Biaya Perpanjang SIM

Seperti yang sudah diketahui, SIM merupakan identitas bahwa seseorang telah memiliki ijin untuk mengemudikan suatu kendaraan bermotor. SIM sendiri jika dibuat secara resmi harus melalui berbagai tahapan, seperti tes teori dan yang paling sulit adalah tes praktek.

Nah, ketika Anda sudah berhasil mendapatkan SIM, yang perlu diketahui selanjutnya adalah ternyata SIM memiliki masa berlaku.

Dimana jika Anda tidak segera memperpanjang masa berlakunya, maka sama saja Anda harus membuat SIM baru. Tentu sangat ribet bukan? artinya Anda harus mengulang berbagai tes yang tergolong rumit dan sulit.

Selain itu biaya yang diperlukan untuk membuat SIM baru juga akan lebih mahal dibandingkan Anda memperpanjang SIM yang sudah ada.

Berapa Lama Masa Berlaku SIM?

Gambar Perpanjang SIM
kabroto.com

Maka dari itu agar Anda terhindar dari hal diatas segeralah memperpanjang SIM sebelum masa berlakunya habis. Memang berapa tahun sih masa berlakunya? Menurut pasal 11 ayat (1) Perkap Nomor 9 Tahun 2012 SIM memiliki masa berlaku selama 5 tahun.

Kemudian perlu Anda ketahui juga bahwa perhitungan dimulainya masa berlaku SIM adalah berdasarkan tanggal lahir, bukan berdasarkan tanggal SIM tersebut dibuat.

Jadi jika Anda memiliki tanggal lahir pada 18 April, maka itu adalah tanggal dimulainya masa berlaku SIM Anda.

Mengapa demikian? Hal seperti itu dilakukan pemerintah agar Anda lebih bisa mengingat kapan harus melakukan perpanjangan SIM.

Namun, pada saat hendak memperpanjang SIM, Anda jangan melakukan perpanjangan tepat saat masa berlakunya habis ya, paling tidak dua minggu sebelumnya. Hal itu mesti dilakukan agar Anda tidak terburu-buru pada proses perpanjangannya.

Ternyata Perpanjang SIM Bisa dilakukan Secara Online

Gambar Layanan Perpanjang SIM Online
moladin.com

Dikarenakan teknologi yang terus berkembang, pihak dari Korlantas Polri juga tidak mau kalah dalam sektor pelayanannya, mereka memanfaatkan teknologi informasi agar masyarakat semakin mudah melaukakn perpanjangan SIM, yaitu bisa mengurusnya secara online.

Namun, kami pikir masih banyak masyarakat yang salah kaprah mengenai perpanjangan SIM online ini, mungkin sebagian besar orang berfiikir bahwa dengan adanya perpanjangan SIM online ini, kita tidak perlu datang ke tempat pelayanan SIM, tapi nyatanya tidak begitu ya.

Begini penjelasannya, seumpama Anda adalah orang asli Purbalingga, yang tentunya memiliki SIM maupun KTP yang terdaftar disana.

Nah, suatu ketika Anda sedang merantau di Jakarta dan harus melakukan perpanjangan di Jakarta pula. Maka, disinilah layanan dari SIM online akan bekerja.

Yup, dengan adanya layanan SIM online Anda tidak perlu lagi pulang terlebih dahulu ke daerah asal (dalam contoh Purbalingga), alias Anda tetap bisa melakukan perpanjangan SIM di Jakarta.

Karena sistem SIM online memiliki  database Satpas yang sudah diintregasikan melalui jaringan dan saling terhubung se indonesia. Dimana data yang dimiliki SIM online merupakan data ang diambil dari identitas di KTP Elektronik.

Kemudian dengan adanya layanan SIM Online yang memiliki sistem seperti itu, Anda sudah tidak perlu mengisi formulir pada saat di tempat pelayanan. Selain itu biaya perpanjang sim juga bisa dibayarkan melalui atm.

 

Dimana Saya Bisa Melakukan Perpanjangan SIM?

Gambar Tempat Perpanjang SIM
tribatranewsbengkulu.com

Satpas Polres

Tempat pertama yang bisa Anda datangi untuk melakukan perpanjangan SIM sudah pasti Satpas polres.

Ingat, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Anda tidak perlu mengunjungi Satpas Polres di kampung halaman ya, cukup datangi Satpas Polres yang terdeat saja juga bisa kok.

Satpas polres sendiri memiliki jam kerja mulai pukul 08.00 hingga 10.00 dan memiliki hari kerja dari Senin sampai Sabtu

Gerai SIM Online atau SIM Corner

Jika Anda malas untuk mengunjungi satpas karena antriannya yang mungkin terlalu panjang, Anda bisa mengunjungi Gerai SIM yang biasanya ada di pusat-pusat perbelanjaan dan tempat-tempat yang ramai dengan pengunjung lainnya.

Melakukan perpanjangan di Gerai SIM tentu memiliki kelebihannya tersendiri, seperti suasananya yang akan lebih rileks karena bisa dilakukan sembari jalan-jalan.

Nah, untuk jadwal kerjanya Gerai SIM buka mulai hari Senin hingga Sabtu, kemudian untuk tanggal merah Gerai SIM biasanya akan tutup.

SIM Keliling

Nah jika Anda masih terlalu malas untuk melakukan perpanjangan SIM di kedua tempat diatas, tenang saja ! karena layanan perpanjangan SIM bisa menghampiri Anda loh. Benarkah?

Tentu, dengan adanya layanan SIM keliling Anda hanya perlu melihat jadwal kapan daerah Anda akan dikunjungi oleh mobil keliling SIM ini, dan Anda bisa melakukan perpanjangan SIM saat itu juga.

Untuk jadwalnya Anda bisa mengeceknya di website maupun sosmed resmi milik Polres, jika mengalami kesulitan silahkan Anda bisa mengirim pesan kepada mereka. Maka mereka akan dengan senang hati membantu Anda.

Nah, untuk jangkauan dari mobil SIM keliling ini biasanya hadir di tempat-tempat publik, seperti pasar, stadion, dan yang lainnya.

Syarat dan Cara Melakukan Perpanjangan SIM

Layaknya mendaftar suatu pekerjaan, dalam melakuan perpanjangan SIM Anda jangan sampai lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen dibawah ini ya.

Pastikan semuanya sudah lengkap agar Anda tidak perlu bolak-balik lagi nantinya.

  1. Yang pertama, jika Anda menggunakan layanan registrasi secara online di website “sim.korlantas.polri.go.id” , maka Anda harus membawa bukti registrasinya.
  2. Kemudian pastikan Anda membawa syarat admintrasi (KTP, SIM lama, dan hasil tes kesehatan)
  3. Untuk hasil tes kesehatan, Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi rumah sakit yang dirujuk oleh Polri atau rumah sakit umum lainnya.
  4. Jika sudah disiapkan semuanya, silakan Anda membayar PNBP SIM.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran
  6. Gunakan formulir pendaftaran tersebut untuk mendaftar di Pokja pendaftaran.
  7. Nah, di Pokja pendaftaran tersebut Anda akan diminta untuk melakukan identifikasi dan verifikasi yang meliputi sesi foto, sidik jari, dan tanda tangan.
  8. Yang terakhir petugas akan memberikan SIM yang sudah diperpanjang untuk Anda.

Pengecualian bagi Anda yang memilih menggunakan layanan SIM online dan membayar biaya sim lewat ATM, maka Anda hanya perlu menyiapkan dokumen diatas lalu bisa melewati langkah nomor 4 dan 5.

Biaya Sih Biaya Perpanjang SIM?

Gambar Biaya Perpanjang SIM
nengbiker.com

Untuk biaya perpanjang SIM memiliki tarif berbeda-beda tergantung kelas dari SIM yang akan diperpanjang.

Yang paling murah adalah SIM kelas D, sedangkan yang paling mahal untuk diperpanjang adalah SIM Internasional. Berikut rinciannya.

 

Kelas SIMBiaya
SIM ARp 80.000
SIM B IRp 80.000
SIM B IIRp 80.000
SIM CRp 75.000
SIM C IRp 75.000
SIM C IIRp 75.000
SIM DRp 30.000
SIM D IRP 30.000
SIM InternasionalRp 225.000

 

Kemudian, untuk perhitungan secara keseluruhan yang sudah meliputi biaya untuk melakukan tes kesehatan, ongkos bensin, dan lainnya, mungkin Anda akan menghabiskan total biaya perpanjang SIM Rp 150.000

Nah itulah artikel mengenai biaya SIM yang dapat kami berikan, kemudian  perlu diketahui bahwa biaya dari masing-masing kelas SIM tersebut sudah resmi ditetapkan oleh pemerintah ya.

Namun dalam perkembangannya mungkin saja pemerintah menetapkan biaya yang baru. Tenang saja, kami rasa perbedaannya tidak akan terpaut terlalu jauh kok.

Baca Juga : Biaya Pembuatan SIM

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, bila ada kekurangan kami mohon maaf, semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Cabut Gigi
SELENGKAPNYA

Biaya Cabut Gigi

Biasanya gigi yang bermasalah lebih sering terjadi pada anak kecil, selain karena faktor makanan, gigi anak kecil juga…
Biaya CT Scan Terbaru
SELENGKAPNYA

Biaya CT Scan

Takut terkena penyakit yang berbahaya tanpa sepengetahuan kita ? Kamu harus coba CT scan agar semua problem yang…
Gambar Biaya Listrik per kWh
SELENGKAPNYA

Biaya Listrik per kWh

Hampir semua kebutuhan memerlukan pasokan listrik seperti dirumah tangga, industri, dan lini bidang usaha lainnya baik micro kecil…