Harga Cacing Tanah

Cacing Tanah merupakan hewan yang tidak hanya menjijikan tapi banyak orang merasa takut atau geli pada hewan satu ini. Pada kenyataannya, sebagian yang lain menganggap hewan ini memberi banyak manfaat dan juga menguntungkan secara materi. Mereka yaitu para peternak cacing tanah.

Belakangan ini, budidaya hewan yang hidup di bawah permukaan tanah ini cukup marak terjadi. Para peternak cacing tanah ini banyak yang menggunakannya untuk pakan ternak maupun obat.

Hewan ini dinilai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein yang dikandungnya sangat baik bagi para peternak ikan sebagai nilai gizi ikan ternak mereka.

Gambar Cacing Tanah
newsoptimist.ca

Cacing juga diolah menjadi obat mujarab penurun demam bagi manusia. Bahkan, akhir-akhir ini, industri kosmetik juga memanfaatkan cacing sebagai bahan dasar pelembab dan peremajaan kulit. Tingginya permintaan pasar, membuat harga cacing memiliki nilai ekonomis yang fantastis dan menggiurkan.

Cacing tanah yang dibudidayakan adalah jenis Lumbricus rubellus, yang memiliki ciri tubuh berwarna merah. Cacing jenis ini paling cepat pertumbuhan serta perkembangbiakannya. Tidak ada kesulitan yang berarti dalam membudidayakannya.

Secara luas, cacing digunakan oleh para penghobi burung untuk dijadikan sebagai pakan hewan kesayangan mereka. Melihat banyaknya pecinta burung mencari pakan cacing tanah yang kaya gizi, Banyak orang yang memanfaatkan peluang usaha tersebut dengan membudidayakan cacing merah.

Gambar Jenis Cacing Tanah
indefenseofplants.com

Ada berapa jenis cacing tanah bisa diternakkan, di antaranya cacing tanah asia atau Pheretima, Perionyx, dan Lumbricus. Nah, ketiga jenis cacing tanah ini menyukai bahan organik yang berasal dari pupuk kandang dan sisa-sisa tumbuhan.

Jenis cacing tanah Pheretima mempunyai sekitar 95 hingga 150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14 sampai16. Tubuhnya berbentuk gilik panjang dan silindris dengan warna merah keunguan. Cacing tanah yang termasuk dalam jenis Pheretima seperti, cacing merah, koot, dan kalung.

Daftar Harga Cacing Tanah

Jenis Cacing TanahUkuranHarga
Cacing Tubifex sp1 KgRp 55.000
Cacing Lumbricus Rubellus1 KgRp 77.000
Cacing Eisenia Fetida1 KgRp 70.000
Cacing Eudrilus Eugeniae1 KgRp 55.000
Cacing Perionyx Exavatus1 KgRp 50.000
Cacing Pheretima sp1 KgRp 65.000
Gambar Cacing Tiger
teara.govt.nz

Harga Jenis Cacing Tubifex sp

Jenis cacing tubifex sp ialah jenis cacing sutera yang mempunyai tubuh kecil dan lembut mirip seperti sutera. Cacing jenis ini memiliki ukuran sekitar 1-2 cm dan senang hidup secara berkelompok.

Cacing sutera bisa ditemukan pada saluran air atau pada kubangan air berlumpur yang bergerak secara perlahan. Cacing tanah jenis ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 55.000 .

Harga Jenis Cacing Lumbricus Rubellus

Jenis cacing ini merupakan jenis cacing yang mempunyai ciri khas kuning pada ekornya. Dan cacing Lumbricus rubellus adalah cacing yang berasal dari dataran Eropa. Cacing lumbricus rubellus banyak di budidayakan dalam industri farmasi, pakan hewan serta bisa juga untuk dikonsumsi.

Ciri-ciri jenis cacing ini memiliki ukuran panjang 8-14Cm. dan Warna tubuh pada bagian punggung berwarna cokelat cerah hingga ungu kemerahan. Cacing tanah jenis ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 77.000 .

Harga Jenis Cacing Eisenia Fetida

Ukuran jenis cacing ini sangat kecil yaiutu sekitar 7-8Cm dan memiliki warna coklat kemerahan dan cerah cacing jenis ini biasa disebut dengan cacing tiger/cacing merah.

Cacing ini biasanya ditemukan pada tumpukan bahan organik, sampah rumah tangga, atau di bawah batang pisang yang membusuk. Cacing tanah jenis ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 70.000 .

Gambar Harga Cacing Tanah
thefix.com

Harga Jenis Cacing Eudrilus Eugeniae

Cacing ini mempunyai nama lain African Nightcrawler. Banyak para pembudidaya cacing jenis eudrilus eugeniae dalam beternak cacing hanya di ambil kascingnya saja.

Cacing eudrilus eugeniae memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari cacing ekor kuning pada umumnya dan dapat mencapai panjang kurang lebih 20 cm. Cacing tanah jenis ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 55.000 .

Harga Jenis Cacing Perionyx Exavatus

Perionyx Exavatus adalah jenis cacing yang banyak dijumpai di indonesia, cacing jenis ini biasa disebut dengan cacing kalung.

Untuk ukuran tubuhnya relatif lebih besar jika dibandingkan dengan jenis cacing tanah lainnya. Bentuk tubuh cacing tanah ini membulat, berwarna coklat keunguan, dan sedikit kelabu. Cacing tanah jenis ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 50.000 .

Harga Jenis Cacing Pheretima sp

Cacing ini pun sama terdapat banyak di indonesia. Cacing ini mempunyai kulit warna kuning kecoklatan. Cacing ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan banyak digunkan sebagai umpan cacing.

Harga diatas merupakan harga perkiraan yang selalu kami perbaharui. Harga antar daerah dan kualitas dari cacing tanah juga berpengaruh di harga pasaran apabila menemukan harga yang berbeda. Cacing tanah jenis ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 65.000 .

Baca Juga: Harga Kerang Tebaru

Nah itu daftar harga cacing tanah semua jenis, informasi diatas semoga bisa jadi referensi Anda dalam membeli atau menjual cacing tanah baik ke tangan konsumen langsung secara offline maupun dijual secara online dengan menggunakan patokan harga di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Kerang Hijau
SELENGKAPNYA

Harga Kerang

Kalian salah satu penggemar makanan kerang? Pastinya kalian udah tidak asing dengan banyaknya pilihan jenis kerang yang ada…
Gambar Teripang Kering
SELENGKAPNYA

Harga Teripang

Indonesia sebagian besar terdiri dari laut. Sehingga hasil dari laut indonesia sangat melimpah, terutama dari sektor perikanan yang…
Gambar Cacing Sutra
SELENGKAPNYA

Harga Cacing Sutra

Bagi kalangan pengusaha ikan yang memerlukan kebutuhan cacing sutra sebagai pakan rutin setiap harinya. Hal ini menjadi perhatian…