Harga Gula Pasir

Pemanis rasa yang satu ini pasti tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Terbuat dari sari tebu, gula pasir memiliki bentuk seperti kristal-kristal kecil dan akan mencair jika dipanaskan pada suhu tertentu.

Gula pasir biasa dijadikan sebagai tambahan rasa untuk makanan ataupun minuman. Sering kali dijumpai pada minuman teh dan kopi, gula pasir dijadikan sebagai penetral rasa pahit yang terkandung di minuman tersebut.

Proses pembuatan gula pasir sendiri sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, terlihat dari banyaknya pabrik-pabrik gula peninggalan Belanda yang sekarang sudah tidak aktif. Bahkan beberapa pabrik gula tersebut ada yang dijadikan sebagai museum.

Harga Gula Pasir
inspiratorfreak.com

Tebu sendiri dapat tumbuh dengan baik di wilayah tropis, sehingga masa panennya terus berlangsung. Hal tersebut juga membuat produsen gula terus melakukan produksi gula untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Tebu yang digunakan untuk membuat gula pasir harus sudah matang dan memiliki kadar air yang tinggi, agar memudahkan ketika proses pemerasan. Air hasil pemerasan tebu itu pun memiliki kualitas yang bagus dan memiliki rasa yang manis.

Harga Gula Pasir 1 Kg
plesirankuliner.web.id

Tidak berhenti sampai disitu, nira atau air hasil pemerasan tebu kemudian diberi larutan kimia untuk memisahkan kotoran yang terbawa dari kulit tebu. Cara untuk  memurnikan nira tersebut biasa dinamakan proses defekasi dan proses sulfikasi.

Selain menggunakan bahan kimia, nira juga dapat dimurnikan dengan cara penyaringan, pengendapan, pemanasan dan pengapungan. Setalah nira sudah bersih kemudian lanjut proses penguapan.

Proses penguapan yaitu memanaskan nira hingga suhu diatas 100 drajat celcius untuk menghasilkan air nira yang lebih kental. Tujuan penguapan sendiri untuk mempermudah proses pengkristalan.

Harga Gula Pasir per Kg
rumahmesin.com

Kristalisasi nira nantinya akan menghasilkan butiran-butiran kristal kecil. Pada proses ini mulai dibedakan kuliatas gula pasir mulai dari kemurnian tingkat satu sampai dengan tingkat empat.

Setelah melewati proses tersebut gula pasir masih harus dipisahkan dengan larutan-larutan yang tidak diperlukan serta harus didingkan dan dikeringkan. Hal itu bertujuan untuk menghasilkan gula pasir kualitas bagus, murni dan kering/tidak lengket.

Dengan penjabaran proses seperti di atas, nyatanya pembuatan gula pasir tidak terlalu rumit. Sehingga jarang sekali dijumpai kelangkaan kebutuhan pokok jenis ini.

Harga Gula Pasir 2018
xplodcompany.com

Harga gula pasir terpantau lebih stabil, tidak mengalami lonjakan tinggi seperti harga bawang dan tidak mengalami penuruan yang drastis pula. Mengutip dari CNBC Indonesia, harga gula pasir rata-rata disetiap daerah di Indonesia berada diangka Rp 13.000/Kg.

Angka tersebut masih menunjukan kenaikan sebesar 2%, sangat berbeda dengan bahan pokok lainnya yang mencapai penurunan 31% yaitu pada harga bawang putih.

Hal itu bisa jadi disebabkan oleh kebutuhan masyarakat masih tinggi terhadap gula pasir di bulan Ramadhan ini. Sebenarnya kenaikan harga tersebut dapat diminimalisir dengan pengelolaan manajemen stok yang baik oleh pemerintah sebelum memasuki bulan puasa.

Daftar Harga Gula Pasir

Jenis Gula PasirHarga/Kg
Gula Pasir Kualitas PremiumRp 13.150
Gula Pasir LokalRp 11.600

Baca Juga: Harga Beras

Perbedaan gula pasir kualitas premium dengan lokal ada pada warna dari gula pasir tersebut. Gula pasir lokal cenderung berwarna kuning.

Data harga gula pasir di atas diambil dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, yang mana harga gula pasir tersebut didapatkan dari survey pengambilan sampel ke berbagai daerah.

Sudah dapat dipastikan harga gula pasir akan terus mengalami perubahan setiap waktunya, sehingga perlu bagi  Anda untuk memantau perkembangan harga gula pasir secara berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait