Harga Kayu Ulin

Kayu Ulin adalah jenis kayu yang termasuk dalam jenis kayu keras, dengan kelas kuat satu dan kelas awet satu. Tidak heran kayu ini sering dijuluki kayu besi.

Kayu ini banyak temui di Kalimantan. Kayu Ulin sering dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi dan pondasi bangunan, seperti podasi bangunan jembatan di dalam air ataupun lahan basah, atap rumah, kusen dan pintu.

Meski tidak terlalu populer kayu jati, kayu Ulin memiliki banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kayu-kayu lain. Pada bagian batang pohon ulin mampu tumbuh dengan diameter 60-120cm dengan tinggi 30cm.

Kayu ulin yang dikenal dengan kayu besi memang terkenal dengan daya tahannya yang luar biasa. Dinyatakan demikian karena banyak orang yang mengklaim bahwa kayu ini tahan walaupun terkena air laut.

Karena hal itulah kayu ulin ini digunakan untuk decking ataupun lantai pinggir kolam renang ataupun untuk pagar.

Gambar Kayu Ulin
Bukalapak.com

Kayu ini tahan terhadap serangan rayap dan tahan terhadap suhu serta tahan terhadap air laut. Tidak heran kayu ulin mempunyai nilai harga yang cukup mahal.

Mulai tahun 2018 hingga saat ini, kayu ulin mulai banyak cari diminati oleh para pelaku usaha furnitur, kusen dan pintu. Dan para kontraktor bangunan banyak memilih kayu ulin sebagai bahan utama kontruksi pembangunan. Pemasok kayu pun banyak yang mulai menjual secara batangan / kubik. Tidak heran, kayu ulin menjadi kayu bernilai ekonomi tinggi saat ini.

 

Daftar Harga Kayu Ulin Terbaru

Gambar Harga Kayu Ulin
foresteract.com
Ukuran Kayu UlinHarga
Kayu Ulin Ukuran 2x10x200 cmRp 255.000/batang
Kayu Ulin Ukukuran 17x80x1200 mmRp 385.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 18x80x1200 mmRp 460.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 19x80x1200 mmRp 520.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 19x90x1200 mmRp 660.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 19x100x1200 mmRp 750.000/m2
Kayu Ulin Ukuran 20x10x1200 mmRp 750.000/m2

Kayu Ulin Bekas

Karena banyak orang yang menginginkan kayu ulin, namun terkendala karena harganya yang mahal, akhirnya banyak yang memanfaatkan kayu ulin bekas. Artinya, banyak yang menjual kayu ulin bekas di pasaran. Harga kayu ulin bekas jelas lebih murah dibandingkan kayu ulin baru. Di mana, setiap kayu ulin bekas dijual dengan harga Rp. 280.000/m3.

Kayu Ulin Per Batang

Selain membeli kayu dalam ukuran-ukuran besar, pembeli yang membutuhkan kayu dalam batangan dapat membelinya secara langsung. Pembeli dapat membeli kayu sesuai kebutuhan, contohnya ukuran 2x10x200cm yang dijual dengan harga Rp. 250.000/batang. Harga ini hanya berlaku di tempat-tempat tertentu, jadi perlu diperhatikan saat pembelian kayu.

Kayu Ulin Untuk Pagar

Inilah fungsi dari kayu ulin yang jarang diketahui orang. Di mana, kayu ulin dipergunakan untuk pagar. Karena kayu ulin memiliki kualitas yang baik dan dapat bertahan dalam waktu lama. Harga kayu ulin untuk pagar tergolong murah, yaitu Rp. 136.000. Sayangnya, harga ini hanya berlaku untuk kayu ukuran 2x10x190cm. Untuk ukuran lain, akan membutuhkan harga lebih.

Kayu Ulin Ukuran Besar

Ukuran kayu ulin terbesar yang disediakan di pasaran adalah ukuran 20x10x1200cm. Untuk harga yang disediakan untuk kayu ini adalah Rp. 750.000/m2. Harga ini cukup mahal, namun sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Jika mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan kayu, cobalah mencari kayu di daerah Sulawesi ataupun Kalimantan.

Kayu Ulin Per Meter Persegi

Harga kayu dalam meter persegi sebenarnya ditentukan oleh kemampuan dan kebutuhan pembeli. Contohnya, pembeli membutuhkan kayu dalam jumlah besar, maka harga yang harus dibayarkan tentu lebih besar. Maka, untuk mengetahui harga kayu ulin per meter persegi, penting untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan kayu untuk rumah.

 

Produk – produk dari Kayu Ulin

Gambar Produk Kayu Ulin

Berikut ini adalah beberapa produk kayu ulin yang banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga. Dan dilengkapi pula dengan harga setiap produk berikut informasinya.

Kayu Ulin Untuk Pagar

Berikutnya adalah kayu yang digunakan untuk pagar. Kayu ulin memiliki kekuatan yang cukup baik jika digunakan untuk pagar. Karena kayu ini juga digunakan di saat musim hujan. Produk kayu ulin untuk pagar biasanya tidak membutuhkan kayu yang besar.

Namun cukup kayu yang lebar dan tinggi. Ada pula harga kayu ulin untuk pagar ini yaitu Rp 136.000. Sedangkan untuk ukurannya adalah 2x10x190cm dan jenis kayunya adalah jenis kayu ulin Kalimantan.

Kayu Ulin Bekas

Kayu ulin yang terkenal memiliki kualitas cukup baik memang memiliki umur yang cukup tua. Jadi walaupun kayu ulin ini adalah bekas kayu ini dapat digunakan untuk berbagai hal. Harga dari kayu ulin bekas ini yaitu Rp 280.000/m3 nya. Jika Anda ingin mendapatkan kayu ini cobalah hubungi distributor kayu secara langsung. Atau dapat pula dibeli melalui toko online.

Baca Juga: Harga Kayu Usuk

Demikian penjelasan informasi seputar kayu ulin, baik dalam segi hasil karya produk dari kayu ulin dan harga kayu ulin di pasaran Indonesia berdasarkan pada ukuran dan kualitasnya.

Bila mana informasi di atas ini dapat membantu Anda untuk mempersiapkan dana untuk pembelian kayu. Sehingga dapat menjadi referensi dalam proses mencari harga termurah dan terbaik untuk kayu ulin, serta tanpa mengesampingkan kualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Harga Kayu papan Triplek
SELENGKAPNYA

Harga Kayu Papan

Kayu adalah bagian terpenting dalam pembangunan terutama sebagai bahan untuk membangun hunian rumah atau tempat tinggal. Dalam industri…
Gambar Kayu Balok
SELENGKAPNYA

Harga Kayu Balok

Penggunaan jenis kayu untuk berbagai industri nampaknya sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Kayu menjadi instrumen atau bahan baku…
Gambar Rumah Usuk
SELENGKAPNYA

Harga Kayu Usuk

Kayu usuk merupakan tipe kayu yang biasa di pakai untuk membuat plafon ataupun kusen pada pintu ataupun jendela.…