Biaya Pap Smear

Melakukan pemeriksaan sebelum sesuatu yang buruk terjadi tentu lebih baik daripada mengobati. Begitu pula dengan pap smear, dengan melakukan pap smear Anda tentu bisa mencegah datangnya sesuatu yang tidak diinginkan pada vagina.

Mari kita mengetahui lebih dalam tentang pap smear, yang mungkin masih awam bagi kebanyakan orang.

Pap smear merupakan suatu pemeriksaan pada vagina untuk mendeteksi apakah  terjadi suatu masalah yang mengarah ke kanker serviks atau tidak.

Pap semar sendiri bisa dibilang suatu upaya pencegahan yang penting, namun masih banyak wanita yang tidak melakukannya karena takut merasa sakit. Apakah seperti itu?

Apakah Pap Smear Itu Sakit?

Gambar pap smear4
hallosehat.com

Sebenarnya sakit tidaknya pap smear lebih tergantung pada kondisi Anda pada saat itu. Begini penjelasannya.

Vagina merupakan organ intim wanita yang dieklilingi otot, dimana otot tersebut mampu mengendur dan mengendur, tergantung kondisi dan situasi.

Nah, biasanya ketika pemeriksaan pap smear berlangsung, pasien akan cenderung ketakutan dan merasa tidak nyaman. Hal ini menyebabkan otot vagina akan mengencang serta kaku, selain akan terasa sakit, akibatnya proses pemeriksaan juga berlangsung lebih lama.

Sebaliknya jika pasien bisa merasa tenang, dan rileks, otot vagina akan bisa mengendur sehingga sakitnya akan tidak terasa. Proses pemeriksaan pun akan berlangsung lebih cepat.

Hal Apa yang Harus Dilakukan Agar Pap Smear Terasa Nyaman?

Pada dasarnya pesyaratan yang paling utama agar Anda bisa merasa nyaman pada saat melakukan pap smear adalah memahami dengan betul prosedur dari pap smear itu sendiri.

Layaknya jika Anda mendatangi suatu tempat yang baru, tentu akan merasa canggung bukan? sebaliknya, jika Anda sudah tau bagaimana seluk beluk tempat tersebut, tentu Anda akan merasa santai-santai saja.

Begitu juga pada saat Anda melakukan pap smear, jika Anda sudah tahu dan memahami tahapan-tahapan yang akan dilakukan dokter, maka Anda bisa menghadapinya dengan santai dan rileks.

Lain halnya jika Anda tidak mengetahui sama sekali bagaimana prosedur pap smear, tentu Anda akan merasa gelisah dan tidak tenang.

Saran kami tanyakanlah banyak hal terlebih dahulu mengenai pemeriksaan pap smear yang akan Anda lakukan, mulai dari tahapan, prosedur, ataupun efek samping yang bisa saja terjadi.

Selain itu, lakukanlah hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian Anda saat pap smear berlangsung. Seperti mengobrol dengan perawat, atau dokter.

Alhasil, karena perasaan Anda sudah menjadi tenang dan nyaman, otot vagina pun akan menjadi rileks dan proses pemeriksaan pap smear akan berjalan lebih cepat.

Untuk info tambahan, pastikan Anda tidak melakukan pap smear dalam keadaan menstruasi yah. Jadi, Anda harus memperirakan dan memperhitungkan menstruasi dengan tepat yah.

 

Bagaimana Proses Pemeriksaan Pap Smear?

Gambar Pap Smear
doktersehat.com

Mengganti Pakaian

Langkah pertama yang mesti dilakuakan adalah sama seperti pemeriksaan medis pada umumnya, yaitu pasien harus mengenakan pakaian khusus rumah sakit.

Khusus untuk pap smear biasanya pasien akan diminta untuk tidak mengenakan pakaian bagian bawah. Tidak perlu berfikir yang tidak-tidak, karena itu sudah bagian dari prosedur untuk memperlancar proses pemeriksaan.

Berbaring Sembari Melebarkan Kaki

Langkah selanjutnya, perawat akan menyuruh pasien untuk berbaring di suatu meja khusus pemeriksaan sembari melebarkan posisi kaki.

Dalam tahap ini pasien harus mengatur keadaan setenang mungkin, tentunya supaya otot-otot vagina tidak menjadi kencang.

Bagian Luar Vagina Akan Dicek Terlebih Dahulu

Dokter akan melakukan pemeriksaan pada bagian luar vagina pasien, daerah yang diperkisa disebut dengan labia dan vulva. Dokter harus memastikan bagian labia aman terlebih dahulu sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.

Dimasukkannya Alat Bernama Speculum

Nah, inti dari pemeriksaan pap smear dilakukan oleh dokter dengan cara memasukkan alat berupa spekulum ke dalam vagina pasien.

Spekulum tersebut memiliki fungsi untuk melebarkan dinding vagina, sehingga dokter bisa melihat bagiamana keadaan leher rahim.

Pasien tentu tidak perlu khawatir, karena proses pelebaran dinding vagina akan dilakukan dengan sangat hati-hati.

Diambilnya Sampel Jaringan

Kemudian dokter akan menggunakan dua alat untuk mengambil sampel jaringan berupa sel-sel serviks.

Alat yang pertama berupa spatula, digunakan khusus untuk mengambil sampel pada  mulut rahim bagian luar (ektoserviks).

Lalu, alat yang kedua bernama cytobrush, alat tersebut memiliki bentuk yang menyerupai sikat kecil. Fungsinya untuk mengambil sampel jaringan pada bagian yang lebih dalam.

Nah, sampel jaringan dari sel-sel serviks itulah yang nantinya akan dites oleh dokter apakah hasilnya positif atau negatif.

Dilepaskannya Speculum

Saat proses pengambilan sampel sudah dilakukan, maka langkah terakhir yang dilakukan oleh dokter adalah melepas speculum tadi. Saat speculum dilepas, dokter juga akan melakukan pengecekkan pada ovarium dan uterus menggunakan tangan.

Tenang saja, dokter akan melakukan pelepasan dan pengecekkan dengan sangat hati-hati.

Mengenai Hasil Pap Smear

Gambar Pap Smear2
drvasilopoulos.com

Dokter sendiri akan mengeluarkan hasil tes pap smear apakah negatif atau positif selama satu sampai dua minggu.

Jika hasilnya negatif Anda bisa dinyatakan tidak mengidap kanker serviks, alias memiliki kondisi vagina yang normal dan sehat.

Lalu bagaimana jika hasilnya positif? tenang, hal itu tidak menyatakan Anda terkena kanker serviks, melainkan hanya menunjukkan adanya sel-sel yang tidak normal di leher rahim.

Jadi, yang patut ditanyakan adalah tingkatan dari sel-sel tersebut, jika pada tingkat yang paling ringan artinya terkena atypia, sedangkan untuk tingkat yang paling tinggi artinya terkena kanker atau karsinoma in situ.

Untuk mengetahui pada tingkatan apa sel-sel yang dinyatakan tidak normal, Anda bisa melakukan pap smear ulang untuk 6 sampai 12 bulan ke depan.

Kemudian, dokter juga bisa menganjurkan Anda untuk melakukan biopsi atau kolposkopi agar kondisi pada jaringan vagina bisa diketahui secara lebih jelas.

Kapan Pap Smear Harus Dilakukan?

Wanita yang sebelumnya terinfeksi HIV atau mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah karena transplantasi organ atau kemoterapi tentu lebih dianjurkan untuk melakukan pap smear.

Kemudian untuk wanita yang sebelumnya normal-normal saja dan sudah berusia 21 tahun juga harus melakukan pap smear.

Lalu untuk wanita yang usianya kurang dari 21 tahun namun sudah aktif berhubungan seksual juga sudah dianjurkan untuk melakukan pap smear.

Karena pada saat wanita melakukan hubungan seksual, ia bisa terkena salah satu penyebab dari kanker serviks yaitu Human Papilliomavirus (HPV).

Nah, untuk wanita yang belum aktif berhubungan seksual dan belum berusia 21 tahun tidak dianjurkan melakukan pap smear karena kemungkinannya terkena kanker serviks sangatlah kecil.

Namun jika ada riwayat keluarga yang pernah terkena kanker serviks, Anda bisa membicarakannya dengan dokter agar tidak merasa khawatir.

Seberapa Sering Pap Smear Harus Dilakukan?

Wanita dengan kurang dari 21 tahun dan aktif berhubungan seksual ( lakukan pap smear 3 tahun sekali)

Wanita dengan usia 21-29 tahun dan aktif berhubungan seksual (lakukan pap smear 3 tahun sekali)

Wanita dengan usia 30-65 tahun (lakukan pap smear 3 atau 5 tahun sekali)

Wanita dengan usia 65 tahun ke atas (sudah tidak perlu melakukan pap smear, untuk kebutuhan yang lain sebaiknya konsultasikan saja dengan dokter)

Berapa Biaya Pap Smear?

Gambar Pap Smear3
idntimes.com

Untuk biaya pap smear sama seperti jenis pemeriksaan medis yang lain, yaitu tergantung pada paket pemeriksaan dan fasilitas yang diberikan.

Kemudian, untuk tempatnya sekarang hampir semua instansi sudah menyediakan layanan pap smear, seperti klinik, rumah sakit, bidan, dan lain-lain.

 

TempatBiaya Mulai Dari
Klinik PanaceaRp 50.000
Rumah Sakit TebetRp 100.000
Siloam Hospitals PurwakartaRp 140.000
RS Muhammadiyah Taman PuringRp 155.000
Mitra Keluarga TegalRp 181.000
Siloam Hospitals JambiRp 190.000
RS Evasari Awal BrosRp 190.000
RS Awal Bros BatamRp 190.000
RS Awal Bros MakassarRp 190.000
RS Awal Bros TangerangRp 190.000
Siloam Hospitals YogyakartaRp 201.000
MItra Keluarga BekasiRp 213.000
RS Mitra Husada TangerangRp 240.000
Siloam Hospitals BogorRp 254.000
Rumah Sakit Citra Medika DepokRp 255.000
RS Permata BekasiRp 255.000
Rumah Sakit ImmanuelRp 266.000
Columbia Asia Hospital SemarangRp 278.000
Siloam Hospitals Bekasi TimurRp 288.000
Siloam Hospitals ManadoRp 290.000
Rumah Sakit TelogorejoRp 295.000
Mayapada Hospital Jakarta SelatanRp 304.000
RS Permata DepokRp 304.000
Siloam Hospials Lippo VillageRp 310.000
RS Awal Bros Bekasi BaratRp 314.000
RS DindaRp 330.000
Siloam Hospitals SurabayaRp 350.000
Rumah Sakit Premier BintaroRp 550.000
Rumah Sakit Manyar Medical CentreRp 569.000
Rumah Sakit Siloam Dhirga SuryaRp 600.000
Rumah Sakit Premier JatinegaraRp 600.000
Siloam Hospitals DenpasarRp 700.000
Siloam Hospitals Asri MampangRp 750.000
Siloam Hospitals Kebon JerukRp 800.000
Siloam Hospitals MakassarRp 900.000
Siloam Sriwijaya PalembangRp 900.000
Rumah Sakit Premier SurabayaRp 1.000.000

 

Nah, itulah biaya pap smear yang telah kami rangkum dari berbagai layanan kesehatan di Indonesia. Untuk info lebih lanjutnya, Anda bisa mengunjungi website dari masing-masing rumah sakit atau kliniknya ya.

Saran kami agar Anda terhindar dari kanker serviks tentu lakukan pemeriksaan pap smear secara rutin, disamping itu jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan vagina dan lakukanlah seks yang sehat.

Baca Juga : Biaya Medical Check Up

Mungkin cukup sekian artikel kali ini, bila ada sesuatu yang keliru kami mohon maaf, sekian dan terimakasih..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Biaya Indihome
SELENGKAPNYA

Biaya Indihome

Internet sekarang ini menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang yang harus online setiap harinya, baik untuk pekerjaan, bisnis, hiburan…
gambar biaya pasang listrik
SELENGKAPNYA

Biaya Pasang Listrik

Di kehidupan sekarang, menggunakan listrik sudah menjadi suatu kebutuhan yang wajib. Bagaimana tidak, berbagai peralatan yang ada dirumah…
Gambar Universitas Islam Indonesia UII
SELENGKAPNYA

Biaya Kuliah UII

Bagi kalian yang ingin berkuliah namun tidak menghilangkan sisi Islaminya, masuk ke Universitas Islam Indonesia adalah pilihan yang…