Harga Gigi Palsu

Makanan dan minuman yang semakin beragam di zaman modern seperti ini, tidak menutup kemungkinan untuk mempengaruhi pola hidup seseorang.

Jenis makanan dan minuman manis masih menjadi primadona kebanyakan orang. Tidak hanya itu, ketika mengkonsumsi makanan yang panas pun dibarengi dengan minuman dingin. Sehingga saat ini permasalahan pada gigi bukan untuk kalangan lanjut usia saja.

Gambar Gigi Palsu
static.republika.co.id

Banyak juga anak muda yang sudah mengalami pengikisan gigi akibat kurang bijak dalam merawat gigi. Masih banyak yang menganggap remeh pentingnya gosok gigi sebelum tidur, padahal hal tersebut dapat mengurangi resiko kerusakan pada gigi.

Jika sudah terkikis hanya terdapat dua cara yaitu melalui penambalan gigi jika gigi hanya mengalami sebagian kerusakan saja. Tetapi jika gigi sudah parah bahkan sampai lepas maka perlu untuk memasang gigi palsu.

Memasang gigi palsu tidaklah mudah dan memerlukan biaya yang cukup banyak. Nah, kira-kira berapa sih harga gigi palsu? simak ulasan berikut ini.

Gambar Gigi Palsu Lepasan
doktergigikita.com

Jenis-jenis Gigi Palsu

Gigi palsu terbuat dari plastik akrilik, logam atau nilon, dari ketiga bahan tersebut dinilai aman jika digunakan sebagai pengganti gigi asli. Dengan adanya gigi palsu ini Anda akan mendapatkan fungsi gigi kembali.

Sebelum melakukan pemasangan gigi palsu Anda perlu mengatahu jenis-jenis gigi palsu terlebih dahulu untuk disesuaikan dengan kebutuhan gigi Anda. Selain itu juga untuk mempermudah ketika berkonsultasi dengan dokter.

Gigi palsu terdiri dari dua jenis yaitu gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap. Gigi palsu sebagian yang dimaksud hanya pemasangan beberapa gigi saja. Sedangkan gigi palsu lengkap untuk keseluruhan gigi atas dan bawah.

Nah pemasangan gigi palsu ada yang permanen dan lepas. Perbedaanya terdapat pada kelekatan gigi dengan gusi. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai gigi palsu permanen dan lepas.

Gambar Gigi Palsu Yang Bagus
klinikjoydental.com

Gigi Palsu Permanen

Pemasangan gigi plasu permanen tentunya menggunakan alat bantuan untuk menanamkan gigi pada gusi. Dengan menggunakan alat tersebut Anda tidak perlu khawatir gigi palsu akan terlepas ketika mengunyah.

Selain itu Anda akan mendapatkan banyak kelebihan seperti ketahanan gigi lebih lama, mudah digunakan untuk mengunyah, kebersihan dan kesehatan gigi lebih terjaga serta menambah rasa percaya diri Anda.

Gambar Gigi Palsu Valplast
panduanbpjs.com
  1. Implan Gigi

Penanaman akar palsu pada gusi atau biasa disebut dengan implan gigi ini menggunakan bahan logam khusus yaitu titanium. Pemasangan akar palsu dilakukan melalui bedah implan pada gusi.

Sehingga sebelum melakukan pemasangan gigi palsu permanen Anda harus melakukan pengecekan kesehatan gusi dan mulut. Implan gigi ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 18 tahun karena masih dalam masa pertumbuhan.

Setelah akar terpasang kemudian dilakukan penambahan abutment untuk menghubungkan akar gigi dengan mahkota (crown) gigi. Hasil akhirnya gigi palsu dari proses implan ini akan terlihat seperti gigi sungguhan.

Gambar Pasang Gigi Palsu
3.bp.blogspot.com
  1. Bridge Konvensional

Berbeda dengan implan gigi, bridge konvensional memeiliki hubungan dengan gigi-gigi disamping kanan dan kirinya. Dengan demikian gigi disekitarnya akan di asah sebanyak 1-2 mm mengakibatkan enamel terkikis.

Tak jarang metode ini juga dapat meyebabkan nyilu pada area gigi dan penyusutan tulang pada gigi yang hilang. Resiko akar gigi sekitarnya untuk keropos pun semakin tinggi, sehingga perlu dilakukan pembuatan bridge baru lagi.

Bridge ini terbentuk dari lapisan logam dan porselen namun pemasangannya lebih mudah dibandingkan dengan implant gigi. Bridge tidak memerlukan pengeboran untuk membuat akar gigi sehingga dinilai lebih cepat.

Gambar Gigi Palsu Akrilik
sc01.alicdn.com
  1. FRC Bridge

FRC merupakan singkatan dari Fiber Reinforced Composite Bridge terbuat dari material fiber dan komposit. Metode ini merupakan pembaruan dari Bridge Konvensional dengan teknologi yang lebih baik.

Material ini dinilai lebih kuat dan lebih ekonomis dari segi harga serta yang lebih penting FRC Bridge tidak mengikis gigi disekitarnya. Warna gigi palsu ini juga dapat disesuaikan gigi lainnya sehingga terlihat lebih estetis.

Untuk mencari gigi tiruan permanen yang cocok untuk Anda, dapat Anda konsultasikan dengan dokter gigi secara langsung. Karena gigi permanen ini tidak dapat dilepas pasang sehingga perlu pertimbangan khusus agar tidak salah memilih jenis gigi permanen.

Contoh Gambar Gigi Palsu
selarasmedia.com

Gigi Palsu Sementara

Jika Anda tidak ingin mnegambil resiko yang terlalu tinggi dengan menggunakan gigi palsu permanen, gigi palsu sementara bisa dijadikan solusi. Dengan menggunakan gigi palsu sementara anda tidak perlu melakukan bedah implan.

Cukup dengan mengaitkan kawat pada sekitar gigi lain yang masih tersisa. Cara ini dinilai lebih praktis tetapi juga memiliki banyak kelemahan. Nah berikut ini penjelasan dua jenis gigi palsu sementara.

Gambar Animasi Gigi Palsu
mstar.com.my
  1. Gigi Palsu Porselen Akrilik

Jenis gigi palsu sementara ini dapat membantu Anda dengan mudah untuk mengatasi gigi ompong. Biasanya banyak dokter gigi ataupun tukang gigi yang sudah menyediakan gigi tiruan ini sehingga Anda langsung memilih kemudian di pasang.

Dari segi warna dan kecocokan bisa dibilang jauh dari gigi permanen yang dibuat secara khusus berbeda-beda setiap orang. Gigi ini sangat random hanya disesuaikan dengan jenis gigi yang tanggal saja.

Untuk memasang gigi tiruan jenis ini cukup mengaitkan kawat sekitar gigi yang tanggal. Bahan porselen akrilik juga dinilai lebih nyaman digunakan ketimbang hanya menggunakan akrilik saja.

Gambar Gigi Palsu Pakai Behel
fredentalcare.com
  1. Gigi Palsu Frame

Dari segi bahan gigi palsu frame mengandung plat logam sehingga bentuknya lebih tipis dari gigi palsu lainnya. Jika sebelumnya gigi palsu sementara hanya untuk satu gigi tanggal saja, gigi palsu frame bisa untuk beberapa gigi.

Terdapat frame dengan bahan kawat yang dapat mengaitkan gigi palsu pada gigi yang masih tinggal, alhasil gigi palsu akan tetap berada pada posisinya.

Awal menggunakan gigi palsu akan terasa kurang nyaman namun lama kelamaan akan terbiasa. Tetapi juga harus dibarengi dengan perawatan yang tepat.

Gambar Cara Memasang Gigi Palsu
1.bp.blogspot.com

Harga Gigi Palsu Terbaru

Harga gigi palsu permanen tentu lebih mahal dibandingkan dengan gigi palsu sementara. Karena perlu proses pemasangan khusus, dan dilakukan oleh dokter gigi yang profesional.

Untuk implan gigi harga satu gigi palsu yang ditanam sekitar Rp 15.000.000 belum termasuk mahkota gigi diatasnya. Bahan mahkota gigi seperti bahan Metal Porselen perlu penambahan biaya Rp 2.000.000.

Sedangkan bahan All Porcelen Rp 3.000.000 dan untuk bahan Zicronia Rp 4.000.000 sehingga dalam sekali pasang gigi implan memerlukan biaya Rp 17.000.000 – Rp 19.000.000.

Gambar Gigi Palsu Bridge
publicacion.com

Harga gigi palsu konvensional bridge hampir sama dengan implan, bedanya metode ini hanya memerlukan mahkota (crown) gigi saja. Tetapi dalam sekali pasang diperlukan 3 mahkota gigi karena pengikisan bagian sampingnya.

Jika Anda menggunakan bahan Metal Porselen untuk satu gigi berarti diperlukan biaya sebesar Rp 6.000.000. Nampak mahal dan berbeda jauh dengan harga gigi palsu sementara berikut ini.

Bahan Gigi Palsu SementaraHarga
Bahan AkrilikRp 1.000.000
Bahan ValpasRp 1.500.000
Kerangka LogamRp 2.800.000

Cara Merawat Gigi Palsu

Menggunakan gigi palsu tentu memerlukan perawatan khusus agar tidak mudah rusak. Selain harganya yang mahal juga sulit untuk membuatnya. Berikut ini beberapa tips merawat gigi palsu.

Jika Anda menggunakan gigi palsu sementara Anda dapat memberishkannya setiap kali makan menggunakan pasta gigi khusus gigi palsu dan sikat lembut. Serta rendam gigi palsu dengan larutan khusus ketika tidak digunakan agar tetap terjaga kelembabannya.

Baca Juga: Biaya Membersihkan Karang Gigi

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan baik ketika menggunakan gigi palsu ataupun tidak yaitu rutin membersihkan gigi dan melakukan pengecekan minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi. Serta tidak memakan makanan keras dan meminum air panas ataupun dingin.

Demikian ulasan harga gigi palsu terbaru, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait