Biaya Pendaftaran SBMPTN

Saat ini syarat masuk perguruan tinggi negeri salah satunya dengan mengikuti tes SBMPTN atau (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang akan kita bahas mengenai informasi lengkap dan besar biayanya.

SBMPTN biasanya dilaksanakan oleh peserta didik yang sebelumnya telah mengikuti SNMPTN namun yang dinyatakan tidak lulus dan selanjutnya mengikuti seleksi SBMPTN.

Peserta didik yang dapat melanjutkan ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan mengikuti SBMPTN adalah peserta didik dari SMA / MA / SMK / MAK dan sederajat yang lulus dari 3 (tiga) tahun terakhir.

Gambar Logo SBMPTN
id.m.wikipedia.org

Lolos atau tidaknya kita dalam tahapan tes yang ada di dalam SBMPTN tergantung pada diri kita, memang tidak mudah untuk bisa lolos tes tersebut.

Namun apabila kita melakukan persiapan seperti belajar, menyimak tahapan yang akan dilalui saat proses SBMPTN dan juga berdoa, maka niscaya kita akan bisa lolos dengan mudah ke Perguruan Tinggi Negeri yang kita inginkan.

Daya tampung atau kuota peserta yang diterima PTN ketika lolos SBMPTN memang tidak banyak. Presentase menunjukan hanya sekitar 40% untuk SBMPTN, 20% untuk SNMPTN serta 30% untuk Ujian Mandiri.

Di dalam proses tes SBMPTN terdapat soal-soal dengan dua kriteria yaitu tes soal kemampuan dasar dan tes soal pengetahuan sesuai jurusan yang dipilih oleh peserta didik.

Lalu berapa si besaran biaya untuk mengikuti tes SBMPTN yang akan kita ikuti dan laksanakan sebentar lagi.

Biaya SBMPTN Terbaru

Gambar Biaya Pendaftaran SBMPTN
unand.ac.id
Calon Peserta SBMPTNBiaya SBMPTN
REGULERRp 200.000
BIDIKMISIRp 0 (GRATIS)

Untuk besaran biaya yang ditanggung oleh peserta didik selain calon peserta yang lolos bidik misi yaitu Rp 200 ribu setiap akan mengikuti tes ini.

Sementara untuk calon peserta yang lolos bidik misi tidak akan dikenakan biaya sepeser pun atau GRATIS yang akan ditanggung atau disubsidi oleh pemerintah.

Biaya UTBK bisa dibayarkan langsung melalui beberapa pilihan Bank seperti, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BTN.

Perlu diperhatikan untuk biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat di ambil atau di tarik kembali oleh calon peserta dengan berbagai macam alasan.

Maka sebaiknya pikirkan matang-matang dulu sebelum mendaftar atau mengikuti SBMPTN, yakinlah terlebih dahulu jika memang bisa dan lolos tes yang akan dilalui.

Cara Mendaftar SBMPTN

Gambar Cara Mendaftar SBMPTN

1. Lakukan pendaftaran untuk peserta reguler di website resmi pendaftaran.sbmptn.ac.id maka akan muncul laman resmi dari sbmptn.

2. Selanjutnya Klik tombol pendaftaran “untuk calon peserta SBMPTN yang belum mempunyai pasangan KAP dan PIN” dan juga bukan peserta Bidikmisi.

3. Isi pada kolom yang tersedia seperti Nama, Tanggal Lahir dll kemudian isi juga kode captcha yang biasanya akan muncul di laman bagan ini.

4. Setelah mengisi data diri, maka kemudian peserta akan mendapat slip bukti pembayaran SBMPTN dan gunakan kode bayar pada slip tersebut untuk melalukan pembayaran di Bank yang telah disediakan.

5. Kemudian Transfer uang sejumlah yang tertera di slip pembayaran pendaftaran ke rekening bank yang telah disediakan.

6. Setelah proses pembayaran selesai maka peserta akan mendapatkan KAP dan juga PIN.

7. Kembali ke website resmi pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk login dengan klik pilihan “Bagi calon Peserta SBMPTN yang telah mimiliki pasangan KAP dan PIN”

8. Login dengan memasukan KAP dan PIN tadi dan tak lpa kode captcha yang akan muncul di laman.

9. Selanjutnya pilih file foto kalian untuk diunggah dan tekan tombol upload

10. Atur pas foto sesuai yang dicontohkan, jika sudah sesuai kemudian klik tombol simpan.

Gambar Laman Resmi SBMPTN
Harga.info

11. Langkah selanjutnya isi biodata kalian dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk isian dikolom dan klik tombol simpan.

12. Berikutnya isi data pendidikan lalu klik tombol simpan jika sudah selesai

13. Kemudian pilih lokasi ujian dan program studi dan klik tombol simpan jika telah selesai

14. Lalu cek data yang ada selanjutnya klik tombol “saya setuju untuk lanjut”

15. Untuk memilih jenis ujian tertulis UTBC atau UTBK ada beberapa pilihan kemungkinan diantaranya:

  • Pilih Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC)
  • Pilih Ujian Tertulis berbasis Komputer (UTBK) dan masih ada ruang yang tersedia
  • Pilih Ujian Tertulis berbasis Komputer (UTBK) namun tidak ada ruang tersedia Maka ada 2 pilihan yaitu Memilih Ikut Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Memilih mengganti Lokasi Ujian.

16. Tahapan Terakhir yaitu mencetak kartu peserta SBMPTN

Itu lah tahapan alur cara mendaftar SBMPTN yang bisa kalian pelajari dan simak sebagai bahan acuan untuk mempermudah kalian dalam mengikuti tahapan pendaftaran SBMPTN.

Maka dari itu semua calon peserta yang akan mengikuti proses pendaftaran SBMPTN perlu untuk memahami dahulu seperti apa tahapan pendaftaran SBMPTN yang akan peserta lalui.

Baca Juga: Biaya Kuliah UI

Semoga kalian senantiasa dapat mengikuti proses baik dalam pendaftaran maupun saat menjalankan tahapan proses tes dengan sukses dan berhasil masuk ke PTN yang kalian inginkan.

Demikian informasi mengenai besaran biaya Pendaftaran SBMPTN dan juga cara mendaftar SBMPTN yang benar dan juga terperinci yang kami bahas secara lengkap dan jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Biaya Transfer BCA ke Mandiri
SELENGKAPNYA

Biaya Transfer BCA ke Mandiri

Kegiatan transfer men-transfer uang memang sudah dilakukan sejak dahulu, bahkan dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat dalam kegiatan…
Gambar UGM
SELENGKAPNYA

Biaya Kuliah UGM

Dalam mencapai masa depan yang lebih terjamin, salah satu jalan yang dapat ditempuh setelah lulus SMA/ SMK adalah…
Gambar Pap Smear3
SELENGKAPNYA

Biaya Pap Smear

Melakukan pemeriksaan sebelum sesuatu yang buruk terjadi tentu lebih baik daripada mengobati. Begitu pula dengan pap smear, dengan…