Harga Kacamata Anti Radiasi

Tiada hari tanpa adanya gadget, merupakan sebuah kalimat yang sekiranya bisa untuk menggambarkan keadaan di zaman sekarang ini.

Sekarang kebutuhan akan gadget seolah olah sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi umat manusia, karena hampir di segala aktivitas bisa kita lakukan hanya dengan beberapa tap di gadget kita.

Tidak hanya keperluan yang memang benar benar perlu menggunakan gadget, terkadang pada saat jam kita beristirahat pun masih saja berkecimpung dengan yang namanya gadget.

Entah itu hanya menonton tayangan video, bermain chat di sosial media, sampai sampai bermain game di gadget kita.

Dari sini kita harus perlu memerhatikan sebuah alat indra yang kita gunakan untuk melihat gadget tersebut, apalagi kalau bukan mata.

Ya mata adalah sebuah alat indera pada tubuh manusia yang digunakan untuk melihat, terbayang bukan betapa pentingnya mata bagi kehidupan manusia?, tanpa adanya mata kita tidak bisa melihat, dan dunia berasa gelap gulita.

Tanpa adanya mata kita juga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa, sebenarnya bisa , tapi tanpa adanya bantuan dari mata, tentu segala aktivitas tersebut akan berasa sangat menyusahkan.

Kesehatan mata akan terancam pada saat kita menggunakan gadget gadget seperti yang sudah kita jelaskan diatas, tidak hanya dirumah, di kantor ataupun di sekolah kita juga dituntut untuk melihat ke layar monitor.

Entah layar LCD untuk melihat power point , atau layar laptop untuk membuat suatu tugas. Meski sejatinya layar layar tersebut sekarang sudah banyak yang di klaim aman untuk mata, tapi pernyataan tersebut belum sepenuhnya terbukti atau masih diragukan.

Nah dari situlah kita perlu melakukan pencegahan, akan hal yang tidak kita inginkan tersebut. Dengan menggunakan alat yang bernama Kacamata Anti Radiasi. Tetapi sebelum kita membahas akan kacamata anti radiasi.

Ada baiknya kita membaca alasan mengapa gadget bisa merusak mata anda, penting untuk anda ketahui.

Alasan Mengapa Sinar Radiasi Gadget Sangat Berbahaya

1. Bahaya Pancaran Radiasi

idntimes.com

Sebuah sumber menyatakan bahwa layar laptop atau komputer atau gadget yang lain, tidak begitu menimbulkan radiasi berbahaya bagi mata, Yang keliru adalah cara penggunaannya dalam mengatur cahaya layar tersebut.

Namun bagaimana dengan layar handphone atau televisi ?

Penelitian pernah dilakukan di negeri Israel, yang melakukan uji coba efek panas dan radiasi sebuah handphone kepada mata sapi (mata sapi dianggap mirip dengan mata manusia).

Dari penelitian tersebut mereka mendapati bahwa ketika uji coba itu dilakukan secara berkelanjutan atau cukup lama waktunya, muncullah semacam gelembung kecil di lensa mata. Diduga ini seperti awal gejala katarak

Penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti dari India, radiasi handphone bukan hanya bikin panas bola mata, tapi juga kemampuan mata secara menyeluruh.

Salah satu kemampuan yang bisa rusak adalah mata tidak bisa ‘menyalurkan’ panas radiasi itu ke seluruh tubuh, sehingga berkutat di mata saja. Bisa anda bayangkan, betapa beratnya kerja mata kamu kalau begini?

Saran dari kami, untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata, dan kurangilah penggunakan gadget yang berlebihan. anda tentu bisa mengatur jadwal pemakaian gadget. Pada saat menjelang tidur, lebih baik dimatikan.

2. Membuat Mata Anda Tegang Dan Kering

lifestyle.okezone.com

Gadget bisa membuat anda terkena DES, Mata kering dan tegang merupakan dua di antara gejala DES lainnya.

Cara sederhana mengatasi gejala DES ini adalah mengurangi penggunaan gadget. Atau terapkan aturan 20-20-20.

Maksudnya adalah luangkan waktu setiap 20 menit sekali untuk melihat ke kejauhan atau area selain layar gadget sepanjang 20 meter ke depan (atau sejauh mata memandang dan nggak memforsir mata untuk fokus) selama 20 detik.

Cara ini dapat membantumu melemaskan otot-otot fokus dalam dan luar mata.

3. Jarak Layar Ke Mata Yang Terlalu Dekat

dream.co.id

Sudah menjadi suatu kebiasaan buruk hampir semua orang melakukan ini, yaitu terlalu dekat memposisikan mata dengan layar gadget.

Kenapa cara tersebut dilarang, karena dengan cara demikian, mata anda semakin melotot, belum lagi terpapar sinar layar yang penuh radiasi dan tingkat kecerahannya yang gila-gilaan. Ini menjadi tugas berat bagi mata anda.

Mulailah dari sekarang untuk selalu mengingat jarak antara mata dengan layar gadgetmu. Misalnya menatap layar komputer atau laptop, duduklah sejajar dengan komputer atau laptopmu dan jaga jarak pandangan antara 20-40 sentimeter atau sejauh lengan tangan kamu.

Dan kalau untuk handphone, atur secukupnya asal jelas di mata dan tidak menyebabkan mata bekerja keras melihat teks layar handphone-mu.

4. Membuat Mata Susah Diistirahatkan (Insomnia)

labana.id

Insomnia muncul karena suatu kebiasaan, salah satunya mantengin gadget sebelum tidur.

Sebuah studi di Eropa menunjukkan bahwa radiasi handphone berefek kepada masalah perilaku dan psikologis.

Bisa anda perhatikan setiap kali mantengin layar gadget, semisal smartphone setiap kali menjelang tidur, lama-lama matamu berair terus kamu merasa gelisah sendiri.

Dan hal tersebut akan berdampak anda tidak bisa tidur (Insomnia). Inilah efek kamu terlalu freak sama gadget sebelum tidur sehingga insomnia.

Mulailah dari sekarang untuk mematikan semua gadgetmu sebelum tidur, jangan lupa untuk menjauhkan juga dari tempat tidurmu.

Bila perlu dari ujung ke ujung kamar,kasih jarak antara ranjang anda dengan meja tempat menaruh gadget.

5. Tanpa Henti Mantengin Layar

Hal tersebut jangan dilakukan terus menerus, Saking lengketnya anda dengan gadget anda, bisa menjadikan mata anda lelah.

Matamu akan berpotensi mengalami DES. Berkediplah beberapa kali saat menggunakan gadget. Jangan melotot terus. Kemudian terapkan aturan 20-20-20 tadi, ya.

6. Tidak Mengatur Tingkat Brightness

Kecerahan terlalu redup memang nggak bagus buat mata karena bikin mata bekerja ekstra. Tapi terlalu besar tingkat kecerahannya juga bikin mata seakan terasa kaget. Bahkan kerja kerasnya sama kayak melihat layar gadget redup. Aturlah senyaman mata anda ya.

7. Memakai Gadget Sambil Berbaring

honestdocs.id

Pastinya kebanyak pengguna gadget apalagi smartphone, pasti sering melakukan hal seperti itu, karena posisi itu adalah posisi ternyaman menikmati smartphone.

Tapi ternyata, selain bikin badan pegal-pegal, posisi tiduran saat menggunakan gadget, terkhusus dalam hal ini seringnya handphone atau tablet, bikin mata kamu bermasalah.

Bukan karena posisinya yang serta merta bikin mata bermasalah, tapi dengan tiduran, kamu pasti nyaman mendekatkan layar gadgetmu ke mata.

Lagi-lagi, masalah jarak layar dan mata yang berdekatan inilah yang bikin matamu berpotensi kena DES. Lebih baik sekarang usahakan banget menggunakan gadget dalam kondisi duduk. Selain menjaga postur tubuh tetap bagus, juga menjaga kesehatan mata.

8. Memainkan Gadget Ditempat Redup Atau Gelap

teen.co.id

Pencahayaan ruangan yang kurang selama menggunakan gadget juga bikin mata kamu cepat capai. Kenapa? Pada akhirnya kamu memaksimalkan tingkat kecerahan layar gadgetmu dan mendekatkan gadget ke matamu.

Mata akan bekerja lebih ekstra lagi dalam menangkap cahaya. Dan bisa membuat kamu terkena DES.

9. Tidak Menggunakan Pelindung Layar Anti Radiasi

anekatop10.com

Kemajuan zaman, selain bisa memperburuk kesehatan, juga diimbangi dengan alat alat yang tentu bisa menangkalnya.

Salah satunya adalah pelindung layar Anti Radiasi untuk mengurangi radiasi sinar dari gadget anda.

Saat gadget tidak menggunakan pelindung layar antiradiasi, maka paparan radiasi layar akan langsung mengenai matamu. Hal ini memperbesar potensi mata cepat tegang dan lelah, belum lagi risiko lainnya ketika penggunaan gadget terus menerus atau berlebihan.

10. Tulisan Di Gadget Terlalu Kecil.

Mata punya tugas berat kalau setting font atau tulisan di gadget anda terlalu kecil. Seperti yang disinggung sebelumnya, tulisan kecil bikin mata melotot, tegang, dan akhirnya lelah.

Atur font gadget kamu agak lebih besar, yang bikin anda nyaman dan nggak perlu mata melotot apalagi bikin kepala dan leher maju atau membungkuk.

Kaca Mata Anti Radiasi

Shopee.co.id

Setelah anda mengetahui beberapa alasan gadget sangat berbahaya dan bisa merusak mata anda, tetapi hal tersebut tidak bisa dihindari karena suatu tuntukan pekerjaan atau kita tidak bisa memisahkan diri dengan gadget karena aktivitas yang menuntut kita.

Kita masih bisa menangkal radiasi tersebut dengan sebuah alat yang bernama kacamata anti radiasi.

Kacamata anti radiasi adalah sebuah kacamata dengan lensa yang berbeda dari jenis lainnya, yang berfungsi untuk melindungi mata anda dari bahaya sinar radiasi.

Lensa anti radiasi ini memiliki  sebuah lapisan khusus yang dirancang untuk menahan adanya sinar radiasi yang masuk ke mata, seperti dari radiasi sinar matahari/UV, layar komputer, gadget, dll.

banggood.com

Selain itu Lensa anti radiasi merupakan lensa yang bahan penyusunnya terdiri dari senyawa logam pelapis yang dapat menahan serangan sinar radiasi dari kedua sisi lensa.

Lapisan lensa anti radiasi ini memiliki kemampuan untuk melindungi mata dengan lensa yang memiliki frekuensi 60% hingga 100% (tergantung dari bahan logam pelapisnya) yang sanggup menahan atau pun menangkis sebuah gelombang elektromagnetik.

Selain adanya lapisan logam tersebut, ada juga lapisan lain seperti lapisan anti silau, lapisan keras dengan tahan air. Juga terdapat beberapa lapisan lain yang fungsinya membantu mencegah listrik statis dan tahan air, anti-fouling pada saat yang bersamaan.

Fungsi Kacamata Anti Radiasi

submitclimb.com

Kacamata anti radiasi dapat mencegah beberapa penyakit mata, mulai dari yang biasa sampai ke penyakit berbahaya yang bersifat fatal.

1. Mata Lelah

honestdoc.id

Mata lelah disebabkan karena terlalu sering di depan komputer sehingga menyebabkan terganggunya produksi hormon melatonin di dalam tubuh.

Hormon melatonin adalah hormon yang berperan besar dalam regulasi fungsi biologis manusia.

Hormon melatonin dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak, hormon ini disebu juga hormon pengendali mood yang berkaitan erat dengan pembentukan kebahagiaan, semangat dan kesenangan.

Hormon melatonin ini juga bisa membuat status beberapa penyakit menjadi non-aktif. Oleh karenanya sangat penting bagi hormon ini untuk tetap terus diproduksi.

2. Melambatnya Reaksi Pupil (Asthenopia)

Asthenopia. Ini adalah suatu penyakit melambatnya reaksi pupil mata terhadap cahaya karena mata terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan. Bisa juga disebabkan karena terlalu lama menggunakan pengelihatan jarak dekat.

Dalam dosis yang kecil, akibat dari asthenophia adalah mata menjadi merah, silau, mata berair, gatal di kelopak mata dan berasa seperti terbakar/panas. Lebih parah lagi, ini bisa menyebabkan vertigo dan diplopi (pengelihatan ganda).

3. Corneal Flash Burn

onlinehealttips.info

Corneal Flash Burn. Ini adalah cidera mata yang disebabkan karena sinar UV yang jatuh pada kornea mata. Kornea ini mempunyai sifat yang sangat sensitif. Sinar UV dengan intensitas tinggi akan membakar permukaan kornea dan membuatnya menjadi iritasi.

Gejala cidera ini dimulai dengan perih pada mata disertai dengan tingkat sensitif yang tinggi terhadap cahaya. Dalam kondisi yang parah, padangan bisa menjadi buram selain itu pandangan menjadi serba putih dan berbayang.

4. Penyakit Lain

ekrut.com

Selain beberapa penyakit diatas, gejala lain yang bisa diatasi oleh kacamata anti radiasi adalah sebagai berikut :

  • Hilang fokus
  • Kelelahan mata
  • Sensasi terbakar pada mata
  • Mata merah
  • Penglihatan ganda
  • Mata berkedut
  • Penglihatan kabur
  • Nyeri leher dan bahu
  • Sakit Kepala

Cara Kerja Kacamata Anti Radiasi

Gelombang Elektromagnetik yang secara terus menerus anda terima saat anda beraktivitas dengan smartphone anda, dapat membahayakan mata bahkan juga membahayakan tubuh anda pada batas tertentu.

Nah disitu lah peran kacamata anti radiasi yaitu dengan lapisan tambahan (lensa), yang dapat mencegah setiap bahaya yang ditimbulkan oleh gelombang elektromagnetik bagi mata anda sendiri.

Daftar Harga Kaca Mata Anti Radiasi Terbaru

bukalapak.com

Untuk harganya sangat bervariasi tergantu dari bahan pembuatannya, berikut rincian daftar harganya.

Kacamata Anti RadiasiHarga
Frame Kacamata Pria Photocromic Anti Radiasi Komputer Sporty Plus MinusRp 150.000
Frame Kacamata Pria Anti Radiasi Komputer Sporty Plus Minus Korea PUMA 833Rp 98.000
Frame Kacamata Pria Photocromic Anti Radiasi Komputer Sporty Plus MinusRp 165.000
Kacamata Anti Radiasi Komputer (Laptop Lcd Monitor Tv) Kaca Mata Lelah Dan CapekRp 80.000
kacamata anti radiasi komputer tv smartphoneRp 75.000
Kacamata Anti Radiasi (Komputer,Tv,Hp,Uv,Lcd Monitor) 2Rp 150.000
Kacamata Korea Branded Frame + Lensa Minus Anti Radiasi Komputer Uv, Hp Kacamata Baca, Vintage, Retro, Kotak, BulatRp 140.000
Kacamata anti radiasi komputer HP TV black Lensa antiradiasi LaptopRp 251.800
Kacamata Anti Radiasi Komputer Hp PremiumRp 415.000
Eyeglasses Titanium alloy Kacamata Pria Anti Radiasi Komputer HPRp 125.000
Kacamata Anti Radiasi 70369 Blue Light Retro Laya Komputer Smartphone TV HitamRp 47.200
Kacamata Minus Korea Dan Anti Radiasi KomputerRp 115.000

Jika anda tertarik untuk menjaga mata anda dengan suatu alat yang tidak seberapa harganya namun sangat bermanfaat bagi anda, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda.

Anda bisa membelinya melalui toko online, atau toko optik yang khusus menjual kacamata di daerah sekitar anda.

Baca Juga : Harga Kacamata Renang

Saya kira cukup pembahasan mengenai harga kacamata anti radiasi, tetap jaga kesehatan mata anda, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, dan harga pengobatan organ terutama mata, sangatlah mahal.

Tidak ada artinya jika dibandingkan dengan harga kacamata anti radiasi. Sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *