Harga Kedelai

Jenis kacang-kacangan yang sering dikonsumsi dan diolah oleh orang Asia adalah kedelai. Kacang kedelai memang bagus untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam kedelai pun dapat menggantikan daging sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh vegetarian. Kedelai juga memiliki asam amino esensial sebagai pendukung protein lengkap.

Gambar Kedelai
hellosehat.com

Kacang kedelai dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Biasanya kedelai dijadikan bahan dasar pembuatan tempe, tahu, dan susu.

Sudah banyak industri kecil di kalangan masyarakat yang memproduksi tempe dan tahu. Proses produksi tersebut masih dilakukan secara tradisional.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat tempe yaitu kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus Oligosporus dan R. Orizhasporus untuk tahu. Biasanya masyarakat menyebutnya dengan ragi.

Gambar Kacang Kedelai
http://kolesterol.co.id

Tempe dan tahu sering dikonsumsi dan dicari oleh banyak orang, sehingga kedelai pun seperti bahan pokok. Ketersediaan kedelai dan kenaikan  maupun penurunan harganya menjadi sorotan masyarakat.

Akan tetapi yang marak diperjual belikan yaitu kedelai import karena rasa yang lebih enak dan kualitasnya bagus. Kedelai lokal dinilai kurang mampu menyaingi kualitas dari kedelai import.

Padahal harga dari kedelai import akan dipengaruhi oleh dolar, ketika dolar naik dan rupiah melemah maka harga kedelai ikut naik.

Gambar Tanaman Kedelai
news.labsatu.com

Kenaikan harga kedelai tersebut akan berpengaruh pada industri tempe dan tahu. Seperti yang terjadi bulan Februari kemarin, harga kedelai sempat melonjak di daerah Aceh.

Kenaikan tersebut membuat pelaku industri tempe dan tahu lebih memilih memperkecil ukurannya daripada menaikan harga. Untuk daerah-daerah yang sulit menemukan kedelai lokal maka itulah satu-satunya cara yang dapat dilakukan.

Kendala lain, kedelai yang dihasilkan di negeri sendiri belum memenuhi kebutuhan tiap tahunnya. Rata-rata konsumsi kedelai pertahun mencapai 2,2 juta ton dan membutuhkan 1,6 juta tons kedelai import untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Gambar Pohon Kedelai
pulutan-wonosari.desa.id

Sebenarnya kedelai dapat dengan mudah dibudidayakan, kedelai dapat tumbuh di sawah ataupun lahan kering.

Kedelai tidak membutuhkan air yang terlalu banyak sehingga lebih baik untuk ditanam setelah musim penghujan atau akhir musim penghujan.

Berbeda dengan tanaman lain, tanah untuk menanam kedelai harus disiapkan nutrisinya terlebih dahulu. Seperti pemberian pupuk yang mengandung nitrogen dan fosfat agar kedelai dapat tumbuh dengan baik.

Gambar Kedelai Hitam
s3.bukalapak.com

Biji kedelai dapat ditanam dengan memasukan biji ke dalam tanah yang telah dilubangi, dan diberi jarak antar  biji sekitar 30cm.

Kedelai dapat dengan cepat tumbuh jika terkena sinar matahari. Jenis tanaman kedelai ini merambat mengikuti arah sinar matahari.

Masa pertumbuhan kedelai tidaklah lama, kedelai hanya memerlukan waktu sekitasr 70-90 hari untuk dapat dipanen. Kedelai dapat dipanen dengan cara dicabut langsung tanamannya atau bisa dipotong saja.

Gambar Bungkil Kedelai
1.bp.blogspot.com

Setelah panen kedelai dijemur terlebih dahulu agar mudah dikupas dan diambil bijinya. Pengeringan kedelai dilakukan kurang lebih tiga hari.

Untuk memisahkan kulit dengan biji, dapat dilakukan dengan cara memukul-mukul hingga biji terpisah. Bisa juga dengan menggunakan mesin pencacah padi, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

Gambar Susu Kedelai Kemasan
static.republika.co.id

Setelah biji kedelai terpisah dapat disimpan dalam karung kemudian diletakkan pada ruangan yang kering. Untuk memelihara kedelai kering ini dapat dengan menjemurnya setiap 2-3 bulan sekali.

Jenis kedelai lokal yang banyak dihasilkan yaitu kedelai hitam sedangkan kedelai putih masih jarang ditemukan. Kedelai putih lebih banyak dibudidayak di China dan Amerika sebagai penghasil kedelai terbesar

Daftar Harga Kedelai

Jenis KedelaiHarga
Kacang Kedelai PutihRp 6.500/Kg
Kacang Kedelai HitamRp 9.000/Kg
Kacang Kedelai EdamameRp 12.000/Kg
Kacang Kedelai ImportRp 7.500/Kg
Kacang Kedelai LokalRp 6.000/Kg

Harga kedelai tersebut bisa saja berbeda dibeberapa tempat dan dapat berubah sewaktu-waktu, terlebih lagi untuk kedelai import. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *