Harga Bawang Putih

Berlawanan dengan bawang merah, bawang yang satu ini berwarna putih tulang. Ya, bawang putih juga memiliki warna sesuai dengan namanya.

Bawang putih ini masih termasuk tanaman keluarga amarilis sehingga masih sejenis dengan bawang merah dan daun bawang. Kedua jenis bawang ini memang tidak dapat dipisahkan, apalagi jika dalam bumbu masak.

Akan tetapi bentuk dari bawang putih berbeda dengan bawang merah. Dalam satu umbi bawang putih saja bisa terdapat 8 – 10 siung bawang. Hanya bagian kulitnya saja yang memiliki tekstur sama dengan bawang merah.

Gambar Bawang Putih
mediakonsumen.com

Bagian kulit bawang ini seperti tekstur plastik berwarna putih dan membungkus bagian dalam bawang, sehingga bawang didalamnya tidak akan terkontaminasi oleh tanah meskipun tumbuh di dalam tanah.

Tanaman bawang putih akan lebih mudah tumbuh didataran tinggi minimal 600 meter diatas permukaan laut dengan demikian umbi bawang akan lebih mudah berkembang. Oleh karena itu kebanyakan bawang putih dihasilkan dari daerah pegunungan.

Selain faktor ketinggian tempat tanamnya, umbi bawang juga peka terhadap tingkat keasaman tanah. Untuk menanam bawang putih diperlukan pH tanah sekitar 6,5 – 7,5 agar tanaman bawang dapat tumbuh dengan subur.

Gambar Bawang Putih Tunggal
s0.bukalapak.com

Meski di Indonesia sendiri banyak daerah-daerah pegunungan akan tetapi stok dari bawang putih masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat terutama untuk industri makanan. Mengingat bawang putih ini sudah seperti bahan yang wajib ada dalam bumbu masakan.

Sekitar 90% kebutuhan bawang putih didapatkan dengan cara impor dan sisanya dari petani lokal. Hal tersebut yang sering kali menyebabkan kenaikan harga bawang putih diluar nalar atau sangat signifikan.

Padahal bawang putih sudah menjadi incaran setiap pelaku industri makanan dan masyarakat umum. Selain berguna untuk memberikan rasa yang enak pada masakan bawang putih ini juga memiliki banyak sekali khasiat.

Gambar Pohon Bawang Putih
s4.bukalapak.com

Seperti yang sudah kebanyakan orang ketahui, untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih ini Anda harus mengunyahnya secara metah. Kandungan zat-zat sulfur akan bereaksi dengan salifa kemudian membentuk allicin.

Dikutip dari Hellosehat.com bawang putih ini dapat menurunkan kolestrol terbukti pada beberapa kali penelitian untuk orang yang memiliki kolestrol tinggi dapat turun hingga 10% setelah selama 90 hari memakan bawang putih sebanyak 1-2 siung atau 3 gram.

Selain allicin yang dihasilkan pada bawang putih, terdapat juga polisulfida yang dapat menurukan tekanan darah tinggi. Polisulfida tersebut ketika masuk kedalam tubuh akan memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat turun.

Gambar Tanaman Bawang Putih
4.bp.blogspot.com

Resiko penyakit lain yang bisa diatasi dengan bawang putih yaitu kanker. Dengan adanya kandungan sulfur aktif di dalam bawang putih, sehingga ketika bawang putih dikonsumsi secara mentah dapat mencegah terbentuknya sel kanker dan meminimalisir penyebarannya.

Jenis kanker yang dapat diantisipasi dengan bawang putih yaitu kanker payudara, kanker prostat, kanker perut, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas. Manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Yang terakhir ini tentunya paling diinginkan oleh kaum hawa yaitu dapat mengatasi jerawat dan rambut rontok. Lagi lagi allicin yang berperan dalam hal ini, zat tersebut memiliki anti jamur dan bakteri sehingga dapat mengurangi jerawat dan memutihkan kulit wajah.

Gambar Bawang Putih Kating
krjogja.com

Rambut rontok yang disebabkan oleh penyakit autoimun dapat diatasi menggunakan minyak bawang. Dengan mengoleskan secara runtin minyak bawang pada kulit kepala, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Nah begitu banyak tentunya  manfaat dan kegunaan dari bawang putih ini. Anda tidak perlu heran jika sering kali bawang putih menjadi sorotan di berita apalagi soal harganya. Ya, harga bawang putih ini memang sering tidak stabil.

Info terbaru harga bawang putih untuk satu kilonya Rp 38.000, namun dibeberapa tempat juga mencapai Rp 50.000/Kg. Jika anda berada di daerah pegunungan bisa saja mendapat harga terendah yaitu Rp 30.000/Kg.

Baca Juga : Harga Bawang Merah

Demikian informasi harga bawang putih terbaru, harga tersebut tentu dapat berubah sewaktu-waktu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *