Harga Folavit

Masa kehamilan tentu menjadi masa-masa yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri. Banyak hal baru yang akan dilalui bersama seperti mengikuti perkembangan janin mulai dari bulan ke 1 hingga ke 9.

Perubahan-perubahan yang terjadi ketika masa kehamilan menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil. Tidak hanya perubahan dari segi fisik saja, hormon di dalam tubuh pun beranjak mulai berubah.

Sehingga persiapan sebelum mengalami masa kehamilan sangat penting dilakukan agar kedepannya tubuh tidak kaget ketika harus “menghidupi” janin. Terutama dari kebutuhan gizi calon ibu hamil tersebut.

Gambar Folavit
cdninstagram.com

Banyak zat-zat yang menjadi sangat diperlukan ketika hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin, salah satunya yaitu asam folat.

Mungkin bagi sebagian orang, asam folat masih terdengar asing. Sebenarnya asam folat ini merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air.

Sudah menjadi sebuah keharusan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi asam folat ini, karena dapat mencegah bayi lahir cacat.

 

 

Gambar Sayuran yang Mengandung Asam Folat
jurnalkeluarga.com

Untuk mendapatkan asam folat bisa dengan memakan sayuran hijau (bayam, brokoli, selada), kacang-kacangan (kacang polong), buah (melon, pisang, lemon), dan makanan yang kaya akan folat seperti roti, sereal dan jus.

Namun, terkadang masa kehamilan membuat ibu hamil menolak makanan-makanan tersebut. Tak perlu khawatir, karena sekarang ini sudah terdapat suplemen yang kaya akan asam folat, seperti folavit contohnya.

Gambar Folavit 400
tokopedia.net

Apa Itu Folavit?

Folavit merupakan suplemen makanan dengan asam folat sebagai komposisi utamanya. Suplemen ini dikhususkan untuk wanita hamil dan wanita yang sedang menjalankan program hamil.

Perlu Anda pahami bahwa Folavit ini hanya memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh sehingga tidak berarti jika mengonsumsi Folavit akan membuat program hamil menjadi berhasil. Kembali lagi pada kesiapan rahim dan ovum.

Suplemen ini memang dikhususkan untuk ibu hamil dan menyusui, Anda tidak perlu khawatir mengonsumsinya selama masa tersebut karena tidak mengandung resiko bahaya untuk si kecil.

Folavit berbentuk seperti obat dikemas dalam jenis strip, yang mana dalam satu strip terdapat sekitar 10 tablet.

Folavit diproduksi oleh salah satu perusahaan kimia besar di Indonesia yaitu PT. Sanbe Farma. Sehingga bisa dipastikan kualitas mutunya terjamin.

Foto Obat Folavit
cintaihidup.com

Manfaat Folavit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Folavit sepenuhnya berisi asam folat. Asam folat ini sangat penting untuk ibu hamil. Bahkan tidak hanya ibu hamil, rentang usia 15-40 tahun per harinya paling tidak mengonsumsi asam folat 400mcg.

Sangat berbahaya tentunya jika Anda sampai kekurangan asam folat, beberapa penyakit akan mulai bermunculan. Selain anemia resiko lain yang lebih berbahaya seperti preeklamsia juga dapat mengancam ibu hamil dan janinnya.

Resiko janin untuk terlahir cacat juga bisa saja terjadi karena asam folat membantu proses pembentuka DNA. Jenis cacat yang seringkali muncul yaitu bibir sumbing dan jantung bawaan.

Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi kan? Nah berikut ini penjelasan manfaat Folavit agar Anda terhindar dari resiko-resiko tersebut.

Gambar Folavit Program Hamil
orami.co.id

Untuk Pembentukan Sel-sel Tubuh

Proses pembentukan sel-sel tubuh ini diperlukan bantuan dari asam folat, vitamin B kompleks dan juga vitamin C. Mereka bersama-sama akan memecah protein di dalam tubuh serta membentuk dan menggunakan protein.

Protein ini sangat diperlukan khususnya untuk memproduksi sel darah merah dan juga DNA. Kebayang kan jika di dalam tubuh tidak ada asam folat? Pasti akan menghambat proses tersebut.

Mengatasi Anemia dan Preeklamsia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, asam folat membantu memproduksi sel darah merah sehingga akan terhindar dari anemia. Tetapi tidak anemia saja Preeklamsia juga dapat dicegah.

Preeklamsia sama halnya dengan tekanan darah tinggi tetapi ini terjadi pada ibu hamil. Preeklamsia dapat menyebabkan berbagai kerusakan fatal seperti kerusakan ginjal. Bahkan menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik.

Mengurangi Resiko Bayi Terlahir Cacat

Dengan adanya asam folat, pembentukan DNA dapat berjalan dengan baik sehingga janin bisa terlahir normal. Fungsi lain asam folat juga membantu memperbaiki DNA dan mempergunakan DNA sebagaimana mestinya.

Yang paling penting adalah asam folat ini dapat mencegah keguguran ataupun resiko bayi lahir secara prematur.

Gambar Asam Folat Folavit
shopee.co.id

Dosis dan Aturan Pakai Folavit

Meski Folavit termasuk kedalam jenis suplemen namun penggunaannya juga harus diperhatikan, tidak bisa sembarang konsumsi.

Suplemen ini hanya untuk orang dewasa tidak dianjurkan untuk anak-anak. Dalam satu hari takaran untuk mengonsumsi Folavit hanya 400 – 500 mcg (mikrogram).

Dosis tersebut untuk wanita dewasa yang sedang program hamil saja. Sedangkan untuk ibu hamil atau menyusui dosisnya 100 – 1000 mcg/hari.

Berbeda lagi jika Anda mengalami kekurangan asam folat, dosis satu harinya lebih tinggi lagi yaitu 250 – 1000 mcg/hari. Itu hanya untuk pertama kali meminum Folavit, selanjutnya 250 mcg setiap hari.

Gambar Folavit Ibu Hamil
media.beritagar.id

Folavit ini hanya bisa di konsumsi 1x sehari setelah makan sesuai dengan ketentuan yang ada pada kemasannya.

Namun alangkah lebih baik jika Anda mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter umum ataupun dokter kandungan sebelum mengonsumsi Folavit ini, agar tidak terjadi overdosis.

Overdosis Folavit juga memberikan efek samping yang cukup serius seperti anoreksia.  Anoreksia yaitu ketakutan berlebih terhadap makanan karena tidak ingin memiliki berat badan berlebih.

Selain anoreksia, kelebihan asam folat juga bisa menyebabkan mual, tidak konsentrasi, alergi, bahkan mulut akan merasakan rasa pahit yang berkepanjangan.

Daftar Harga Folavit Terbaru

Varian FolavitHarga
Folavit 400mcg StripRp 10.900
Folavit 400mcg Box Isi 10 StripRp 90.000
Folavit 1000mcg StripRp 9.300

Folavit dijual secara bebas di apotek, untuk membelinya tidak diperlukan resep dari dokter. Namun lebih baik jika pembelian pertama dikonsultasikan dulu dengan apoteker yang berjaga.

Baca Juga: Harga Sangobion

Demikian informasi harga Folavit terbaru, semoga Anda terbantu dengan penjelasan diatas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Harga Thermolyte Plus
SELENGKAPNYA

Harga Thermolyte Plus

Menurunkan berat badan memang terbilang sulit untuk sebagian orang yang tidak disiplin dalam menjalankan program diet atau penurunan…
Gly Derm Penghilang Strechmark
SELENGKAPNYA

Harga Gly Derm

Stretch mark adalah sebuah garis kulit halus yang biasanya berwarna putih hingga merah, dimana panjang dari stretch mark…
SELENGKAPNYA

Harga Omepros

Setiap manusia membutuhkan makan, untuk kelangsungan hidupnya. Paling tidak kita harus makan tiga kali dalam sehari. Agar kita…