Biaya Operasi Usus Buntu

Dalam dunia kedokteran saat ini, terdapat tiga jenis operasi usus buntu yaitu,Operasi apendektomi simple, Operasi menggunakan metode laparoskopi, serta operasi menggunakan metode laparotomi.

Khususnya di Indonesia tidak semua Rumah Sakit menyediakan operasi usus buntu. Sebabnya pun beragam, mulai dari terbatasan alat sampai kurangnya tenaga medis ahli dalam bidang operasi usus buntu.

Sehingga banyak pasien dari rumah sakit yang belum ada tenaga ahlinya merujuk pasien ke rumah sakit lain yang sanggup menjalankan proses operasi usus buntu.

Gambar Usus Buntu
scienceabc.com

Jika anda merupakan pasien BPJS, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya yang harus dikeluarkan.

Pasalnya, semua biaya operasi akan ditanggung oleh negara. Tetapi, jika anda merupakan pasien non BPJS atau pasien umum, maka anda wajib mengetahui besaran kisaran biaya operasinya.

Lalu, seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan untuk operasi usus buntu? Sebelumnya kami akan berbagi informasi terlebih dahulu tentang usus buntu.

Terdapat 3 (tiga) jenis operasi diantaranya Operasi apendektomi simple, Operasi yang menggunakan metode laparoskopi, dan operasi menggunakan metode laparotomi.

Maka dari itu biaya operasi usus buntu yang harus dibayar pasien bergantung dengan jenis operasi yang dilakukan, yang jelas operasi laparoskopi lebih tinggi hingga 2x lipat dibandingkan dengan operasi sederhana.

Gambar Penyakit Usus Buntu
Onedio.com

Belum termasuk biaya perawatan seperti kamar perawaan, obat – obat yang harus di minum, dan lainnya.

Hal yang perlu kamu waspadai terlebih dahulu adalah gejala dari gangguan usus buntu. Beberapa diantaranya adalah terjadinya pembengkakan pada perut, kehilangan nafsu makan, tidak bisa buang gas, mual diikuti muntah, demam, mengalami perih saat buang air kecil dan kram perut.

Bahkan yang paling parah. penyakit usus buntu sering diduga sebagian masyarakat sebagai sebagai penyakit lain seperti keracunan makanan, sindrom iritasi usus yang parah,dan infeksi saluran kemih.

Beberapa penyebab dari usus bantu pun beragam. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang memastikan secara detil tentang alasan terjadinya ini pada bagian tubuh, namun ditinjau dari anatomi fisik manusia, gangguan usus buntuk bisa disebabkan karena kelenjar getah bening yang membengkak dalam dinding usus.

Biaya Operasi Usus Buntu Terbaru

Gambar Biaya Operasi Usus Buntu
fapedia.ir
  1. Biaya Operasi di RSCM Kencana

    KelasKisaran Biaya
    VIPRp 15.000.000
    VVIPRp 20.000.000
    SuiteRp 25.000.000
    President SuiteRp 35.000.000
  2. Biaya Operasi di RSUP Fatmawati

    KelasKisaran Biaya
    Kelas 1Rp 20.000.000
    Kelas 2Rp 17.000.000
    Kelas 3Rp 15.000.000
  3. Biaya Operasi di RS Islam Cempaka Putih

    KelasKisaran Biaya
    Kelas 1Rp 15.000.000
    Kelas 2Rp 11.000.000
    Kelas 3Rp 8.000.000

Harga diatas belum termasuk biaya tambahan seperti biaya sewa kamar, perawatan, hingga obat-obat yang harganya juga lumayan mahal. Seringkali masyarakat kesulitan dalam mendapatkan biaya yang terjangkau.

Tetapi sebenarnya ada dua penyelesaian yang dapat dilakukan jika ingin melakukan operasi usus buntu.

  • Menggunakan layanan dari BPJS Kesehatan akan membantu seseorang untuk memudahkan biaya operasi usus buntu.
  • Caranya, tentu saja dengan menggunakan sistem berjenjang melalui fasilitas kesehatan pertama yang kemudian memberikan rujukan untuk melakukan operasi di rumah sakit tertentu.
  • Cara ini akan memberikan tanggungan biaya operasi usus buntu bagi pasien peserta BPJS Kesehatan yang sudah memenuhi prosedur.

Apabila disetujui tidak mungkin BPJS kesehatan akan menanggung sebagian dari biaya operasi yang dikeluarkan.

Gambar Gejala Penyakit Usus Buntu
viraltrendzz.com

Sisanya dibayarkan oleh para pasien yang tertanggung. Tetapi, jangan khawatir cara ini pastinya akan membantu para pasien mengurangi beban keuangan disaat membayarkan sejumlah biaya operasi tersebut.

  • Menggunakan layanan asuransi pun bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan beban biaya operasi.
  • Apalagi jika seseorang sudah cukup lama menginvestasikan uangnya melalui asuransi. Tidak jarang pula pihak asuransi akan membayar penuh biaya operasi yang akan dilakukan.

Maka dari perlu persiapan mulai dari sekarang untuk mengumpulkan sebagian uang untuk berinvestasi di asuransi kesehatan.

  • Menggunakan dana pinjaman dari kredit dengan agunan pun bisa menjadi solusi jika memang benar-benar butuh biaya operasi yang sangat mendadak, apalagi ketika terjadinya gangguan usus buntu.
  • Jumlah dana yang besar pun bisa dijadikan sebagai pertimbangan, Karena setelah operasi biasanya akan membutuhkan waktu untuk biaya perawatan dan lain sebagainya.

Untuk mencegah penyakit Usus Buntu anda bisa melakukan dengan cara :

  • Pertama, hindari kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda
  • Kedua, kurangi konsumsi makanan yang memiliki aroma tajam seperti durian dan nangka
  • Ketiga, jagalah tradisi minum minuman sehat seperti air putih 8-10 gelas per hari
  • Terakhir, jangan terlalu sering menahan kentut, carilah tempat yang layak untuk membuang kentut anda

Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati sepertinya layak kita beri perhatian. Karena biaya untuk operasi usus buntu yang mahal lebih baik kita hindari dan antisipasi dengan gaya hidup yang lebih sehat.

Langkah sederhana yang kita perlu lakukan rutin seperti olah raga yang  dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tentunya sehat.

Nah itu adalah informasi lengkap mengenai besaran  biaya operasi usus buntu di beberapa rumah sakit ternama beserta dengan cara pencegahan yang perlu anda coba lakukan dikehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Tempat Tinggal di Jepang
SELENGKAPNYA

Biaya Hidup di Jepang

Seperti yang diketahui, sudah banyak warga negara Indonesia yang merantau ke Jepang untuk bekerja atau menempuh pendidikan. Untuk…
Harga Suntik Vaksin HPV
SELENGKAPNYA

Biaya Vaksin HPV

Akhir akhir ini ada pemberitaan yang sangat mengejutkan dalam dunia kesehatan yaitu meningkat nya penyakit yang dialami oleh…