Biaya Visa Jepang

Ketika Anda berpergian ke luar negeri tentu harus memiliki paspor dan visa, dengan adanya dokumen tersebut Anda akan diangap aman dan valid oleh negara yang dikunjungi.

Namun apakah Anda sudah mengetahui perbedaan paspor dan visa? Bagi Anda yang sudah sering ke luar negeri mungkin sudah tau perbedaannya, tapi jika Anda baru pertama kali ke luar negeri tentu masih bertanya-tanya.

Ketahui Perbedaan Paspor dan Visa Terlebih Dahulu

Gambar Perbedaan Paspor dan Visa
getaway.10best.com

Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh instansi negara, berisi identitas si pemilik paspor, dan fungsinya sebagai “KTP” seseorang untuk memasuki wilayah negara lain secara resmi.

Paspor berbentuk buku yang umumnya terdiri dari 24 atau 48 lembar. Seperti yang sudah dijelaskan, lembaran tersebut berisi identitas yang diantaranya memuat foto pemilik, dan tempat tanggal lahir.

Namun lembaran tersebut tidak sepenuhnya terisi, akan ada beberapa lembar kosong yang nantinya digunakan untuk meletakkan visa dengan cara ditempel atau dicap.

Karena memiliki fungsi yang hampir sama seperti “KTP”, paspor memiliki masa berlaku yang lama, yaitu 5 tahun.

Jadi, paspor dibuat oleh negara si pemilik paspor lahir, misalnya saya warga negara Indonesia, maka saya membuat paspor kepada INSTANSI INDONESIA.

Sedangkan visa, adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara yang akan dikunjungi, berisi “izin diterima”, dan fungsinya sebagai “Tiket” untuk memasuki wilayah negara tersebut.

Umumnya visa berbentuk sticker, ada juga yang bentuknya stempel untuk paspor di beberapa negara tertentu.

Karena memiliki fungsi yang jika diibaratkan sebagai “Tiket”, visa memiliki masa berlaku yang sebentar, mulai dari beberapa minggu hingga bulan (tergantung pada jenis visa yang dibuat).

Jadi, visa itu dibuat oleh negara yang akan dikunjungi, seumpama pada artikel ini Anda akan mengunjungi Jepang, maka Anda harus membuat visa kepada INSTANSI JEPANG yang ada di Indonesia.

 

Visa Ternyata Memiliki Banyak Jenis lho, Apa saja?

Gambar Jenis-jenis Visa
ican-education.com

Setelah mengetahui perbedaan paspor dan visa, pada arikel kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai visa saja, lebih tepatnya pada berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat visa Jepang.

Sebelumnya Anda harus mengetahui kategori dan macam visa terlebih dahulu, agar nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda berkunjung ke Jepang. Apakah dalam rangka bekerja, mengunjungi keluarga atau sekedar berwisata.

Visa untuk Kunjungan Keluarga

Bila Anda memiliki keluarga yang ada diluar negeri dan Anda ingin mengunjunginya, maka untuk mendapatkan visa jenis ini pihak keluarga tersebut harus membuat pernyataan bahwa mereka akan bertanggung jawab terhadap kedatangan Anda.

Untuk masa berlakunya, visa ini memiliki waktu kunjungan maksimal 3 bulan atau 90 hari ya.

Visa untuk Kunjungan Wisata

Visa jenis ini merupakan visa yang paling banyak digunakan masyarakat kita, untuk membuat visa kunjungan wisata Anda hanya perlu melengkapi syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan.

Perlu diketahui, ada beberapa negara yang tidak memerlukan visa jika Anda hendak berwisata, alias negara tersebut menerapkan sistem bebas visa.

Visa untuk Tujuan Bisnis

Jika Anda bekerja pada suatu perusahaan, mungkin adakalanya perusahaan tersebut mengagendakan kunjungan ke negara lain untuk menunjang bisnisnya.

Dengan visa jenis ini Anda akan dimudahkan dalam melakukan perjalanan bisnis ke negara yang dikunjungi.

Visa untuk Bekerja

Visa bekerja biasanya diperuntukan untuk orang yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan luar negeri.

Masa berlaku visa ini biasanya tergantung pada kontrak kerja Anda dengan perusahaan tersebut.

Maka dari itu visa bekerja dibagi menjadi 3 jenis, yaitu visa kerja sementara, visa kerja semi-permanent, dan visa kerja permanent.

Visa untuk Transit

Dalam melakukan perjalanan ke negara tujuan, tidak semua alat transportasi (seperti pesawat) menggunakan jalur yang langsung menuju tempat tujuan, melainkan akan singgah di negara lain terlebih dahulu atau biasa disebut transit.

Meskipun hanya sebentar, saat Anda melakukan transit juga harus membutuhkan visa. Visa transit sendiri dibagi menjadi 2, yaitu “Airport Transit Visa” dan “Transit Visa.”

Jika menggunakan “Airport Transit Visa” maka Anda hanya berhak berada di area bandara saja, alias tidak boleh memiliki kepentingan diluar bandara seperti menginap dan sebagainya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, Anda tidak dibolehkan keluar bandara karena Airport Transit Visa hanya memiliki masa berlaku beberapa jam saja.

Kemudian untuk “Transit Visa” Anda boleh melakukan kepentingan diluar bandara. Masa berlakunya pun cukup lama untuk sekedar transit, yaitu sekitar 5 hari.

Visa untuk Pelajar

Seperti namanya visa jenis ini memang dikhususkan untuk orang yang akan mengenyam pendidikan diluar negeri.

Visa untuk pelajar memiliki masa berlaku selama pendidikan berjalan (termasuk hari libur).

Asalkan Anda memenuhi syarat untuk menjadi pelajar di luar negeri, Anda sudah bisa mendapatkan visa jenis ini.

Kemudian bagi orang yang akan menjalani pertukaran pelajar, biasanya pembuatan visanya akan lebih mudah. Karena telah diatur oleh pihak kampus atau sekolah terkait.

Visa On Arrival

Jenis visa yang terakhir ini bisa dianggap berbeda dari keseluruhan visa diatas. Jika visa-visa sebelumnya harus dibuat jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan, maka Visa On Arrival tidak seperti itu.

Yup, Visa On Arrival dibuat saat itu juga, alias dibuat saat Anda memasuki wilayah suatu negara, umumnya dibuat di bandara.

Untuk masa berlakunya Visa On Arrival memiliki waktu berkunjung yang tidak panjang, yaitu 30 hari. Namun setelah masa berlakunya habis, Visa On Arrival bisa diperpanjang.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Visa Jepang? Berikut ini langkah-langkahnya

Gambar Cara Membuat Visa Jepang
catperku.com

Menyiapkan Dokumen-dokumen

  • Dokumen pertama yang wajib Anda isi adalah Formulir Permohonan Visa. Untuk mengunduhnya silahkan klik disini. Pastikan diisi dengan lengkap dan jangan lupa untuk diteliti kembali.
  • Selanjutnya adalah paspor, pastikan paspor yang Anda miliki masih memiliki masa berlaku setidaknya 6 bulan, serta terdapat sekurang-kurangnya 2 lembar yang masih kosong.
  • Jangan lupa siapkan fotokopi KTP, bagi anak dibawah 16 tahun KTPnya bisa diwakilkan dengan menyertakan kartu yang menyatakan bukti hubungan keluarga.
  • Pastikan Anda memiliki pas foto berukuran 4,5 cm x 4,5 cm dengan background polos. Foto yang diambil adalah foto dalam 6 bulan terakhir dan harus jelas.
  • Sertakan bukti pemesanan tiket pulang-pergi.
  • Catat jadwal atau kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan. Mulai dari masuk ke hingga keluar Jepang.
  • Cek berapa biaya visa jepang yang diperlukan (rinciannya ada di akhir artikel)
  • Dikarenakan terlalu banyak untuk dimuat dalam artikel ini. Untuk dokumen yang lain lebih lengkapnya bisa cek pada file disini.

Membuat Perjanjian

Setelah semua dokumen disiapkan, kini saatnya Anda membuat jadwal perjanjian dengan kantor Pusat Aplikasi Visa Jepang.

Pembuatan jadwal perjanjian dilakukan agar nantinya Anda tidak perlu mengantri dalam mengurus visa.

Pertama, Anda harus mendaftar terlebih dahulu disini.

Setelah itu Anda bisa melihat jadwal yang kosong, silahkan buat permohonan pada menu yang tersedia.

Sebagai info tambahan Anda juga bisa mengubah jadwal sewaktu-waktu atau membatalkannya.

Datang ke Pusat Aplikasi Visa Jepang

Setelah semuanya siap, langkah selanjutnya dalam membuat visa adalah Anda harus mendatangi kantor Aplikasi Pusat Visa Jepang.

Lokasinya berada di 4F – 33 Unit, 4th Floor, Lotte Shopping Avenue (Ciputra World 1), Jalan Prof. D. Satrio Kav 3 and 5 Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Indonesia. 12940

Jam kerja kantor tersebut dimulai pukul 09:00 hingga 17.00.

Tunggu Visa Jadi Selama Beberapa Hari

Setelah semua dokumen dikirimkan, Anda hanya perlu menunggu. Anda bisa mengecek status aplikasi dengan cara memasukkan nomor referensi yang telah diterima sebelumnya.

 

Berapa Sih Biaya Visa Jepang?

Gambar Visa Jepang
his-travel.co.id

Untuk membuat visa jepang, Anda tidak perlu menghabiskan biaya yang terlalu banyak kok.

Biaya Visa

Tipe VisaBiaya Visa
Visa Single EntryRp 380.000
Visa Multiple EntryRp 770.000
Visa TransitRp 90.0000

 

Biaya Pemrosesan Visa (admin)

KeperluanBiaya Admin per Orang
Aplikasi VisaRp 165.000
Pra pendaftaran untuk bebas visa (khusus paspor elektronik)Rp 120.000

 

Itulah biaya visa jepang yang dapat kami berikan, biasanya harga pembuatan visa tiap tahunnya mengalami kenaikan. Jadi biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga : Biaya Hidup di Jepang

Terimakasih telah membaca artikel ini, dan semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Proses Tes DNA
SELENGKAPNYA

Biaya Tes DNA

Akhir – akhir ini ilmu kedokteran sedang mengalamai kenaikan yang sangat bagus terlihat dari beberapa teknologi – teknologi…
SELENGKAPNYA

Biaya Nikah

Siapa yang tidak ingin menikah? Hidup satu atap dengan orang yang dicintai tentu menjadi impian semua orang. Dalam…

Biaya ct scan

Takut terkena penyakit yang berbahaya tanpa sepengetahuan kita ? Kamu harus coba CT scan agar semua problem yang…