Harga Batu Bacan

Batu mulia adalah batu hasil pengkristalan mineral yang dibentuk dari hasil proses geologi yang terdiri dari beberapa unsur kimia. Harga dari batu ini relatif mahal karena keindahan dan warnanya yang beragam.

Tidak semua daerah dapat menghasilkan batu permata/mulia. Sebuah batu bisa disebut batu mulia jika memenuhi syarat ketahanan, keindahan, dan kelangkaan. Batu mulia memiliki skala kekerasan dari 1 – 10 Mohs. Ini merupakan skala kekerasan untuk sebuah batu.

Di Indonesia sendiri ada banyak daerah yang bisa menghasilkan batu mulia. Diantaranya adalah provinsi Aceh dan Padang yang menghasilkan batu jenis idocrase, lalu di daerah Banten terdapat batu kalimaya, tak kalah di Maluku Utara terdapat batu Bacan, dan masih banyak lagi.

infobacan.com

Disini kita akan membahas batu terkenal yang bersal dari Maluku Utara yaitu Batu Bacan. Penghasil batu Bacan adalah Desa Palamea, Desa Besori, Desa Doko, Desa Akelamo, dan Desa Majiko, pulau Kasiruta, kecamatan Bacan Barat, Maluku Utara.

Untuk ragamnya sendiri batu bacan memiliki banyak ragam dan jenis yang memiliki susunan kimia yang berbeda untuk setiap jenisnya. Karena pengaruh daerah dan kandungan kimia di bebatuan, maka warna yang dihasilkan pun juga akan berbeda-beda.

Perlu kamu ketahui, bahwa sejatinya bacan hanya ada 2 jenis awalnya, yaitu Bacan Doko dan batu Bacan Palamea. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok, antara warna dan kekerasannya pun berbeda. Untuk kandungan kimianya tentu berbeda juga dikarenakan berbeda susunan mineralnya.

Lalu sekarang sudah banyak ditemukan jenis Bacan baru yang juga memiliki kandungan Chryscolla sehingga bisa disebut dengan batu Bacan, untuk itu mari kita ulas satu-satu jenis dan ragam batu Bacan ini.

Bacan Palamea

bukalapak.com

Nama batu ini diambil dari nama desa tempat batu ini ditemukan, yaitu Desa Palamea, Kepulauan Karisuta, Maluku Utara. Mungkin jika kita melihat sekilas, batu ini sangat mudah dibedakan dengan Bacan Doko.

Jika kita bandingkan dengan Bacan Doko, batu Bacan Palamea tidak memiliki banyak warna variasi. Untuk warnanya sendiri batu ini lebih berwarna biru muda atau hijau muda cerah.

Itu disebabkan karena kandungan Chrysocolla yang lebih banyak dibanding Bacan Doko. Namun tingkat kekerasan batu ini masih dibawah Bacan Doko.

Kandungan kapur batu ini lebih banyak dibandingkan Bacan Doko sehingga sering disebut Bacan Pido. Untuk itu perlakuan khusus dan perawatan yang rutin perlu agar batu ini tetap awet.

Nah, pembentukan Bacan Palamea lebih lama dibanding Bacan Doko, sehingga menyebabkan harga batu ini lebih mahal dipasaran dan banyak kolektor yang mencari batu ini untuk dimilikinya. Batu ini juga sangat populer dikalangan pecinta batu akik.

Bacan Doko

bukalapak.com

Warna Bacan Doko lebih ke warna kuning-kuningan, namun dipadukan dengan warna coklat. Jika kalian menemukan warna lain dari Bacan Doko, itu bisa saja terjadi, pasalnya batu ini juga memiliki banyak jenis dan warna, contohnya warna kembang, teh, hati hiu, biru tua, hingga warna hijau.

Untuk nama dari batu ini juga lumayan banyak, diantaranya Bacan Doko Blue Green, Bacan Doko Bluish Green, Bacan Doko Greenish Blue, Bacan Doko Green Green, Bacan Doko Cincau, Bacan Doko Gulau, Bacan Doko Hitam Senter Hijau, Bacan Doko Hijau Botol.

Bacan doko memiliki tingkat pembentukan yang cepat disbanding Bacan Palamea, namun batu ini lebih tinggi tingkat kekerasannya. Kandungan kapur batu ini juga tergolong banyak, itu dikarenakan daerah pembentukannya banyak mengandung kapur.

Perlu kamu tahu, Bacan Doko lebih hidup dibanding Bacan yang lain, karena tingkat pembentukan dan pengkristalan serta perubahan warnanya yang cepat.

Untuk kandungan yang ada didalam batu Bacan ini adalah Chrysocolla in Chalcedony (batu Chalcedony yang mempunyai unsur Chrysocolla). Ini telah dibuktikan dengan adanya tes laboratorium kandungan kimianya.

Batu Bacan Buli

tokopedia.com

Jika kita melakukan tes laboratorium pada bacan ini, maka tidak ada kandungan Chryscolla didalamnya. Sehingga seharusnya batu ini tidak termasuk dalam jenis golongan Batu Bacan yang kita kenal.

Memang sekilas warnanya ada yang mirip dengan Bacan Doko, namun batu ini tetap tidak bisa dimasukkan golongan Batu Bacan. Batu ini memiliki beberapa variasi warna, diantaranya warna teh, coklat, hijau, dan ungu.

Batu Bacan Obi

bukalapak.com

Sama seperti Bacan Buli, tidak ada kandungan  Chryscolla didalam Bacan Obi. Namun sepertinya boleh kita bilang bahwa Bacan Obi dan Buli merupakan jenis batu bacan yang tidak masuk dalam dua Bacan golongan Besar (Doko dan Palamea).

Warna umum dari batu bacan ini adalah merah dan merah kecoklat-coklatan. Dilohat dari warna saja batu ini sudah berbeda dari Bacan pada umumnya. Namun banyak orang berpendapat bahwa batu ini termasuk bacan karena ditemukan disekitar daerah Bacan.

Setelah diteliti di tes laboratorium menghasilkan bahwa batu ini ternyata bukan dalam kelompok Bacan, melainkan masuk dalam kelompok Batu Carnelian (Red Baron).

Bacan Blue Elektrik

bukalapak.com

Untuk Bacan kali ini memiliki warna Biru yang cantik dipadukan dengan warna hitam bintik-bintik yang menyebar. Ciri khasnya memiliki urat atau serat berwarna hitam seperti aliran listrik.

Untuk kekerasan yang dimiliki batu ini tergolong lumayan, yaitu pada skala 7 mohs dan sudah cukup membesi. Namun dibandingkan Bacan lain batu ini masih lebih lunak dan mudah pecah atau tergores.

Seperti batu akik lain, kualitas dari sebuah batu menjadi penentu harganya, semakin bagus kualitasnya, maka semakin mahal harganya pula. Namun tetap jenis batu Bacan merupakan batu yang harganya tergolong tidak terlalu mahal

Untuk bongkahan batu ini sendiri memiliki banyak kandunga kapur, sehingga pada saat dilakukan pembentukan sebaiknya dilakukan perendaman terlebih dahulu baru selanjutnya dibentuk menjadi cincin dan semacamnya.

Untuk mengetahui kualitas dari batu Bacan tentu dibutuhkan keahlian khusus. Bagi mereka yang sudah menganal dan faham perbedaan dan kualitas suatu batu akik maka akan terasa sangat mudah sekali.

Nah, bagi kalian yang ingin mengoleksi batu Bacan, saran admin carilah konsultasi terlebih dahulu dengan orang yang lebih berpengalaman, terutama jika harga batu tersebut tergolong mahal agar terhindar dari penipuan dan kekeliruan.

Bacan Cincau

wahyumulia.comBacan jenis ini memiliki keindahan yang sangat indah karena warnanya yang mengkilap dan mengkristal. Warnanya yang seperti cincau menjadikan batu ini dinamai Bacan Cincau. Batu ini ditemkan di daerah Pulau Kasiruta bukan di Pulau Bacan.

Natural Chryscolla Chalcedony adalah nama lain dari batu ini. Untuk sekarang batu ini sangat susah untuk kita cari di daerah asalnya karena langkanya penambang mencari bahan-bahan di lokasi pertambangan.

Perlu kalian ketahui, batu Bacan ini tidak kalah dengan batu Bacan jenis lain karena jika kamu rawat dengan baik maka akan menghasilkan batu Bacan Cincau Super maka kualitasnya akan begitu mengkilap dan indah.

Untuk membedakan asli dan palsu, ciri-ciri batu ini adalah warnanya yang kehijau-hijauan, dan jika diberi cahaya batu ini akan menampakan serat-serat. Pada saat kita diamkan lama lalu ditempelkan ke kulit, rasanya juga dingin. Warna yang dihasilkan batu ini juga mengkilap.

Bacan Gulau

bukalapak.com

Batu ini cukup popular dikalangan jenis batu Bacan, samapai saat ini ketertarikan pecinta batu akik terhadap Batu Bacan lumayan tinggi, tidak terkecuali jenis Batu Bacan Doko Gulau.

Ciri-ciri yang mencolok dari batu ini adalah berwarna hijau tua, dan sedikit kehitaman namun tidak pekat. Jika kalian merawatnya secara intensif maka akan menjadi Bacan Doko Gulau Super yang mendekati warna kebiru-biruan.

Jika menemunkan batu ini dalam bentuk masih bongkahan, maka bentuknyab akan nampak seperti totol-totol berwarna hitam. Skala kekerasan yang dimiliki batu ini lumayan yaitu pada 7 skala mohs.

Bacan Kembang

bukalapak.com

Tak kalah dengan Bacan jenis lain, jenis kali ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Disamping warnanya yang hijau kebiruan, namun dikombinasi dengan sensasi hitam coklat dan oranye bata sehingga menambah keindahan si Bacan Kembang.

Keunikan yang menjadi cirikhasnya adalah adanya sisi Kristal serta banyak bergambar dan bermotif abstrak. Kombinasi warnanya sangat khas dan jika diberi cahaya akan menimbulkan efek yang sangat indah.

Perlu kamu ketahui, batu ini sebenarnya masih baru-baru ini ditemukan sehingga masih sulit untuk dicari dipasaran. Bacan ini juga muncul setalah bacan-bacan lain mulai mengalami kejenuhan dipasaran tanah air.

Bacan Bisouri

bukalapak.com

Batu permata kali ini ditemukan di desa Bisouri (Akelamo) dekat desa Doko terletak dihamparan pegunungan. Jarak tempuhnya sendiri dari desa tersebut sekitar 4,3 Km ke tambang.

Struktur Kristal yang tinggi dan daging batu yang halus menjadi andalan batu ini. Warnanya hampir mirip dengan Bacan Doko hijau kebiruan dengan adanya serat warna hitam yang menghiasi batu ini.

Bacan Coklat

bukalapak.com

Bacan kali ini memiliki warna Coklat yang indah ditambah dengan serat warna hitam yang mengitarinya. Warnanya yang mempesona membuat pecinta batu akik dengan warna gelap menyerbu batu Bacan ini dipasaran.

Jika semakin banyak kapur maka batu akan semakin rapuh, tetapi tidak dengan batu ini, karena batu ini memiliki kandungan kapur yang lebih sedikit. Kapur pada bacan ini berwarna seperti urat-urat kuning yang berwarna lebih muda dibanding dengan warna bodinya.

Uniknya Bacan Coklat ini adalah memiliki Tali Air yang berwarna hitam, bisa dibilang serat juga, namun banyak yang menyebutkan bahwa itu adalah serat yang serupa dengan arus air yang berwarna bening atau transparan.

Bacan Doko Totol

bukalapak.com

Nah, untuk Jenis satu ini merupakan termasuk dalam Bacan Doko, namun memiliki ciri khas yang unik yaitu terdapat totol-totol hitam di batunya. Warnanya yang identic dengan warna hijau membuat batu ini semakin indah dikombinasi dengan totol hitam.

Bacan Majiko

tokopedia.com

Permata mulia satu ini adalah jenis batu Bacan yang bersal dari desa Majiko. Waranya yang dominan hijau transparan membuat yang melihatnya seperti melihat batu Zamrud Emerald.

Perlu kamu tahu, batu ini memiliki kekerasan yang lumayan dengan 7 – 7,5 skala Mohs dan merupakan jenis bacan dengan kekerasan yang tinggi.

Bacan Pido

bukalapak.com

Warna Hijau Tosca menjadi ciri khas batu Bacan kali ini. Hanya dengan melihatnya saja sekilas batu mulia ini terlihat indah. Namun yang disayangkan adalah kandungan kapur yang banyak dari batu ini sehinga menjadikan batu ini sedikit lebih rapuh dari Bacan lainnya.

Bacan Halmahera

bukalapak.com

Desa Loloda, kabupaten Halmahera Utara merupakan desa penghasil batu bacan. Bacan yang dihasilkan disni memiliki ciri khas tersendiri, sehingga batu yang ditemukan di desa ini dinamakan Bacan Halmahera.

Untuk warnanya Hijau dipadukan dengan serat kuning keemasan yang membuat batu ini terlihat elok dan indah.

Bacan Hati Gurango

bukalapak.com

Nah, dilihat dari namanya saja pasti Bacan kali ini memiliki warna seperti hati Gurango. Gurango sendiri dalam bahasa Halmahera berarti ikan hiu. Warnanya yang merah menyala dikombinasi dengan serat berwarna emas dan hitam membuat bacan ini terlihat sangar dan elegan.

Bacan Kasdam

bukalapak.com

Bacan kali ini menurut admin merupakan jenis bacan dengan bahan semi Kristal yang membuat bacan ini begitu mengkilap walaupun dengan warna hijau tua. Jika dilihat sekilas warnanya seperti lumut dan tekstur sebelum dipoles seperti batu biasa pada umumnya.

Nah, sekilas tentang macam-macam batu Bacan yang terkenal di Indonesia. Mungkin masih banyak jenis batu Bacan yang belum admin cantumkan, namun jenis-jenis diatas adalah Bacan yang terkenal di pasaran tanah air hingga internasional.

Baca Juga : Harga Batu Zamrud

Perlu kamu tahu, batu ini sudah terkenal sejak zaman kesultanan Maluku Utara, pada tahun 1960-an Presiden pertama Indonesia Soekarno pernah datang dan bersinggah di pulau Bacan (Labuha), masyarakat setempat memberikan batu Bacan kepada beliau.

Hampir semua jenis batu bacan akan mengalami proses batu hidup, yaitu batu lama kelamaan akan berproses menjadi lebih indah. Tentunya dengan perawatan yang benar dan intensif.

Harga

Untuk harga batu ini bervariasi, namun menurut admin untuk batu yang sudah jadi dan siap pakai harganya bisa mencapai kisaran Rp 200 ribu hingga berjuta-juta. Semua itu tergantung kelangkaan, ciri khas, dan jenis dari batu tersebut.

Berikut adalah harga yang bisa dijadikan referensi agar kamu lebih mudah dalam memilih dan menentukan mana pilihan batu mulia idaman kamu. Dan tentunya kami menyaringnya dari situs terpercaya.

JenisHargaBobotUkuran
Bongkahan Bacan Doko SuperRp 1.525.000253 gram
Cincin Bacan DokoRp 175.00050 gram 12 mm x 16 mm x 6mm
Bongkahan Bacan Palamea SuperRp 900.000160 gram
Cincin Bacan Palamea JumboRp 350.000200 gram18 mm x 28 mm x 12 mm
Bongkahan Bacan Blue Elektrik SuperRp 2.000.000300 gram
CIncin Bacan Blue ElektrikRp 450.000700 gram (dengan cincin)15 mm x 12 mm x 8 mm
Cincin Bacan CincauRp 185.00080 gram17 mm x 12 mm x 7 mm
CIncin Bacan Doko GulauRp 350.000300 gram (dengan cincin)22 mm x 12 mm x 6mm
CIncin Bacan KembangRp 150.000100 gram (dengan cincin)13 mm x 10 mm x 8 mm
Cincin Bacan BisouriRp 450.00030 gram20 mm x 15 mm x 8 mm
CIncin Bacan CoklatRp 890.00030 gram
Cincin Bacan Doko Totol KristalRp 695.00075 gram16 mm x 9 mm x 5 mm
Cincin Bacan MajikoRp 270.00050 gram17 mm x 12 mm x 7 mm
Cincin Bacan PidoRp 500.00050 gram15 mm x 10 mm x 7 mm
Cincin Bacan HalmaheraRp 300.00020 gram
Cincin Bacan GurangoRp 298.000108 gram (dengan cincin)23 mm x 31 mm x 13 mm (dengan cincin)

 

Sekilas harga dari beberapa cincin dan bongkahan batu bacan di situs jual beli online, untuk kalian yang meminatinya, jangan lupa untuk selalu hati-hati dalam membelinya.

Nah, mungkin sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
SELENGKAPNYA

Harga Solar

Seperti diketahui, bahan bakar minyak atau biasa kita ketahui dan kita singkat sebagai BBM, memiliki beragam jenis dan…
Gambar Mie instan dengan sajian menarik
SELENGKAPNYA

Harga Mie Instan

Sering mengkonsumsi mie instan? Atau bahkan kamu mengkonsumsi mie instan ini hampir setiap hari. Asal jangan berlebihan boleh…