Harga Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang tergolong dalam jenis tanaman serealia berbentuk biji bijian. Di negara Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung dijadikan makanan pokok penduduknya.

Sedangkan di Indonesia sekarang hanya beberapa daerah saja yang masih menggunakan jagung sebagai bahan makanan pokok. Biasanya jagung diolah secara ditumbuk atau dicampur dengan beras.

Gambar Jagung
faktualnews.co

Tanaman jagung dapat tumbuh dimana saja baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi sehingga jagung mudah di dapatkan.

Jenis jagung yang biasa digunakan untuk konsumsi sehari-hari yaitu jagung manis. Seperti namanya, jagung manis tanpa diberi banyak bumbu sudah mempunyai rasa manis yang pas.

Jagung manis dapat dijadikan bermacam-macam jenis masakan rumahan seperti bakwan jagung, sayur bening, sayur asem dan lain-lain. Makanan khas tradisional juga ada yang menggunakan jagung seperti grontol dari Jawa Tengah dan jenang jagung dari Palembang.

Gambar Jagung Bakar
ceritatentang.com

Harga jagung manis terpantau stabil hanya saja sering terjadi kenaikan harga saat menjelang tahun baru karena kebanyakan orang yang merayakan tahun baru menggunakan jagung manis untuk dibakar.

Kandungan gizi di dalam jagung manis pun beragam dan baik untuk tubuh. Dalam satu buah jagung manis mentah saja memiliki bermacam-macam nutrisi.

Terdapat vitamin A, B, C, dan E yang bagus untuk menjaga kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu jagung juga mengandung lemak baik sehingga cocok dijadikan alternatif makanan ketika diet.

Gambar Jagung Kartun
doktersehat.com

Kandungan serat pada jagung juga dapat mengurangi resiko sembelit akibat asupan makanan yang tidak seimbang.

Untuk penderita diabetes tipe 2 pun dapat menggunakan jagung sebagai pengganti nasi karena memiliki kadar gula yang lebih rendah.

Karbohidrat pada jagung tergolong sebagai karbohidrat dari sayuran sehingga mengandung pati di dalamnya. Karbohidrat tersebut merupakan jenis karbohidrat kompleks yang dapat menjaga kadar gula dalam tubuh.

Gambar Jagung Manis
blog.regopantes.com

Tidak hanya dalam jagung segar saja yang kaya akan nutrisi akan tetapi pada jagung kering pun masih di dominasi zat-zat bermanfaat di dalamnya.

Tidak sedikit petani yang lebih memilih menjual jagung kering karena sekarang ini permintaan jagung untuk industri lebih banyak dibanding untuk kalangan rumah tangga atau jagung untuk konsumsi.

Kebanyakan petani menjual jagung kering untuk pakan ternak, karena permintaannya yang selalu ada dan dapat dijual dalam partai besar.

Gambar Nasi Jagung
ohayo.co.id

Harga jagung yang relatif murah membuat jagung masih digunakan sebagai alternatif pakan ternak hingga sekarang. Selain itu kandungan gizi di dalam jagung pun beragam, seperti serat, protein dan karbohidrat.

Penurunan harga jagung biasanya terjadi menjelang masa panen raya, karena stok jagung yang melimpah. Harga jagung per kilo hanya mencapai Rp 5.200 pada saat panen raya.

Kenaikan maupun penurunan harga jagung kering untuk pakan ternak akan berpengaruh juga pada harga jual ternak unggas, seperti ayam dan bebek.

Gambar Akar Jagung
3.bp.blogspot.com

Jagung kering sebelum diberikan pada ternak terlebih dahulu dipipil agar memudahkan ternak untuk memakannya.

Selain itu jagung kering juga bisa digiling untuk dijadikan pakan udang atau ikan. Hasil jagung giling akan lebih halus sehingga dapat dikonsumsi ikan.

Daftar Harga Jagung

Jenis JagungHarga
Jagung KeringRp 5.700/Kg
Jagung Pipilan KeringRp 4.500/Kg
Jagung ManisRp 19.000/Kg
Jagung Manis KupasRp 14.000/Kg
Jagung Manis OrganikRp 31.000/Kg
Jagung AcarRp 17.000/500gr
Jagung Muda SayuranRp 34.000/Kg

Baca Juga: Harga Telur Ayam

Harga jagung diatas diambil dari berbagai sumber dan sewaktu-waktu dapat turun ketika musim panen raya tiba. Untuk harga jagung kering pun berbeda-beda di setiap daerah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *