Harga Batu Zamrud

Ada banyak sekali jenis-jenis batu di dunia saat ini. Banyak batu-batu yang digunakan untuk industri dan sebagai bahan baku. Diantara banyak dari jenis batu tersebut ada juga yang memiliki keindahan dan juga khasiat.

Mungkin dari kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya batu akik, batu jenis ini pernah sangat digemari pada saat masa-masanya.

Sekarang batu akik sudah tidak lagi tenar seperti dulu lagi. Namun bagi orang-orang pecinta dan pengoleksi batu akik tentu masih ada, bahkan banyak dan tidak sedikit.

Galena.co.id

Bagi kalian yang seorang pecinta batu akik atau pernah suka mengoleksinya, pasti kalian juga tidak asing lagi dengan yang namanya batu Zamrud atau batu Emerald?

Ya tentu saja batu ini sangat menarik perhatian karena warna dan kelangkaannya yang menjadikan batu Emerald dijuluki sebagai batu mulia yang cukup langka.

Batu Emerald atau Zamrud berasal dari Afrika. Sulit sekarang menemukan batu Emerald di pasaran tanah air, namun kali ini admin akan membagikan informasi mengenai jenis dan harga batu ini, selain itu keunikan dari batu ini juga akan admin ulas, dan juga memberi informasi dimana harus membelinya.

Apa Itu Batu Emerald atau Zamrud?

www.batucincinakik.com

Batu emerald adalah batu yang memiliki warna hijau transparan sebagai ciri khas. Warnanya juga bisa bervariasi, tergantung dari asal, bagaimana pembentukannya serta kandungan batu itu. Bisa jadi warnanya hijau tua sampai hijau muda.

Nah, warna hijaunya sendiri disebabkan oleh Kromium. Didalam kromium terdapat besi dan Vanadium yang membuat batu ini memiliki beragam bentuk zona warna. Kandungan utama batu Emerald ini adalah Beryl.

Sebagaimana batu-batu mulia terbentuk, pembentukan batu ini juga sangat lama seperti pembentukan berlian. Jadi mungkin inilah mengapa batu ini memiliki harga yang lumayan karena kelangkaan dan lamanya pembentukannya.

Bagaimana Membedakan Batu Emerald Asli dan Palsu?

bukalapak.com

Perlu kamu ketahui, bawha warna hijau dari batu Emerald ini memiliki khasiat yaitu mendatangkan kesenangan pada penggunanya, serta menentramkan dan menyejukan jika dilihat. Mungkin karena efek keindahannya yang begitu membuat orang terpukau bagi yang melihatnya.

Batu ini memiliki kemampuan menyerap energi yang ada disekitarnya lalu diolah dan ditranspose didalam Kristal batu permata tersebut, sehingga meniumbulkan ion cahaya yang terlihat oleh mata seperti nyala cahaya luster.

Jadi untuk kamu yang ingin memiliki batu ini, sudah pasti batu ini disamping digunakan untuk penampilan, tetapi juga memiliki khasiat yang bermanfaat.

Nah, untuk itu kamu harus hati-hati dalam memilihnya, karena banyak pemalsuan yang dilakukan pihak tertentu untuk mencari keuntungan dari batu ini. Berikut ini beberapa ciri untuk membedakan batu Emerald palsu dan batu Emerald asli :

  • Warna : Hijau Transparan
  • Kandungan : Beryl (Be3Al2Si6O18)
  • Bentuk : Kristal (Tergantung Pemolesan)
  • Pembiasan Ganda : 0,005 – 0,009
  • Skala kekerasan (Mohs) : 7,5-8

Jadi jika kamu ingin memliki batu Emerald, pastikan batu tersebut asli terlebih dahulu. Biasanya pembelian batu sejenis ini akan disertai dengan sertifikat keasliannya. Untuk kamu yang mempunya hobi mengoleksinya, pastikan untuk tidak melupakan adanya sertifikat keasliannya.

Darimana Asal Batu Zamrud?

bukalapak.com

Memang banyak kalangan pecinta batu akik dan ilmuwan yang menyebutkan bahwa batu ini ditemukan di Afrika, itu sebabnya banyak pecinta batu akik yang mencari batu Zamrud Afrika untuk mereka miliki.

Namun, setelah diteliti lebih jauh, batu ini sudah digunakan dan dikenal sejak zaman dahulu, yaitu pada saat pemerintahan Ratu Mesir Cleopatra. Untuk lebih jelasnya, disini admin akan menjelaskan sejarah dari batu ini, asal muasalnya, serta jenis-jenisnya.

Zamrud Columbia

bukalapak.com

Perlu kalian tahu, Columbia adalah Negara penghasil batu Emerald yang terkenal dan berkualitas saat ini. Awal mula lahirnya pertambangan di Columbia dikarenakan sudah sedikitnya pertambangan batu Emerald di Mesir.

Karena disetiap Negara memiliki beda kondisi tanah dan cuaca, jadi batu zamrud dari Columbia ini memiliki ciri tersendiri. Ciri-ciri yang menonjol dari batu Zamrud Columbia adalah terletak pada nyala batunya, transparansi, dan kristalisasinya yang memiliki warna hijau.

Untuk jenis batu Emerald dari Columbia ini lumayan banyak, yaitu ada 4 jenis batu. Yang termasuk kelompok batu Zamud Columbia adalah : Devonshire Emerald, Patricia Emerald, Iran Crown Emerald, dan Crown of Andes.

Zamrud Brazil

bukalapak.com

Untuk Negara penghasil batu Emerald berikutnya adalah Negara sepak bola yaitu negara Brazil. Negara ini sudah memproduksi batu Emerald sejak tahun 1980-an silam. Sama seperti Columbia, Brazil juga memproduksi batu Emerald karena sudah langkanya dipasaran dunia.

Untuk ciri khasnya terletak pada nyala kekuningan dan lebih ringan dibanding batu Zamrud lain. Mungkin batu ini sedikit tidak terlihat seperti batu Zamrud yang hijau pada umumnya, namun kualitas dari batu ini juga berani untuk dipersaingkan dalam pasaran dunia.

Batu Emerald dari Brazil yang terkenal dipasaran dunia saat ini adalah Bahia Emerald. Batu ini merupakan salah satu batu zamrud terbesar dan mengandung pecahan tunggal terbesar yang pernah ditemukan. Beratnya bisa mencapai 752 lbs atau sekitar 320 kg. Batu ini ditemukan di Bahia, Brazil.

Zamrud Afrika

beritabatu.com

Nah, Negara ini merupakan Negara kedua terbesar penghasil batu Emerald setelah Columbia. Daerah penghasil batu Zamrud dari Afrika adalah Zambia, Zimbabwe, Madagaskar, dan Nigeria. Meskipun Negara ini menduduki peringkat kedua, tetapi negara ini sudah terkenal akan kualitas baru Emeraldnya.

Untuk ciri khas dari Zamrud Afrika sendiri adalah memiliki warna yang cenderung abu-abu kecoklatan, sangat berbeda dengan zamrud dari Columbia.

Namun belakangan ini, batu yang dihasilkan dari Negara ini bisa dibilang cukup sedikit, terutama yang ada di daerah Afrika Timur seperti Zimbabwe, Tanzania, dan Zambia.

Perlu kalian tahu, di Zambia juga pernah ditemukan batu Zamrud berukuran lumayan besar dengan berat 1,1 kg. Batu tersebut mengandung 5,655 karat dan diperkirakan harganya bernilai Rp 38,9 miliar. Batu itu dinamai batu Inkalamu yang berarti batu Singa. Ditemukan pada 2 Oktober 2018.

Khasiat Batu Emerald / Zamrud

youtube.com

Mungkin dari kalian masih berfikir, apakah sebuah batu bisa menghasilkan sebuah manfaat bagi tubuh? Namun hal itu benar adanya, karena banyak peneliti yang sudah membuktikan bahwa ada sejenis batu yang bisa menghasilkan manfaat bagi penggunanya secara tidak langsung.

Ada banyak khasiat yang diberikan oleh batu permata Emerald ini, dan khasiatnya sudah banyak dipercaya oleh banyak orang. Beberapa khasiatnya sebagai berikut :

  • Batu Emerald dipercaya banyak orang untuk meningkatkan kewibawaan, karena bentuk dan warnanya yang khas menjadikan penggunanya percaya diri untuk menggunakannya.
  • Batu Emerald memberikan energi positif bagi tubuh, menjadikan tubuh menjadi lebih prima disetiap kondisi.
  • Menurut banyak orang, batu Emerald mampu menarik kejayaan hidup.
  • Ada juga yang menyebutkan bahwa batu ini cocok digunakan untuk orang yang lahir di bulan Mei, sehingga permata hijau ini disebut sebagai permata musim semi.

Perawatan Batu Emerald / Zamrud

blibli.com

Untuk jenis batu permata yang satu ini, kita harus bisa merawatnya secara hati-hati, karena batu ini rentan terhadap tekanan yang diberikan benda lain. Jadi sebisa mungkin kita jangan menaruhnya ditempat sempit atau tempat dengan banyak barang, pisahkan batu ini dari barang-barang lain.

Walaupun batu zamrud memiliki skala kekerasan yang lumyan yaitu 7,5 – 8 Mohs, tetapi kita harus tetap memberikan perlakuan khusus terhadap batu ini. Karena batu Zamrud merupakan batu yang rapuh jika dibandingkan dengan Beryl lainnya.

Zamrud juga rentan terhadap bahan kimia, terutama bahan kimia rumah tangga. Jadi untuk kamu yang ingin batu ini tetap awet, hindarilah penggunaan bahan kimia rumah tangga pada saat memakai batu ini.

Hindari juga pemakaian batu permata ini saat sedang memakai bahan kima apapun. Biasanya bahan yang perlu kalian hindari adalah bahan yang mengandung asam. Namun kalian juga harus tetap menghindari bahan kimia yang megandung Basa seperti sabun dan detergen.

Lalu untuk membersihkan batu permata ini, gunakan air hangat dan gunakan sedikit sabun atau cairan pembersih khusus. Nah, setelah itu pastikan kamu membersihkan semua bekas sabun pada batu ini.

Untuk yang terakhir, hindarilah penggunaan pembersih ultrasonic atau pembersih uap (Steam Cleaner) pada batu permata ini, karena bisa mengakibatkan hilangnya minyak yang digunakan pada treatment Emerald tersebut. Jika minyak hilang, maka kemilau dari batu ini akan memudar dan hilang.

Harga Batu Zamrud

Untuk harga dari batu ini tergantung dari bentuk, bobot, kualitas, dan keaslian serta karat yang dimiliki batu ini. Untuk batu Zamrud termahal saat ini dimiliki oleh aktris Hollywood Elizabeth Taylor, dengan harga US $ 6.578.500 atau senilai 79 miliar rupiah.

Zamrud biasa dipakai perempuan dari keluarga yang terpandang atau keluarga kerajaan, misalnya pada kerajaan Brunei. Tidak sembarang orang bisa memiliki batu ini karena harganya yang bisa dibilang selangit.

Nah, perlu kalian tahu, batu zamrud  terbesar juga pernah ditemukan di tambang hujan Columbia pada tahun 2001. Besarnya mencapai 840 lbs atau setara 340 kg. Untuk harganya sendiri mencapai $ 400jt atau setara 4 triliun rupiah.

Baca Juga : Harga Keramik Batu Alam

Untuk itu mungkin kalian bisa membelinya secara online atau mencarinya langsung ke toko penjual. Harganya di Indonesia mungkin bisa mencapai 2 juta – 50 juta rupiah.

Tidak banyak sekarang yang menjual batu Zamrud dengan disertai sertifikat keaslian. Malahan banyak penjual yang menjual batu zamrud palsu sintetis dengan embel-embel asli di pasaran online maupun toko-toko. Jadi kamu harus berhati-hati dalam memilih permata hijau musim semi ini.

Untuk itu, admin hanya akan menyediakan kisaran harga batu Zamrud bersertifikat yang bisa dijadikan patokan kisaran untuk kamu yang berminat membelinya.

 

JenisKaratUkuranHarga
Zamrud Alami1.99cts6.76 mm x 5.93 mm x tebal 5.77 mmRp 6.000.000
Zamrud Exclusive2.33cts10.31 mm x 7.60 mm x tebal 4.84 mmRp 6.650.000
Natural Emerald Oval1.48cts9.12 mm x 6.99 mm x tebal 3.88 mmRp 1.750.000
Zamrud Oval1.63cts8.90 mm x 6.20 mm x tebal 4.33 mmRp 8.500.000

 

JenisKaratUkuranHarga
Natural Emerald1.84cts8.58 mm x 6.94 mm x 4.69 mmRp 6.500.000
Natural Emerald1cts7.83 mm x 5.23 mm x 3.77 mmRp 6.500.000
Natural Emerald1.21cts6.40 mm x 5.97 mm x 4.76 mmRp 9.500.000
Natural Emerald1.1cts5.89 mm x 5.84 mm x 4.56 mmRp 8.500.000

 

Mungkin diatas adalah harga dari beberapa batu Zamrud yang sudah admin saring dari beberapa website jual beli online. Untuk harga yang disediakan di website online biasanya berbeda-beda.

Harga diatas bisa kalian banding-bandingkan satu sama lain, sehingga kalian bisa tahu kisaran harga batu tersebut di pasaran Indonesia.

Untuk keasliannya, kamu juga harus teliti dalam memilihnya, karena belum tentu batu tersebut memiliki sertikfikat, dan belum tentu juga sertifikat yang diberikan adalah asli. Jadi kamu harus teliti ya, apalagi dengan harga yang selangit tersebut.

Nah, mungkin cukup disini artikel kali ini, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
SELENGKAPNYA

Harga Anakan Kambing

Kebutuhan sumber pangan sekarang semakin beraneka ragam, contohnya kebutuhan daging yang sekarang ini banyak diminati di kalangan masyarakat.…