Harga Printer Canon MP287

Canon kembali menghadirkan printer dengan harga terjangkau dalam jajaran seri Pixma, yakni Canon Pixma MP287 atau lebih dikenal sebagai Canon MP287 saja.

Harga printer Canon MP287 berkisar di angka 900 ribuan yang cukup ramah untuk kantong kalangan pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan perangkat cetak murah namun spek mumpuni.

Spesifikasi Printer Canon MP287

Printer Canoon MP287
id.canon

Printer ini termasuk printer multifungsi yang mampu mengerjakan beberapa tugas, seperti print, scan, dan copy dengan mengusung teknologi flatbed.

Dengan demikian, Anda tak perlu repot lagi untuk merampungkan pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen Anda. Printer ini juga dibekali dengan fitur Easy Web Print EX di mana Anda bisa mencetak foto langsung dari webnya.

Dalam hal cetak mencetak dokumen dan foto, keandalan Canon MP287 telah banyak mendapat review positif dari berbagai kalangan. Anda pun bisa menggunakan beragam jenis dan ukuran kertas yang berbeda. Mulai dari A4, Letter, Legal, Quarto, hingga amplop.

Canon MP287 dapat digunakan dalam hampir semua sistem operasi yang ada. Mulai dari Windows XP SP2/ SP3, Windows Vista Vista SP2/ SP3. Windows 7, Windows 8, Windows 10, Macintosh OS X 10.4.11-10.6.

Cepat penyalaan printer hanya memakan waktu 1 detik saja dengan tampilan prima berkat suguhan panel operasi 7leg LED. Tingkat kebisingannya sekitas 45.5 db yang masih terhitung masuk akal.

Canon MP287 merupakan salah satu seri Canon yang cukup bisa diandalkan dibandingkan lainnya.

Untuk melakukan instalasi, Anda bisa langsung memasukkan CD driver atau langsung mendownload software Canon MP287 yang telah tersedia di website resmi Canon.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Canon MP287

Sebenarnya apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan printer Canon seri MP287 ini? Benarkah jika harga printer Canon MP287 yang murah tak mengurangi performanya yang memuaskan dan bisa dijadikan andalan? Lebih baik, Anda bandingkan kelebihan dan kekurangannya dulu sebelum memberikan penilaian.

1. Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki Canon MP287 antara lain;

  • Menilik dari segi ukuran, PIXMA MP287 tergolong memiliki body yang kecil dan ringan. Dengan begitu, Anda bisa memindahkannya dengan mudah, terlebih beratnya hanya sekitar 3,5 kg. Di balik fungsinya yang banyak, tentu berat ini terhitung sangat ringan.
  • Dalam hal kualitas cetakan, hasil cetak dokumen ataupun foto menggunakan Canon MP287 cukup baik dengan tingkat kerapian dan kecepatan yang memuaskan.
  • Printer ini memungkinkan Anda untuk melakukan scanning dan menyimpannya dalam berbagai format yang dibutuhkan, termasuk jpg maupun pdf. Dengan menerapkan metode CIS (Contact Image Sensor) dan resolusi hingga 1200 x 2400 dpi, hasil scan Anda akan tajam dan tak pecah-pecah.
  • Harga yang dibanderol untuk printer multifungsi yang bisa melakukan 3 jenis pekerjaan berbeda tergolong ekonomis di kelasnya.
  • Kecepatan cetaknya cukup mumpuni, yakni berada di angka 8,4 ipm untuk cetak dokumen monokrom, dan 4,8 ipm untuk cetak dokumen berwarna.
  • Dalam hal penggunaan tinta, Canon MP287 terhitung hemat dan handal untuk digunakan dalam cetak dokumen yang banyak jumlahnya. Selain itu, printer ini juga tak mengeluarkan suara bising ketika digunakan.
2. Kekurangan

Setiap ada kelebihan pasti ada pula kekurangannya. Seperti pada printer Canon MP287 ini, di balik kelebihannya yang beragam, ada pula kekurangan yang dimiliki. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Seperti umumnya printer model infus, Canon MP287 juga sering bermasalah di bagian cartridge-nya. Komponen ini memang cukup rawan kerusakan dan harus mendapat perawatan ekstra agar tetap awet.
  • Selain cartridge, bagian mainboard yang berada di bawahnya juga kerap mengalami kerusakan.
  • Sering terjadi endapan tinta pada komponen print head yang mengakibatkan penyumbatan. Untuk mengatasinya, Anda harus sering-sering mengoperasikannya setiap hari agar tinta tidak mengering.

Tips Pemakaian dan Perawatan Canon MP287

Anda tentu menginginkan yang terbaik pada segala hal yang ada dalam hidup, termasuk urusan printer.

Untuk menjaganya tetap menyuguhkan performa sempurna, lakukan beberapa tindakan perawatan yang bisa membuat gadget Anda awet dan tahan lama. Beberapa cara sederhana nan effortless yang bisa Anda aplikasikan di rumah, seperti;

  1. Letakkan botol infus tinta sejajar dengan printer Anda. Jika memungkinkan, rekatkan botol ke bagian body printer agar tak mudah bergeser. Untuk melakukannya gunakan double tape, atau solatip besar yang kuat.
  2. Biasakan untuk sesekali membuka tutup tabung tinta. Hal ini berguna agar udara dapat masuk. Nah, udara inilah yang berfungsi untuk mendorong tinta agar bisa krluar dengan lancar saat digunakan.
  3. Ketika sudah tak lagi digunakan, jangan lupa sempatkan untuk menutup tabung tinta. Langkah sederhana yang effortless ini bisa mencegah tinta agar tak membanjir dan memicu terjadinya konslet.
  4. Lakukan pengecekan tinta secara berkala. Segera lakukan pengisian ulang ketika tinta sudah mencapai titik seperempat botol. Isikan tinta dengan menuangkannya melalui lubang botol besar, jika sudah selesai, jangan lupa untuk segera menutupnya kembali agar bebas dari debu dan kotoran, serta tak meluber kemana-mana.
  5. Saat printer sedang bermasalah dan mengalami run out, janganlah panik. Run out biasanya dapat dikenali dengan adanya tanda blink 4 kali, erroe, E4, error E6, error 13, hingga error E16. Atasi keadaan ini dengan menekan tombol resume/ reset selama 10 detik.
  6. Sesekali gunakan fitur deep cleaning untuk membuat warna tinta lebih stabil.

Dengan harga printer Canon L220 yang terjangkau, tak ada salahnya Anda mempunyai printer ini di rumah. Printer seri ini sangat cocok untuk kebutuhan copy, print, dan scan ala rumahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Printer DTG
SELENGKAPNYA

Harga Printer DTG

Printer Direct to Garment atau lebih dikenal sebagai printer DTG merupakan salah satu mesin sablon dalam konveksi pakaian.…