Harga Kusen Aluminium

Kusen merupakan bingkai dari sebuah pintu ataupun jendela, dengan adanya kusen maka pintu yang menempel dapat dibuka dan ditutup.

Kusen yang awalnya terbuat dari kayu, kini sudah banyak yang beralih ke kusen alumunium. Kusen aluminium sendiri sering digunakan ditempat-tempat yang memiliki tampilan “modern” seperti kantor, cafe, karaoke, dll.

Memang kusen kayu  memiliki sifat menahan dingin dan panas.  Namun menurut kami kusen aluminum memiliki unsur estetika yang lebih baik di era sekarang. Selain itu, kusen aluminium juga memiliki sifat tahan air, tidak dimakan hewa pengerat, dan tentunya lebih awet.

Memang dalam kenyataannya harga kusen aluminum sedikit lebih mahal dibanding harga kusen kayu. Tapi kusen aluminium cenderung memiliki harga yang stabil dari tahun ke tahun.

Agar Anda tidak bimbang dalam memilih, berikut ini kami sajikan keunggulan sekaligus kekurangan dari kusen aluminium. Mungkin bisa dijadikan referensi apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

6 Keunggulan Kusen Aluminum dari yang Lain

Gambar Kusen Aluminium
karuniapratamanugra.com

1. Lebih awet

Dengan menggunakan kusen aluminium Anda tidak perlui khawatir dengan keroposnya kusen. Karena kusen aluminium tidak mungkin dimakan oleh rayap.

2. Tahan terhadap cuaca

Mungkin jika Anda menggunakan kusen kayu akan mengalami kelapukan, karena kusen aluminium memiliki sifat anti air, tentu ia lebih tahan terhadap cuaca.

3. Tidak mengalami penyusutan

Sebenarnya ini masih masuk keungulan nomor 2, tapi sedikit berbeda. Biasanya kusen kayu yang diterpa cuaca panas secara terus menerus bisa menyutusut, tentu hal tersebut tidak berlaku bagi kusen berbahan aluminium.

4. Dapat dimodifikasi

Yang kami maksud disini adalah memodifikasi tampilan dari kusen aluminium. Anda bisa sesuka hati mengubah penampilannya, seperti diberi cat warna atau motif.

5. Sifatnya ringan

Dibandingkan kusen kayu, tentu kusen berbahan aluminium jauh lebih ringan. Tentu hal ini bisa memudahkan Anda dalam proses pemasangan atau pemindahannya.

Selain ringan, kusen alumunium juga kokoh dan kuat.

6. Perwatannya mudah

Ketika Anda memiliki kusen alumunium, hal yang paling mungkin terjadi mungkin berdebu. Tentu hanya dengan mengelapnya kusen alumunium sudah kembali bersih.

Berbeda dengan kusen kayu yang membutuhkan perawatan lebih agar terhindar dari kekeropasan.

Kekurangan Kusen Aluminium

Gambar2 Kusen Aluminium
bukalapak

1. Harga lebih mahal

Mungkin karena proses pembuatannya yang sedikit lebih sulit, menjadikaan harga kusen aluminium juga sedikit lebih mahal dari kusen kayu.

Walau begitu, jika ditinjau secara luas harga kusen memiliki banyak variasi, baik kusen aluminum maupun kayu. Jadi, dalam segi harga yang lebih menentukan adalah variasi dan merk yang ditawarkan.

2. Sedikit model

Hal ini menurut kami masih bisa dimaklumi, karena bentuk dari kusen memang hanya kotak seperti itu. Namun jika dibandingkan dengan kusen kayu, kusen kayu bisa dibuat memiliki warna dan motif yang lebih menarik, seperti ukiran atau tambahan komponen lain.

Sedangkan untuk kusen aluminium mungkin hanya memiliki variasi warna saja.

6 Langkah Mudah Memasang Kusen Aluminium

Gambar Pemasanan Kusen Aluminium
jawaracorpo.com

Langkah 1

Pastikan semua bahan utama sudah tersedia, seperti kusen aluminium, hardboard, sealant, baut dynabolt, sekrup fisher, dan bingkai aluminium.

Jangan lupa siapan juga peralatan kerja seperti gergaji, gerinda, meteran, waterpass, cutter.

Langkah 2

Ukurlah lubang dinding terlebih dahulu, kemudian sesuaikan dengan ukuran kusen aluminium. Pastikan posisinya tepat dan lurus ya.

Gunakan sekrup galvanis untuk menyambung kusen dan bingkai aluminium. Agar memudahkan saat pengepasan, gunakan isolasi biru untuk melindungi aluminium yang sudah dirangkai tadi.

Langkah 3

Lakukan proses penghalusan pada dinding bagian dalam menggunakan plester. Agar lebih halus lagi, Anda bisa menambahkan adukan aci.

Supaya mudah dalam memasang kusen ke dinding, berikan kelonggaran setidaknya 5-10 mm pada lubang dinding.

Langkah 4

Pasanglah kusen aluminium yang sudah dirangkai ke dalam dinding. Jika dirasa sudah pas, bor kusen hingga tembus ke dindingnya. Masukkan sekrup dan kencangkan.

Bor kembali dan pasang setidaknya 6-7 sekrup dalam satu kusen aluminium.

Langkah 5

Tutup garis antara kusen aluminium dan dinding dengan silen agar memberi kekuatan dan terlihat lebih rapi.

Langkah 6

Yang terakhir proses pemasangan pintu atau jendela, langkah ini cukup mudah dikarenakan ukuran pintu atau jendela sudah satu paket dengan kusen aluminium yang terpasang.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir ukurannya akan tidak pas. Jangan lupa untuk memasang kancing untuk meningkatkan keamanan.

Daftar Harga Kusen Aluminium Lengkap dan Terbaru 2019

Produk Kusen AluminiumHargaSatuan
Kusen aluminium 4 inch HP metalRp. 92.000m1
Kusen aluminium 4 inch AlkoRp. 93.000m1
Kusen aluminium 4 inch AlexindoRp. 114.000m1
Kusen aluminium 3 inch YKKRp. 145.500m1
Kusen aluminium 3 inch serat kayuRp. 155.000m1
Kusen aluminium 4 inch serat kayuRp. 204.000m1
Kusen aluminium 4 inch YKKRp. 205.000m1
Jendela kaca 5 mm frame aluminium swingRp. 854.000unit
Jendela kaca 5 mm frame aluminium slidingRp. 905.000unit
Daun jendela serta kayuRp. 1.199.000unit
Jendela YKKRp. 1.210.000unit
Pintu kaca 5 mm frame aluminium swingRp. 2.012.000unit
Pintu HPL frame aluminiumRp. 2.052.000unit
Pintu kaca 5 mm aluminium slidingRp. 2.310.000unit
Pintu sprandell frame aluminium serat kayuRp. 3.045.000unit
Pintu kaca 5 mm frame aluminium serat kayuRp. 3.075.000unit
Pintu kaca aluminium YKKRp. 3.849.900unit
Pintu Sprandell YKKRp. 3.855.450unit
Pintu floor Hinge kaca 12 mm temperedRp. 4.810.000unit

Mengingat harga kusen aluminium tersebut kami dapat dari berbagai website toko online,  sewaktu-waktu tentu dapat berubah. Harga tersebut hanya berupa kisaran saja, untuk harga pastinya silahkan Anda bisa mengunjungi toko bangunan terdekat.

Baca Juga : Harga Pintu Aluminium Geser

Sebagai info tambahan, harga kusen aluminium di tiap daerah seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan dll bisa mengalami perbedaan, hal ini terkait biaya distribusi masing-masing daerah.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai kusen aluminium, semoga bisa dijadikan referensi bagi Anda sebelum membeli. Sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Daftar Harga Besi Siku Terbaru
SELENGKAPNYA

Harga Besi Siku

Pada bidang konstruksi, ada berbagai bahan yang tidak boleh ditinggalkan untuk menunjang proses pembangunan. Diantara bahan itu merupakan…