Harga Bawang Merah

Berbicara mengenai bumbu masak, nampaknya bawang merah merupakan bumbu masak yang tidak boleh terlewatkan. Seperti namanya jenis bawang yang satu ini memiliki warna merah keunguan.

Bawang merah tumbuh di dalam tanah, pada satu tumbuhan bawang merah akan memiliki satu buah bawang. Meski tumbuh di dalam tanah bawang merah ini memiliki banyak lapisan kulit untuk melindungi bagian dalamnya.

Lapisan kulit bawang ini memiliki tekstur seperti plastik dan mudah dikelupas. Bagian dalam bawang merah berwarna merah mengkilap. Jika dibelah menjadi dua akan nampak lapisan per lapisan warna merah dan putih.

Gambar Bawang Merah
ewscb.kemendag.go.id

Namun Anda perlu berhati-hati ketika hendak mengiris bawang merah karena di dalamnya terdapat senyawa bersulfur, jika senyawa tersebut bereaksi dengan enzim maka akan menghasilkan asam sulfanelat.

Dari jenis asam tersebut, bawang merah dapat menyebabkan perih pada mata. Bahkan untuk beberapa orang yang jarang memasak bisa sampai mengeluarkan air mata ketika memotongnya.

Asal muasal bawang merah ini berawal dari negara timur tengah yaitu Iran dan Pakistan. Dari sanalah kemudian bawang merah menyebar kebelahan dunia.

Gambar Bawang Merah Tunggal
utamatani.com

Di Indonesia sendiri bawang merah dapat tumbuh dengan mudah baik di dataran tinggi maupun rendah. Untuk menanamnya cukup mudah, hanya menggunakan umbi bawang merah yang dipanen tua.

Umbi bawang tersebut ditanam pada lahan yang tidak terlalu basah namun juga harus sering disiram. Dalam beberapa hari saja umbi bawang akan dengan cepat berkecambah.

Tanaman bawang akan tumbuh menjadi batang dan daun. Daun bawang ini juga bisa digunakan untuk keperluan memasak sehari-hari seperti dijadikan campuran pada sop.

Gambar Tanaman Bawang Merah
i2.wp.com

Tidak memerlukan waktu lama cukup 2 – 3 bulan saja bawang merah sudah bisa untuk dipanen. Biasanya dalam satu tanaman akan terdapat 4 – 6 anakan umbi bawang.

Dengan mengkonsumsi bawang merah Anda akan mendapatkan berbagai manfaat seperti mencegah dari resiko terkena kanker. Bawang merah ini memiliki zat anti oksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Zat antioksidan tersebut yaitu zat quercetin yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sebagaimana tertulis dalam jurnal Pharmacological Reports.

Gambar Tumbuhan Bawang Merah
1.bp.blogspot.com

Dikutip dari Hellosehat bawang merah ini juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Penelitian telah dilakukan di Sudan untuk penderita diabetes melitus yang diberikan bawang merah mentah.

Bermacam-macam kegunaan dan manfaat dari bawang merah tersebut tak ayal menjadikan bawang merah banyak dicari oleh masyarakat.

Kebutuhan pasar yang tinggi seharusnya diimbangi dengan pasokan bawang dari petani yang memadai sehingga tidak terjadi kenaikan harga bawang yang melonjak tinggi.

Gambar Irisan Bawang Merah
img1.cookinglight.timeinc.net

Kerap kali harga bawang merah ini menjadi sorotan karena kenaikannya yang fantastis, seperti pada awal bulan April, terjadinya masalah distribusi mengakibatkan harga bawang merah naik.

Kenaikan harga bawang kala itu mencapai 2 kali lipat dari harga biasanya, hal tersebut tentu memberatkan bagi masyarakat terlebih lagi bagi penggerak bisnis kuliner.

Padahal jika ditelaah kembali bawang merah ini dapat tumbuh dengan baik di negeri sendiri. Akan tetapi sistem penyaluran dari petani ke pasar yang sering kali menjadi kendala dan mengakibatkan harga bawang merangkak naik.

Contoh Gambar Bawang Merah
cdn.medcom.id

Untuk saat ini harga bawang merah terbaru yang tertinggi mencapai Rp 50.000/Kg sedangkan untuk harga terendahnya berada dikisaran Rp 25.000/Kg. Jika diambil rata-rata harga bawang merah yaitu Rp 37.000/Kg.

Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu seperti yang sudah dijelaskan diatas harga bawang merah tidak stabil setiap bulannya. Demikian informasi harga bawang merah terbaru semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *