Harga Jaket Kulit

Hai para fashionista, bagi anda yang merasa terpanggil dengan sebutan tersebut, artikel kali ini sangat cocok loh, apalagi kalau anda pria modis, yang selalu tidak bisa dipisahkan dengan fashion mulai dari zaman sekarang sampai fashion zaman dahulu.

Sejak zaman dahulu kala, pakaian sudah banyak digunakan oleh manusia, perkembangannya pun sangat pesat dan hingga kini fashion memiliki ribuan jenis dan ragamnya.

Bahkan ada acara acara besar yang khusus menampilkan berbagai macam fashion dari designer desgner pakaian terkenal dari seluruh penjuru dunia, dan acara tersebut sudah dilaksanakan tiap periode selama bertahun tahun.

Dan hasilnya pun fantastis, antusias dari para pencinta fashion pun sangat banyak, hingga mereka rela pergi lintas negara demi menyaksikan pergelatan akbar dibidang fashion.

Nah kali ini kita akan membahas salah satu jenis fashion yang lebih banyak digandrungi oleh kaum pria, tetapi tidak menutup kemungkinan kaum wanita memakai fashion ini.

Apalagi kalau bukan Jaket Kulit, selain difungsikan sesuai dengan namanya yaitu jaket dimana fungsinya untuk menghangatkan badan, Jaket kulit biasa juga digunakan untuk bergaya, jadi kesimpulannya jaket kulit bisa dipakai dihampir segala kondisi.

Apa Itu Jaket Kulit ?

flightjacket.com

Bagi yang belum tahu apa itu jaket kulit, Jaket kulit adalah pakaian luar terbuat dari kulit binatang bagi pria atau wanita yang digunakan sebagai pelindung atau baju rangkap untuk melindungi dari cuaca dingin dan angin.

Pada awalnya jaket kulit digunakan pada tahun 1900 an oleh penerbang dan anggota militer dan jaket tersebut berwarna coklat. Selama perang dunia kedua, mereka menjadi dikenal sebagai “jaket bomber” dan sangat melindungi dan berharga untuk kehangatan mereka.

Jaket itu sering menjadi bagian dari sebuah ensemble seragam keseluruhan dimaksudkan untuk melindungi pilot bomber dari paparan kondisi iklim yang ekstrem ditemukan pada ketinggian, dan kadang-kadang dimasukkan kulit domba, dengan menggunakan bulu utuh di bagian dalam untuk kehangatan.

Bahan Bahan Jaket Kulit

grosirjaketkualitasasli.wordpress.com

Di indonesia biasa menggunakan 3 jenis bahan bahan jaket kulit, Yakni kulit sapi, kulit domba, kulit sapi, dan kulit kambing. Dari ketiga jenis tersebut yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah kulit domba.

Namun di negara negara lain, banyak jenis kulit yang digunakan untuk membuat jaket kulit, tergantung dari hewan apa yang banyak ditemukan dan bisa digunakan sebagai bahan pembuatan jaket kulit di negara tersebut.

Cotoh dari binatang tersebut adalah kerbau, babi, Yak, Unta dan ,masih banyak lainnya. Harganya pun bervariasi.

1. Bahan Kulit Domba

kampoengkulit.com

Jaket kulit yang terbuat dari domba, selain banyak ditemukan di indonesia dan domba sendiri mudah untuk dikembangbiakan di Indonesia, Kulit dengan bahan domba juga lebih halus tahan lama dan juga lebih enak digunakan serta cocok bagi orang Indonesia.

Selain itu kulit domba memiliki permukaan yang lebih rata dengan pori-pori kulit yang sangat kecil. Sehingga penggunaan jaket kulit dengan berbahan dasar kulit domba, lebih sering digunakan untuk Fashion dan juga kebutuhan gaya.

Perlu anda ketahui bahwa dari jenis kulit domba ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis kulit domba inilah yang berpengaruh pada harga jaket kulit domba. Jenis-jenis kulit domba tersebut yaitu:

A. Kulit Domba Jenis Pull Up

Dengan cirikhas yang paling mengkilap, maka kulit domba jenis Pull Up ini di hargai mahal dari pada jenis jenis kulit domba lainnya. Kesan mengkilap tersebut sangat modis dan bisa menambah unsur keren jika terkena cahaya.

B. Kulit Domba Jenis Wash

Kulit domba jenis ini merupakan jenis kulit yang mendapatkan perlakukan khusus dari proses penyamakan. Jenis wash adalah jenis kulit hasil sortiran dari bahan nappa dan spinil.

Hal tersebut dilakukan agar kulit yang pada awalnya kasar akan lebih halus karena harus melalui proses yang spesial. Sampai akhirnya menjadi jenis kulit dengan motif yang unik. Pada umumnya harga dari jaket kulit ini dibanderol dengan harga yang murah.

Tapi ada juga jaket kulit jenis ini yang dihargai mahal karena keunikan motifnya sehingga harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

C. Kulit Domba Jenis Spinil

Kulit domba jenis Spinil merupakan kulit domba yang sangat mudah di kenali oleh orang awam, Yakni kulit domba jenis spinil memiliki ciri khas mempunyai sedikit bintik-bintik hitam.

Serta warna yang kurang merata, selain itu kulit domba jenis ini juga lebih mengkilap dibandingkan dengan kulit domba jenis Nappa.

Kulit domba jenis Spinil memiliki karakteristik yang lebih lentur dari pada jenis nappa. Namun dari segi keawetan warnanya, jenis nappa lebih kuat atau tahan lama.

Harga jaket kulit dari bahan jenis spinil lebih mahal dari pada jaket kulit dari bahan nappa. Hal ini disebabkan karena proses penyamakannya menggunakan obat kimia yang lebih mahal.

Pada tahun 2018 jaket kulit yang terbuat dari bahan jenis spinil dibandrol Rp. 975.000 ke atas. Tentunya harga dipengaruhi oleh ukuran dan tingkat kerumitan modelnya.

D. Kulit Domba Jenis Nappa

Kulit domba jenis Nappa merupakan jenis kulit full grain yang mempunya karakteristik warna yang rata dan awet tentunya. Teksturnya lentur dan lembut. Pada tahun 2018 jaket kulit dari jenis kulit ini dijual dengan harga sekitar Rp. 850.000.

Namun, yang namanya harga tentu bisa saja berbeda-beda dan berubah-ubah. Itu adalah patokan harga dari supplier untuk ukuran S dan M.

Nah, itulah keempat jenis kulit domba yang dikategorikan berdasarkan karakteristiknya. Dari keempat jenis kulit tersebut memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Ada yang memiliki ketebalan tipis yaitu 0,5 mm. Standar ketebalan kulit domba yaitu 0,6 mm. Dan untuk ketebalan 0,7 – 0,8 mm sudah dikategorikan kulit domba yang tebal.

2. Bahan Kulit Kambing

bukalapak.com

Dari semua jenis kulit yang digunakan untuk membuat jaket kulit, Jenis kulit kambing boleh dikatakan kurang bagus jika digunakan sebagai bahan dasar utama membuat jaket kulit.

Pasalnya jenis kulit kambing memiliki karakteristik yang kaku, beraroma khas, dan pori-pori yang jelas pada permukaannya.

Jenis kulit kambing kebanyakan digunakan sebagai bahan campuran pembuatan jaket sport.

3. Bahan Kulit Sapi

bukalapak.com

Jenis Nappa atau krom tanpa motidf merupaman jenis kulit sapi yang sering digunakan sebagai bahan dasar jaket kulit.

Karena mempunyai karakter tekstur yang kurang lembut dan lentur dari pada kulit domba. Namun jika diremas-remas jenis kulit sapi kurang fleksibel. Artinya ketika diremas-remas akan meninggalkan bekas remasan sehingga permukaan kulit menjadi kusut.

Jenis kulit sapi ini lebih cenderung untuk bahan utama jaket rompi touring. Karena ketebalannya yang di atas kulit domba.

4. Kulit Sintetis Atau Kulit Tiruan

Dan jenis kulit yang terakhir adalah jenis kulit sintetis atau tiruan, Ya jenis kulit ini merupakan jenis kulit palsu atau dibuat dan bukan berasal dari hewan atau bisa dibilang imitasi.

Kulit sintetis ditemukan sejak sekitar tahun 1850, dikembangkan dengan komposisi karet atau pyroxylin zat sintetis. Sejak perang dunia kedua, bahan polimer vinil telah ditemukan dan menjadi sangat umum.

Kulit sintetis memiliki beberapa jenis. Beberapa terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) dan komposisi bahan kain yang terdiri dari Polyester atau kapas untuk lapisan agar seperti kulit asli.

Jenis Atau Model Jaket Kulit

Sekarang ini sudah banyak jenis dan variasi dari jaket kulit karena memang sejak zaman jaket kulit pertama ada, sudah banyak yang menyukai dan memakai jaket kulit, tidak heran jaket kulit selalu menarik untuk di variasikan mengikuti tren masa kini.

Berikut jenis jenis atau model dari jaket kulit yang bisa menjadi acuan dalam memilih jaket yang sesuai dengan favorit anda.

1. Jaket Kulit Bomber Atau Jaket Kulit Untuk Penerbangan

bomberleather.com

Jaket kulit ini dulunya dipakai oleh kru pesawat bomber. Jaket kulit bomber ini umumnya dibuat serapat mungkin menutupi tubuh alasannya karena jaket ini akan dipakai di udara yang bertekanan rendah.

Dan pada bagian kerah biasanya diberikan material wol yang dibungkus dengan bahan lentur, serta pada bagian pergelangan tangan dan pinggangnya agar menjaga pemakai tetap hangat.

Jaket model ini sudah diterapkan pada jaket kulit dari sejak jaman perang dunia ke II. Dimana pada saat itu kru pesawat USA memakai jaket kulit model ini.

Model jaket kulit bomber ini dibuat sesuai standarnya karena jaket ini dipakai di udara bertekanan rendah.

2. Jaket Kulit Double Rider Motorcycle

webike.id

Jaket yang mirip dengan model jaket Harakiri dari jepang, Jaket kulit double rider motorcycle ini mulai populer pada saat Marlon Brando mengenakan jaket kulit dengan desain atraktif saat ia mengendarai motor Harley Davidson di film The Wild Ones.

Hal inilah yang menjadikan jaket kulit ini lebih dikenal sebagai icon jaket untuk dipakai saat berkendaraan menggunakan motor dengan ciri khas jaketnya yang di desain atraktif ditambah lagi aktor tersebut menunggangi Harley Davidson.

3. Jaket Kulit Cattleman Atau Jaket Kulit Peternak

manuvr.co

Buat para perternak di pinggiran kota di amerika, pasti sudah tidak asing lagi dengan jaket kulit jenis ini. Model ini terinspirasi dari pakaian peternak yang memiliki ukuran agak besar.

Supaya memudahkan tubuh untuk bergerak. Karena desainnya yang simple tapi menimbulkan kesan klasik dan rasa nyaman saat memakainya.

Jaket ini sangat diminati bagi para peternak, tetapi jaket ini juga bisa loh di gunakan dikeseharian, karena jaket ini tetap bisa memberikan kesan modis.

4. Jaket Kulit Motor Pembalap

jaketkulitsukaregang.wordpress.com

Setelah tadi ada jaket motor retro atau motor motor zaman dahulu yang bisa dibilang klasik, Berikut adalah jaket Motor Racer atau jaket yang umumnya dipakai oleh pengendara motor balap.

Model jaket kulit ini memiliki tampilan yang simple, namun jaket kulit motor pembalap ini memiliki fitur keamanan pada kedua sikutnya untuk mengurangi cidera ketika si pengendara tersebut jatuh.

Untuk jaket kulit model ini umumnya hanya memiliki dua warna yaitu hitam dan coklat. Pada bagian kerahnya didesain sesuai dengan penggunaan helm.

Jaket kulit model Motor Racer ini sangat cocok bila dipakai dengan kaos berwarna putih ataupun hitam serta celana jeans untuk bawahannya.

5. Jaket Kulit Fatigue Atau Jaket Pemalas

kampoengkulit.com

Jaket yang didesain buat anda yang suka malas malasan tetapi ingin tetap terlihat modis, dengan tampilan jaket yang bisa membuat kita malas untuk membuka kancingnya ini lah yang membuat jaket ini disebut dengan jaket pemalas.

Pada jaket tersebut terdapat delapan buah kancing yang memiliki ukuran yang cukup besar. Sebenarnya kancing yang berfungsi sebagai pengunci hanya ada empat buah saja. Sedangkan yang empat nya lagi merupakan variasi dari model jaket tersebut.

Jaket yang dibuat dari kulit yang lemas dengan ukuran yang cukup besar ini memiliki dua pengunci. Selain kancing di baliknya terdapat juga resleting sebagai pengunci utama.

Kelebihan jaket kulit model Pemalas adalah bagian depan jaket memiliki dua lapisan kulit sehingga dapat mencegah masuknya angin yang berlebihan. Untuk membuat tampilan anda lebih bergaya anda bisa mencobanya dengan menggunakan celana jeans berukuran pas.

6. Jaket Artis Indonesia

youtube.com

Biasanya jaket jaket para ikonik dunia maya di Indonesia bisa dengan mudah tenar di kalangan masyarakat, salah satunya adalah jaket kulit dari Al – Ghazali dan juga dari Ariel Noah ini.

Ketika Ariel memakai jaket kulitnya banyak produsen kulit yang meniru modelnya dan ternyata model tersebut laris di pasaran. Rata-rata pembeli jaket model tersebut adalah kaum muda.

Jaket dengan kulit tersebut memiliki desain yang simple dengan ciri khas garis warna merah yang membentang dari bahu sampai pinggang. Jaket model tersebut terlihat pantas walau hanya dipakai dengan kaos polos dan bawahan celana jeans.

Selain jaket kulit dari Ariel Noah, jaket yang dipakai oleh artis pesinetron Al Ghazali juga menjadi sorotan para produsen jaket kulit. Jaket ini merupakan model jaket kulit pria terbaru yang cukup laris dipasaran dan digandrungi oleh banyak pemuda di Indonesia.

Jaket Al Ghazali ini memiliki warna yang cukup unik yakni berwarna ungu namun lebih gelap.

7. Jaket Kulit LAP / Duster Atau Jaket Kulit Jubah

Eits jangan salah, jaket kulit juga ada loh yang model duster atau jubah, model jaket kulit pria yang satu ini memiliki desain yang panjang bahkan panjangnya sampai bisa sampai ke kaki. Jaket dengan model ini biasanya dipakai oleh para penunggang kuda semacam koboi.

Diera sekarang jaket model ini tidak hanya dipakai oleh penunggang kuda koboi saja. Tetapi para penunggang kuda besi atau motor pun banyak yang menggunakannya. Jaket model ini seringkali dibutuhkan saat penggarapan film-film bertemakan gangster.

8. Jaket Kulit Slim-Fit

Buat yang suka jaket dengan desain ramping dan ketat nih, anda bisa memilih model jaket kulit ini, jaket model ini memiliki ukuran lebar yang agak kecil sesuai dengan namanya yaitu Slim-Fit.

Jaket ini sangat cocok digunakan oleh pria yang memiliki badan ramping atau atletis.

Model jaket baru yang satu ini umumnya hanya memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan kopi susu. Anda akan terlihat gagah jika memakai kemeja dengan jaket ini karena jaket ini memiliki model kerah setengah leher.

Tips Memilih Jaket Kulit Asli

vordavo.com

Agar tidak tertipu antara bahan kulit asli dengan bahan imitasi, anda bisa menyimak garapan artikel berikut ini, karena rugi dong kalau anda sudah mengeluarkan uang sedemikian banyak, tetapi jaket yang anda dapatkan hanyalah jaket kulit imitasi.

1. Cium Aroma Jaket

Untuk ukuran jaket yang baru dibuat pasti aroma dari kulit sendiri susah untuk dihilangkan dengan waktu yang sebentar. karena itu setiap jaket kulit yang baru akan tercium aroma khas yang berasal dari bahan kulitnya.

Aroma ini bukanlah bau kulit hewan seperti yang dikira kebanyakan orang melainkan baunya berasal dari bahan penyamak yang dipakai, jika disamak menggunakan krom, maka kan berbau krom.

Begitupun untuk samak nabati, jaket kulit akan berbau bahan nabati, tergantung bahan nabati apa yang digunakan.

Namun jika jaket tersebut berbahan kulit imitasi atau sintetis, akan beraroma obat kimia polimer, atau mirip dengan bau karet.

Tetapi banyak juga yang tidak suka akan bau dari jaket kulit asli, nah berikut tips untuk menghilangkan bau jaket kulit asli.

Untuk menghilangkan bau pada jaket kulit bisa menggunakan kertas koran atau kertas pembungkus yang bersih untuk membungkus jaket kulit yang baru dibeli, kemudian simpan beberapa lama sampai baunya hilang.

Perlu kamu ketahui bahwa kertas dapat menyerap bau dengan baik.

2. Garansi

Jika anda membeli jaket dengan label kulit asli, biasanya penjual memberikan garansi berupa uang kembali, perbaikan jaket, serta penggantian kulit.

Dan jika pembeli tidak memberikan garansi maka, perlu diwaspadai bahwa jaket tersebut merupakan imitasi belaka.

3. Aksesoris Pada Jaket

Jaket kulit asli standarnya memakai benang nilon (cirinya mengkilap), bukan benang katun untuk jahitan.

Sedangkan resleting memakai YKK original dan untuk lining atau furing jaket kulit asli juga menggunakan Dormeuil England yang lembut dan halus.

4. Awet

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jaket kulit dengan bahan kulit asli, sudah terjamin akan keawetannya, bahkan hingga bertahun tahun.

Sedangkan untuk jaket kulit imitasi tidak bisa bertahan lama seperti jaket kulit asli, bahan sintetis akan mudah sobek serta akan mudah rusak ketika dicuci.

5. Ketebalan

Untuk ciri jaket kulit berikutnya bisa dilihat dari ketebalan bahan kulitnya yang berkisar antara 0.6mm-0.7mm untuk jaket kulit biasa, dan 1mm untuk jaket kulit motor dan pembuatan jas/blazer kulit.

Hal tersebut disebabkan adanya proses penempaan, untuk memperoleh ketebalan kulit yang sama dan lebih halus. Sedangkan bahan kulit sintetis biasanya tidak memiliki ketebalan dikisaran ini.

6. Elastisitas

Ini adalah cara paling sederhana untuk mengetahui cara membedakan antara jaket kulit asli dengan imitasi.

Anda bisa melakukan pengujian sederhana dengan cara menarik jaket kulit untuk mengetahui keasliannya.

Bentangkan bahan kulit kemudian tarik ke atas dan kebawah, kemudian lakukan hal yang sama dengan arah berlawanan. Tarik kulit ke kanan dan kekiri. Bandingkan perbedaan elastisitasnya.

Jaket kulit yang asli akan memiliki kelenturan atau elastisitas berbeda saat ditarik keatas-kebawah dan kekanan-kekiri. Panjang/mulurnyapun akan berbeda.

7. Uji Pembakaran

Untuk cara termudah berikutnya adalah dengan membakar sedikit sample bahan jaket kulit yang akan anda beli dengan korek api.

Bakar sampai hangus contoh bahan tersebut, ciri jaket kulit imitasi/oscar/sintetis akan menghasilkan gumpalan-gumpalan seperti plastik yang dibakar. Sedangkan bahan kulit asli akan menghasilkan debu disisa pembakarannya.

8. Tekstur Pola

Perbedaan jaket kulit dan kw bisa dicek dari pola teksturnya. Pada jaket kulit asli polanya tidak teratur, teksturnya akan terlihat tidak homogen secara alami.

Selain itu jika anda melihatnya dengan teliti akan terlihat pori-pori hewan pada jaket kulit asli. Gunakan kaca pembesar atau alat bantu untuk hasil gambar lebih jelas.

Berbeda dengan jaket semi kulit atau syntetic yang permukaannya memiliki tekstur yang cenderung sama dan konsisten. Karena memang terbuat dari pabrik dan memiliki cetakan yang sama.

9. Harga

Ada harga, ada barang, mungkin suatu istilah yang biasa kita dengar, ya benar saja harga jaket dengan kulit asli harganya bisa berkali kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan jaket kulit imitasi.

Kenapa bisa mahal karena untuk mendapatkan kulit hewan yang utuh tidaklah mudah dan harus melalui proses yang sangat panjang, selain itu mutu dan kualitas dari jaket dengan kulit asli pun lebih jelas terjamin.

Jika ada penjual yang menawarkan kepada anda jaket kulit asli dengan harga yang sangat murah apalagi sampai setengah harga, Anda harus waspada biasanya jaket tersebut merupakan imitasi.

Daftar Harga Jaket Kulit

lifestyle.okezone.com

Nah setelah anda mengetahui segala tentang jaket kulit, berikut ini daftar harga yang bisa anda check, siapa tahu anda berminat untuk membelinya.

ModelHarga
Jaket Kulit Bomber Semi Kulit PolosRp 110.000
Jaket Kulit Motor ImitasiRp 160.000
Jaket kulit Sintetis Grade A Aurora wjs76 Semi kulitRp 190.000
Jaket Kulit Sintetis Korea Untuk WanitaRp 175.000
Jaket Kulit Sintetis Untuk Wanita TebalRp 180.000
Hodie Leather Jaket Kulit SemiRp 185.000
Jaket Kulit Domba Asli Warna CoklatRp 750.000
Jaket Kulit Domba Asli Warna HitamRp 750.000
Jaket Kulit Domba Asli GarutRp 750.000
Jaket Kulit Domba AsliRp 900.000
Jaket Kulit Domba Asli Model Artis IndonesiaRp 800.000
Jaket Kulit Domba SulamRp 1.000.000
Jaket Kulit PremiumRp 1.400.000
Jaket Kulit asli Ariel NoahRp 1.250.000
Jaket Kulit Sapi Asli GarutRp 659.000
Jaket Kulit Sapi Doma BekasRp 420.000
Jaket Kulit Sapi Model BomberRp 650.000
Jaket Kulit Sapi Model MotorRp 3.800.000
Jaket Kulit Sapi Super Kualitas OkeRp 1.230.000
Jaket Kulit Kambing SuperRp 1.500.000
Jaket Kulit Asli Kambing murahRp 580.000
Jaket Kulit Kambing GarutRp 825.000
Jaket Kulit Kambing Model RamonesRp 590.000
Jaket Kulit Kambing Model MotorRp 850.000

Nah itu lah daftar dari harga jaket kulit mulai dari yang asli sampai ke imitasi dari sintetis, perbedaan harganya pun jauh berbeda bukan ?

Baca Juga :Harga Jaket Bomber Original

Jangan lupa menerapkan tips tips diatas untuk menghindari anda terkena penipuan, karena kulit asli dengan sintetis akan susah dibedakan bagi orang awam, maka dari itu untuk selalu waspada dan jangan tergiur harga murah tetapi belum tentu kualitasnya.

Sekian artikel ini dibuat, maaf jika ada kesalahan jangan lupa untuk selalu mampir dan sampai jumpa di artikel artikel berikutnya ya..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *