Harga Gula Jawa

Gula jawa berbentuk bulat silinder dan berwarna coklat kemerahan, terbuat dari nira pohon kelapa dan nira pohon palem. Di dalam nira tersebut sudah terkandung gula yang dapat memunculkan rasa manis.

Nira berupa cairan yang disadap dari buah pohon kelapa atau pun aren. Biasanya nira akan ditampung pada wadah yang digantungkan pada sadapan tersebut.

Gambar Gula Merah
hellosehat.com

Ketika nira sudah mulai penuh barulah wadah tersebut diambil untuk diolah. Nira pertama kali akan disaring dan dibersihkan dari kotoran-kotoran yang terbawa.

Untuk membuat gula jawa ini sangatlah mudah, cukup dengan memasukan air nira kedalam wajan yang besar kemudian masak dalam api besar. Proses memasak nira ini biasanya memakan waktu sekitar 3 jam.

Nira dimasak hingga mendidih, kemudian aduk terus hingga mengental. Cairan nira yang mengental akan berwarna cokelat.

Gambar Gula Jawa
static.republika.co.id

Tuangkan pada cetakan gula yang telah diolesi minyak agar mudah untuk melepasnya. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar satu jam saja gula jawa telah siap untuk dilepas dari cetakannya.

Gula jawa biasa digunakan untuk membuat olahan-olahan tradisional seperti klepon, bumbu rujak, semur, dan lainnya. Selain itu gula jawa juga digunakan sebagai tambahan dalam pembuatan kecap, karena rasa manisnya yang pas.

Ketika dijadikan tambahan dalam masakan gula jawa juga tidak menimbulkan aroma yang kuat. Sehingga gula jawa sering digunakan dalam bumbu masak.

Gambar Gula Merah Asli
cdn.akurat.co

Nutrisi yang terdapat pada gula merah pun lebih bagus dibandingkan dengan gula putih yang terbuat dari tebu. Meski memiliki rasa manis yang tidak berbeda dengan gula putih, indeks glikemik gula merah hanya sekitar 54, sehingga baik untuk penderita diabetes.

Terdapat zat besi, kalium, vitamin C, magnesium dan fosfor yang turut masuk dalam gula merah. Tidak mengherankan jika gula merah justru memiliki banyak manfaat.

Terutama untuk kaum hawa gula merah dapat memeperlancar dan meredakan nyeri saat menstruasi. Selain itu gula merah juga dapat mengatasi anemia karena didalamnya terdapat zat besi dan folat.

Gambar Gula Merah Kelapa
pesona.travel

Manfaat lain yaitu gula jawa dapat menahan radikal bebas karena terdapat antioksidan di dalamnya. Untuk mengkonsumsinya anda dapat mencampurkan gula merah dengan jahe kemudian diseduh dengan air panas.

Satu lagi manfaat gula jawa yang sudah banyak diketahui oleh pendaki yaitu sebagai sumber energi. Gula jawa bisa sebagai pengganti karbohidrat kompleks yang akan dijadikan sebagai sumber energi pada tubuh tetapi tetap menjaga kadar gula dalam tubuh.

Bahan dasar gula jawa lah yang menjadikannya memiliki banyak manfaat. Akan tetapi terdapat beberapa kelemahan ketika nira sedang sulit didapatkan, yaitu harga gula jawa dapat naik sekitar 75%.

Gambar Gula Merah Serbuk
s4.bukalapak.com

Seperti pada awal tahun ini, harga gula jawa sempat naik di daerah Banyuwangi karena keterbatasan nira. Biasanya harga yang dijual sekitar Rp 7.500, kemudian mengalami kenaikan menjadi Rp 12.000 – 12.500.

Berbeda jika pada musim penghujan, harga gula jawa dapat turun karena nira yang dihasilkan tidak sebagus ketika musim kemarau. Hal tersebut akan mempengaruhi harga gula jawa di pasaran.

Tingkat pembelian gula jawa tertinggi biasanya ketika memasuki bulan Ramadhan karena banyak yang menggunakan gula jawa sebagai campuran membuat kolak dan makanan manis lainnya.

Harga Gula Jawa

Jenis Gula JawaHarga
Gula Jawa KelapaRp 12.000/Kg
Gula Jawa Palem/Gula SemutRp 38.000/Kg
Gula Jawa TebuRp 6.700/Kg
Gula Jawa SiwalanRp 30.000/Kg

Baca Juga : Harga Gula Pasir

Perbedaan bahan baku dalam pembuatan gula jawa mempengaruhi harganya. Biasanya semakin sulit bahan tersebut ditemukan maka harga gula jawa akan semakin mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait