Harga Beras

Beras merupakan bahan makanan pokok untuk kebanyakan orang di Indonesia. Sehingga sudah menjadi hal yang wajar kadang kala harga beras mengalami kenaikan atau bahkan penurunan.

Tingkat permintaan terhadap beras yang tiada habisnya, menyebabkan harga beras sering tidak stabil. Terlebih jika memasuki bulan Ramadhan, harga bahan pokok acap kali naik dari bulan-bulan biasanya.

Sebenarnya kenaikan harga beras sudah terjadi setiap tahunnya. Mengutip data dari BPS dari tahun 2010 hingga 2019 rata-rata harga beras naik. Pada tahun 2010 harga beras hanya berkisar Rp 6000/Kg sekarang harga beras sudah mencapai Rp 12.000/Kg.

Harga Beras
masakapaya.com

Berbicara mengenai beras terdapat banyak sekali jenis-jenis beras di pasaran. Pada beras putih saja dibedakan menjadi beberapa kelas kualitas, seperti yang dilansir dari CNN ada jenis beras super, beras medium dan beras kelas bawah, harga beras pun bervariasi sesuai dengan kualitasnya.

Pada awal tahun 2019 ini, harga beras super 1 Rp 13.950/Kg, beras super II Rp 12.950/Kg. Sedangkan harga beras kualitas medium I Rp 12.100/Kg dan kualitas medium II Rp 11.850/Kg.

Jika harga tersebut masih tergolong mahal, masih ada alternatif lain untuk harga beras yang murah. Beras kualitas bawah I dibandrol Rp 11.500/Kg dan beras kualitas bawah II hanya sekitar Rp 10.550/Kg.

Harga Beras Merah
img.okezone.com

Selain beras putih, ada juga beras merah. Namun masyarakat cenderung lebih memilih beras putih, selain harganya yang lebih murah beras putih juga mudah untuk didapatkan.

Apabila dibedakan berdasarkan jenisnya, beras putih memiliki kurang lebih 7 varian yaitu Pandan wangi, Rojolele, Setra Ramos, IR 24, Batang lembang, Mentik susu, dan Mentik wangi.

Jenis-jenis beras tersebut dihasilkan dari inovasi bibit padi para petani untuk menciptkan jenis beras yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Harga Beras 5 Kg
dedaunan.com

Untuk menghasilkan nasi yang pulen juga dipengaruhi oleh jenis beras. Beras dengan hasil pulen seperti Setra ramos, Batang lembang dan Mentik susu cocok untuk konsumsi sehari-hari.

Atau jika menginginkan nasi pulen dan juga wangi dapat dengan menggunakan jenis beras Pandan wangi dan Mentik wangi. Sedangkan untuk menghasilkan nasi yang pera, biasanya digunakan untuk nasi goreng, lontong maupun ketupat dapat menggunakan jenis IR 42.

Selain tingkat kepulenan yang berbeda, beras juga memiliki bentuk yang berbeda. Seperti contohnya beras Pandan wangi, Rojolele,  yang memiliki bulir pendek dan tidak runcing, berbeda dengan Setra ramos dan Batang lembang yang memiliki bentuk panjang dan runcing.

Harga Beras 1 Kg
blibli.com

Meski beras putih memiliki banyak kelebihan mulai dari tingkat kepulenannya, akan tetapi beras putih dihindari bagi penderita diabetes. Kadar gula tinggi yang terkandung pada beras putih menjadi pemicunya.

Dari permasalahan tersebut, kini sudah bermunculan beras organik dengan kadar gula yang rendah dan tinggi serat. Tentunya untuk mendongkrak pasaran agar beras putih tetap menjadi primadona masyarakat.

Harga Beras Terbaru

Jenis BerasHarga/Kg
Beras IR.I (IR 64)Rp 11.600
Beras IR.II (IR 64) RamosRp 10.613
Beras IR.III (IR 64)Rp 9.656
Beras Muncul IRp 12.220
Beras IR 42/PeraRp 12.366
Beras Setra I/PremiumRp 12.358

Harga beras tersebut dikutip dari Informasi Pangan Jakarta yang selalu diupdate setiap hari beserta jenis bahan pangan pokok lainnya. Sejauh ini harga beras dipasaran masih stabil dan tidak mengalami lonjakan harga yang tinggi.

Beras biasanya akan mengalami penurunan harga ketika petani memasuki masa panen padi. Harga beras juga dapat berbeda disetiap daerah terutama diluar pulau jawa yang diperkirakan jauh lebih mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait