anda bisa melakukan semuanya di rumah dengan membeli printer.

Dari berbagai jenis printer yang ada di pasaran, merk Epson seri L310 menjadi salah satu incaran yang banyak dicari.

Mengingat harga printer Epson L310 yang ramah di kantong, sekitar 1,7 jutaan saja, tak mengherankan jika printer ini menjadi salah satu andalan.

Spesifikasi Printer Epson L310

Printer Epson L310
tokopedia.com

L310 merupakan salah satu seri L besutan Epson yang megaplikasikan teknologi ink tank. Printer ini merupakan versi L210 yang telah disempurnakan dengan berbagai spesifikasi dan fitur tambahan.

Memang tak banyak perubahan mencolok yang bisa diteliti, namun untuk urusan resolusi ketajaman cetakan keduanya sangatlah berbeda.

Epson L310 memiliki tangki tinta dengan fitur printhead Micro Piezo. Printer ini juga memiliki cartridge yang terintregasi dengan baik di sisi sebelah kanan body. Cartridge yang ada di printer ini terdiri dari empat warna, yakni hitam, kuning, cyan, dan magenta.

Konektivitas andalan pada seri yang dirilis tahun 2015 silam ini masih menggunakan tipe USB 2.0.

Dengan L310 Anda bisa melakukan pencetakan dengan memakai berbagai jenis kertas yang ada di pasaran. Mulai dari kertas A4, A5, A6, Letter, Half Letter, Lefal, Envelopes, dan juga DL, serta C6.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson L310

Meski harga printer Epson L310 terbilang murah, jangan sampai Anda gelap mata dan langsung membelinya.

Sebaiknya perhatikan lebih dahulu spesifikasinya agar tahu bagaimana performa printer ini. Anda juga bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari seri L310 ini secara lebih obyektif.

Kelebihan

Kelebihan pada suatu produk tentu menjadi pertimbangan utama sebelum membeli suatu produk. Begitu pula soal printer. Berikut ini kelebihan Epson L310 yang bisa Anda nikmati.

1. Ukurannya tipis dan kecil dengan berat sekitar 2 kg sehingga tak memakan tempat yang banyak.

2. Kecepatan cetak L310 terbilang cukup mumpuni, yakni mencapai 30 ppm untuk cetak hitam putih dan 15 ppm untuk cetak berwarna. Secara kinerja L310 disinyalir lebih cepat 3 kali lipat dibanding pendahulunya.

3. Tak hanya cetak di atas kertas biasa, Epson L310 juga bisa mencetak dokumen pada berbagai jenis cetakan lain seperti matte brochure, glossy brochure, envelope, hingga photo papers.

4. Penggunaan printer ini sangatlah hemat daya. Ketika sedang aktif daya yang digunakan adalah sekitar 10 watt, sementara untuk standby membutuhkan 2,2 watt saja.

5. Resolusi cetakan yang dihasilkan lebih besar dibanding L210, yakni 5760 x 1440 dpi, sehingga tak akan pecah ketika mencetak gambar berukuran besar.

Kekurangan

Meski telah mndapatkan beberapa upgrade dan tambahan spesifikasi, L310 masih jauh untuk dikatakan sempurna.

Tentu saja printer ini masih memiliki banyak cela di sana sini. Berikut kekurangan Epson L310 yang harus Anda tahu.

1. Cartridge dan beberapa bagian spare part sulit untuk diganti. Jika ada yang rusak, Anda diharuskan untuk membawanya kepada ahli agar tak menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

2. Proses instalasi kadang mengalami kegagalan pada beberapa jenis komputer.

3. Konektifitas printer masih mengandalkan pada Hi Speed USB 2.0 dan belum dilengkapi WiFi ataupun Bluetooth.

4. Printer membutuhkan perawatan ekstra yang lebih detail.

5. Dalam beberapa kasus kadang proses printing mengalami paper jam, yakni kondisi di mana kertas macet, tak dapat ditarik. Meski jika ditelisik lebih jauh sebenarnya semua komponen dalam keadaan prima. Penyakit utama seri ini diduga terletak pada gear kopling ASF untuk menarik kertas. Komponen yang digunakan terbilang lemah sehingga rentan mengalami kerusakan.

Tips Pemakaian dan Perawatan Printer Epson L310

Untuk merawat printer Epson L310, sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda bisa mempraktekkan beberapa tips perawatan layaknya yang biasa diaplikasikan pada printer lain.

Dengan perawatan yang benar dan berkala, kemungkinan kerusakan akan dapat diminimalisir. Anda pun tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki ke tukang service.

Berikut ini beberapa tips cara pemakaian dan perawatan printer yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Bersihkan printer secara berkala. Diakui atau tidak, kebersihan printer sangat berpengaruh pada performa yang disuguhkannya. Karena itu, lakukan pembersihan dari debu dan kotoran secara kontinyu.

2. Gunakanlah kertas yang memiliki kualitas bagus. Selain itu, perhatikan pula ketika Anda meletakkan kertas. Pastikan taka da yang terlipat atau lusush agar tak memperberat kinerja printer.

3. Matikan printer ketika sedang tidak digunakan. Selain agar hemat energi, mematikan printer dengan baik bisa menjaga keawetannya. Menjelang benar-benar mati, umumnya printer akan melakukan pembersihan otomatis pada bagian head printer.

4. Gunakan tinta bawaan atau tinta yang telah direkomendasikan. Ini penting dalam menjaga L310 Anda tetap awet dan tahan lama. Sebisa mungkin gunakan satu merk tinta secara konsisten dan berkesinambungan, jangan ganti-ganti. Ini akan mempengaruhi kelangsungan cartridge dan membuatnya mudah rusak jika tinta sering tercampur.

5. Rutinlah mengecek tinta dalam cartridge, pastikan tidak sampai habis. Jika perlu, isilah tinta dengan teratur.

6. Jika sudah selesai mencetak dokumen, biasakan untuk menutup cover printer ketika tak lagi digunakan. Cara sederhana ini berguna untuk mencegah printer agar terhindar dari debu dan kotoran yang mungkin masuk dan menurunkan performa printer Anda.

Epson L310 cocok bagi Anda yang membutuhkan printer untuk mayoritas percetakan dokumen biasa.

Seri ini cocok untuk pelajar, anak kuliahan, dan perkantoran. Harga printer Epson L310 juga sesuai dengan spesifikasi yang diusungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Harga Printer HP
SELENGKAPNYA

Harga Printer HP

Printer HP memang sudah lama beredar di pasaran Indonesia dan bisa dikatakan usianya lebih lama dibandingkan pesaingnya. Meskipun…