Harga Printer Canon iP2770

Canon sebagai salah satu brand besar di bidang teknologi tengah menguasai berbagai lini kebutuhan, mulai dari camera, proyektor, mesin fax, hingga printer.

Salah satu seri printernya yang terkenal adalah PIXMA iP2770 atau lebih dikenal sebagai Canon iP2770. Tak mengejutkan memang, mengingat harga printer Canon iP2770 sangatlah ekonomis yakni di kisaran 400 hingga 500 ribuan saja.

Spesifikasi Printer Canon iP2770

Printerr Canon Ip2770
bukalapak.com

Di balik harganya yang ekonomis, printer satu ini bisa dijadikan andalan untuk kebutuhan mencetak dokumen Anda.

Seri iP2770 merupakan salah satu printer injek yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah Auto Photo Fix II yang dapat Anda akses menggunakan software EX-Cetak Easy Photo.

Printer Canon iP2770 mengusung resolusi maksimum 4800 x 1200 dpi dengan ukuran tetesan tinta minimal 2 pl. Tipe cartridge yang digunakan adalah PG-810, CL-811.

Dalam hal sistem operasi, printer ini compatible digunakan dalam berbagi jenis operasi yang ada, yakni Windows 2000, SP4, XP SP2/ SP3, Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10, serta Mac. OD X 10.4.11-10.6.

Canon iP2770 memang dirancang khusus untuk kebutuhan sebagai mesin pencetak saja. Jadi, Anda jangan mengharapkan fungsi lain yang biasa dimiliki printer keluaran terbaru seperti scanner, copy maupun faximile.

Spek sederhana ini seharusnya dapat dimaklumi mengingat harganya yang jauh di bawah 1 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Canon iP2770

Untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli produk printer ini, sebaiknya Anda tak hanya fokus pada harga printer Canon iP2770 saja.

Perhatikan pula kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya sehingga pertimbangan worth it atau tidaknya produk ini bisa lebih Anda cermati lagi.

Kelebihan

Canon iP2770 memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya masih bertahan menjadi salah satu printer yang paling dicari hingga kini.

  • Untuk printer murah di harga 500an, kecepatan printing iP2770 bisa dikatakan cepat. Untuk cetak tinta hitam kecepatannya mencapai 7,0 ipm, sedangkan untuk tinta warna berkisar pada 4,8 ipm.
  • Terdapat fitur Auto Photo Fix II dan Print Head Fine yang berfungsi untuk mengoreksi gambar yang dihasilkan agar lebih baik kualitasnya.
  • Resolusi maksimal yang bisa digunakan printer ini mencapai 4800 x 1200 dpi, baik dalam hal resolusi cetak warna ataupun monokrom.
  • Desain printer ini terbilang compact dan praktis dengan tepi yang melengkung namun halus sehingga tak memakan ruang. Dimensi yang dimiliki berukuran 445 x 250 x 130 mm, dan beratnya sekitar 3,4 kg saja.
  • Terdapat fitur Printing Borderless yang memungkinkan Anda mencetak dokumen ataupun foto yang indah tanpa margin.
  • Konsumsi daya pada printer ini tergolong hemat energi. Terbukti iP2770 hanya membutuhkan daya sebesar 11 watt dalam mode aktif dan hanya 0,7 watt dalam mode siaga. Suara yang dihasilkan ketika pengoperasian juga halus dengan tingkat kebisingan 47 db.
Kekurangan

Di balik berbagai fitur yang disematkan tentu iP2770 masih memiliki berbagai kekurangan. Namun nampaknya hal ini dianggap wajar karena buktinya seri ini masih saja laris di pasaran. Apa saja kekurangan dari seri Canon iP2770 ini?

  • Masalah utama yang paling sering dijumpai ketika menggunakan Canon iP2770 adalah cartridge yang mudah rusak. Bahkan, dengan penggunaan mode normal komponen ini disinyalir tak bisa bertahan lebih dari 3 bulan.
  • Lantaran sering memiliki masalah di cartridge-nya, hasil cetakan kadang menjadi bermasalah. Entah cetakan yang bergaris-garis atau kadang tinta tak mau keluar.
  • Salah satu cara untuk membuat printer ini awet adalah jangan terlalu sering menggunakan kualitas high. Entah apa sebabnya, namun penggunaan cetak mode high memperpendek umur printer Anda. Gunakan kualitas standar saja agar lebih aman.

Tips Pemakaian dan Perawatan Canon Ip2770

Anda tentu memahami bahwa printer Canon iP2770 ini masih cukup diminati di pasaran. Selain karena mudah dimodifikasi sesuai keinginan, printer jenis ini juga lebih mudah dalam hal perawatan.

Anda hanya perlu memberikan perawatan selayaknya perawatan pada printer umum lainnya. Beberapa tips pemakaian dan perawatan yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut;

  1. Tetaplah gunakan printer secara berkala, jika perlu setiap hari. Hal ini berguna untuk mencegah tinta di cartridge agar tak cepat mengering. Ketika mulai mengering tentu akan berdampak pada terhambatnya tinta dan mengakibatkan kerusakan.
  2. Setiap peralatan pasti memiliki kapasitasnya masing-masing. Jangan paksakan penggunaan printer melebihi kemampuan yang dimilikinya. Meski dikenal cukup tangguh, namun penggunaan yang berlebihan tentu akan mengakibatkan kerusakan.
  3. Lakukan cleaning printer secara rutin dan berkala. Namun, jangan melakkannya secara berlebihan karena juga bisa memicu kerusakan.
  4. Lakukan maintenance dengan rutin mengecek status tinta yang ada dalam cartridge. Jangan sampai Anda kehabisan tinta agar printer tak mudah rusak.
  5. Saat cetakan yang dihasilkan bergaris, cobalah untuk melakukan deep cleaning menggunakan aplikasi bawaan printer.
  6. Berikan jeda beberapa saat ketika melakukan printing dalam jumlah banyak. Usahakan untuk istirahat setiap mencetak 2 gambar/ foto. Dalam mencetak dokumen teks, istirahatkan setiap mencetak 25 lembar.
  7. Sebelum menyalakan printer, bukalah lubang kecil dan sebaliknya, tutuplah lubang besar yang terdapat pada tabung tinta. Hal ini dimaksudkan agar udara dapat masuk dan mendorong tinta keluar ketika digunakan untuk mencetak.

Dengan harga printer Canon iP2770 yang sangat terjangkau bagi semua kalangan, wajar jika ada komponen lemah di dalamnya, yakni cartridge cepat rusak.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan modifikasi sendiri dengan menambahkan selang infus dan ink tank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait