Harga Gitar Cort AD810

Cort merupakan perusahaan alat musik terkenal di dunia. perusahaan ini banyak memproduksi alat-alat musik, diantaranya yang paling banyak diproduksi adalah gitarnya.

Cort mengandalkan produksi gitarnya yang berkualitas dengan menggunakan kayu berkualitas tinggi di hampir semua seri gitarnya dari kelas terendah hingga tertinggi.

Dibanding merk gitar lain, harga gitar Cort sangat terjangkau, dari mulai yang dibawah 1jt tetapi sudah menggunakan kayu yang berkualitas, sampai harga diatas 10jt yang masuk dikategori high end berkualitas pula.

Nah, untuk produksi gitarnya sendiri, seri yang paling laris saat ini adalah Cort AD810 dan AD810e.

asiaposound.com

Cort seri AD ini banyak digandrungi anak muda zaman sekarang, disamping harganya yang masih sangat terjangkau, tetapi kualitasnya yang tak kalah saing dengan gitar-gitar merk lain.

Kebetulan, admin juga sudah menggunakan versi gitar ini selama hampir satu tahun, untuk itu admin akan sharing pengalaman dan review gitar ini dari awal pemakaian sampai sekarang.

Nah, mungkin lebih baik kamu mengenal lebih dulu tentang spesifikasi dan suara yang dihasilkan gitar ini.

 

Body dan Leher Gitar

reverb.com

Dari sekian macam kelebihan gitar ini, bentuknya yang minimalis dan mudah digunakan dan dibawa kemana-mana, membuat gitar ini semakin diminati oleh banyak orang.

Untuk bahan dasar dari gitar Cort AD810 ini memakai bahan dasar kayu mahoni dibagian belakang dan sampingnya. kayu jenis ini memang banyak digunakan dalam pembuatan gitar karena menimbulkan efek nada yang warm dan cukup sustain.

Dengan diberi warna mengkilap dibagian belakang dan samping, membuat gitar ini semakin menarik untuk dilihat.

Disamping itu, tubuh gitar ini yang jumbo menjadikan gitar ini cocok dipakai untuk acara-acara atau tampil di panggung karena bentuknya yang klasik. Biasanya gitar dengan bentuk seperti ini digunakan untuk rythm.

Untuk bagian lehernya sendiri gitar Cort AD810 masih memakai bahan baku mahoni. Bagian fretboard gitar Cort AD810 ini memakai rosewood yang terbuat dari metalik.

Lalu untuk bagian depan, gitar ini memakai kayu top supruce. Dari sekian banyak kelebihannya, menurut admin si yang paling menonjol dibagian penggunaan kayu top suprucenya, karena kayu jenis ini sangat jarang digunakan untuk gitar dengan harga dibawah 2jt.

Kelebihan dari kayu top supruce adalah semakin lama digunakan, maka suara akan semakin jernih dan jelas. semua pendapat itu benar adanya, karena admin sudah merasakan sendiri selama setahun ini, semakin kering kayunya maka semakin bagus dan jernih suaranya.

Suara

nuansamusik.com

Nah, untuk suaranya sendiri, gitar ini mempunyai suara yang jernih, keras, tepi sedikit kurang warm. Mungkin karena kayunya yang masih top supruce bukan solid top supruce. Untuk perbedaan kedua bahan kayu tersebut, solid top supruce masih lebih unggul.

Untuk senarnya sendiri menggunakan D’Addario USA, dan suara yang dihasilkanpun tedengar berkualiatas. Untuk senar jenis ini menurut pengalaman admin si sudah lumayan bagus, walaupun masih kalah dengan saingannya elixir.

Yang admin suka dari gitar ini adalah harganya yang sangat terjangkau, disamping kayunya yang sudah menggunakan kayu top supruce, suara yang dihasilkan juga tidak cempreng.

Perangkat Keras

bukalapak.com

Untuk seri gitar Cort AD, yang sudah menggunakan perangkat keras adalah seri Cort AD810e. Untuk seri Cort AD810 masih belum menggunakan perangkat keras, tetapi jangan khawatir, kamu bisa menambahkan perangkat keras sendiri kedalam gitar tersebut.

Lalu untuk seri Cort AD810e menggunakan perangkat keras Cort CE304T pickup. Untuk perangkat keras ini sudah bisa dibilang cukup tangguh.

Pickup Cort CE304T termasuk buatan Cort yang selalu menghasilkan peralatan khusus untuk gitar yang cukup canggih. Jadi, keunggulan dari gitar Cort AD810 terletak pada perangkat kerasnya yang sangat baik.

Sekilas Tentang Cort AD810

Untuk tambahan, admin akan sharing pengalaman suara gitar ini saat dimainkan di ruangan tertutup, outdoor dan saat dicolokan ke ampli.

Diruangan Tertutup

Nah, untuk suara diruangan tertutup seperti kamar atau ruang tamu, gitar ini sendiri sudah menghasilkan suara yang cukup keras dan nyaring, jadi jika kamu ingin mencari gitar dengan suara yang keras, gitar ini sangat cocok buat kamu.

Di Outdoor

Untuk penggunaan diluar ruangan, gitar ini juga sangat cocok menurut admin. Jujur admin lebih suka memakai gitar jenis Cort untuk digunakan diluar ruangan, karena ciri khas suaranya yang nyaring dan keras, sehingga suaranya sangat jelas terdengar di telinga.

Saat Dicolok Ampli

Jika dibandingkan dengan merk gitar lain yang setara dengan Cort ad810 ini, menurut admin gitar ini masih kalah bagus. Jika dibanding dengan yamaha FX310, Cort masih kalah dalam kualitas perangkat kerasnya.

Namun jika di outdoor suara gitar Cort AD810e masih lebih bagus dibanding gitar merk lain yang setara. Mungkin karena penggunaan kayunya yang sudah menggunakan top supruce, sedangkan Yamaha FX310 belum.

Jadi saran admin, jika kamu mau mencari gitar yang digunakan untuk perform, lebih baik memilih gitar yamaha atau merk lain yang lebih baik perangkat kerasnya.

Perlu kamu ketahui, gitar Cort AD810e jika dibandingkan dengan seri yang sekelasnya seperti seri Cort SFX, menurut admin masih lebih bagus suara Cort AD810e saat dimainkan di ampli, karena saat dimainkan rasanya sedikit lebih warm.

Perawatan

twitter.com

Untuk perawatan gitar ini sendiri, menurut admin masih terbilang mudah, namun harus hati-hati dalam perawatannya dikarenakan kayunya yang masih belum solid.

Dibagian senar sendiri, kamu bisa membersihkan senar gitar ini dengan produk pembersih senar seperti Fast-Fret String Cleaner, Dunlop Ultraglide, Dr.Stringfellow, dan semacamnya. Namun jika kamu tidak mampu membelinya, bisa digantikan dengan alkohol 70-90.

Untuk bagian bodynya sendiri menurut admin cukup dibersihkan dengan lap untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel karena bisa mengganggu tampilannya.

Nah, admin ada saran untuk kamu yang suka mengganti-ganti senar. Pada saat melepas Nut, kamu harus sangat berhati-hati, karena bisa membuat dudukan tempat Nut jadi longgar jika kamu mencabutnya dengan tidak hati-hati.

Cara mencabut Nut sebaiknya dengan bantuan alat seperti tang agar pada saat diambil, posisi Nut tidak bergoyang-goyang yang menyebabkan lubang dudukan Nut menjadi longgar.

Lalu biasanya untuk jarak senar dengan Neck lama kelamaan akan mengalami perubahan, biasanya akan menjauh dari neck, tapi ada juga yang malah mendekat ke neck.

Tetapi tidak usah panik, karena kamu bisa mengembalikannya menjadi semula. Caranya dengan memutar kunci L di dalam lubang suara.

Jika kamu akan berniat membeli gitar ini, maka kamu akan mendapatkan softcase tas gitar, kunci L, dan pengganti Nut.

Harga

Untuk harganya, gitar ini dibandrol dengan harga yang cukup murah.

SeriHarga
Cort AD810Rp 1.150.000
Cort AD810eRp 1.800.000

 

Harga diatas tidak menentu untuk setiap daerah, tetapi biasanya kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan membelinya di online.

Baca Juga : Harga Gitar Yamaha C315

Nah, saran admin jika kamu ingin gitar dengan suara yang nyaring dan enak dipakai di outdoor, kamu bisa manambahkan gitar Cort AD810 ini kedalam list belanjaan kamu.

Mungkin cukup sampai disini artikel kali ini, selamat bermain gitar ya, sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait