Harga Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang wajib ada, karena memberikan rasa asin pada masaksan. Dengan adanya garam bisa menjadikan makanan lebih enak dan tidak hambar.

Rasa asin pada garam dihasilkan oleh air laut sebagai bahan dasar pembuatan garam. Air laut yang diuapkan akan membentuk krisatal-kristal kecil.

Biasanya proses penguapan air laut tidak jauh dari pantai. Air laut diambil terlebih dahulu dari pantai kemudian dituang pada lahan khusus.

Gambar Garam
hellosehat.com

Kristal-kristal garam dipanen sekitar 3-4 hari jika cuaca cerah dan sering terkena sinar matahari. Kemudian dikumpulkan menjadi satu untuk diolah lebih lanjut.

Di dalam garam terkandung senyawa ionik yaitu ion positif dan ion negatif sehingga garam dikategorikan sebagai senyawa netral.

Perlu Anda ketahui, terdapat dua jenis garam yaitu garam industri dan garam konsumsi. Perbedaan yang terdapat pada dua garam tersebut yaitu kadar NaCl (Natrium Klorida).

Gambar Garam Dapur
hellosehat.com

Kandungan NaCl pada garam industri mencapai 95-97% karena yang dibutuhkan dari garam industri adalah kandungan NaCl nya.

Garam industri digunakan untuk perminyakan, pengasinan ikan, kulit, tekstil dan sabun. Pada proses pengasinan semakin tinggi kadar NaCl maka akan semakin bagus dan awet.

Berbeda dengan garam konsumsi yang lebih dicari rasa asinnya, garam industri lebih diutamakan kadar NaCl nya. Garam konsumsi atau garam dapur merupakan garam yang sering kita temui.

Gambar Garam Inggris
suntersismamedikal.com

Garam konsumsi setidaknya memiliki kadar NaCl sekitar 94% serta dilengkapi dengan iodium sekitar 30-80 ppm. Kadar iodium yang ditambahkan dalam garam bertujuan untuk memenuhi kebutuhan zat iodium dalam tubuh.

Apabila tubuh manusia kekurangan zat iodium maka akan terjadi pembengkakan pada kelenjar Thyroid atau biasa disebut dengan penyakit gondok. Selain itu juga mempengaruhi keseimbangan pertumbuhan pada manusia.

Sekarang ini, garam konsumsi yang dijual dipasaran harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Gambar Garam Himalaya
soc-phoenix.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Salah satunya yaitu garam konsumsi harus beriodium. Untuk mendapatkan garam beriodium ini, melalui proses iodisasi. Proses iodisasi memerlukan garam sebagai bahan utamnya, kemudian ditambah dengan KlO3 sebagai sumber iodium dan air.

Garam yang digunakan berasal dari proses penguapan air laut seperti yang sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi garam tersebut juga memiliki beberapa kriteria sebagai berikut.

Pertama kadar air dalam garam tidak lebih dari 5%, agar garam memiliki tekstur yang baik. Kedua, besar butiran garamnya sekitar 1 mm sehingga garam tidak terlalu kasar.

Gambar Garam Beryodium
http://ylki.or.id

Selain itu garam juga harus bersifat curai atau mudah terurai untuk memudahkan proses iodisasi. Terkhir, garam yang digunakan memiliki berat jenis yang hampir sama dengan air.

Bahain lain seperti kalium iodat juga perlu diperhatikan, jenis yang digunakan harus aman untuk konsumsi manusia. KIO3 perlu diperiksa dari kemungkinan-kemungkinan bahan lain yang ikut terbawa seperti logam berat.

Perbandingan jumlah garam air dan kalium iodat yang dicampurkan berbeda-beda. Untuk menghasilkan kadar iodium 50ppm maka perlu ditambahkan 2,5 gr iodium dalam 50 kg garam dan air sebanyak 0,05 liter.

Gambar Garam Asam
upload.wikimedia.org

Air yang digunakan sebagai pelarut dalam proses iodisasi harus memiliki standar layak minum agar aman ketika garam dikonsumsi oleh manusia.

Setelah proses iodisasi selesai maka garam perlu dibersihkan dengan larutan garam jenuh. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan proses pembuatan garam yang berlangsung secara terbuka.

Apabila telah seselai proses pencucian garam selanjutnya garam beriodium akan dikeringkan kembali. Untuk lebih mengurangi kadar air di dalamnya garam juga ditiriskan kembali. Setelah itu barulah garam dikemas dan diberi label. Nah, berikut ini daftar harga garam di pasaran.

Daftar Harga Garam

Jenis GaramHarga/Kg
Garam Kasar KW IRp 1.250
Garam Kasar KW IIRp 1.000
Garam Kasar KW IIIRp 900
Garam Halus BeriodiumRp 2.200
Garam Dapur Premium BeriodiumRp 4.000
Garam Halus Import BeriodiumRp 8.500

Harga garam cenderung akan turun ketika panen raya dan akan naik ketika musim penghujan. Selain itu harga garam juga berbeda disetiap daerah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *