Harga Buah Tin

Buah tin adalah salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran dan menjadi surat khusus bernama At-Tin. Lalu apa saja sih yang istimewa dari buah ini?

Buah tin sangat istimewa, karena itu dijuluki sebagai “buah surga”. Hal ini bukan tanpa alasan, buah ini disebut jelas dalam kitab suci Al-Quran, juga dalam hadist nabi.

Dikenal sebagai buah ara ini dipakai sebagai ramuan sehat penurunan berat badan dan mempercepat pemulihan luka setelah sakit.

Jenis Buah Tin
hildaskitchenblog.com

Terkenal buah yang kaya manfaat dan berasal dari Tumur tengah ini mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti stroke, menghilangkan wasir, mengontrol berat badan berlebih, membersihkan jaringan liver, mengatasi Kanker usus besar, mengontrol tekanan darah dan sebagainya.

Nah, langsung saja simak ulasan mengenai buah tin berikut ini agar kamu lebih paham mengenai buah kaya manfaat satu ini.

Apa Itu Buah Tin?

Buah Tin Segar dari Pohon
panoranch.com

Buah tin dalam bahasa latin yaitu Ficus carica adalah sejenis buah-buahan yang berasal dari Benua Asia tepatnya di Asia Barat yang cukup populer pada dunia Islam.

Buah tin termasuk kedalam buah yang kaya akan manfaat untuk menghindari penyakit dan menyehatkan badan, serta bisa menghapus toksin berbahaya membahayakan di dalam tubuh.

Kadungan vitamin, mineral, dan fitonutrien didalam buah tin yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin tersebut antara lain Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, serta Vitamin B kompleks.

Terdapat 2 jenis buah tin yaitu buah tin kering dan buah tin basah. Untuk perbedaannya sendiri pada ke dua jenis buah tin itu hanya kadar kalorinya saja.

Jika bua tin kering mengandung 6 kalori lebih banyak dari buah tin basah didalamnya, maka kamu tinggal memilih untuk mengkonsumsi yang kering atau basah.

Cara mengkonsumsi buah tin bisa disantap secara langsung, tetapi kamu juga dapat mengolahnya sebagai jus atau campuran dengan buah lain menjadi salad.

Manfaat Baik dari Buah Tin

Manfaat dari Buah Tin
rove.me

1. Mengontrol Diabetes

Sebuah asosiasi bernama The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin sebagai buah berserat tinggi yang membantu mengendalikan kadar gula darah penyakit diabetes.

Untuk manfaat buah tin disebabkan oleh kandungan didalamnya terdapat potasium dan magnesium yang mana bisa membantu mengatur pelepasan insulin sehingga jumlah gula dalam darah bisa dikendalikan.

2. Menguatkan Tulang

Buah tin merupakan buah yang dipercaya sebagai buah yang baik untuk kesehatan tulang. Hal ini karena terdapat kandungan mineral, seperti kalsium, magnesium, dan fosfor didalam buah tin yang sangat baik untuk tulang dan mencegah keropos.

Jika kamu sering mengkonsumsi makanan tinggi garam, hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Semua masalah itu bisa dicegah olah kalium yang bisa dalam buah tin.

3. Mencegah kanker Payudara

Kandungan serat pada buah tin telah dikenal bisa melindungi tubuh terhadap penyakit berbahaya seperti kanker payudara.

Dengan serat yang bisa membantu pertahanan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Dan jika tubuh wanita diusia menopause, keseimbangan hormon sering berfluktuasi.

Maka hormon-hormon ini bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang berakibat mempengaruhi kemampuan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah tin yang cukup terkenal yaitu untuk menurunkan berat badan atau diet, hal ini tidak terlepas dari peran serat didalam buah tin. Selain untuk melancarkan BAB serat ini juga bisa menurunkan penyerapan lemak didalam saluran cerna.

Tetapi jumlah kalori yang tinggi juga bisa menyebabkan penambahan berat badan dan yang paling utama pada saat dikonsumsi dengan susu.

Nah, sedikit saran saja jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah tin kalau bertujuan hanya untuk menurunkan berat badan.

5. Mengatasi dan Mencegah Sembelit

Terdapat 5 gram serat didalam tiga porsi buah tin. Konsentasi serat yang tinggi bisa membantu mempromosikan fungsi usus yang sehat dan juga teratur mencegah sembelit.

Ketika bekerja dengan cara menambah berat pada fases yang memudahkannya untuk bergerak didalam usus. Sehingga buah tin tidak hanya mencegah sembelit saja, namun juga bisa menghilangkan diare dan buang air besar yang tidak sehat serta tidak teratur.

6. Menjaga dan Menurunkan Kadar Kolestrol

Kandungan atau manfaat dialam buah tin seperti pektin yang merupakan serat larut. Pada saat serat ini ada didalam saluran pencernaan, maka serat tersebut akan menggumpalkan kolesterol dan membawanay ke sistem pembuangan untuk dikeluarkan dari tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah tin dengan takaran yang cukup bisa mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kolesterol jahat yang ada didalam tubuh manusia.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat penting buah tin yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Buah tin mempunyai kandungan serat larut seperti pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan triglisedida didalam darah manusia.

Kedua kadar tersebut tinggi diadlam darah yang bisa menyebabkan terbentuknya olak sebagai pemicu penyempitan pembuluh darah serta mengganggu kesehatan jantung.

Manfaat selanjutnya dari buah tin adalah bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan mineral dan senyawa penting lain didalam buah ini bisa membantu untuk mengontrol tekanan darah.

8. Mencegah Hipertensi

Banyak orang tidak sadar bahwa dirinya telah mengkonsumsi sodium tinggi ketika memakan makanan asin yang kaya akan garam. Padahal makanan tinggi sodium dan rendah kalium bisa menyebabkan hipertensi.

Namun berbeda dengan buah tin yang mana kandungan kalium serta sodiumnya rendah, hal ini tentu akan lebih menyehatkan jantung dan pembuluh darah tanpa menyebabkan darah tinggi.

9. Mencegah Kanker Colon

Penyebab terbesar resiko terjadinya penyakit kanker usus besar atau colon yaitu radikal bebas serta zat karsinogen dalam fases yang tak kunjung dikeluarkan.

Dengan adanya serat dalam buah tin ini bisa membantu merangsang pembuangan radikal bebas dan zat-zat penyebab kanker lainnya, untuk kasus penyakit diusus besar karena serat bisa melancarkan buang air besar.

10. Mengobati Anemia

Penyakit anemia salah satu penyebab terbanyak adalah faktor kurangnya zat besi dalam tubuh. Didalam buah tin kering mengandung zat besi yang cukup tinggi, hal ini merupakan komponen kunci pembentukan hemoglobin (Hb).

Anak-anak, remaja, wanita menstruasi dan wanita hamil lebih beresiko untuk terkena anemia defisiensi besi jika asupan zat besi didalam tubuh kurang.

Sehingga mereka yang tergolong beresiko akan anemia disarankan untuk mengkonsumsi buah tin ini secara rutin dan sesuai takaran.

11. Baik Untuk Kesehatan Mata

Salah satu manfaat buah tin yang tidak boleh terlewatkan adalah dapat menjaga kesehatan pada mata.

Buah tin ini bisa mencegah degenerasi makula merupakan penyakit yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan penglihatan sampai kebutaan mata lho.

Didalam buah tin mengandung vitamin A dan juga karotenoid sebagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah ini.

12. Meningkatkan Stamina Seksual

Manfaat selanjutnya dari buah tin yang dianggap sebagai buah kesuburan serta suplemen yang baik. Hal ini bukan tanpa alasan karena buah ini kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan juga seng.

Buah yang kaya akan magnesium dan mineral penting ini sangat dibutuhkan untuk menghasilakn hormon seks androgend an estrogen.

13. Meredakan Nyeri Tenggorokan

Buah tin mengandung lendir yang tinggi dan bisa membantu untuk penyembuhan dan melindungi sakit tenggorokan. Hal ini karena sifat buah tin yang menenangkan dan juga bisa menghilangkan rasa sakit dan stres di bagian pita suara.

14. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan multivitamin serta mineral didalam buah tin bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

Dengan antioksidan dalam buah tin yang bisa membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Sehingga buah tin adalah buah yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk dapat mencegah kanker, mencegah penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan sistem imun supaya tidak berbagai macam patogen tidak bisa menyerang dan menginfeksi tubuh.

15. Meningkatkan Kesehatan Hati

Pada sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak yang dibuat dari daun pohon tin menunjukan aktivitas hepatoprotektid pada tikus.

Hal tersebut membuka jalan bagi penggunaannya dalam mencegah kerusakan hati didalam tubuh manusia.

16. Mencegah Degenerasi Makula

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi pada buah tin bisa membantu mencegah degenerasi makula yaitu penyebab utama kebutaan pada orang tua.

Seperti yang kita tahu bahwa Vitamin A adalah antioksidan yang meningkatkan kesehatan mata karena bisa melindungi mata dari radikal bebas dan mencegah kerusakan pada retina mata.

17. Mengatasi Insomnia

Dengan diat seimbang sangat penting untuk tidur lebih nyenyak, termasuk menyertakan buah tin didalam proses diet harian.

Terdapat kandungan tryptophan didalam buah tin yang bisa membantu tubuh membuat melatonin atau hormon tidur.

Apabali jika ditambah kandungan magnesium yang bisa membantu meredakan stres, hal ini yang menyebabkan insomnia secara umum.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Tin Berlebihan

Efek samping dari Buah Tin
ngpatriotacademy.com

1. Sakit Perut

Jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi buah tin bisa berakibat sakit perut yang cukup menyiksa tubuh. Oleh sebab itu disarankan untuk meminum air dingin setelah mekan buah tin untuk membantu masalah perut.

2. Kembung

Efek samping selain sakit perut jika mengkonsumsi buat tin berlebihan adalah kembung. Kamu bisa meminum air adas manis untuk membantu menyembuhkan masalah kembung ini.

3. Sensivitas Matahari

Buah tin ternyata dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari. Maka hindari sinar matahari jika kamu mengkonsumsi buah tin ini secara teratur untuk menghindari masalah pada kulit.

4. Membahayakan Hati dan Usus

Bahaya mengkonsumsi buah tin secara berlebihan bagi hati dan usus. Hal ini karena penyumbatan di usus karena bijinya. Biji yang terdapat pada buah tin cukup sulit untuk dicerna dengan mudah.

Hal ini adalah salah satu efek samping dari kandungan buah ara yang paling berbahaya dan harus kamu perhatikan.

5. Penyerapan Kalsium

Kandungan buah tin seperti oksalat yang menggangu penyerapan kalsium dalam tubuh. Gangguan ini mengakibatkan kekurangan kalsium ddidalam tubuh. Sehingga dapat melemahkan tulang dan penyakit lainnya yang terkait dengan kekurangan kalsium ini.

6. Pendarahan

Jika kamu terlalu banyak memakan buah tin bisa menyebabkan pendarahan retina dan pendarahan dubur lho. Hal ini juga dapat menyebabkan anemia hemolitik.

Apabila terjadi pendarahan dubut, maka hentikan konsumsi biah tin terlebuh dahulu dan segera konsultasi ke dokter.

7. Menurunkan Tingkat Gula Darah

Buah dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh manusia. Hal ini membantu pasien diabetes, namun dapat berbahaya juga bagi mereka yang menderita kadar gula rendah.

Dan jika kamu salah satu orang yang menderika penyakit kekurangan kadar gula didalam darah disarankan hindari makan buah tin ini.

8. Alergi

Apabila kamu alergi terhadap buah tin, hal ini bisa menyebabkan konjungtivitas, rintis dan juga syok anafilaksis. Sehingag dapat menyebabkan asma. Alangkah baiknya jika kamu mempunyai masalah alergi terhadap buah tin jangan mengkonsumsinya.

9. Oksalat Berbahaya

Kemudian efek mengkonsumsi buah tin terakhir yaitu buah yang sangat berbahaya bagi mereka penderita masalah ginjal dan kandung empedu. Di dalam hal ini mengkonsumsi buah tin bisa memperburuj kondisi tersebut.

Kandungan buah tin juga membahayakan untuk limpa, yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah putih.

Daftar Harga Buah Tin Terbaru

Daftar Harga Buat Tin Terbaru
delicarpous.gr
Jenis Buah TinHarga
Harga bibit buah Tin Brown TurkiRp 51.000
Harga bibit buah Tin Green JordanRp 63.000
Harga bibit buah Tin Purple JordanRp 89.000
Harga bibit buah Tin Fig NegronRp 306.000
Harga buah Tin Segar 100 GramRp 15.000
Harga buah Tin Segar 250 GramRp 45.000
Harga buah Tin Kering Organik 350 GramRp 99.500
Harga buah Tin Kering Olahan 400 GramRp 99.000
Harga buah Tin Mentah 1 kgRp 150.000
Harga bibit buah Tin Brown TurkiRp 55.000
Harga buah Tin Kering Turki 500 GramRp 90.000
Harga bibit buah Tin Green YordanRp 30.000

Kini banyak buah tin dijumpai di supermarket di seluruh Indonesia, biasanya buah ini jika dipasarkan di supermarket terbagi menjadi dua yaitu buah tin kerin dan basah.

Untuk harga dari setiap penjual mungkin tidak jauh berbeda namun tabel diatas bisa menjadi referensi kamu sebelum membelinya.

Harganya pun bisa berubah-ubah tanpa konfirmasi terlebih dahulu, hal ini tergantung dari kondisi pasar dan persediannya.

Baca Juga: Harga Buah Plum

Demikian ulasan mengenai harga buah tin yang bisa menjadi informasi tambahan, dan pastikan kamu membeli buah tin ini sesuai dengan kebutuhan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *