Harga Paving Block

Bila Anda hendak menghias atau merapikan suatu lahan, mennggunakan paving block mungkin bisa dijadikan pilihan. Dengan paving block Anda bisa mengubah lahan yang kosong menjadi banyak manfaat, seperti taman, tempat parkir, jalan kecil, dll. Selain itu paving block juga memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sebenarnya apa si paving block? benda yang bisa juga disebut dengan bata beton ini adalah suatu bahan bangunan yang memiki bentuk segi empat ataupun segi banyak, yang dipasang dengan cara mengunci satu sama lain.

Paving block terbuat dari campuran abu batu, air, agregat kasar, agregat halus, dan tentunya semen. Fungsi utama dari paving block adalah untuk menutupi permukaan tanah agar lebih  rata, stabil, rapi, dan kuat.

Keunggulan Paving Block dibanding Bahan Sejenisnya

Gambar Paving Block
centralpaving.co.uk

1. Bentuknya Variatif dan Menarik

Secara garis besar paving block tediri dari segi empat dan segi banyak. Variasi pada bentuk segi banyak misalnya tipe cacing, topi uskup, trihex, dll.

Kemudian dalam masing-masing bentuk tersebut Anda dapat memilih warna ataupun corak yang diinginkan. Sangat menarik bukan?

2. Lebih Ringan dibanding Produk Sejenis

Paving block memiliki berat yang relatif lebih ringan daripada aspal atau cor beton. Sehingga ia tidak akan mengganggu atau membebani bangunan disekitarnya.

3. Mampu Meresap Air

Penyerapan air tidak terjadi pada paving blocknya itu sendiri, melainkan pada celah-celah antara satu paving block dengan yang lain. Tentu hal ini sangat bermanfaat agar ketersediaan air tetap tercukupi dan tidak terjadi air.

4. Perawatannya Mudah

Karena bentuknya yang simple dan berbahan dasar semen, paving block tentu mudah dibersihkan. Selain itu, apabila paving block dibongkar ia dapat digunakan kembali.

5. Tahan Terhadap Cuaca

Karena pemasangannya terdiri dari dari block block kecil yang disusun, hal ini menjadikan paving block lebih fleksibel menghadapi cuaca panas dan hujan.

Fleksibel yang dimaksud adalah paving block mampu beradaptasi terhadap cuaca dengan cara memuai atau melakukan penyusutan.

Kelemahan Paving Block dengan Bahan Sejenisnya

Gambar2 Paving Block
allseasonspaving.co.uk

1. Kandang Tidak Serasi

Bukan hanya manusia yang kadang tidak serasi, begitu juga dalam pemasangan paving block. Kadang ada saja beberapa paving block yang ukurannya kurang cocok sehingga tidak dapat mengunci dengan yang lain.

Akibatnya susunannya menjadi mudah bergeser, renggang, tidak rata, dan tidak rapi.

2. Tidak Cocok dilalui Kendaraan Berat

Walaupun dalam aplikasinya paving block bisa dijadikan jalan, tentunya jalan yang dimaksud adalah jalan kecil, yang hanya dilalui sepeda, atau motor.

Mungkin mobil bisa, namun dalam intensitas yang tidak selalu sering, dan yang paling utama kecepatan kendaraan dalam melalui jalan paving block tidak boleh tinggi.

3. Mudah Bergelombang

Paving block akan mudah bergelombang pada permukaannya bila pondasi yang dimiliki tidak kuat dan padat.

Jenis-jenis Paving Block

Gambar Jenis Paving Block
cekhargabahan.com

1. Paving Block Segi Enam

Karena jenis paving block yang satu ini sangat populer, kami yakin Anda sudah pernah melihat sebelumnya. Dalam pemasangannya, paving block segi enam memerlukan setidaknya 27 batang untuk area per meter perseginya.

Paving block yang bisa juga disebut paving block hexagon  ini memiliki ketebalan 6 cm, 8cm, serta 10 cm. Sedangkan untuk ukurannya adalah  20 x 20cm.

2. Paving Block Batu Bata

Seperti jenis paving block sebelumnya, paving block batu bata juga sudah terkenal, terlebih jika dilihat dari bentuknya yang memang mirip dengan batu bata.

Untuk halaman yang ingin dipasang paving block batu bata kurang lebih membutuhkan 44 batang per meter persegi.

Ketebalan yang dimiliki terdiri dari 3 variasi, mulai dari 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Lalu untuk ukuran yang dimiliki adalah 10,5 x 21 cm.

3. Paving Block Segi Tiga

Paving block yang bisa juga disebut dengan paving block trihex ini umumnya hanya bisa dipasang dengan satu pola karena tipenya yang terbilang rumit.

4. Paving Block Rumput

Paving block ini terbilang unik dan beda dari yang lain. Seperti namanya, paving block yang disebut juga dengan model paving block lubang ini memang memiliki lubang yang dikhususkan untuk tempat tumbuhnya rumput.

Selain itu, paving block rumput juga memiliki 3 tipe, yaitu tipe L2, L5, dan L8. Masing-masing tipe dimulai dari yang paling kecil kurang lebih membutuhkan 13 batang, 6,5 batang, dan 7,5 batang untuk pemasangan per meter perseginya.

Untuk ukuran dari tipe L2 adalah 20 x 20 cm dengan ketebalan 8 cm. L5 memiliki ukuran 40 x 40 cm dengan ketebalan 8 cm. Dan yang terakhir tipe L8 ukuranya 45 x 30 cm dengan ketebalan 6 cm.

5. Paving Block Topi Uskup

Dilihat dari bentuknya tentu sudah diketahui bahwa paving block ini memang mirip dengan topi uskup. Biasanya paving block topi uskup dijadikan “pengunci pada luaran” paving block yang sudah tersusun.

Jumlah paving block topi uskup yang dibutuhkan untuk per meter perseginya adalah 24 batatang.

Ukuran yang dimiliki 21 x 30 cm, sedangkan ketebalan terdiri dari 2 variasi, yaitu 6 dan 8 cm.

6. Paving Block Cacing

Seperti namanya paving block ini memiliki bentuk yang berlika-liku layaknya cacing. Namun ada beberapa orang yang menyebutnya dengan paving block zig-zag.

Ketebalannya hanya terbagi menjadi 2 variasi, yaitu 6 dan 8 cm. Sedangkan untuk ukurannya adalah 11,2 x 22,5 cm. Isi yang dibutuhkan untuk area per meter perseginya adalah 39 batang.

Cara Memasang Paving Block Agar Kuat dan Tahan Lama

Gambar Cara Memasang Paving Block
newdrivewaycompany.com

1. Buatlah pondasi yang kuat agar dapat menahan beban saat paving block sudah terpasang nanti.

Pastikan permukaan lahan sudah rata dan sudah bersih dari sampah rumput, ataupun bebatuan. Jika ada lubang tutuplah dengan gundukan tanah.

Agar proses pemadatannya sempurna, Anda bisa menggunakan roller maupun stampler kuda disertai penyiraman air.

2. Jika sudah, taburkan pasir halus atau abu batu dengan ketebalan kurang lebih 5 cm. Lalu ratakan dengan alat perata atau penggaris.

3. Mulailah menyusun paving block diatas pasir yang telah disiapkan tadi. Lakukan dengan sistem pemasangan cara maju kedepan.

4. Harap perhatikan motif paving block agar seragam.

5. Apabila sudah terpasang semua, padatkan paving dengan stamper kodok atau Anda bisa juga memukulnya dengan palu secara manual satu per satu.

6. Sembari melakukan langkah nomor 5, silahkan taburkan pasir halus dicelah-celah naat paving block. Hal ini dilakukan agar susunan pacing block tidak goyah dan saling mungunci dengan kuat.

Daftar Harga Paving Block Natural dan Warna Lengkap Tebaru 2019

Jenis Paving BlockKetebalanSatuanHarga Paving NaturalHarga Paving Warna
Model Trihex6 cmm2Rp 83.000Rp 92.000
Model Trihex8 cmm2RP 94.000Rp 102.000
Model Cacing6 cmm2Rp 84.000Rp 93.000
Model Cacing8 cmm2RP 95.000Rp 101.000
Model Bata6 cmm2RP 83.000Rp 92.000
Model Bata8 cmm2RP 95.000Rp 102.000
Model Bata10 cmm2Rp 93.000Rp 102.000
Model Hexagon6 cmm2Rp 85.000Rp 90.500
Model Hexagon8 cmm2RP 96.000Rp 101.500
Model Halfpave6 cmm2Rp 77.000RP 93.000
Model Halfpave8 cmm2Rp 86.000Rp 103.000
Model Fullpave6 cmm2Rp 77.000Rp 94.000
Model Fullpave8 cmm2Rp 86.000Rp 104.000
Model Fullpave-Set6 cmm2Rp 92.000Rp 95
Model Fullpave-Set8 cmm2Rp 102.000Rp 105.000
Model Topi Uskup6 cmpcsRp 8.500
Model Topi Uskup8 cmpcsRp 5.500

Baca Juga : Harga Besi Beton

Harga paving block diatas kami dapat dari berbagai sumber di website toko online. Jadi sewaktu-waktu mungkin saja ada perubahan harga tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait