Harga Buah Plum

Siapa yang ga kenal sama buah plum, apalagi penggiat dunia maya pasti kenal ya dengan buah yang satu ini karena manfaatnya yang diklaim dapat menurunkan berat badan.

Tapi beneran ga sih buah plum ini adalah obat kurus alami? Wah kalo gitu buah ini cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Gambar Buah Plum
Pixabay.com

Buahnya segar cantik merah ungu ini memikat hati ditambah lagi harganya yang cukup terjangkau.

Makanya tak sedikit juga media gencar mempromosikan buah ini sebagai obat diet anti gemuk ini dengan harga yang cukup terjangkau  dan jadi viral di negara Indonesia yang bukan habitat asli buah ini.

Buah ini tergolong buah impor dan bisa dibilang keberadaannya pun masih langka di negara kita.

 

Apa itu buah Plum?

Apa itu buah Plum
Pixabay.com

Kini saatnya kamu mengetahui buah ajaib yang mampu membuat tubuh langsing tanpa repot. Buah ajaib tersebut tak lain adalah buah plum.

Si kecil berwarna ungu ini memiliki kandungan vitamin, kalori, serat dan gula yang baik sebagai asupan tubuh.

Buah plum merupakan salah satu buah yang mempunyai warna menarik dan rasa yang cukup lezat.

Buah plum ini bisa dikonsumsi baik dalam bentuk buah plum yang segar dan buah plum yang dikeringkan.

Asal buah ini berasal dari China, sehingga digolongkan sebagai buah import.

Buah yang memiliki kemiripan dengan anggur ini disebut sebagai cara menurunkan berat badan ajaib karena kandungan gula jenis sorbitol.

Jenis gula ini memiliki sifat laktasif atau melancarkan sistem pencernaannya.

Menariknya, jenis gula ini tak membuat gula darah naik secara drastis meski tetap harus dibatasi bagi penderita diabetes.

Selain kandungan gulanya, plum juga direkomendasikan sebagai cara melangsingkan tubuh karena kandungan seratnya.

Serat yang terkandung dalam buah berwarna ungu ini mampu membuat perut kenyang lebih lama.

Dari berbagai jenis buah tersebut buah plum memiliki banyak tampilan Secara warna, buah plum dapat berwarna krem kekuningan, merah, merah keunguan, biru muda atau hitam.

Buah plum yang ditanam di Indonesia umumnya berwarna hijau kekuningan. Buah plum di Eropa berwarna merah keunguan sedangkan buah plum dari Cina berwarana hitam.

 

Manfaat Buah Plum

Manfaat Buah Plum
Pixabay.com

1. Untuk Mencegah Kanker

Buah Plum berukuran sedang mengandung 113 mg kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Pigmen kemerahan yang terdapat pada buah plum, disebut anthocyanin, dapat melindungi tubuh dari kanker dengan melawan radikal bebas.

2. Menurunkan Gula Darah

Ternyata, buah plum juga bisa menurunkan kadar gula darah di tubuh. Hal tersebut disampaikan oleh seorang ahli gizi dari Kanada.

Buah Plum ini mempunyai indeks glikemik cukup rendah, yang berarti bahwa buah plum bisa membantu mengendalikan gula darah dan juga bisa mengurangi risiko diabetes tipe dua.

3. Memperlancar Pencernaan

Plum adalah sumber serat yang baik untuk tubuh. Mengandung sorbitol dan isatin, buah ini dapat membantu mengatur sistem pencernaan.

Menurut penelitian, plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit.

4. Untuk Kesehatan otak

Kajian ilmiah atau penelitian menunjukkan adanya flavonoid dalam buah plum yang bisa mencegah turunnya kognitif yang berkaitan dengan usia manusia.

Fitonutrien yang terkandung dalam buah plum juga dapat mengurangi peradangan di daerah neurologis untuk meningkatkan fungsi belajar dan memori.

5. Menyehatkan Jantung

Rutin mengonsumsi plum bisa meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa buah plum kering bisa membantu memperlancar aliran darah di arteri.

Hal itu bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Terdengar buah plum juga mempunyai manfaat yang terbilang sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Apakah itu benar?

Nah, ternyata kabar ini benar adanya, hasilnya pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah plum kering dapat membantu pemulihan massa tulang yang berkurang akibat penuaan.

Kandungan flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang ada didalam buah plum inilah yang menjadi dalang dibalik manfaatnya yang satu ini.

Kandungan Flavonoid seperti asam caffeic dan juga rutin yang ada di dalam buah plum bisa menghambat kerusakan pada jaringan tulang dan untuk mencegah penyakit contohnya osteoporosis.

7. Baik untuk Sistem Pencernaan

Ada juga manfaat buah plum yang dapat dirasakan bagi kamu yang mempunyai masalah di bagian sistem pencernaan?

Hal ini karena buah plum adalah sumber serat makanan yang cukup baik terutama adanya  kandungan sorbitol dan juga isatin pada buah plum.

Bahkan manfaatnya dalam mengobati gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit disinyalir lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sekam dari biji psyllium.

Sekali lagi, ini semua berkat kandungan sorbitol dan isatin didalam buah plum yang memiliki efek pencahar serta dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus sehingga dapat meningkatkan pembilasan limbah secara lebih efisien melalui usus besar.

8. Membantu Menjaga Fungsi Kognitif

Khawatir akan menurunnya fungsi kognitif seiring bertambahnya usia? Mulai sekarang, cobalah untuk mulai mengonsumsi buah plum.

Terdapat kandungan fitonutrisi contohnya flavonoid yang terkandung pada buah plum ini ternyata mempunyai manfaat lebih terhadap fungsi kognitif tubuh manusia.

Senyawa ini mampu mencegah gangguan neurologi seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson serta membantu mengoptimalkan fungsi memori dan belajar.

9. Membantu Kelancaran Fungsi Sistem Saraf

Buah plum mengandung vitamin B-6 yang sangat penting bagi sistem saraf pusat, antara lain untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf.

Membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu terbentuknya hormon yang akan memengaruhi mood atau suasana hati seseorang.

Untuk kandungan triptofan yang ada pada buah plum bisa membantu memproduksi serotonin yang tentu sangat berhubungan dengan kualitas tidur kita, nafsu makan dan juga konsentrasi yang semakin baik.

10. Baik untuk Jantung

Ternyata buah yang memiliki tampilan menarik ini memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung lho.

Berdasarkan penelitian, asupan plum kering secara teratur dapat membantu dalam mempromosikan fluiditas darah di arteri sehingga akan mengurangi risiko dari berbagai gangguan jantung seperti, aterosklerosis bahkan serangan jantung dan stroke.

Buah plum juga mengandung mineral potasium yang mampu menjaga laju detak jantung dan tekanan darah agar tetap stabil.

11. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Terdapat vitamin C dalam buah plum yang cukup tinggi, maka tidak heran jika buah ini bisa dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber supaya bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh kita dari ancaman infeksi dan juga penyakit.

Untuk kandungan unsur imunostimulan yang ada di buah plum terbukti bisa mendorong produksi oksida nitrat pada tubuh

Maka bisa membantu menghambat metastasis sel tumor dan juga mencegah berbagai jenis penyakit tubuh kita.

Supaya tubuh kita selalu berada dalam kondisi yang fit dan prima, maka harus dari sekarang kita mulai berburu buah plum satu ini.

12. Membantu Mengendalikan Kadar Kolesterol

Mungkin dari beberapa pembaca setia Mediskus ada yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Yuk, mulai teratur konsumsi buah ini.

Menurut sebuah studi yang komparatif, buah plum ini sangat berguna untuk mengendalikan kadar kolesterol supaya tetap stabil.

Nah, khasiat buah plum dalam hal ini sangat baik jika kita bandingkan dengan buah anggur merah lho.

Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan terhadap jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

13. Sebagai Obat Alami Anemia

Mengalami anemia karena kekurangan zat besi? Tenang, manfaatkan saja buah yang satu ini.

Buah plum ini juga mengandung zat besi dan tembaga yang sangat penting untuk membantu pembentukan sel darah merah dan juga memfasilitasi pemurnian darah, sirkulasi yang sehat.

Tembaga yang terkandung dalam buah plum juga mampu berperan sebagai antioksidan dan sangat penting bagi kesehatan saraf serta membantu pembentukan kolagen.

14. Membantu Mengatasi Kecemasan

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa dengan mengonsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan.

Suatu penelitian mengungkapkan, ternyata manfaat dari buah plum ini berkat efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenik yang terdapat di dalam buah plum.

Hal ini telah terbukti bisa mengatasi gangguan kecemasan yang juga bisa disebabkan oleh stres oksidatif.

15. Sebagai Obat Flu Alami

Buah plim selain bisa melawan radikal bebas, buah plum juga bisa memerangi virus influenza yang menjadi sumber penyebab penyakit flu.

Manfaat yang satu ini sudah dibuktikan, dan hasilnya pun menunjukkan bahwa konsentrasi buah plum mengandung molekul mirip-lectin yang bisa membantu dalam menghambat dan juga mengobati infeksi penyakit yang disebabkan oleh jenis virus influenza.

Untuk kamu yang sedang mengalami flu, coba redakan gejalanya dengan mengonsumsi buah plum.

16. Sumber Mineral dan Vitamin ibu Hamil

Ibu hamil tentunya membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih banyak selama kehamilan.

Buah plum dengan berbagai vitamin dan juga mineral yang terdapat didalamnya tentu saja bisa menjadi jawaban kebutuhan ini.

Kandungan pada buah plu, seperti flavonoid, vitamin C, vitamin B6, zat besi, sorbitol, isatin, serat yang tinggi, berbagai senyawa lain sudah cukup menjadikan buah plum sebagai kebutuhan sumber alami untuk ibu hamil.

 

Buah Plum untuk Diet

Buah Plum untuk Diet
Pixabay.com

Cara menggunakan buah yang memiliki rasa manis ini untuk menurunkan berat badan sangat mudah.

Kamu bisa mengaplikasikan beberapa cara yang menyenangkan, antara lain sebagai berikut :

1. Dimakan langsung

Cara ini adalah cara yang paling praktis. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini saat makan siang bersama sepotong roti.

2. Jus buah

Cara menguruskan badan yang mudah lainnya adalah dengan mengkonsumsi jus plum. Namun, jangan tambahkan gula atau susu karena dapat merusak menu sehat kamu.

3. Dikeringkan

Plum kering atau biasa disebut juga prune memiliki kandungan serat lebih banyak dibandingkan buah segar.

Karenanya, prune sangat cocok dijadikan sebagai camilan saat perut lapar namun sudah terlalu banyak asupan kalori.

4. Pasta

Diolah menjadi pasta, plum memiliki kalori yang cukup untuk menggantikan makanan berat. Ditambah dengan susu rendah lemak, sajian ini sudah cukup untuk memasok energi di pagi hari.

Harga Buah Pulm

Harga Buah Pulm
Pixabay.com
Jenis ProdukSatuanHarga
Buah Plum Kering1 KgRp 95.000
Buah Plum Hitam1 Kg Rp 67.000
Buah Plum Kuning1 Kg Rp 65.000
Buah Plum Amerika1 Kg Rp 65.000
Buah Plum di Total Buah1 Kg Rp 65.000
Buah Plum di Giant1 Kg Rp 65.000
Buah Plum Import1 Kg Rp 60.000
Buah Plum Pakistan1 Kg Rp 60.000
Buah Plum di Hypermart1 Kg Rp 60.000
Buah Plum di Superindo1 Kg Rp 60.000
Buah Plum Hijau1 Kg Rp 50.000
Buah Plum MerahBuah Rp 5.000

Buah yang berasal dari cina ini telah lama dikenal dan dikembangkan hingga menjadi berbagai varietas ole bangsa Eropa.

buah import satu ini yang mirip dengan apel banyak di panjang disuatu rak-rak buah pasar swalayan ternama yang ada di indonesia.

Buah plum ini biasanya di perjual belikan dalam wujud bentuk buah segar, jus, pasta dan juga buah plum yang di keringkan.

Itu lah uraian seputar informasi mengenai harga buah plum, manfaat, dan juga cara menggunakan bauh plum untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Harga Buah Tin

Semoga bisa menjadi acuan atau referensi sebeum kamu membeli produk buah plum sesuai dengan kondisi harga dan cara pemanfaatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *