Harga Mutiara

Setiap manusia pasti menginginkan suatu keindahaan dalam dirinya, entah itu dari sudut fashion, dari penampilan diri, sampai sampai manusia rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk menambah estetika penampilan dirinya.

Salah satunya adalah dengan membeli suatu perhiasan untuk mempercantik dirinya, perhiasan tersebut bisa berupa emas, berlian atau mutiara, nah suatu perhiasan yang kali ini akan kita bahas adalah perhiasan yang berupa Mutiara.

Apa Sih Mutiara Itu ?

originalmutiara.com

mutiaara adalah suatu benda yang sangat keras yang dihasilkan dari suatu hewan moluska di dalam jaringan lunaknya, hewan tersebut tidak lain adalah kerang.

Sama seperti cangkang-nya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris.

Sebuah kriteria mutiara bisa dikatakan ideal adalah mutiara yang berbentuk bulat sempurna dan juga halus, tetapi mutiara juga memiliki beragam jenis dan bentuknya.

Mutiara alami yang memiliki kualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata “mutiara” telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.

Sedikit menoleh kebelakang, mutiara pertama kali digunakan oleh raja yunani yaitu xerxes. pada saat itu harga mutiara sangatlah mahal, satu butir saja harganya bisa disamakan dengan harga kepala manusia.

Mutiara pada saat itu juga dipercaya sebagai jimat yang membawa keberuntungan di saat perang selain itu mutiara juga dipercaya oleh masyarakat pada zaman tersebut sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dizaman sekarang pun mutiara masih tergolong sangat mahal, ya meski tidak bisa dibandingkan dengan kepala manusia lagi, tetapi orang orang yang memiliki mutiara masih tergolong sedikit.

Karena kuantitas yang sangat jarang itulah mutiara jadi sangat mahal, Mutiara budidaya atau mutiara yang berasal dari tiram merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran. Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar.

Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi, tetapi kualitasnya biasanya jelek. Secara umum, mutiara imitasi dapat dengan mudah dibedakan dari mutiara asli.

Mutiara banyak dibudidaya untuk digunakan sebagai perhiasan. Namun pada masa lalu, mutiara juga digunakan sebagai hiasan pada pakaian-pakaian mewah. Mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan dalam kosmetik, obat-obatan, atau dalam formula cat.

Mutiara yang memiliki kualitas terbaik hampir selalu berwarna-warni dan menyerupai mother of pearl, hal ini dikarenakan interior kulit yang memproduksi mereka.

Namun, hampir semua jenis moluska bercangkang mampu menghasilkan mutiara yang kualitasnya lebih buruk atau sedikit kurang bersinar atau berbentuk kurang bulat seperti bola.

Meskipun secara biologis, mereka tetap bisa disebut dengan “mutiara ” tetapi mutiara tersebut kurang begitu diminati dan harganya pun sangat murah, kecuali mereka ada pada barang antik.

Selama berabad abad, mutiara dihasilkan tanpa intervensi dari manusia sama sekali atau bisa disebut mutiara liar.

Kira-kira ratusan kerang mutiara harus dikumpulkan dan dibuka, dan dengan demikian dibunuh, hanya untuk menemukan satu mutiara liar, dan selama berabad-abad itulah satu-satunya cara untuk memperoleh mutiara.

Inilah yang menjadi alasan kenapa mutiara mahal dan sangat jarang untuk ditemukan pada masa lalu.

Selain dengan cara liar tersebut, sekarang banyak mutiara yang dibudidaya oleh manusia, sehingga hasil yang dihasilkan pun lebih banyak dari pada harus mencari sebuah kerang yang mengandung mutiara. Budidaya tersebut disebut dengan peternakan mutiara.

Perbedaan Mutiara Air Laut Dengan Mutiara Air Tawar

biodiversitywarior.org

Mutiara dibedakan menjadi 2 jenis, dilihat dari asal usul mutiara tersebut didapat, atau bisa dibilang asal dia hidup.

Seperti yang kita ketahui, kerang memiliki dua jenis yang memiliki habitat yang berbeda, salah satunya adalah yang hidup di air tawar dan juga yang hidup di air laut.

Begitu pun mutiara yang dihasilkan akan berbeda tergantung habitat asal kerang tersebut, nah berikut adalah perbedaan yang bisa anda saksikan dari kedua mutiara tersebut.

1. Proses Pembuatan Mutiara

Hal pertama yang bisa anda amati adalah asal mutiara dihasilkan, mutiara laut proses produksinya lebih lama dari proses produksi mutiara air tawar.

Mutiara air laut membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk menghasilkan 1 butir mutiara, sedangkan mutiara air tawar hanya butuh waktu 6 bulan, itupun didalam satu kerang dapat menghasilkan 6-15 butir mutiara tawar.

Jadi untukaa mengasilkan satu butir mutiara air laut adalah lebih lama dibandingkan dengan mutiara air tawar, sehingga harga yang dijual dipasaran pun berbeda antara mutiara air laut dengan mutiara air tawar. Biasanya mutiara air laut lebih mahal.

2. Kualitas Mutiara

Salah satu faktor pembeda yang tidak bisa kita rasakan langsung adalah jika dilihat dari segi kualitas mutiara itu sendiri, pada kali ini mutiara air laut memiliki kualitas yang lebih solid dan tahan lamam dibandingkan dengan mutiara air tawar.

Karena dala proses pembetukannya sendiri mutiara air laut lebih lama dibandingkan dengan mutiara air tawar.

3. karakteristik Dari Masing Masing Mutiara

Mutiara air laut memliki bentuk beraneka ragam, seperti bentuk bulat, oval, baroq (bentuk tidak beraturan), sedangkan mutiara air tawar yang bentuk bulat itu jarang ada.

Mutiara air laut sering diperjual belikan dalam keadaan utuh, maksudnya utuh yaitu belum di lubangi yang nantinya akan dibuat kalung.

Sedangkan mutiara air tawar biasanya kalau beli yang tanpa diikat, biasanya sudah dilubangi (lubang tembus maupun lubang yang masih setengah tembus), biasanya dijual dalam bentuk untaian.

Butiran Mutiara Air Laut Memiliki Ciri Khas Bentuk Bulat Sempurna Dengan Ukuran Bervariasi, begitupun dengan diameternya, ukuran diameter mutiara air laut lebih besar dibandingkan dengan mutiara air tawar.

Ukuran yang sebesar air laut biasanya tidak dimiliki oleh mutiara yang dihasilkan dengan air tawar.

Mutiara air laut juga memiliki warna asli hitam, mutiara jenis ini biasa dinamakan mutiara laut TAHITI

Jika dilihat perbedaannya, mutiara air laut biasanya lebih bersinar dan berkemilau pada lapisan mutiaranya, lebih terkesan alami sedangkan mutiara air tawar kurang keluar sinarnya dan biasanya lebih terkesan berwarna dove, dan terlihat seperti mutiara imitasi.

4. Dari Segi Warna

Mutiara air laut memiliki varian warna Emas, Putih, Hitam, Cokelat, Silver (Abu-abu) dan Hijau, sedangkan mutiara air tawar memiliki varian warna yang lebih banyak hampir semua warna ada.

Karena memang sebagian besar warna warna mutiara air tawar itu ada hasil treatmen (perlakuan) campur tangan manusia, tapi masih dikatakan mutiara asli karena berasal dari kerang-kerang yang hidup di air tawar, hanya saja proses pewarnaaannya yang tidak alami.

5. Segi Perbandingan Harga

Mutaira air laut dijual dengan hitungan gram, misal dalam 1 butir mutiara air laut beratnya 2 gram, nah harga penjual misalnya Rp.300.000,- per gramnya, jadi perhitungannya : 2 gram x 300.000 = Rp.600.000,- per butirnya.

Sedangkan mutiara air tawar dijual dalam bentuk rentengan, adapaun dijual bijian itu brarti mutiara air tawar dengan kualitas bagus/super.

6. Nilai Kepuasan

Selain beberapa perbedaan diatas hal yang membedakan harga mutiara laut lebih mahal dari mutiara air tawar adalah  adanya faktor kebanggan dan kepuasan tersendiri (Nilai Prestise).

Lain halnya dengan kalau kita memakai perhiasan mutiara tawar dan laut, mutiara laut lebih mempunyai nilai gengsi.

Apalagi kalau dibandingkan dengan perhisan mutiara dari bahan plastik (sintetis) walaupun modelnya bagus-bagus, mutiaranya sempurna dari mulai bentuk, warna, hampir tidak ada cacat. Tetapi rasa pada saat memiliki atau memakainya pun akan dirasa kurang.

Karena pada zaman dahulu sebelum cara teknologi ditemukan, untuk mencari 1 butir mutiara air laut saja, para penyelam/nelayan sampai rela menyelam ke dasar laut dengan kedalaman ratusan meter.

Sering dalam proses pencarian itu tidak menemukan butiran mutiaranya (kerang nya dalam keadaan kosong).

Asal Mutiara

bem-fpp,umm.ac.id

Mutiara juga memiliki dua jenis yang bisa dilihat dari mana asal mutiara tersebut dihasilkan Di alam, mutiara terbentuk akibat adanya irritant yang masuk ke dalam mantel kerang mutiara.

Fenomena adanya irritant ini sering juga ditafsirkan dengan masuknya pasir atau benda padat ke dalam mantel kemudian benda ini pada akan terbungkus nacre sehingga jadilah mutiara.

Terbentuknya mutiara alami terbagi atas dua bagian besar, yaitu akibat dari irritant dan masuknya partikel padat dalam mantel moluska.

Cara gampangnya, mutiara terbentuk karena adanya bagian epithelium mantel yang masuk ke dalam rongga mantel tersebut.

Bagian epithelium mantel ini bertugas mengeluarkan/mendeposisikan nacre pada bagian dalam cangkang kerang disamping membentuk keseluruhan cangkang.

Sedangkan pada mutiara hasil budidaya, kerang mutiara jauh hari sebelumnya sudah mengalami proses yang disebut weakening (membuat kerang mutiara menjadi lemah).

Proses ini biasanya dari 2 minggu sampai sebulan tergantung jenis dari kerang mutiara. Proses ini dimaksudkan supaya kerang mutiara akan akan mengalami stress dan memasuki fase reproduksi dengan cepat sehingga apabila operasi dilaksanakan gonadnya sudah kosong.

Namun apabila gonad dalam keadaan penuh maka kegiatan operasi akan menyulitkan dan bahkan banyak mengalami kegagalan.

Hal Yang Mempengaruhi Mahalnya Mutiara

m.medcom.id

Hal berikut yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mutiara, agar tidak tertipu dengan harga yang mahal dan bentuk yang bagus saja.

1. Kualitas

Biasanya mutiara dengan kualitas bagus memiliki grade AAA, dan harganya pun jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mutiara yang memiliki grade dibawah dari mutiara yang memiliki grade AAA.

2. Bentuk

Biasnya mutiara dengan bentuk yang bulat sempurna memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mutiara yang memiliki bentuk yang tidak bulat sempurna.

3. Kehalusan

Faktor lain yang menjadi kriteria mahal tidaknya suatau mutiara adalah tingkat halus tidaknya dari mutiara itu sendiri, karena kalau mutiara tersebut tidak halus atau bisa dibilang kasar, maka akan tidak nyaman nantinya untuk dipakai.

Sehingga mutiara dengan tingkat kehalusan yang lebih tinggi, biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.

4. Kilauan

Kilauan seperti yang sudah dibahas, pada mutiara laut, tingkat kilauannya akan lebih terasa dibandingkan dengan mutiara air tawar yang bahkan akan sulit jika dibedakan dengan yang imitasi, sehingga mutiara dengan kilauan yang tinggi harganya akan sangat mahal.

5. Lapisan Nacre

Lapisan Nacre adalah suatu lapisan terlur dari mutiara yang membuat mutiara itu berkilau kuat dan halus, maka dari itu, lapisan nacre yang tebal membuat mutiara lebih disenangi, karena mutiara nantinya tidak mudah pudar.

6. Warna

Untuk urusan warna juga tidak bisa anda abaikan, biasanya semakin cerah warna suatu mutiara maka semakin mahal mutiara tersebut.

7. Berat

Semakin berat suatu mutiara maka akan semakin mahal pula mutiara yang dijual, karena mutiara yang buat membuat kandungan didalamnya lebih murni jika dibandingkan dengan yang ringan, karena ditakutkan isinya adalah kosong.

Daftar Harga Mutiara Belum Diolah

instaagram-dm.com
JenisBerat Per ButirHarga
Mutiara Air Laut Warna Hitam (Black) Grade B2 GramRp 370.000
Mutiara Air Laut Warna Hitam (Black) Grade A2 GramRp 520.000
Mutiara Air Laut Warna Hitam (Black) Grade AA2 GramRp 1.000.000
Mutiara Air Laut Warna Hitam (Black) Grade AAA2 GramRp 2.000.000
Mutiara Air Laut Warna Putih (White) Grade B2,1 GramRp 380.000
Mutiara Air Laut Warna Putih (White) Grade A2,1 GramRp 550.000
Mutiara Air Laut Warna Putih (White) Grade AA2,1 GramRp 1.100.000
Mutiara Air Laut Warna Putih (White) Grade AAA2,1 GramRp 2.100.000
Mutiara Air Laut Warna Emas (Gold) Grade B2,5 GramRp 500.000
Mutiara Air Laut Warna Emas (Gold) Grade A2,5 GramRp 750.000
Mutiara Air Laut Warna Emas (Gold) Grade AA2,5 GramRp 1.400.000
Mutiara Air Laut Warna Emas (Gold) Grade AAA2,5 GramRp 3.200.000

Daftar Harga Mutiara Air Tawar Sudah Diolah

Jenis Olahan Mutiara Air TawarHarga
Cincin Mutiara Air Tawar Asli Dan Kotak CincinRp 75.900
Cincin wanita Mutiara Asli Air Tawar permata Freshwater pear CCMMPRp 79.000
Gelang Batu Mutiara Putih Kerang Air Tawar Jaminan Asli 100%Rp 145.000
Gelang mutiara air tawar asli gelang cewek wanita GGMATRp 59.000
Anting Perak Mutiara Air Tawar Asli LombokRp 165.000
Set 5 Mutiara Kerang Asli Air Tawar Untuk HadiahRp 175.000
Gelang mutiara air tawar asli gelang cewekRp 59.000
Mutiara Air Tawar AsliRp 1.400.000
Kalung Mutiara Asli Air Tawar PanjangRp 165.000
Gelang Mutiara Air Tawar AsliRp 45.000
Kalung Mutiara air tawar asli grade AAA berlapis emas putihRp 399.000
Kalung Liontin Mutiara Air Tawar AsliRp 215.900
Aksesoris Wanita Gelang Shell Pearl Biru dan Mutiara Air Tawar AsliRp 79.000
Mutiara Air Tawar Asli Bentuk Baroque HitamRp 130.000
Anting Perak Mutiara Air Tawar Asli LT388Rp 89.000
Set Perhiasan Mutiara Air Tawar Asli Kristal Swarovski Firefly PinkRp 650.000
Gelang mutiara air tawar asli gelang cewekRp 59.000
Gelang Mutiara Air Tawar Asli Kristal Swarovski Bambina Blue / KadoRp 250.000
Kalung Mutiara Air Tawar Asli Grade Aaa Berlapis Emas Putih 047Rp 549.000

Daftar Harga Mutiara Air Laut Sudah Diolah

Jenis Olahan Mutiara Air TawarHarga
Cincin mutiara air laut maluku rangka stainless rhodiumRp 814.000
Cincin mutiara air laut maluku rangka rhodiumRp 620.000
Gelang Mutiara Air Laut LombokRp 1.500.000
Gelang Perak Krum Emas Mutiara Air Laut LombokRp 1.500.000
Cincin Mutiara Gold Air Laut AsliRp 675.000
Mutiara Air Laut Kuning Emas Muda Asli Asal LombokRp 1.888.000
Mutiara Air Laut Hitam Asli Asal LombokRp 2.412.000
CINCIN MUTIARA AIR LAUT ASLI LOMBOKRp 175.000
Bros Mutiara Air Laut Asli LombokRp 2.000.000
mutiara air laut asli dipadukan dengan cincin perak lapis emas 18kRp 350.000
Kalung cantik emas putih asli mutiara air lautRp 2.799.000
18K kalung emas dan mutiara air laut quality eskporRp 2.500.000
kalung emas mutiara air laut / intense gold pearlRp 620.000
Giwang emas putih mutiara air laut asli lombokRp 2.500.000
Anting Rhodium Mutiara Air Laut GoldRp 782.000
Liontin emas mutiara air laut asli lombokRp 2.285.000
Cincin Rodhium Mutiara Air LautRp 750.000
KALUNG FULL MUTIARA AIR LAUT ORIGINAL LOMBOKRp 4.000.000
Gelang emas mutiara air laut asli lombokRp 7.124.700

Itulah daftar harga mutiara terbaru yang sudah kami rangkum, nah untuk kedepannya mungkin harga tersebut sewaktu waktu dapat berubah sesuai kemajuan zaman, dan kelangkaan dari mutiara itu sendiri.

Baca Juga : Harga Bedak Oriflame

Apabila ada kesalahan dalam hal penulisan harga, kami mohon maaf, sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Testimoni Sabun Black Walet
SELENGKAPNYA

Harga Sabun Black Walet

Seperti yang kita ketahui sabun merupakan benda yang wajib ada di setiap toilet, wastafel, dan di berbagai tempat…
BB Cream Wardah
SELENGKAPNYA

Harga BB Cream Wardah

Hadirnya berbagai macam BB (Beauty Balm) Cream di pasaran kosmetik membuat kaum hawa dari hari ke hari semakin…