Harga Burung Puyuh

Konsumsi daging dan telur burung puyuh setiap waktu selalu meningkat, meskipun tidak signifikan. Hal ini dipengaruhi karena daging dan telur puyuh memiliki rasa yang lezat. Selain itu harga burung puyuh juga ergonomis atau bisa dibeli oleh siapa saja.

Maka dari itu keuntungan dalam berternak puyuh salah satunya yaitu daging dan telur puyuh yang bisa dikonsumsi atau dijual, serta burung puyuh yang telah afkir dapat dijual ke peternak burung puyuh pedaging.

Gambar Burung Puyuh Batu
sporcle.com

Untuk kotoran puyuh sendiri dapat dijadikan pupuk atau makanan ikan, dan masih banyak lagi keuntungan dalam berternak burung puyuh ini.

Namun untuk kamu yang masih pemula hal terpenting yang harus kamu ketahui sebelum memulai beternak ialah cara beternak puyuh yang baik dan juga benar,

Sehingga untuk menghindari hal kurang baik seperti kegagalan dan makin membebani kamu ketika menjualnya kepasaran.

 

Jenis Burung Puyuh

Gambar jenis burung puyuh
mdc.mo.gov

1. Puyuh Gonggong

Burung puyuh Gonggong memiliki ciri khas pada bagaian muka berwarna merah serta corak hitam diparuh dan tenggorokan. Burung dengan nama ilmiah Arborophila Javanica pada bagian kepala sampai tengkuk berwarna emas karat.

Kemudian untuk kakinya berwarna merah dan dada berwarna abu-abu serta sayap berwarna coklat. Ciri lain dari puyuh Gonggon ini dalah burung muda mempunyai muka putih dengan paruh coklat kemerah-merahan.

Penampakan burung jantan dan betina sama dengan ukuran dewasa sampai 28 cm dan pada bagian tengah perutnya warna putih. Kamu bisa menjumpai burung puyuh ini di habitat aslinya yaitu wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur.

2. Puyuh Batu / Pepeko

Corturnik Chinesis atau puyuh Batu adalah burung yang hidup berkelompok kecil dan menyukai tempat serperti semak alang-alang, rumput terbuka, dan sawah baru dipanen.

Ciri-ciri puyuh Batu yaitu betinanya berwarna coklat muda dimuka, dada dan perut terdapat garis kehitaman, leher bawah berwarna keputih-putihan.

Sementara untuk pejantan perutnya berwarna coklat dengan sisi dada bercorak garis abu-abu kebiruan.

Keseluruhan puyuh ini tubuh bagian atasnya berwarna coklat bercampur abu-abu dengan garis putih kehitaman. Terdapat warna biru disamping kepalam dadam pinggul dan bagian bawah ekor.

Untuk bagian leher burung ini berwarna hitam dengan terdapat garis lebar berwarna putih. Kemudian kaki puyuh Batu berwarna kuning dengan mata coklat dan paruh hitam.

Habitat asli burung puyuh Batu ini adalah diwilayah Jawa, Bali, Sulawesi, Papua Nugini, Australia, Filipina, India, dan China.

3. Puyuh Kepala Merah

Burung puyuh Kepala Merah identik dengan tubuh berwarna hitam pekat dengan kepala dan bagian leher berwarna merah tua. Haematortyx Sanguiniceps atau puyuh Kepala Merah temasuk kedalam burung langka atau sudah jarang ditemukan dihabitatnya.

Ciri khas burung ini yaitu memiliki ekor yang unik berwarna merah dan bagian dada ditutupi juga dengan bulu warna merah. Kamu bisa menjumpai burung puyuh langka ini di kawasan hutan dipegunungan lembab dan hutan tropis atau subtropis dataran rendah.

4. Puyuh Mahkota

Burung berjambul tegak seperti bulu sikat berwarna merah dan bulu pendek jambul abu-abu ini termasuk kedalam burung pemakan buah, biji-bijian, dan berbagai jenis hewan kecil. Payuh Mahkota jantan dewasa mempunyai bulu berwarna biru keunguan mengkilap, sayap keciklatan dan dominan warna bulu berwarna hijau.

Puyuh Mahkota atau Rollulus Rouloul (hewan monogami) hidup dihutan tropis dataran rendah serta perbukitan meliputi daerah Pulau Sumatra, Kalimantam, Semenanjung Melayu, Thailandm dan Myanmar.

Betina burung puyuh Mahkota cenderung lebih kecil dari pejantannya, saat dewasa burung ini bisa mencappai panjang 25 cm dengan kaki dan kulit sekitar berwarna merah dan paruh bawah warna merah, kemudian dahinya berwarna putih.

5. Puyuh Albino

Puyuh Albino adalah salah satu jenis burung puyuh yang terdapat gen resesif albino pada jenis burung puyuh ini. Sering kali ada yang menggap bahwa puyuh Albino kelainana genetika atau adanya penyakit yang menyebabkan seperti albino, hal tersebut salah.

Puyuh albino memiliki kekurangan salah satunya ada di indra penglihatan yang sering rabun dan angka kematian burung ini juga cukup tinggi karena daya tahan tubuh terhadap lingkungan kurang baik.

Namun dari semua kekurangan, puyuh Albino lebih banyak menghasilkan telur ketimbang jenis burung puyuh lainnya.

Tips Ternak Burung Puyuh

Gambar Cara Ternak Burung Puyuh
uknewslatest.co.uk

Dalam melakukan ternak atau budidaya burung puyuh, kamu harus memperhatikan beberapa aspek agar hasil ternak maksimal dan memuaskan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pelajari sebelum berternak burung Puyuh.

1. Lokasi

Lokasi atau tempat ternak dari burung puyuh sangat menentukan keberhasilan petani dalam budidaya burung satu ini. Pilihlah lokasi yang strategis dan nyaman untuk tumbuh kembang burung puyuh.

Tempat ternak atau lokasi yang mudah dijangkau dan juga terdapat seumber air bersih yang terhindar dari limbah beracun juga menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi terbaik.

2. Desain Kandang

Bentukan kandang untuk ternak burung puyuh juga penting untuk keberhasilan budidaya puyuh. Sekarang banyak orang yang menjual kendang puyuh dipasaran yang sudah sesuai cocok untuk puyuh berkembang biak.

Atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan berbagai macam oertimbangan bentuk yang sempurna untuk berternak.

Faktor seperti kandang yang mudah dibersihkan dan mudah untuk mengeluarakan dan memberi pakan puyuh juga dipertimbangkan untuk membuat kandang puyuh agar kandang bisa tetap sterlir.

3. Suhu

Faktor yang tidak kalah penting dalam berternak burung puyuh adalah suhu dari area ternak puyuh. Sering kali peternak mengabaikan faktor satu ini padahal jika suhu tidak sesuai akan berdampak buruk bagi kesehatan burung puyuh.

Daftar Harga Burung Puyuh Terbaru

Jenis Burung PuyuhHarga
Burung Puyuh BiasaRp 20.000
Burung Puyuh DewasaRp 25.000
Burung Puyuh Potong MatonRp 25.000
Burung Puyuh AfkiranRp 13.000
Bibit Burung Puyuh Usia 7 HariRp 10.000
Bibit Burung Puyuh Usia 14 HariRp 13.000
Bibit Burung Puyuh Usia 21 HariRp 17.500
Bibit Burung Puyuh Usia 30 HariRp 28.000
Burung Puyuh Petelur Usia 30 HariRp 26.000
Burung Puyuh Pejantan Usia 30 HariRp 15.000

Beberapa jenis harga burung puyuh di atas bervariatif tergantung kegunaan dimana setiap jenis memiliki ciri burung puyuh mulai dari di ambil dagingnya sampai hanya di ambil terlurnya saja sebagai hidangan.

Jika kamu menemukan harga burung puyuh yang lebih mahal atau murah dari harga tabel diatas, itu merupakan hal yang wajar karena setiap pengepul dan peternak puyuh kadang berbeda dalam menentukan sebuah harga.

Faktor kualitas burung puyuh juga mempengaruhi dari segi harga. Kemudian harga burung puyuh diatas juga bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya tergantung dari permintaan pasar.

Di negara jepang telur puyuh ini di sajikan bersama sushi yang dimakan mentah-mentah yang mempunyai rasa cukup unik.

Selain itu telur dan daging burung puyuh kerap di jadikan menu andalan di dalam burger atau campuran hotdog yang membuat variasi baru dalam makanan cepat saji.

Baca Juga: Harga Burung Nuri

Demikian ulasan lengkap mengenai burung puyuh seperti jenis, tips ternak, dan daftar harga burung puyuh terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Cacing Sutra
SELENGKAPNYA

Harga Cacing Sutra

Bagi kalangan pengusaha ikan yang memerlukan kebutuhan cacing sutra sebagai pakan rutin setiap harinya. Hal ini menjadi perhatian…
Gambar Kerang Hijau
SELENGKAPNYA

Harga Kerang

Kalian salah satu penggemar makanan kerang? Pastinya kalian udah tidak asing dengan banyaknya pilihan jenis kerang yang ada…
Gambar Cacing Tiger
SELENGKAPNYA

Harga Cacing Tanah

Cacing Tanah merupakan hewan yang tidak hanya menjijikan tapi banyak orang merasa takut atau geli pada hewan satu…