Harga Burung Nuri

Kebanyakan orang yang hobi memelihara burung biasanya juga memelihara burung unik dan menarik seperti jenis Nuri.

Nuri adalah burung asli indonesia yang memiliki jenis cukup banyak dan masing-masing memiliki identitas atau ciri khas menarik seperti dari warna, ukuran, dan kebiasaan yang berbeda.

Jika kamu tertarik memilihara, harga burung nuri juga beragam dan yang pastinya perlu kamu perhatikan tidak semua jenis bisa dipelihara ada juga yang langka dan dilindungi Undang-undang.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak ulasan lengkap mengenai burung nuri dibawah ini.

 

Jenis Burung Nuri

Gambar Nuri Kepala Hitam
infobaru.id

Di indonesia sendiri jenis burung nuri sangat beragam namun tidak semua burung nuri bisa dipelihara, Birikut ini beberapa jenis burung nuri:

1. Nuri Tanau

Nur Tanau adalah jenis burung nuri yang dapat dipelihara oleh masyarakat Indonesia dengan nama latin Psittinus Cyanurus. Burung Nuri Nur Tanau biasanya banyak dijumpai di dataran rendah sampai perbukitan di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Myanmar, Malaysia.

Burung yang memiliki corak abu kebiruan disekitar dada ini dengan pejantan yang memiliki corak abu kebiruan di mahkota, pipi, tenguk serta tenggorokan.

Sementara betinanya memiliki ciri khas corak coklat keabuan di mahkota kepala, pipi serta tenggorokan, pengkal sayap dan punggung berwarna biru.

Ciri lain dari burung nuri ini yaitu terdapat corak warna hijau tua kehitaman pada punggung, paha, ekor, dan sayap.

2. Nuri Ternate / Kepala Merah

Burung Nuri Kepala Merah kini jumlahnya semakin sedikit dihabitat, burung dengan nama latin Lorius Garrulus termasuk kedalam burung yang dilindungi.

Habitat asli nuri kepala merah ini berasal dari wilayah sulawesi, maluku utara yang sering dikenal dengan nama perkici atau kasturi.

Nuri kepala merah memiliki panjang tubuh kira-kira 30 cm dengan ciri sayap berwarna hijau dengan corak sedikit hijau. Kepala sampai bagian tubuhnya didominasi warna merah, kemudian pada mata terdapat lingkar warna abu-abu.

3. Nuri Taulud

Burung yang memiliki nama ilmiah Eos Histrio ini merupakan salah satu burung nuri langka yang hanya bisa kamu temui di pulau sulawesi tepatnya di sulawesi utara.

Nuri Taulud sennag hidup secara berkelompok dengan kawanan dalam jumlah besar. Ciri burung dengan warna merah pada sayap dan terdapat warna sedikit kehitaman di ujungnya.

Burung ini juga didominasi tubuh warna yang menarik yaitu biru dan merah dan memiliki bulu ekor warna ungu kemerahan serta paruh berwarna jingga cerah mempesona.

4. Nuri Raja Ambon

Burung yang memiliki punggung dan ekor berwarna biru ini bisa kamu jumpai dihabitat asalnya yakni pulau Pelang, Maluku dan Papua Barat dengan nama ilmiah Alisterus Amboinensis.

Nuri Raja Ambon berciri-ciri memiliki warna bulu tubuh merah, sayap berwarna hijau serta memiliki postur tubuh yang sedang.

5. Nuri Kalung Ungu

Nuri Kalung ungu yang memiliki bulu dengan dominan warna ungu dan merah ini memiliki nama latin Eos Squamata yang berhabitat asli di wilayah Kepulauan Schildpada, Kepulauan di Papua barat, dan Maluku Utara.

Jika kamu lihat sekilas burung nuri ini memiliki bulu berbentuk lingkaran dengan warna ungu dan corak melingkar menyerupai kalung warna ungu dileher.

Burung Nuri Kalung Ungu mempunyai ekor panjang dan runcing serta mempunyai panjang tubuh sekitar 28 cm.

6. Nuri Bayan

Nuri bayan atau Eclectus Roratus ini memiliki perbedaan yang mencolok antara betina dan pejantannya. Burung nuri jantan berwarna hujau dengan bulu dada, sisi sayap warna merah serta biru, kaki berwarna anu kehitaman, dan paruh bewarna kemerahan serta kuning diujungnya.

Sementara betinanya berwarna dominan merah dengan paruh hitam dengan bulu dada dan punggung warna biru keunguan.

Kamu bisa menjumpai Nuri Bayan dihabitat aslinya seperti wilayah Kepulauan Solomon, Papua, Australia, dan Maluku Utara.

7. Nuri Maluku

Nuri Maluku termasuk kedalam burung yang bisa berbicara, meskipun cara melatih burung ini bisa bicara tidak semudah melatih nuri kepala hitam. Burung dengan nama latin Eos Bornea ini berhabitat di Watubela, Tayandu, Seram laut, Saparua, Ambon, Banda, Haruka, dan Kai.

Terdapat ciri khas dari nuri Maluku yang berbeda dai jenis nuri lain yaitu seluruh tubuh berwarna merah dengan corak hitam di tepian sayap, dan sayap bagian bawah berwarna biru.

Ukuran panjang tubuh nuri Maluku kurang lebihnya 30,5 cm dengan kero berwarna merah tua dan bulu tubuhnya domian merah cerah.

8. Nuri Dora

Nuri Dora atau Trichoglossus Ornatu adalah jenis burung nuri langka yang dilindungi. Burung nuri ini memiliki mahkota berwarna biru dengan panjang tubuh berkisar 25 cm.

Memiliki ekor panjang dengan bentuk sedikit runcing atau lancip dan terdapat bercak berwarna kuning dileher serta berwarna biru lembayung disekitar lubang telinga. Kemudian pipi, tenggorokan, dan dada berwarna merah.

9. Nuri Tanimbar

Nuri Tanimbar atau Eos Reticulata adalah burung nuri pemakan buah dan nektar yang memiliki warna dominan merah cerah dan memiliki corak garis berwarna biru dari mata sampai punggung.

Burung yang senang menari serta mengepakkan sayap ketika mendengarkan lonceng ini berhabitat di wilayah Tanimbar dan barbar pulau nusa tenggara timur. Nuri Tanimbar ini memiliki panjang tubuh kira-kira 31 cm.

10. Nuri Telinga Biru

Burung yang memiliki nama ilmiah Eos Semilarvata ini pada bagian pipi, dahi, serta telinga berwarna biru dan warna tubuh dominan merah. Kemudian dibagian bulu ekor dan perut mempunyai warna biru keunguan.

Pada saat masih anakan paruh nuri telinga biru berwarna pink dan berubah menjadi warna oren ketika dewasa. Panjang tubuh burung ini hanya 24 cm dan termasuk spesies burung nuri terkecil, kamu bisa menemukan burung ini dihabitat wilayah pulau seram dan maluku.

11. Nuri Kabere

Nuri Kabere memiliki paruh mirip dengan burung nazar, tetapi warna tubuhnya didominasi warna hitam dan merah. Psittrichas Fulgidus atau nuri kabere adalah burung yang memiliki warna tubuh dominasi warna hitam dan merah.

Wajahnya tertutupi kulit hitam serta memiliki panjang 46 cm dan bobot 800 gram. Nuri kabere hampir mirip juga denagn elang atau burung pemakan bangkai. Spesies burung ini bisa ditemui dipulau papua dan papua nugini.

12. Nuri Dusky atau Nuri Kelam

Burung yang memilki ekor berwarna kuning atau zaitun serta terdapat corak seperti pita melingkar disayap bawah dan tunggir ini memiliki nama latin Pseudeos Fuscata yang bisa habitat aslinya di Yapen, Salwati, Papua Nugini, dan Pula Batanta.

Nuri Kelam memiliki corak bulu hitam gelap dengan campuran warna merah dan bagian dada bawah sampai perut berwarna amerah atau kuning. Sementara pada bagian penutup sayap bawah berwarna merah, coklat, atau kuning.

13. Nuri Hitam

Nuri hitam atau black lory adalah spesies burung langka yang terancam punah sehingga dilindungi undang-undang. Nuri ini hampir seluruh tubuhnya dominan warna hitam serta warna merah dan kuning dibagian sayap bawah.

Nuri dengan dama latin Chalcopsitta Atra ini hidup dihutan terbuka dan pesisir pantai secara berkelompok. Warna merah pada ekor dan bagian pangkalnya serta kuning diujung.

14. Nuri Sayap Hitam

Eos Cyanogenia atau nuri sayap hitam mempunyai ciri khas bercak warna ungu disekitar telinga dan warna merah disekitar mata. Bulu tubuhnya berwarna merah cerah dengan panjang tubuh sekitar 30 cm.

Burung dengan sayap punggung berwarna merah cerah memiliki habitat asli di Papua tepatnya di pesisir pulau biak dan kepulauan selat cendrawasi.

15. Nuri Aru

Salah satu burung endemik kepulauan aru, papua nugini, dan papua bagian selatan ini menyukai tempat terbuka seperti hutan mangrove, savana, dan tepi hutan.

Ciri burung dengan nama ilmiah Chalcopsitta Scintillata ini memiliki warna dominan hijau kusam dengan sedikit coretan hijau dan kuning ditubuh.

Bagian sayap berwarna merah atau hijau dan memiliki mahkota berwarna merah pudar serta mempunyai panjang tubuh sekitar 32 cm.

16. Nuri Kepala Hitam

Nuri kepala hitam atau Lorius Lory adalah burung yang bisa menirukan suara binatang lain seperti kucing dan binatang lainnya. Mahkota hitam menjadi ciri unik dari nuri kepala hitam kemudian warna merah pada leber dibawah serta sebagian tubuh.

Sayap berwarna hijau dan memiliki ekor berwarna biru muda dan mempunyai warna nila mengkilap dilehernya. Habitat asli burung nuri kepala hitam ada diwilayah Ambom, Ternate, dan Papua.

17. Nuri Pelangi

Ciri khas burung ini adalah memiliki kepala berwarna biru dan leher bagian belakang berwarna hijau kekuningan serta bagian dada berwarna merah dengan garis hitam kebiruan.

Burung ini juga memiliki warna hijau pekat dipunggung sampai sayap. Richoglossus Haematodus atau Nuri pelangi bisa kamu jumpai di sekitar Pulau Papua.

18. Nuri Macan

Nuri macan atau Psittacella adalah burung nuri dengan warna bulu tubuh dominan hijau dan memiliki corak bloreng di kepala. Nuri macan juga memiliki jenis yang beragam dengan ciri khas masing-masing seperti nuri macan berbiru, sederhana, madarazi, brehm, dan lorentz.

Makanan Burung Nuri

Gambar Nuri Kepala Merah
hiveminer.com

1. Buah

Jenis buah yang disukai oleh burung nuri seperti apel, pisang dan pir yang mengandung nutrisi baik untuk burung. Buah apel sendiri mengandung fitokimia yaitu zat antioksidan yang memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas, magnesium, kalsium potasium dan zinc juga terkandung didalam biah apel.

Sementara pisang mengandung gizi yang cocok diberikan untuk burung nuri. Menurut beberapa data riset pisang mengandung 68% air, 2% protein, 1% lemak dan 25% gula. Sehingga nuri sangat menyukai pisang karena manis.

2. Biji-bijian

Kebanyakan burung dengan paruh bengkok menyukai biji-bijian seperti yang sering banyak dijumpai yaitu milet, jangung muda segar, dan biji bunga matahari yang biasanya dicampur dengan buah-buahan.

3. Pelet

Burung nuri selain makan makanan alami dari alam, juga bisa kamu beri makan pelet khusus untuk burung yang mengandung berbagai macam kandungan vitamin baik untuk burung.

4. Sayur

Sayur juga termasuk makanan yang digemari oleh burung nuri yang berguna untu membantu kesehatan burung menjadi baik. Contoh sayur yang disukai burung nuri seperti brokoli, kentangm wortel dan kangkung.

5. Umbi-umbian

Umbi-umbian bisa menjadi pilihan untuk memberi makan burung nuri karena kandungan serat sangat baik untuk pencernaan burung umbi-umbian juga memiliki kandungan zat lainnya yang bisa membantu proses tumbuh kembang burung.

Daftar Harga Burung Nuri Terbaru

Gambar Harga Burung Nuri Dora
pasarburung.top
Jenis Burung NuriHarga AnakanHarga Dewasa
Nuri AfrikaRp 1.250.000Rp 3.650.000
Nuri Merah (Ternate/Kepala Merah)Rp 850.000Rp 2.550.000
Nuri BayanRp 600.000Rp 1.960.000
Nuri PelangiRp 650.000Rp 1.800.000
Nuri HitamRp 650.000Rp 1.750.000
Nuri Dusky (Kelam)Rp 650.000Rp 1.850.000
Nuri Kepala HitamRp 550.000Rp 1.600.000
Nuri MalukuRp 500.000Rp 1.650.000
Nuri PapuaRp 550.000Rp 1.525.000
Nuri Ambon (Raja Ambon)Rp 450.000Rp 1.150.000
Nuri DoraRp 450.000Rp 1.350.000
Nuri TalaudRp 550.000Rp 1.550.000
Nuri TanibarRp 400.000Rp 1.450.000
Nuri Sayap HitamRp 650.000Rp 1.850.000
Nuri Kalung UnguRp 500.000Rp 1.700.000
Nuri Telinga BiruRp 450.000Rp 1.300.000
Nuri Aru (Ara Salvadori)Rp 450.000Rp 1.200.000
Nuri MacanRp 400.000Rp 1.450.000
Nuri KabareRp 450.000Rp 1.250.000
Nuri TanauRp 450.000Rp 1.200.000

Untuk harga burung nuri bisa saja berbeda antara satu burung dengan burung nuri yang lain meskipun masih dalam satu jenis. Harga tersebut sangat tergantung dari kesehatan, warna unik, dan kondisi postur tubuh burung itu sendiri.

Kisaran harga diatas bisa saja berubah tergantung dari permintaan pasar. Yang jelas jangan sampai kamu membeli atau menjual burung yang langka atau dilindungi undang-undang.

Baca Juga: Harga Sarang Walet

Demikian ulasan lengkap mengenai harga burung nuri yang bisa menjadi referensi kamu sebelum membeli dan memelihara burung unik satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Gurita Beku
SELENGKAPNYA

Harga Gurita

Gurita merupakan hewan laut yang mempunyai ciri fisik atau bentuk yang khas. Di sebagian negara, hewan laut ini…
Gambar Semua Jenis Lobster
SELENGKAPNYA

Harga Lobster

Lobster merupakan, salah satu menu hidangan mewah yang mungkin tidak dapat kita santap setiap harinya. Rasanya begitu nikmat,…
SELENGKAPNYA

Harga Trenggiling

Trenggiling merupakan salah satu hewan yang bisa dibilang cukup unik. Ciri khas hewan ini adalah terletak pada tubuh…