Harga Jahe Merah

Jehe adalah sejenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat dalam bentuk herbal alami. Jahe bukan hanya dikenal di dalam negeri saja melainkan diluar negeri seperti bangsa eropa sangat menyukai jahe untuk menghangatkan tubuh.

Selain untuk menghangatkan tubuh jahe juga bisa untuk berbagai obat herbal alami yang baik bagi kesehatan.

Gambar Jahe Merah Terbaik
doktersehat.com

Salah satu jenis jahe yang juga memiliki banyak manfaat yaitu jahe merah, hampir sama dengan jahe lainnya namun harga jahe merah berbeda.

Nah, berikut ini uraian lengkap mengenai jahe merah yang saat ini sedang kamu butuhkan baik untuk kesehatan ataupun untuk sekedar minuman penghangat.

 

Manfaat Jahe Merah

Manfaat jahe merah
jaheazwa.com

1. Menurunkan Asam Urat

Salah satu manfaat jahe merah adalah menurunkan Asam Urat, dikutip dari laman website resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes),

Di situ disebutkan bahwa jahe merah masuk ke dalam 10 daftar tanaman herbal yang berkhasiat untuk menurunkan asam urat.

Asam urat atau Arthritis gout adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika asam urat mengalami penumpukan di persendian, hal ini menyebabkan peradangan serta timbulan nyeri.

Peran jahe merah disini membantu mengurangi peradangan di area sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

Sehingga tingkat asam urat yang awalnya dapat berangsur-angsur menurun ke dalam tahap yang normal.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Scientific dan Technologi pada tahun 2017 menyatakan bahwa kompres jahe merah yang dilakukan sehari sekali secara rutin bisa membantu mengurangi nyeri asam urat yang umumnya dialami penderita lansia.

Banyak peneliti juga menyakini kompres jahe merah bisa mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar prostagladin dan leukotrien usia lansia dengan penyakit asam uratnya.

Jahe merah meski terbukti membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh, masih dibutuhkan penelitian lanjutan dengan cakupan lebih luas sekaligus indikator yang lebih mendetail berguna memastikan khasiat jahe merah.

2. Meningkatkan Kesuburan Laki-laki

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang laki-laki mengalami gangguan pada organ vital reproduksinya. Peran jahe merah dipercaya bisa dipakai untuk mengatasi gangguan seksual laki-laki.

Didalam sebiah penelitia yang dilakukan oleh para peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menemukan bahwa minyak atsiri jahe merah mempunyai efek afrodisiak.

Namun begitu efek aprodisiak minyak atsiri jahe merah lebih kecil jika dibandingkan dengan pasak bumi.

Zat afrodisiak sendiri adalah zat kimia yang dipakai merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan dan melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh.

Dan jika sirkulasi darah meningkat, maka kemungkinan aliran darah di daerah lemin juga meningkat. Sehingga laki-laki juga memnungkinkan untuk mengalamai ereksi.

Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa rempah jahe merah juga mengandung antioksidan dan mempunyai aktivitas androgenik.

Hal tersebut membuat jahe merah diyakini bisa meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga bisa meningkatkan kesuburan laki-laki.

Kemudian sebuah penelitian yang dilakukan pada tikur menunjukan bahwa pemberian ekstrak jahe yang dikombinasikan dengan mineral seng pada tikus albino jantan bisa meningkatkan fungsi pada tikus.

Meskipun demikian, peneliti lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkuat temuan ini.

3. Mengurangi nyeri otot dan sendi

Selain sebagai minuman penghangat ketika cuaca dingin saja, jahe merah juga dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat peradangan.

Khasiat atau manfaat jahe merah untuk mengurangi peradangan sudah didukung oleh berbagai penelitian.

Pada sebuah penilitian terhadap atlet sepak takraw membuktikan bahwa pemberian ekstrak jahe selama 10 hari bisa mengurangi nyeri otot pada atlet sepak takraw.

American College of Rheumatology melakukan penelitian yang juga membuktikan bahwa ekstrak jahe bisa membantu mengurangi gejala osteoarthritis, misal nyeri otot.

Selanjutnya penelitian lain menyebutkan bahwa jahe lebih efektif mengurangi peradangan di dalam tubuh ketimbang obat antiinfalamsi non streoid (NSAID).

Kandungan jahe bisa bertindak sebagai antiperadangan sehingga bisa membantu kamu dalam melawan peradangan akut ataupun kronis.

Kadungan komponen aktif dalam jahe yang bisa menurunkan leukotrien dan portaglandin yang bisa memicu peradangan diantara gingerol, zingeron serta gingerdione.

Jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lain, di mana oleoresin juga bisa bekerja sebagai antiperadangan.

4. Mencegah masalah pencernaan

Salah satu manfaat dari jahe merah yaitu bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan sebenarnya sudah terkenal sejak zaman lampau.

Termasuk kedalam jenis herbal alami yang sering dipakai untuk memperlancar sekaligus mencegah berbagai masalah pencernaan.

Khasiat ekstrak minyak jahe merah bisa melindungi sistem pencernaan kamu dari bakteri, sehingga mencegah kamu dari masalah pencernaan contohnya sakit perut.

Antibakteri didalam jahe juga bisa melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, salmonella enteridis, dan staphylococcus aureus.

Dan jika ditambahkan dalam makanan, jahe bisa digunakan sebagai pengawet alami serta bisa mencegah kamu dari keracunan makanan yang sebabkan oleh kabteri jahat.

Kehangatan yang diberikan sesuai mengkonsumsi jahe merah juga bisa menenangkan pencernaan didalam tubuh kamu.

5. Pereda Sakit Sebelum menstruasi

Kebanyakan wanita ketika mendekati menstruasi akan mengalami sakit pada bagian perut sampai menimbulkan kram. Dengan mengkonsumsi rebusan jahe merah dapat membantu meredakan sakit.

Maka tidak mengerankan jika jahe merah sering dipilih sebagai salah satu alternatif obat alami terbaik untuk pengobatan sakit menjelang datang bulan terjadi, hal ini sekaligus anti inflamasi terbaik untuk tubuh.

6. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika berpuasa menjadi sitem kekebalan tubuh menjadi hal yang sangat penting supaya kita tetap dapat segar bugar untuk menjalankan ibadah serta aktivitas menjadi maksimal.

Jika kamu mengkonsumsi jahe secara teratur maka dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh lho.

Kandungan Ektrak jahe merah yang diseduh dapat mencegah dan juga membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat selama bulan Ramadhan.

7. Meningkatkan Kesuburan

Untuk kaum wanita kesuburan menjadi hal yang paling penting karena berkaitan erat dengan reproduksi. Manfaat jahe merah disini yaitu dapat meningkatkan kesuburan.

Jenis herbal alami satu ini mempunyai kandungan L-arginine yang mempunyai fungsi untuk kelancaran sirkulasi darah didalam tubuh.

Hal tersebut secara tidak langsung akan membantu sirkulasi oksigen ke rahim serta ovarium sebagai tempat sel telur diprosuksi.

Dan apabila mekanisme ini berjalan lancar, kemungkinan pembuahan juga akan semakin lebih tinggi.

8. Mencegah Kanker

Jahe merah dengan kandungan antioksidan bisa mencegah pertumbuhan sel kanker hanya dengan mengkonsumsi jahe merah secara teratur. Memang ada banyak faktor yang dapat memengaruhi prevalensi kanker.

Upaya mencegah kanker dengan kamu mengkonsumsi pangan dengan antioksidan tinggi.

9. Anti aging alami

Semua orang pasti ingin kulit sehat dan juga terlihat awet muda. Manfaat jahe merah juga bisa sebagai anti aging alami bagi kulit manusia lho.

Jahe merah dengan antioksidan yang bisa membantu menjaga kulit tampak lebih cantik dan juga sehat.

Hal ini diketahui juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat kerusakan kolagen kulit.

Dengan kandungan jahe merah ini dapat membantu meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit sehingga kulit akan terlihat lebih sehat.

10. Mencegah inflamasi usus

Ketika berpuasa untuk menjaga pencernaan merupakan suatu hal yang penting. Dengan kamu mengkonsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah inflamasi usus karena komponen zat aktifnya dapat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Jahe merah herbal alami yang didalamnya terdapat komponen aktif zingeron dan bisa menghambat enzim yang memicu radang pencernaan.

Kandungan Jahe Merah

Harga Jahe Merah
makershustlepodcast.com

Jahe merah merupakan jahe paling unggul diantara ketiga jahe yang ada di Indonesia. Hal ini disebabkan kandungan jahe merah lebih banyak dari pada kandungan gizi jahe putih besar dan kecil.

Jahe merah sendiri mengandung minyak atsiri paling tinggi yaitu 2,58-2,27%. Dan yang paling tinggi jahe merah juga mempunyai kandungan pada zat gingerol dan oleorosin.

Kelebihan pada beberapa kandungan zat tersebut membuat jahe merah mempunyai aroma dan rasa yang lebih tajam.

Daftar Harga Jahe Merah Terbaru

Produk Jahe MerahBeratHarga
Jahe Merah Basah1 KgRp 16.500
Jahe Merah Kering1 KgRp 50.000
Bubuk Jahe Merah dan Gulan Aren125 gramRp 22.500

Untuk menjumpai atau membeli jahe merah sendiri tidak terlalu sulit kamu mencarinya disekitar daerahmu pasti ada yang menjual.

Biasanya kamu yang suka belanja di Pasar tradisional, ada banyak pedagang yang menyediakan semua jenis jahe dan biasanya dijual secara kiloan.

Namun di pasar modern, sudah cukup jarang pedagang yang menjual jahe merah ini.

Baca Juga: Harga Rumput Laut

Demikian uraian informasi lengkap mengenai jahe merah yang kaya akan manfaat bagi tubuh untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *