Biaya Pembuatan SIM

Kamu sebagai pengendara kendaraan bermotor dijalanan wajib hukumnya memiliki SIM. Sudah memiliki SIM?

Bagi yang tidak memiliki SIM pasti sering kucing-kucingan dengan aparat keamanan, khususnya saat terjadi razia kendaraan bermotor.

Tentunya kamu tidak ingin mengalami hal serupa, jadi lebih baik langsung datang ke Kapolresta terdekat untuk membuat SIM sesuai golongan yang diinginkan.

Kamu juga bisa membuat SIM secara online dengan biaya sama persis dengan biaya pembuatan SIM secara offline dengan cara datang langsung ke Kapolresta.

Biaya Pembuatan SIM
blogotive.com

Soal biaya tak perlu khawatir, karena tergolong sangat murah dan kami rasa tidak akan memberatkan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Biaya pembuatan SIM tergantung golongannya. Untuk yang termahal adalah Golongan Sim Internasional yang biayanya mencapai 250 Ribu Rupiah.

Wajar apabila biaya pembuatan SIM Internasional cukup mahal, karena nantinya kamu bisa menggunakan SIM tersebut diberbagai negara yang menerapkan sistem SIM Internasional.

SIM merupakan bukti registrasi atau identifikasi yang diberikan Kepolisian Republik Indonesia kepada seseorang yang sudah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, paham akan peraturan lalu lintas, dan terampil dalam mengendarai kendaraan bermotor.

Dasar hukum SIM tercantum dalam UU No. 2 tahun 2002 pasal 14 ayat (1) b dan pasal 15 ayat (2) c. Fungsi dan peranan SIM sendiri diantaranya sebagai sarana identifikasi/jati diri seseorang, alat bukti, sarana upaya paksa, dan sarana pelayanan masyarakat.

Surat Izin Mengemudi (SIM) sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa golongan. Berdasarkan pasal 211 (2) PP 44/93, penggolongan SIM dibagi menjadi golongan SIM A, SIM A Khusus, SIM B1, SIM B2, SIM C, dan SIM D.

Kamu sebagai pengendara kendaraan mobil atau roda empat, wajib hukumnya mempunyai SIM A. Yang bikin beda antara SIM A dengan SIM A Khusus yaitu jika SIM A diperuntukkan kendaraan beroda 4 (empat) dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 kg.

Sementara untuk SIM A Khusus ditujukan untuk kendaraan bermotor roda 3 (tiga) dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang dipakai angkutan orang atau barang (bukan sepeda motor dengan kereta samping).

Biaya Pembuatan SIM Terbaru

Jenis Golongan SIM pada Biaya Pembuatan SIM
berita.baca.co.id
Golongan SIMBiaya
Pembuatan SIM ARp 120.000
Pembuatan SIM A UmumRp 120.000
Pembuatan SIM B1Rp 120.000
Pembuatan SIM B1 UmumRp 120.000
Pembuatan SIM B2Rp 120.000
Pembuatan SIM B2 UmumRp 120.000
Pembuatan SIM CRp 100.000
Pembuatan SIM C1Rp 100.000
Pembuatan SIM C2Rp 100.000
Pembuatan SIM D1Rp 50.000
Pembuatan SIM D2Rp 50.000
Pembuatan SIM InternasionalRp 250.000

Biaya Pembuatan SIM A

Surat Izin Mengemudi golongan A diperuntukan bagi pengemudi mobil pribadi atau mobil niaga yang memiliki bobot kendaraan tidak lebih dari 3.500 kg.

Sedangkan untuk membuat SIM tersebut kamu hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp 120 ribu.

Bisa kamu bandingkan apabila kamu mengurus SIM dengan calo maka uang yang harus kamu keluarkan lebih besar lagi bisa mencapai Rp 1 jutaan.

Biaya Pembuatan SIM A Umum

SIM A Umum diperuntukan untuk pengemudi taksi, baik online maupun taksi konvesional. Biaya pembuatan SIM ini juga cukup murah.

Dimana para supir taksi cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 100 ribu.

Biaya Pembuatan SIM B1

Tidak bisa dipungkiri saat ini calo SIM masih saja ada, jadi kamu jabngan terp[ancing dengan iming-iming dari para calo. Lebih baik kamu mengikuti tes teori, praktek, serta simulator sendiri apabila membuat SIM B.

SIM B1 sendiri adalah Golongan SIM yang ditujukan untuk pengemudi mobil penumpang atau mobil perseorangan yang mimiliki berat lebih dari 3.500 kg, contohnya truk disel yang berukuran sedang.

Sementara itu biaya pembuatan SIM B1 sama seperti biaya pembuatan SIM A yaitu Rp 120 ribuan saja.

Biaya Membuat SIM B1 Umum

Apabila memiliki SIM B1 Umum, kamu bisa mengemudikan kendaraan atau mobil yang biasanya dikemudikan oleh pemilik SIM A, SIM A Umum, dan SIM B1.

SIM B1 Umum sebenarnya dikhususkan untuk pengemudi bus ataupun truk umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.

Tentuhnya hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Lagi pula biaya yang dikeluarkan juga sama, yakni sebesar 120 Ribu Rupiah.

Biaya Pembuatan SIM B2

SIM B2 diperuntukan untuk kendaraan bermotor yang menggunakan kereta tempelan engan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 kg.

Kereta tempelan yang dimaksud bisa berarti truk gandengan, trailer atau kendaraan alat berat yang biasanya dipakai di tambang-tambang, seperti truk Back Hoe (Bego).

Biaya pembuatan SIM untuk golongan SIM B2 besaran biayanya yaitu Rp 120 ribu rupiah.

Biaya Pembuatan SIM B2 Umum

SIM B2 Umum adalah tingkat SIM tertinggi di Indonesia. Apabila kamu mempunyai SIM B2 Umum ini berarti kamu bisa mengemudi kendaraan bermotor yang dikemudikan pemiliki SIM A, SIM A Umum, SIM B1, SIM B1 Umum, dan juga SIM B2.

Cara untuk mendapatkan atau membuat SIM ini cukup sulit, karena sejatinya SIM B2 Umum ditujukan bagi mereka yang berprofesi mengendarai kendaraan beroda enam, seperti truk trailer atau bus.

Biaya pembuatan SIM untuk golongan SIM B2 Umum besaran biayanya yaitu Rp 120 ribu rupiah.

Biaya Pembuatan SIM C

Biaya Pembuatan SIM C
faktualnews.co

Golongan SIM C merupakan SIM yang ditujukan untuk pengemudi sepeda motor. Nah bagi kamu yang bingung bagaiman cara membuat SIM C ini bisa langsung kunjungi kantor samsat terdekat di kotamu atau melalui situs resmi.

Tetapi kamu harus mempersiapkan uang lebih untuk membayar Asuransi yang sifatnya tak wajib serta membayar surat Keterengan Sehat dari Dokter atau Puskesmas.

Mengenai besaran biaya untuk membuat SIM Golongan C tersebut adalah sebesar Rp 100 ribu rupiah.

Biaya Pembuatan SIM C1

Menyimak tentang Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2017 yang mengatur perihal PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) telah mengeluarkan peraturan baru bagi pengendara sepeda motor bermesin 250cc sampai 500cc yang mewajibkan para pengendara motor tersebut.

Mengenai besaran biaya untuk membuat SIM Golongan C1 tersebut adalah sebesar Rp 100 ribu rupiah.

Biaya Pembuatan SIM C2

Sedangkan untuk Golongan SIM C2 ditujukan bagi pengemudi motor gede dengan kapasitas mesin 500cc ke atas.

Maka dari itu bagi kamu yang setiap hari mengendarai motor gede, wajib hukumnya mengganti SIM C lama dengan Golongan SIM C2.

Mengenai besaran biaya untuk membuat SIM Golongan C2 tersebut sama seperti SIM C1 yaitu sebesar Rp 100 ribu rupiah.

Biaya Pembuatan SIM D

Biaya Pembuatan SIM Internasional
Pixabay.com

Golongan SIM D1 ditujukan bagi pengemudi kendaraan berupa sepeda motor penyandang Disabilitas.

Untuk pemohon SIM D1 tetap harus mengikuti tes praktek, tetapi dengan sepeda motor yang sudah dimodifikasi agar bisa melewati lintasan zig-zag, angka delapan, dan juga lintasan sempit.

Maka dari itu, bagi pemohon SIM D1 juga harus mengikuti tes teori dan keseluruhan wajib lulus supaya mendapatkan SIM D yang diinginkan pemohon.

Mengenai besaran biaya untuk membuat SIM Golongan D1 tersebut pemphon harus membayar sebesar Rp 50 ribu rupiah.

Biaya Pembuatan SIM D2

Teruntuk penyandang disabilitas yang ingin mengemudi mobil harus mmpunyai SIM D2.

Sementara itu mengenai biaya pembuatan SIM D2 tersebut sama besarnya dengan SIM D2, yaitu sebesar Rp 50 ribu.

Biaya Pembuatan SIM Internasional

Untuk masa berlaku Golongan SIM Internasional selama 3 (tiga) tahun dan dapat kamu pakai dinegara lain yang menerbitkan SIM Internasional.

Mengenai pembuatan SIM Internasional juga sangat mudah, kamu hanya perlu membawa paspor, SIM Indonesia yang berlaku, KTP, dan juga beberapa berkas lainnya.

Sedangkan untuk proses juga sangat cepat, hal ini karena kamu tidak perlu lagi melakukan tes. Selain itu, SIM ini juga tersedia dalam beberapa golongan yang bisa disesuaikan dengan SIM Indonesia.

Sementara itu biaya pembuatan SIM Internasioanal yaitu sebesar Rp 250 ribu rupiah.

Baca Juga: Biaya Ganti Plat

Nah itu dia informasi lengkap mengenai besaran biaya yang harus dikeluarkan apabila kamu ingin membuat SIM dengan berbagai golongan yang sudah tersedia diatas secara jelas dan juga ringkas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
SELENGKAPNYA

Biaya Kirim JNE

Seiring dengan perkembangan jaman, kini kegiatan jual beli online bukan lagi menjadi hal yang asing. Bagaimana tidak? hanya…
Biaya Kursus di EF
SELENGKAPNYA

Biaya Kursus di EF

EF atau English First merupakan salah satu lembaga pendidikan di bidang bahasa terbesar saat ini diseluruh penjuru dunia.…
SELENGKAPNYA

Biaya Nikah

Siapa yang tidak ingin menikah? Hidup satu atap dengan orang yang dicintai tentu menjadi impian semua orang. Dalam…