Biaya Nikah

Siapa yang tidak ingin menikah? Hidup satu atap dengan orang yang dicintai tentu menjadi impian semua orang. Dalam mencapai impian tersebut, tentu banyak rintangan yang harus dilalui terlebih dahulu. Walaupun kata orang
jodoh ada ditangan tuhan, Anda harus tetap berusaha dan berdoa agar bisa mewujudkannya.

Selain pasangan, hal penting yang harus disiapkan sebelum menikah adalah biaya. Biaya nikah sebetulnya tergantung pada Anda sendri, apakah ingin model pernikahan yang sederhana atau yang lebih meriah.

Memang dalam menikah yang paling menentukan adalah akadnya, yang tentunya untuk sebatas akad biasanya tidak lebih dari satu juta.

Namun ini adalah momen spesial dalam hidup, pastinya Anda juga menginginkan sesuatu yang spesial dalam melangsungkan pernikahan. Seperti halnya menyewa photographer, sewa hiburan, menyiapkan undangan, hingga mengenakan baju pernikahan yang spesial.

Akan tetapi lagi-lagi kita harus dipermasalahkan dengan biaya. Dalam acara sakral ini banyak orang yang menundanya karena mereka beranggapan biaya nikah itu mahal. Apalagi mengingat setelah pernikahan, tentu dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membangun rumah tangga.

Maka dari itu, Anda bisa mengakalinya agar pernikahan tetap berjalan meriah namun menekan biaya nikah sehemat mungkin. Berikut ini kami berikan beberapa tipsnya.

Baca Tips ini Sebelum Menikah, Hal-hal yang Harus diperhatikan agar Biaya Nikah Jadi Hemat !

Menekan Biaya Souvenir

gambar biaya nikah souvenir
bukalapak

Mungkin souvenir tidak terlalu berpengaruh, namun jika Anda tidak memikirkannya tentu bisa menjadikan biaya nikah semakin membengkak.

Untuk itu, kami sarankan Anda memilih souvenir yang kecil-kecil saja, namun bisa digunakan dalam keperluan sehar-hari. Sehingga selain hemat, souvenir Anda juga akan bermanfaat untuk tamu undangan.

Contoh souvenir yang bisa dijadikan referensi adalah gunting kuku, bolpoint, pouch kain, anyaman tatak gelas, dll.

Undangan yang Minimalis

Gambar Biaya Nikah Undangan
cetakundangnapernikahan.com

Biasanya sesuatu yang minimalis akan lebih terlihat cantik dan rapi, begitu juga dengan undangan. Dalam pernikahan Anda bisa menyiapkan undangan yang tidak terlalu mewah namun tetap cantik.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara membuat desain yang sesimple mungkin namun tetap kreatif, jika Anda memiliki kenalan atau kerabat yang pintar dalam desain, Anda bisa meminta bantuan kepadanya.

Undangan Online Mengapa Tidak?

Gambar Biaya Nikah Undangan Online
kards.in

Mengingat perkembangan yang semakin pesat dan serba online, dewasa ini mulai banyak orang-orang yang menggunakan undangan secara online juga.

Selain kekinian, undangan online juga bisa memangkas biaya nikah yang cukup banyak. Anda hanya memerlukan biaya desain untuk hal ini, atau jika Anda pintar dalam desain tentu bisa membuat undangan online sendiri.

Setelah desain dibuat, Anda hanya perlu menyebarkannya via whatsapp dan berbagai sosial media yang lain.

Simple, kreatif, dan efektif bukan?

Seragam Keluarga yang Serupa

Gambar Seragam Nikah
essensedesigns.com

Maksud kami disini adalah serupa tapi tak sama, jika Anda memesan seragam atau membuat seragam ke penjahit tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Anda bisa mengakali hal tersebut menggunakan cara serupa tapi tak sama. Yup, Anda minta saja kepada anggota keluarga untuk mengenakan pakaian dengan warna yang selaras.

Untuk bahan dan motif? yang penting warna dasarnya saja, maka otomatis akan terlihat sama.

Sebisa Mungkin Gunakan Venue Sendiri

Gambar Venue Pernikahan
concursinot.info

Jika ingin hemat, kami menyarankan Anda untuk tidak menyewa “gedung mewah”, karena itu membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Kecuali, Anda menyewa aula pertemuan warga, seperti gedung serba guna, masjid, aula sekolah, dsb. Karena biaya yang dibutuhkan untuk “gedung umum” seperti itu jauh lebih murah.

Toh selain gedung masih banyak tempat yang bisa digunakan untuk melangsungkan pernikahan dengan mewah, asalkan dibalut dengan sentuhan yang kreatif.

Simple saja, melangsungkan pernikahan di rumah pun pasti terlihat mewah jika dekorasi yang dibuat ciamik.

Selain dirumah, Anda juga bisa memanfaatkan tempat-tempat outdoor untuk melangsungkan pernikahan, seperti hutan pinus, kebun bunga, kolam renang, dll.

Memilih venue  yang tidak terduga seperti itu mengapa tidak? selain lebih murah,  pernikahan Anda juga akan lebih berkesan.

Lebih baik Mengatur Pernikahan Sendiri

Gambar Mengatur Pernikahan
iamexpat.nl

Memang mengatur acara pernikahan sendiri akan terasa lebih ribet, namun jika Anda ingin menghemat biaya nikah, kami rasa hal ini perlu dilakukan.

Pasalnya jika menggunakan jasa event organizer untuk mengatur pernikahan Anda, maka akan menimbulkan biaya yang banyak. Bahkan bisa menyentuh angka 20 juta.

Lebih baik, pikirkan matang-matang dengan pasangan dan keluarga Anda. Bagaimana acara pernikahan akan berjalan nantinya, dan menyiapkan apa saja yang dibutuhkan.

Utamakan Menyewa daripada Membeli

Gambar Gaun Pengantin
brilio.net

Tentu yang kami maksud bukan menyewa keseluruhan keperluan pernikahan, melainkan menyewa perlengkapan yang hanya digunakan sementara saja.

Contohnya dalam penggunaan gaun pengantin, daripada Anda membelinya lebih baik menyewa saja karena gaun pengantin tidak digunakan untuk angka panjang bukan?

Manfaatkan Teman Dekat Anda

Gambar Fotografer Pernikahan
prairiefilmco.com

Memiliki teman dekat atau kerabat yang memiliki suatu keahlian bisa dijadikan opsi untuk menghemat biaya nikah Anda. Misalnya keahlian photographer, make up, desaignercatering dan banyak lagi.

Selain harganya akan lebih murah, meminta jasa teman juga bisa melancarkan acara pernikahan, pasalnya dalam berkomunikasi dengan teman sudah tidak ada kendala lagi, atau bisa dibilang sudah akrab.

Memasak Hidangan Sendiri

Gambar Hidangan Nikah
travel.tribunnews.com

Tidak dapat dipungkiri katering untuk pernikahan memang terbilang mahal. Untuk itu Anda bisa mensiasatinya dengan cara memasak hidangan pernikahan sendiri.

Biasanya orang-orang di Jawa akan meminta bantuan kepada keluarga atau tetangga mereka untuk membantu kegiatan meamsak.

Selain mempererat silaturahmi, biaya yang dibutuhkan untuk memberikan imbalan juga tidak sebesar Anda memesan katering.

Jangan Berlebihan agar Efisien

Gambar2 Biaya Nikah
undercoverlive.com

Seperti yang diketahui sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dalam pernikahan. Misalnya dalam dekorasi, dekorasi memang bagus, namun jika dekorasinya terlalu banyak bukankah akan menyusahkan tamu undangan untuk bergerak?

Sebaiknya, persiapkan berbagai hal dalam pernikahan sewajarnya saja. Selain biaya nikah jadi lebih hemat, pernikahan juga akan berjalan lancar serta efisien.

Prioritaskan Salah Satu Hal

Gambar Biaya Nikah
Thering.org

Rasanya jika ingin menghemat semua hal dalam pernikahan, akan ada saja sesuatu yang ingin ditonjolkan.

Apabila Anda mengalami hal tersebut boleh-boleh saja, asalakan ada keperluan lain yang biayanya harus ditekan.

Misalnya Anda ingin menonjolkan “dokumentasi” dalam pernikahan, agar tetap hemat Anda bisa menggunakan biaya dari hasil minimalisir keperluan “undangan”.

 

Rincian Biaya Nikah Hemat di bawah 50 Juta

PerlengkapanBiaya
Venue dan DekorasiRp 15.000.000
Katering (300 tamu)Rp 15.000.000
Busana dan tata riasRp 5.000.000
HiburanRp 3.000.000
DokumentasiRp 2.500.000
UndanganRp 600.000
SouvenirRp 600.000
Lain-lainRp 4.000.000
 

Total

Rp 45.700.000

 

Rincian Biaya Nikah Hemat di bawah 20 Juta

PerlengkapanBiaya
Makanan dan MinumanRp 8.000.000
Sewa Aula PertemuanRp 5.000.000
Busana dan tata riasRp 5.000.000
DokumentasiRp 2.000.000
DekorasiRp 1.000.000
SouvenirRp 600.000
Undangan Online (design)Rp 100.000
Lain-lainRp 3.000.000
 

Total

Rp 24.700.000

 

Setelah melihat berbagai hal diatas, biaya nikah sesungguhnya tergantung pada keinginan Anda sendiri akan menyelenggarakan pernikahan yang seperti apa.

Baca Juga : Harga Rumah Minimalis

Kemudian, kami sarankan untuk memikirkan secara matang terlebih dahulu berbagai perlengkapan yang akan digunakan dalam pernikahan. Karena pilihan yang tepat akan menghemat biaya nikah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait
Gambar Biaya Balik Nama Mobil2
SELENGKAPNYA

Biaya Balik Nama Mobil

Sebagian besar masyarakat kita ketika membeli mobil mungkin akan memilih yang second, tentu bukan tanpa alasan, ketika Anda…
Gambar Ganti Plat Nomor
SELENGKAPNYA

Biaya Ganti Plat

Layaknya SIM, STNK juga memiliki masa berlaku setiap lima tahun sekali. Jika masa berlaku STNK sudah habis, maka…