Harga Kuda

Siapa sih yang tidak tahu Kuda? ya binatang mamalia yang sering digunakan sebagai alat transportasi zaman dahulu ini, memang sangat terkenal dan memegang peranan terpenting dalam pengangkutan barang.

news.okezone.com

Zaman dahulu Kuda adalah binatang yang wajib dimiliki oleh seorang bangsawan atau seorang ksatria perang, karena selain sebagai transportasi kuda kerap digunakan sebagai alat bantu peperangan seperti yang sering anda lihat di film-film peperangan zaman kerajaan.

Penggunaan Kuda oleh umat manusia diperkirakan sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi dan mulai diternak atau dikembangbiakan sejak 4.500 sebelum masehi.

Apa Itu Kuda ?

Khazanah.republika.co.id

Kuda dengan nama latin (Equus caballus atau Equus ferus caballus) merupakan salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia yang berasal dari genus Equus.

Tidak seperti yang kalian ketahui sekarang, Kuda pada mulanya berasal dari binatang kecil. Ilmuwan menyebut hewan kecil ini Eohippus atau dawn horse, yang kemudian mengalamai proses evolusi pada 60 juta tahun yang lalu.

Hal ini dibuktikan pada tahun 1867, kerangka lengkap dari fosil Eohippus telah ditemukan di bentukan Tebing Eocene. Lalu pada tahun 1931, kerangkanya disusun kembali di Big Horn Basin, Wyoming USA oleh lembaga palaeontologi dari Institut Teknologi California.

Kuda dapat ditunggangi manusia dengan menggunakan alat khusus yang bernama Sadel, dan tentunya kuda dalam keadaan jinak terlebih dahulu agar mudah dalam mengendalikannya.

coinaphoto.com

Dapat juga digunakan untuk mengangkut barang dan menarik sesuatu seperti kendaraan beroda.

Ukuran Kuda juga bermacam macam sesuai dengan jenisnya seperti kuda Arab, Morgan, Quarter Horse, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg yang merupakan kuda ringan.

Sedangkan untuk Kuda berat atau kuda beban yaitu : Clydesdale, Draft, Percheron, dan Shire yang beratnya dapat mencapai hingga 907 kg.

Buat Apa Beli Kuda ?

pixabay.com

Memang sudah jarang kita temukan alat transportasi yang menggunakan kuda yaitu Delman

Kalaupun ada transportasi Delman sekarang ini hanya untuk keperluan pariwisata seperti yang sering kita jumpai di tempat tempat lokawisata yang ada di Malioboro, Yogyakarta.

Selain untuk transportasi, kuda juga sering digunakan pada ajang perlombaan pacu kuda, memanah menggunakan kuda, atau bahkan dibeberapa daerah yang masih banyak ditemukan Kuda, sering digunakan untuk bermain sepakbola Kuda.

Kuda yang digunakan untuk tunggangan biasanya memiliki kemampuan khusus seperti Show Jumping dan tunggang serasi (baris-berbaris).

Selain ditunggangi Kuda juga bisa untuk diternak, yang nantinya bisa untuk dijual untuk dimanfaatkan dagingnya, ataupun hanya sekadar untuk mengkoleksi sebagai hewan peliharaan. Karena jika menunggangi kuda, bisa memberikan kesan gagah bagi penunggangnya.

Jenis Dan Nama Kuda Yang Terkenal Di Dunia

Kuda juga memiliki jenis jenis yang beragam yang tersebar diseluruh dunia, nah untuk jenisnya sebagai berikut :

1. Kuda Akhal Teke

idntimes.com

Kuda jenis ini merupakan kuda dengan ras tertua didunia, jenis ini juga merupakan Kuda tercantik yang bisa dilihat dari tubuh dan rambutnya yang sangat terawat dan sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu.

Habitat pertamanya ada di sebuah padang pasir berbatu di kawasan karakung, Turkmenistan. Ras kuda ini juga terkenal dengan kecepatan, kecerdasan dan ketangkasannya.

2. Kuda Fjord

pixabay.com

Kuda ini adalah kuda cantik nan mungil yang berasal dari Norwegia.

Meski memiliki tubuh yang mungil (tidak sekecil keledai) tapi kuda ini memiliki tenaga yang tidak bisa diremehkan. Jenis ini memiliki ciri khas berupa rambut yang berada diatas lehernya yang panjang.

Kuda ini berwarna dune atau Coklat ke abu-abuan.

3. Kuda Black Forest

satujam.com

Nama dari kuda ini adalah schwarzwälder kaltblut atau black forest cold blood. kuda ini memiliki rambut yang panjang di lehernya.

Meski nama dari kuda ini adalah Black Forest tapi nyatanya kuda ini tidak semuanya hitam, melainkan punya warna lainnya dibagian tubuh tertentu.

4. Kuda Shire

pixabay.com

Kuda ini memiliki rambut unik yang sangat lebat yang ada di leher dan kakinya. Kuda shire merupakan kuda cantik yang berasal dari Inggris.

Meski terlihat cantik, tapi postur kuda ini bisa dibilang tinggi dan besar. Hal ini dibuktikan dengan tinggi kuda dari jenis ini bisa mencapai 173 CM.

Masyarakat Inggris masih sering memanfaatkan kuda jenis ini dalam pengangkutan barang barang mereka, seperti batang kayu besar yang di taruh di kereta yang kemudian ditarik menggunakan kuda jenis ini.

5. Kuda Thoroughbred

indonesia.alibaba.com

Jika kalian sering melihat balapan pacuan kuda, mungkin saja kuda yang kalian lihat itu adalah jenis Thoroughbred. Ya kuda ini merupakan kuda yang sering digunakan untuk adu balap.

Kuda yang berasal dari Inggris ini merupakan persilangan dari antara tiga jenis kuda yaitu kuda jantan dari Turki, kuda betina Inggris serta kuda jantan dari Arab. Hasilnya adalah spesies kuda yang dapat berlari dengan sangat cepat.

6. Kuda Mustang

pixabay.com

Seperti namanya yang diadaptasi ke jenis mobil Muscle milik perusahaan otomotif Ford, Kuda ini juga terkenal dengan ketangguhannya dan kekuatannya.

Kuda ini terkenal sangat mahal jangan kaget karena harga per ekor nya bisa sampai 1,5 milyar, yang tidak heran kuda jenis ini hanya dimiliki oleh orang orang kaya.

7. Kuda Friesian

1freewallpapers.com

Kuda ini memiliki warna hitam disekujur tubuhnya, memiliki tubuh besar, dan memiliki bulu yang lebat. Kuda yang berasak dari negeri Belanda ini terkenal dengan tangguh dan energik, namun sangat mudah dijinakan dan lembut.

8. Kuda Poni

caywoodscolour.com

Kuda Poni adalah jenis kuda yang berukuran kecil, hampir sama dengan keledai, tingginya hanya mencapai 142 cm.

Namun kuda ini memiliki pengelihatan dan pendengaran yang sangat tajam.

9. Kuda Fallabella

bangka.tribunews.com

Jika anda berpikir bahwa Kuda Poni merupakan kuda yang paling kecil, maka anda salah. Karena ada Kuda Fallabella yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari Kuda Poni.

Kuda ini memiliki tinggi hanya 80 cm.

Nama-Nama Kuda Di Indonesia

mongabai.co.id

Setelah kalian mengetahui beberapa jenis dan nama kuda yang ada di luar sana, di Indonesia juga ada nama nya sendiri yang biasanya dinamai dengan nama daerah dimana kuda tersebut berasal.

Seperti : Kuda Sandel-Hout, Kuda Sumbawa, Kuda Flores , Kuda Sabu, Kuda Timor, Kuda Lombok, Kuda Bali, Kuda Batak dan masih banyak lagi ragam dan jenisnya yang tersebar di Indonesia.

Kepulauan di Indonesia seperti di Nusa Tenggara masih banyak ditemukan masyarakat yang beternak Kuda.

Daftar Harga Kuda

JenisHarga
Kuda Betina, Umur 7 bulanRp 8.000.000
Kuda Tunggang tinggi 110 cm, Umur 8 bulanRp 8.000.000
Kuda Betina tinggi 125 cm, umur 7 tahunRp 17.000.000
Kuda Sandelwood tinggi 127 cm, umur 3 tahunRp 18.000.000 – Rp 22.000.000
Kuda Jantan tinggi 140 cmRp 26.000.000
Kuda Betina tinggi 136 cm, umur 3,5 tahunRp 28.000.000
Kuda Jinak siap tunggang mudaRp 32.000.000
Kuda betina besar siap tunggangRp 50.000.000
Kuda Jantan besar siap tunggangRp 65.000.000

Nah itulah harga terbaru Kuda, yang bisa anda dapatkan di pasaran.

Untuk mendapatkan kuda bervariasi, ada yang susah dicari dan ada juga yang mudah kita dapatkan di pasar hewan, ataupun pasar khusus menjual kuda, tergantung tingkat kelangkaan dari jenis yang kita ingingkan.

Baca Juga : Harga Gurita

Semakin jarang jenis kuda atau semakin tangkas dan besar kuda, biasanya memiliki harga lebih mahal. Sekian artikel mengenai harga kuda kali ini, Terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Kerang Hijau
SELENGKAPNYA

Harga Kerang

Kalian salah satu penggemar makanan kerang? Pastinya kalian udah tidak asing dengan banyaknya pilihan jenis kerang yang ada…
Gambar Cacing Tiger
SELENGKAPNYA

Harga Cacing Tanah

Cacing Tanah merupakan hewan yang tidak hanya menjijikan tapi banyak orang merasa takut atau geli pada hewan satu…
Gambar Teripang Kering
SELENGKAPNYA

Harga Teripang

Indonesia sebagian besar terdiri dari laut. Sehingga hasil dari laut indonesia sangat melimpah, terutama dari sektor perikanan yang…