Harga Ciplukan

Siapa yang masa kecilnya selalu suka untuk berpetualang ke kebun, ke hutan ataupun ke tempat tempat yang berkaitan dengan alam.

Biasanya dalam misi berpetualang tersebut kita tidak akan melewatkan yang namanya makan, makanan yang dari alam langsung, mulai dari buah buahan besar seperti jambu, mangga, hingga buah buahan kecil yang bisa kita temukan di alam bebas.

Nah salah satu buah yang akan kita bahas kali ini adalah buah kecil yang bernama ciplukan, tahukan anda bahwa harga dari buah ciplukan ini sekarang mahal dan sudah banyak dijual di supermarket supermarket terkenal dan sudah banyak diekspor ke luar negeri loh..

Ya buah yang dahulunya gratis dan kita bisa memakan sesuka hati pada saat kita kecil dan kita temukan di hutan itu sekarang sudah mulai langka dan banyak di cari oleh banyak orang.

Karena sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa buah ciplukan memiliki banyak dan segudang manfaat bagi kita sebagai makhluk hidup.

Untuk itu tidak heran untuk satu kilogramnya saja di hargai dengan harga yang fantastis.

Penasaran dengan apa itu manfaat kegunaan dan harganya yang sekarang melejit dengan pesat seiring dengan langkanya buah tersebut, mari kita bahas dan simak sampai bawah ya..

Ciplukan Si Buah Mungil Segudang Manfaat

pedomanbengkulu.com

Buah mungil kecil kecil cabe rawit yang biasa kita temui dan kita anggap sebagai tanaman liar ini memang sekarang seakan akan sedang naik daun.

Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti cecenet atau nyurnyurancecendet, dan kopok-kopokan.

Ciplukan juga memiliki nama latin Physialis Peruviana. Buah ini juga sering disebut sebagai morel berrygolden berry, dan goose cape berry.

Buah yang populer karena rasa, warna, daging, dan aromanya yang khas. Selain itu buah ini juga berbentuk sangat unik karena wujud yang membungkus buah intinya adalah daun yang membentuk seperti kuntum bunga yang belum mekar.

Namun apabila kuntum daun tersebut dikupas, maka di dalem terdapat mutiara hijau yaitu daging ciplukan dan biji yang berwarna kuning terang.

Ciri Ciri Buah Ciplukan

hellosehat.com

Untuk lebih lanjutnya agar anda mengenal lebih tentang buah ini, berikut ciri ciri lengkapnya.

1. Ukuran Buah

Buah ciplukan pada umumnya mempunyai ukuran dengan diameter 1,25 sampai 2 cm. namun mungkin anda bisa menemukan buah yang lebih kecil atau bahkan bisa menemukan buah yang lebih besar dari ukuran normal.

Tergantung dengan cuaca, lokasi, struktur tanah, suhu dan faktor pendukung vegetasi lainnya.

2. Warna Buah Ciplukan

Buahnya berwarna hijau saat masih muda atau mentah. Ketika buahciplukan ini sudah mulai matang, daging buah ini akan berubah menjadi halus, mengkilap, serta berubah warna menjadi kuning keemasan hingga oranye dengan banyak biji kecil di dalamnya.

3. Rasa Buah Ciplukan

Buah kuning terang ini punya rasa manis dengan tekstur daging yang agak lunak. Umumnya buah ini banyak dijadikan sebagai buah camilan, buah penghias kue, dan untuk dijadikan selai.

4. Bentuk Tanaman

Tanaman Ciplukan yang berumur satu tahun, memiliki tinggi tegak sampai dengan sekitar 1 meter.

Buah ini memiliki jenis batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga.

Daun dari tanaman ini berbentuk bundar tidak sempurna seperti bentuk telur, namun bentuknya agak memanjang dan berujung runcing, dengan tepi daun yang kadang rata dan kadang pula tidak tidak rata.

Dan untuk ukurannya adalah  2,5 cm sampai 10,5 cm × 5 cm sampai 15 cm.

Tanaman ciplukan ini juga memiliki bunga yang letaknya berada pada ketiak tanaman, dengan tangkai yang tegak, memiliki warna keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk.

Kelopak bunganya seperti berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan.

Mahkota memiliki kemiripan atau menyerupai lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7–9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

5. Bentuk Buah

Buah ciplukan berada di dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, buah ini memiliki panjang sekitar 2 cm sampai 4 cm.

Buah di dalamnya memiliki bentuk bulat memanjang dengan ukuran 1,5cm sampai 2 cm, buah akan berubah warna kekuningan jika sudah masak, memiliki rasa manis dan buah ini kebanyakan disukai anak-anak.

Kandungan Pada Buah Ciplukan

akurat.co

Mungkin dari beberapa aspek yang ada pada buah ciplukan, aspek yang ini lah yang menjadikan buah ini sekarang melejit seperti naik daun dan memiliki harga yang fantastis untuk ukuran buah yang dulunya dianggap sepele.

Sudah sejak lama dan banyak penelitian mengenai kandungan dari buah ciplukan ini, namun Penelitian tersebut biasanya hanya terfokus pada aktivitas yang dimiliki oleh ciplukan.

Lalu setelah itu penelitian dilakukan, baik secara in vitro maupun in vivo, maka didapatkan informasi bahwa ciplukan memiliki aktivitas sebagai antibakteri, antiinflamasi, antihiperglikemi, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antioksidan, dan sitotoksik.

Kandungan buah ciplukan terdiri dari senyawa-senyawa aktif yang terkandung didalamnya antara lain saponin, polifenol, flavonoid, dan fisalin. Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman, antara lain:

  • Akar : alkaloid

  • Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A

  • Daun : glikosida flavonoid (luteolin)

  • Tunas : flavonoid dan saponin

  • Biji : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat.

Adapun per satu porsi sajian buah ciplukan (setara 140 gram) mengandung:

  • 74 kalori

  • 15,7 gram karbohidrat

  • 6 gram serat

  • 2,7 gram protein

  • 1 gram lemak

  • 21% vitamin C harian

  • 14% kebutuhan tiamin harian

  • 5% riboflavin

  • 28% niasin

  • 7% vitamin A harian

  • 8% zat besi dan fosfor

 

Tidak hanya sampai disitu Baedowi pada tahun 1998 telah melakukan penelitian terhadap ciplukan secara in vivo pada seekor mencit.

Dan dari penelitiannya tersebut didapatkan informasi bahwa dengan ekstrak daun ciplukan yang memiliki dosis 28,5 mL/kg BB dapat mempengaruhi sel β dari insulin pankreas. Hal ini dapat menunjukkan bahwa adanya aktivitas antihiperglikemi dari ciplukan.

Peneliti lain yaitu Januario et al pada tahun 2000 juga telah menguji aktivitas antimikroba ekstrak murni herba Physalis angulata L. Fraksi A1-29-12 yang terdiri dari fisalin D, B, dan F

Dari penelitian tersebut menunjukkan KHM (Kadar Hambat Minimum) dalam menghambat Mycobacterium tubercolosis H37Rv sebesar 32 µg.mL-1.

Fisalin B dan D murni dapat menunjukkan nilai KHM dalam menghambat Mycobacterium tubercolosis H37Rv masingmasing sebesar >128 µg.mL-1 serta 32 µg.mL-1.

Diduga fisalin D dapat berperan penting pada aktivitas antimikroba yang ditunjukkan.

Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kita

harapanrakyat.com

Dari kandungan kandungan tersebut bisa memberikan segudang manfaat bagi tubuh kita, nah apa saja manfaat terebut, mari simak pembahasan berikut ini.

1. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh akibat efek dari radikal bebas.

Contoh paling umum dari efek radikal bebas yang dapat terjadi dan sering dialami adalah penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker yang kita ketahui sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Ada fakta menarik dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa anti kanker mungkin jadi salah satu manfaat ciplukan yang sayang untuk dilewatkan.

Buah kuning ini diyakini mengandung antioksidan tinggi, salah satunya fenolik, yang dapat melawan perkembangan sel kanker payudara dan kanker usus besar.

Buah matang pada ciplukan mengandung kadar antioksidan yang paling tinggi.

Penelitian lain dari University of Bonn di Jerman menemukan bahwa kulit golden berry mengandung jumlah antioksidan yang hampir tiga kali lipat lebih tinggi daripada buah lainnya.

2. Untuk Mengobati Influenza

Cara menjadikannya obat yaitu dengan mengambil 2 batang pohon ciplukan lalu kemudian direbus dengan 2 gelas air, lalu saring rebusan ciplukan tersebut dan diminum sebanyak 2x sehari dan tentu akan membuat anda terbebas dari seseknya influenza.

3. Tinggi Akan Kandungan Vitamin K

Vitamin yang jarang ditemukan di buah lain yakni vitamin K, akan banyak anda temui pada buah ciplukan ini.

Vitamin K berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga tekanan darah Anda tetap normal.

Selain itu, asupan vitamin K yang mencukupi juga berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner (PJK).

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Golden berry atau biasa kita sebut dengan ciplukan berpotensi membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan berbagai polifenolnya.

Polifeno adalah senyawa antioksidan yang bekerja menghalangi pelepasan penanda sistem kekebelan tertentu ketika terjadi radang.

Selain itu, manfaat peningkatan stamina dari buah ini juga datang dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Dalam satu cangkir (140 gram) buah ciplukan mengandung 15,4 mg vitamin C yang jumlahnya memenuhi  21% vitamin C harian untuk wanita dan 17% vitamin C harian untuk pria.

5. Melawan peradangan

Ciplukan mengandung senyawa penting yang bernama withanolides yang diketahui dapat membantu melawan efek peradangan yang mengakibatkan penyakit radang usus. Senyawa yang sama juga dilaporkan berpotensi untuk melawan risiko kanker usus besar.

Meski begitu, manfaat ciplukan ini masih diamati sebatas pada tikus. Harapannya dengan semakin berkembangnya teknologi bisa dikembangkan menjadi pengobatan valid di kemudian hari.

6. Mengobati Bisul

Kandungan pada daun ciplukan juga dipercaya bisa mengobati Bisul, cara nya yaitu :

Ambil beberapa daun ciplukan kurang lebih setengah genggam, lalu dicuci, digiling atau di tumbuk hingga halus, setelah itu dilumurkan daun tumbukan tersebut pada bisul dan sekelilingnya, lalu dibalut dan diganti sekitar 2X sehari.

7. Mengobati Borok

Daun dari ciplukan juga dapat mengobati borok loh, caranya adalah :

Ambil daun ciplukan kira-kira 1/3 genggam, kemudian cuci bersih, lalu ditumbuk/digiling dengan halus, selanjutnya ditambah air kapur sirih secukupnya, kemudian lumurkan di borok. dapat diganti 2x sehari.

8. Mengobati Ayan atau Epilepsi

Dengan menkonsumsi 8 butir hingga 10 butir tiap harinya maka ayan atau epilepsi yang diderita seorang bisa terobati dengan alami karena buah ciplukan ini.

9. Mengobati Penyakit Diabetes Mellitus

Ada cara khusus dalam mengobati diabetes melitus dengan hanya menggunakan buah mungil ini yakni :

  • memilih tanaman yang sudah berbuah dan tua, kemudian cabut pohon ciplukan tersebut dan ambilah bagian akarnya kemudian bersihkan.
  • Sebelum anda akan merebusnya, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut hingga layu.
  • Kemudian rebus akar ciplukan dengan menggunakan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut mendidih dan  hanya tersisa satu gelas saja.
  • Kemudian saring untuk memisahkan air dan akarnya, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Untuk mengobati darah tinggi, lakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • ambilah buah ciplukan sebanyak 5 butir, kemudian rebus dengan air sebanyak satu gelas ukuran sedang selama kurang lebih 10 sampai 15 menit sambil terus di aduk rata.
  • Setelah sampai waktu yang ditentukan, saring air rebusan tersebut dan dinginkan sejenak kemudian minum selama 2 kali
    sehari.
  • Hal yang perlu anda perhatikan adalah bahwa waktu penyimpanan air rebusan tidak boleh lebih dari satu hari, karena kandungan senyawa yang bermanfaat sudah hilang tidak bersisa.

11. Mengobati Sakit Paru – Paru

Ciplukan juga bisa mengobati penyakit paru paru loh, caranya yakni dengan memanfaatkan hampir seluruh tanaman dari ciplukan, yaitu mulai dari buah, batang, daun, dan akar sertakan semua.

Cara mengolahnya yaitu dengan satu tanaman ciplukan lengkap tersebut di cuci bersih, kemudian rebuslah dengan 5 gelas air sampai mendidih dan saring untuk memisahkan air dan tanaman tersebut, kemudian minumlah tiga kali sehari secara rutin

12. Meningkatkan Fungsi Penglihatan Mata

Buah ciplukan mengandung zat lutein, beta karoten, dan karotenoid yang bisa menghindari Anda dari bahaya degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan pada orang berusia tua.

Selain itu, zat karotenoid lutein dapat mencegah risiko beberapa penyakit mata akibat komplikasi diabetes.

Hati Hati Dengan Efek Samping Ciplukan

wajibbaca.com

Selain segudang manfaat yang anda dapatkan ketika mengkonsumsi rutin dari buah ciplukan ini, namun buah ini juga membawa beberapa efek samping yang patut anda waspadai.

Jangan makan buah ini ketika buah ini masih mentah atau belum terlihat matang sama sekali. Resiko ini akan sangat berbahaya apabila Anda juga memiliki beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Agar aman, dianjurkan untuk memakan buah yang sudah matang dan berwarna kuning keemasan. Jangan sekali kali memakan yang masih mentah dan memiliki ciri berwarna hijau.

Buah golden berry mentah umumnya mengandung solanin, racun yang secara alami ditemukan dalam sayuran seperti kentang dan tomat.

Solanin dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk perut kram dan diare. Efek racun ini juga mungkin berakibat fatal pada kasus tertentu, meski kasus ini termasuk kasus yang jarang terjadi, tetapi patut untuk kita waspadai.

Selain itu, perlu diingat bahwa mengonsumsi buah ini banyak-banyak mungkin dapat berbahaya.

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan jus buah ciplukan dosis tinggi, terlihat munculnya risiko kerusakan jantung pada tikus jantan. Untuk lebih lengkapnya tentang efek samping buah ini, baiknya konsultasikan ke dokter.

Cara Mengkonsumsi Buah Ciplukan

mrfothergills.com

Bagi orang yang tidak suka atau bahkan yang baru pernah merasakan mungkin akan merasakan getirnya rasa dari buah ini, meski pada dasarnya rasanya adalah dominan manis.

Nah berikut adalah cara cara mengkonsumsi buah ciplukan yang sering dilakukan :

  1. Memakan langsung buah ciplukan sebagai camilan bagi yang sudah biasa.
  2. Diblender halus dan dijadikan smoothie.
  3. Dikeringkan terlebih dahulu setelah kulit tipisnya dikupas.
  4. Diiris tipis-tipis dan dijadikan topping bubur oatmeal, yoghurt dan granola, atau salad buah.

Daftar Harga Ciplukan Terbaru

lazada.co.id

Jangan kaget untuk mengetahui harga dari ciplukan ini karena beberapa tahun belakangan ini, buah ciplukan seakan akan sedang naik daun.

Jenis Dan VarianHarga
30 Benih Bibit Buah CiplukanRp 12.000
Daun Buah Ciplukan KeringRp 6.000
Batang buah Ciplukan KeringRp 6.000
Buah Ciplukan 500 gram atau 1/2 KilogramRp 75.000
Buah Ciplukan Langsung Dari Kebun (1 Kilogram)Rp 100.000
Buah Ciplukan Langsung Dari Kebun (2 Kilogram)Rp 180.000
Buah Ciplukan Per 1 BijiRp 1.000
Buah Ciplukan Supermarket per PcsRp 45.000
Kapsul Ciplukan Tazakka (isi 60 kapsul)Rp 40.000

Nah itu dia daftar harga, tidak heran mengapa sekarang buah uyang waktu kecil kita makan dengan seenaknya tanpa dipungut biaya, sekarang malah harganya melejit.

Baca Juga : Harga Susu Greenfields

Sekiranya sampai disini pembahasan kita mengenai harga buah ciplukan terbaru, semoga bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *